Tessa: Menjadi Komikus Bukan Panggilan Semua Orang

10 months ago

Menjadi komikus, bukan panggilan untuk semua orang. Begitulah menurut Tessa, seorang comic writer yang berkesempatan mengikuti Master Class ke Jepang setelah meraih penghargaan kompetisi silent manga. Setelah lulus dari fakultas hukum, mojang Bandung ini memilih menjadi comic writer ketimbang menjadi lawyer atau berprofesi di bidang hukum lainnya.

Maria Megayanti (MM) dari tim Blog CIAYO Comics berkesempatan berbincang-bincang dengan Tessa (T) setelah dia pulang dari Jepang. Langsung aja simak obrolannya.

MM: Apa aja komik yang pertama kali dibaca?

T: Komik yang pertama kali dibaca Doraemon, Dragon Ball, Conan, sama komik-komik klasik Jepang yang terkenal.

MM: Kapan sih pertama kali bikin komik?

T: Bikin komik sejak SMP. Waktu itu bikin komik 4 kotak sama temen. Suka bikin komik strip di mading juga. Pas di SMA, mulai ikut lomba pertama di Animonster. Setelah itu suka ikut lomba-lomba M&C, Wacom Data Script National Competition, Silent Manga Audition dari 3-6. Jadi penulis cerita juga di CIAYO Comics.

MM: Setelah lulus kuliah, kenapa milih jadi comic writer?

T: Dari SD aku punya mimpi pengen bikin komik. Suka baca komik, ngoleksi komik juga kan. Terus memang suka nulis cerita, Tapi bukan cerita yang panjang banget kayak orang bikin novel. Makanya ceritanya aku tuangin di komik. Terus dari SMP punya partner bikin komik. Jadi aku yang bikin ceritanya, dia yang gambar komiknya.

MM: Apa aja prestasi yang udah diraih selama berkecimpung di dunia komik?

T: Silent Manga Audition 3 Exellent Runner Up, Silent Manga Audition 5 Grand Prix Runner Up, Silent Manga Audition 6 Exellent Award. Yang baru aja diraih, dapet Master Class dan punya kesempatan buat nerbitin komik di Jepang di bawah naungan penerbitan Zenon.

MM: Selama menggarap komik di CIAYO Comics (Heartbeat, Trigger Junkie), Tessa berkolaborasi dengan artist yang berbeda-beda. Ada kesulitan nggak? Apa biasanya yang cukup menyita waktu dan perhatian?

T: Kesulitannya paling menvisualkan cerita yang ada menjadi komik, karena terkadang apa yang kita pikirkan diinterpretasikan berbeda oleh si artist. Di sini adalah waktu untuk bernegosiasi, mana yang paling baik.

Komik Heartbeat

Komik Heartbeat

 

Komik Trigger Junkie

Komik Trigger Junkie

MM: Sepanjang karier di dunia komik, karya mana yang paling membuat Tessa puas dan happy?

T: Karya yang pertama kali aku buat sama temen dengan judul Doppelganger yang dibuat untuk lomba Animonster (hasilnya nggak menang tapi)

Komik Doppleganger

Komik Doppleganger

MM: Setelah berhasil meraih prestasi di Silent Manga Audition, Kamu dapet kesempatan ke Jepang ya. Ceritain dong pengalaman di sana!

T: Jadi waktu itu dapet kesempatan 6 hari 5 malem di Jepang. Sesampainya di Jepang, langsung disambut sama tim editor Zenon. Hari itu juga, langsung diajak jalan-jalan ke One Piece Tower, Tokyo. Walaupun lumayan capek perjalanan panjang dari Indonesia, tapi seneng. Terus dijamu makan hotpot sambil karaoke sama pemenang lain dari berbagai negara. Hari selanjutnya, ke Manga workshop di kantor Zenon.

Pengalaman Tessa di Jepang

Pengalaman Tessa di Jepang

 

Pengalaman Tessa di Jepang

Pengalaman Tessa di Jepang

Puncak acaranya Award Ceremony di salah satu hotel di Kichijoji.

Award Ceremony Silent Manga Audition

Award Ceremony Silent Manga Audition

MM: Gimana kesan-kesan jadi comic writer?

T: Bikin cerita tuh lumayan sulit. Jadi awalnya kan aku bikin cerita secara impulsive dan based on experience, padahal bikin komik tuh ada tahapan-tahapannya. Dari perjalanan kemarin juga, aku belajar bahwa bikin komik itu kayak matematika. Kalau terasa mudah pembuatannya, berarti ada yang salah. Bikin komik juga nggak bisa asal beres, meskipun itu udah jadi rutinitas dan tuntutan pekerjaan. Jadi dibuatnya harus tetap dengan cinta.

MM: Dengan kesibukan yang dijalani, ada hobi lain yang disukai ga? Masih ada waktu untuk keluarga atau berkumpul dengan teman-teman kah?

T: Nonton film. Hahaha…dan main game. Masih kok, kalau menghabiskan waktu sama keluarga siap begadang. Work hard play harder <3

MM: Buat Tessa, apa itu komik?

T: A media that creates hope and dreams.

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. Now she is a part of our team. She also loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel.

Comments

Most
Popular

Sumber: Google Play Store

Menilik Redupnya Games Musiman. Salah Satunya Ada Tiang Listrik!

Belakangan ini Indonesia diserbu dengan banyak sekali games seru. Tapi karena inovasi datang dari kejadian yang lagi “.. more

Sumber: vice.com

Pemilihan Filter Pada Instagram Bisa Menggambarkan Hidupmu

Kalau kamu termasuk orang yang aktif dalam media sosial Instagram, coba cek lagi filter apa aja yang paling sering kamu .. more

Sumber: Hello-PET

[KLARIFIKASI] Ramai Dijadikan Meme, Akhirnya Kak Seto Angkat Bicara!

Ditemui oleh tim Popcon Asia, Kak Seto akhirnya angkat bicara soal meme yang melibatkan dirinya itu. “Saya terus teran.. more

(Sumber : Facebook @komiksoekirman)

Deretan Komik Komedi yang Ngeselin, Tapi Lucu

Bro sis pernah gak sih baca komik komedi terus jadi suka kesel sendiri setelah baca? Walaupun bikin kesel sih, tapi past.. more

(Sumber: youtube)

Gaming Dengan Home Console vs Gaming Dengan PC, Pilih yang Mana?

Video game dulu berfungsi sebagai permainan hiburan di pusat perbelanjaan / keramaian. Yang sukses besar pada masanya ad.. more