Shikacchi, Author Komik Wavelength yang Melawan Keterbatasan

4 weeks ago
chit-chat-shikacchi-desktop

Buat kamu yang ngikutin komik JENDI, pastinya kamu tahu dong seperti apa perjuangan perenang paralimpik Jendi Pangabean? Meskipun sejak kecil sudah kehilangan kaki kirinya, Jendi tetap berusaha mewujudkan mimpinya menjadi perenang yang mampu menyumbangkan medali bagi Indonesia.

Apa yang Jendi tunjukkan membuktikan bahwa semua orang punya kesempatan untuk jadi yang terbaik, termasuk mereka yang kekurangan. Begitu pula dengan Shikacchi, author komik Wavelength di CIAYO Comics. Komik Wavelength menceritakan tentang kehidupan Raul dan teman-temannya yang tuli. Meskipun memiliki kekurangan pendengaran, Raul dan kawan-kawan tak pernah patah hati menjalani hari. Justru mereka semakin bersemangat mengikuti berbagai macam lomba untuk menyalurkan bakat mereka.

Layaknya Raul dan karakter lainnya, Shikacchi juga merupakan seorang yang tuli di dunia nyata. Meski demikian, kekurangan tersebut tak menjadi halangan baginya untuk menciptakan komik. Seperti apa kehidupan seorang author difabel? Apa kesulitan yang harus dihadapi? Dan seperti apa proses kreatif dari komik Wavelength sendiri? Di rubrik Chit-chat kali ini, kamu akan menemukan jawabannya!

Shikacchi: Pernah Jadi Asisten di Manga Jepang

Shikacchi saat berkunjung ke kantor CIAYO Comics. Sumber: CIAYO Pictures

Shikacchi saat berkunjung ke kantor CIAYO Comics. Sumber: CIAYO Pictures

Sejak kapan Shikacchi mulai mencoba menggambar, dan sejak kapan tertarik mendalami dunia komik?

Sejak TK sudah doyan menggambar, bahkan saat ayah saya pulang membawa satu rim kertas saya langsung habiskan dalam seminggu karena saking doyan menggambar. Tetapi kelas 6 SD baru tertarik mendalami dunia komik karena saya sering baca komik-komik dan menciptakan banyak imajinasi untuk dituangkan ke komik juga.

Bagaimana/dari mana Shikacchi belajar menggambar dan ngomik? Secara otodidak atau ada pengajarnya?

Secara otodidak, biasanya setiap baca komik, selain ceritanya yang saya perhatikan, saya juga perhatikan cara menggambarnya… Kayak tarikan garisnya begitu ya, arsirnya begini ya, panelnya begini, hahaha… Latar belakangnya juga mendukung suasananya bagaimana, dari situ saya jadi tahu banyak hanya dengan mengamati komik-komik yang saya baca. Kadang suka baca tutorial juga.

Apa sih alasan kamu mendalami dunia komik?

Tertarik untuk ngomik karena saya terinspirasi dari baca komik Doraemon dan Detektif Conan. Seolah-olah bisa bayangin dialog-dialog antar karakter original di kehidupan, aktivitas mereka, dan lain lain, dan itulah saya ingin tuangkan ke komik.

Seperti apa saja kesulitan dalam belajar menggambar bagi seseorang yang tuli?

Sejauh ini tidak ada kesulitan sih, karena jaman sekarang sudah maju, ada teknologi, bisa cari ilmu di mana saja. Menggambar pun bisa latihan mandiri dan nanti improve seiring waktu berjalan. Tapi mungkin ada satu masalah yaitu memasukkan SFX (efek suara) ke dalam komik, saya tidak tahu suara lingkungan seperti apa untuk digambarkan dalam komik. Sisanya lancar-lancar kok 😀

Menurut Shikacchi, apa sih salah paham yang sering dialami orang banyak ketika bertemu orang yang tuli?

Karena orang tuli umumnya susah bicara secara lancar sebab dia tidak bisa mendengar suaranya sendiri sehingga mempengaruhi cara bicaranya. Jadi, dari situ banyak orang yang salah paham ketika miskomunikasi atau tidak mengerti apa yang dibicarakan oleh tuli. Karena itu, metode yang lebih baik adalah lewat tulisan atau bahasa isyarat agar tidak ada miskomunikasi.

Manga Aldnoah.Zero dikarang oleh ilustrator Indonesia yang berbasis di Singapura, Pinax Pinakes. Shikacchi pernah menjadi asisten di manga adaptasi serial anime populer ini. Sumber: KAORI Nusantara

Manga Aldnoah.Zero dikarang oleh ilustrator Indonesia yang berbasis di Singapura, Pinax Pinakes. Shikacchi pernah menjadi asisten di manga adaptasi serial anime populer ini. Sumber: KAORI Nusantara

Oh ya, Shikacchi sendiri punya role model nggak?

Waaah, malah bingung kalau ditanya role model. Sebenarnya nggak ada yang dijadiin panutan banget gitu, karena kekaguman datang dari mana aja, dari apa aja yang kulihat… Terus jadi “library” di otak dan akhirnya campur aduk referensinya dari artist yang beda beda…

Tapi mungkin ada sih satu idola yang saya pengen banget kejar/jadi profesional kayak dia. Yaitu Pinax Pinakes. Dulu saya pernah dikontrak jadi asisten Pinax ini, untuk membantunya bikin komik Aldnoah Zero yang diadaptasi dari anime. Saya kagum dengan dia karena bisa bikin manga, ilustrasi yang sangat bagus, bahkan menguasai 3D software, dan fasih bahasa Jepang juga. Saya pingin jadi seperti dia suatu hari nanti.

Wavelength dan Suka-duka Penyandang Disabilitas

Wavelength menceritakan kehidupan murid SMA penyandang disabilitas. Sumber: Shikacchi

Wavelength menceritakan kehidupan murid SMA penyandang disabilitas. Sumber: Shikacchi

Komik Wavelength sendiri kamu buat dari pengalaman diri sendiri?

Komik Wavelength sebagian besar fiksi alias karangan/imajinasi saya saja, tapi ada beberapa yang kisah nyata. Seperti episode perjuangan ibu dan perjuangan Aliyana (episode 15-18) itu adalah kisah nyata saya sendiri. Sisanya ada beberapa yang kisah nyata tapi hanya minor saja (bagian kecil). Ada juga yang terinspirasi dari kisah nyata teman-teman tuli lain, seperti teman tuli saya ada yang betulan ditolak naik ojek karena dikatain orang susah dan cacat. Hal ini sudah selesai permasalahannya, sudah ketemu dengan CEO ojek online tersebut dan ngomong baik-baik.

Seperti apa proses kreatif komik Wavelength? Bagaimana proses pembuatan ceritanya?

Pertama-tama saya mengamati kejadian sekitar, ada yang sebagian besar kisah nyata, ada yang sebagian fiksi alias dari imajinasi saya sendiri, ada juga yang diambil dari tokoh-tokoh yang terkenal sebagai inspirasi saya dan saya memasukkan itu ke dalam komik juga agar bisa menginspirasi lainnya. Baru setelah itu saya buatkan storyboard di kertas biasa, lalu sketsa digital, lining, coloring dan finishing. Selesainya kira-kira 1 minggu karena sambil melakukan kegiatan kuliah juga.

Raul, karakter utama komik Wavelength. Sumber: CIAYO Comics

Raul, karakter utama komik Wavelength. Sumber: CIAYO Comics

Siapa karakter favorit Shikacchi dalam Wavelength? Apa alasannya?

Mungkin Raul… karena Raul itu seperti mencerminkan sebagian diri saya yang lainnya. Banyak orang yang mengira-ngira saya seperti Aliyana, tapi nyatanya Raul yang lebih cenderung mirip authornya, hahaha… Tapi tidak sepenuhnya juga. Ada juga kepribadian Raul tercipta berkat inspirasi dari orang-orang sekitar, dan Raul itu termasuk orang yang cerdas tetapi cara sosialisasinya perlu dibenahi.

Di dalam komik Wavelength, diceritakan juga karkater dengan berbagai macam disabilitas. Bagaimana cara Shikacchi meriset materi cerita tentang mereka?

Saya meriset dari berbagai artikel di internet, ada juga yang saya tanyakan secara langsung di dunia nyata. Misalnya, episode 7 yang tokoh bernama Helen itu diambil dari kisah inspirasi nyata, Helen Keller. Sedangkan episode 8 dimana Raul bertemu seorang tunanetra, diambil dari kisah saya sendiri bersama teman SMA bernama Kak Syifa yang tunanetra juga. Kami berkomunikasi melalui pihak ketiga (perantara) alias temannya kak Syifa dan bisa lewat Whatsapp, ini hal yang mengejutkan saya karena seorang tunanetra bisa menggunakan Whatsapp melalui alat bantu. Dari situ saya menjadikan kak Syifa sebagai inspirasi di episode 8.

Baca Juga: Selami Perjuangan Perenang Difabel Lewat Komik JENDI!

Raul belajar untuk lebih terbuka, termasuk dengan orang-orang yang bernasib sama dengannya. Sumber: CIAYO Comics

Raul belajar untuk lebih terbuka, termasuk dengan orang-orang yang bernasib sama dengannya. Sumber: CIAYO Comics

Bagaimana tanggapan pembaca sejauh ini tentang cerita Wavelength?

Tanggapannya positif-positif semua sih… Ada yang merasa bersyukur setelah baca komik ini, ada yang terkagum-kagum, ada yang merasa fangirling dengan kegantengan Raul atau papanya Aliyana, hahaha. Pernah juga dapat komentar dari orang-orang yang merasa sepengertian seperti terapis wicara, mahasiswa kedokteran, yang punya anak tuli atau lainnya. Dari situ saya jadi bertemu dengan banyak orang yang berbagi cerita dari sudut pandang yang berbeda. Saya paling senang ketika baca komentar dibandingkan jumlah likes, jadi ayo komentar sebanyak-banyaknya di komik saya 😀 hehehe

Ada rencana ke depan untuk komik Wavelength? Kepikiran untuk membuat komik dengan tema lain nggak?

Kalau engagementnya tinggi dan masih banyak yang ingin Wavelength lanjut, ya saya mungkin lanjut ke season 2 dengan cerita-cerita yang masih banyak pesan tersembunyi. Sebenarnya Wavelength itu rencana awal adalah episodenya sangat panjang, plotnya kompleks, bahkan saya sudah mikir endingnya seperti apa.

Pernah kepikiran juga bikin komik dengan tema lain, tapi masih belum diseriuskan. Mungkin tema detektif, romansa atau slice of life. Pokoknya yang masih masuk akal.

Wavelength menampilkan beberapa kisah yang terinspirasi dari kehidupan Shikacchi. Sumber: CIAYO Comics

Wavelength menampilkan beberapa kisah yang terinspirasi dari kehidupan Shikacchi. Sumber: CIAYO Comics

Adakah pesan atau harapan yang ingin Shikacchi sampaikan lewat komik Wavelength?

Pesan moral yang bisa diambil semua pembaca, misal etika ketika bertemu orang tuli, tanyakan dulu metode komunikasi mereka apa yang nyaman sama seperti ketika Aliyana menanyakan metode komunikasi ke Raul yang nyaman bagaimana. Tapi malah dibentak Raul ya hahaha… jangan ditiru, itu bagian dari cerita. Pokoknya saya berharap kesadaran terhadap disabilitas semakin meluas setelah baca komik saya ini. Tapi saya tambahkan bumbu-bumbu kayak drama dan romantis biar makin asik ceritanya gitu lho hehe, ikuti terus yaaa!

Oh ya, saran saya juga teman-teman yang baca komik ini, jangan takut untuk ngobrol sama teman-teman tuli ya! Mereka akan senang ngobrol kok asal sudah tahu cara komunikasi mereka gimana, yang senyamannya mereka.

Make love, not prejudice! Sumber: CIAYO Pictures

Make love, not prejudice! Sumber: CIAYO Pictures

Chit-chat nya menarik banget kan? Shikacchi mampu membuktikan bahwa ia bisa menciptakan komik yang asyik dan inspiratif meskipun ia memiliki kekurangan. Nah, jika Shikacchi juga bisa, kamu juga pasti bisa menginspirasi banyak orang! Jangan sampai ketinggalan komik Wavelength yang tayang setiap hari Rabu pukul 17:00 WIB, hanya di CIAYO Comics!

Bicara soal inspirasi, kamu juga bisa baca komik online dengan genre drama yang gak kalah inspiratifnya dengan Wavelength di CIAYO Comics. Ada Nana Tanpa Suara yang juga menampilkan tokoh yang tuli, JENDI yang tadi sudah disinggung di atas, dan masih banyak lagi.

Banner Komik Drama

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-searching

Review Film Searching – Apakah Internet Telah Menghubungkan Kita Dengan Benar?

Searching bercerita tentang seorang ayah bernama David Kim yang mencari tahu keberadaan anaknya, Margot setelah sang ana.. more

Suasana Natal. Sumber gambar: southernliving.com

Beberapa Tontonan Keluarga Menyambut Musim Liburan Natal. Yang ke-5 Bikin Nostalgia!

Berikut beberapa film bernuansa Natal yang asik dan seru untuk ditonton beramai-ramai sambil berkumpul bersama orang-ora.. more

00-d-anime-summer-2018

10 Anime Summer 2018 Yang Harus Kamu Tonton!

Di bulan Juni ini, anime summer 2018 baru mulai bermunculan. Ini dia daftar tontonan anime wajib di bulan ini!.. more

Sumber: youtube.com

Makna Tersembunyi Dalam Film Ready Player One

Tak hanya easter egg, film Ready Player One juga punya banyak pesan tersembunyi yang terselip dalam karakter dan duniany.. more

Komik Strip Paling Viral Sepanjang Tahun 2016 Hingga Awal 2017 Versi CIAYO Comics

Komik strip yang sering seliweran di timeline sosmed kita, sering bikin ngakak, ketawa geli, bahkan nyengir nggak berhen.. more