Yasmine Putri: Be Flexible but Always Stay Professional

8 months ago

Rubrik Chit Chat kali ini menghadirkan salah satu artist profesional dalam negeri yaitu Yasmine Putri. Namanya memang asing di masyarakat awam, namun tidak bagi para pekerja seni. Ilustrator yang kabarnya hobi gaming ini bakalan sharing seputar dunia karir profesional ilustrator. Ga hanya itu, Yasmine juga berbicara mengenai ‘nilai’ yang diberikan oleh publisher ternama kepada para komikusnya loh. Penasaran dengan ‘nilai’ yang didapat? Yuk langsung aja cek interview-nya.

SF: Hai Kak, sudah berapa lama menjadi artist? Apa yang membuat Kakak bercita-cita menjadi artist?

YP: Jadi ilustrator profesional sudah sejak tahun 2000-an lewat freelance commission work, tapi gabung dengan perusahaan yang memang proper bergerak di bidang ilustrasi baru pas tahun 2008, sebelum akhirnya klop nge- freelance sampai sekarang. Cita-cita saya sebenarnya sih mau jadi dokter.

 

SF: Biasanya dari mana Kakak mendapatkan inspirasi? Adakah hal tertentu yang biasanya Kak Yasmine lakukan agar mendapat inspirasi dalam menggambar?

YP: Inspirasi untuk saya pribadi, bisa datang dari mana saja. Tapi kita harus tahu dulu, secara spesifik yang sedang dibutuhkan, misalnya apakah warna, komposisi, pencahayaan, setelah itu baru cari media yang relevan. Artist diupayakan untuk punya bank media yang besar, supaya bisa banyak melihat dan menyerap ini itu.

Gwenpool Cover (Yasmine Putri)

Black Widow (Yasmine Putri)

SF: Adakah yang Kakak jadikan referensi dalam menggambar?

YP: Biasanya beberapa klien telah menyediakan referensi, misalnya untuk IP tertentu yang sudah punya guideline yang jelas. Kadang untuk hal-hal spesifik seperti arsitektur atau mesin, saya minta bantuan om Google.

 

SF: Selama ini Kakak sudah bekerja dengan studio/publisher apa saja ?

YP: Sejauh ini sih sudah pernah bekerjasama dengan Marvel, DC Comics, White Wolf, Wizard of the Coast. Sekarang kebetulan lagi kerja bareng DC Comics

 

SF: Dalam menggarap komik, Kakak bertanggung jawab sebagai apa?

YP: Saya bertanggung jawab sebagai cover artist, alias penggarap gambar sampul. Ide besar yang harus digambar biasanya terlebih dahulu telah digodok oleh tim editorial. Setelahnya, saya kirim beberapa alternative sketch ke mereka. Setelah disetujui, baru saya masuk ke finalizing, alias menyulap sketch menjadi ilustrasi siap cetak. Berhubung saya direkrut Marvel dan DC Comics sebagai painter, jadi jabatan saya merangkap line artist sekaligus colorist.

Hellblazer Rebirth (Yasmine Putri)

Detective Comics (Yasmine Putri)

SF: Setelah bekerjasama dengan beberapa publisher ternama, apakah Kakak punya target untuk bergabung dengan publisher lain?

YP : Generally, saya tidak punya target perusahaan tertentu, dan sekarang juga sudah kesampaian diberi kesempatan gabung dengan DC Comics. Ke depannya sih saya tetap thankful dan hopeful saja. Yang penting kesempatan dan pengalamannya yang saya syukuri.

 

SF: Seperti yang diketahui, Marvel dan DC Comics kan merupakan perusahaan besar. Dalam satu project, apakah mereka memberikan nilai fantastis untuk komikusnya?

YP: Sepaham saya, nilai terbesar dari kerja untuk klien besar adalah potensinya untuk mendatangkan banyak kesempatan lain. Misalnya dalam kasus saya, setelah bekerja lebih dari setahun dan membuat portfolio dengan Marvel, saya dikontak oleh DC Comics.

 

SF: Untuk direkrut publisher ternama seperti Marvel/DC Comics susah ga Kak? Ada syarat-syarat tertentukah? Minta tipsnya dong Kak.

YP: Menurut saya, yang harus dipersiapkan adalah kemampuan dan kemauan. Kemauan untuk terus tumbuh dan melatih diri itu penting agar bisa memiliki kemampuan untuk bersaing dengan banyak artist pro lainnya. Ketika dua faktor tersebut sudah di tangan, kesempatan selalu memungkinkan untuk dicari. Apalagi era media sosial sekarang yang bisa mendatangkan banyak kesempatan, baik lokal maupun global. Kurang lebih inilah tips untuk bisa direkrut oleh siapa aja, tidak spesifik hanya untuk publisher atau di dunia menggambar.

Hellblazer Rebirth (Yasmine Putri)

SF: Ritme kerja di luar sendiri bagaimana Kak? Apakah berbeda dengan di Indonesia?

YP: Tantangan terberat mungkin ada dalam perbedaan timezone yang bisa mencapai 12 jam. Jadi jam kerja saya hampir terbalik. Untuk deadline sih biasanya sudah ada kesepakatan antara artist dengan editor, namun kalau project-nya tidak terlalu urgent, bisa minta extension waktu kok. Terlebih saya berperan sekaligus, sebagai yang menggambar dan mewarnai. Artist-artist lain yang menggambar dan mewarnai terpisah biasanya punya restriksi waktu yang lebih kuat, karena setelah dari tangan mereka, masih ada artist lain yang harus mengerjakan tahap selanjutnya.

Secret Wars (Yasmine Putri)

SF: Jika pengerjaan yang melewati deadline, sanksinya biasanya berupa apa?

YP: Sanksinya lebih ke arah sosial sih, misalnya si artist akan dicap tidak profesional dan terancam tidak dipercaya untuk project lain.

 

SF: Boleh dibagikan prestasi kak Yasmine apa aja? Secara dalam dunia seni, nama Yasmine Putri bukanlah nama asing lagi.

YP: Cukup bisa menembus pasar asing itu prestasi besar buat saya dan saya sangat bersyukur disinggahi kesempatannya. Tapi saya juga pernah menang balap karung waktu SD dan dapet piala. Hehe

 

SF: Pernah mengalami mental breakdown selama menjadi artist? Biasanya karena apa, Kak? Bagaimana cara mengatasinya?

YP: Generally sebatas panik karena deadline project yang berbeda-beda, jatuh berdekatan. Cara mengatasinya paling kita harus pandai membuat skala prioritas dari yang paling singkat waktu pembuatannya sampai yang paling butuh banyak waktu. Tapi stress yang sampai mau garuk tembok sih belum pernah ya sejauh ini hahaha

 

SF: Prinsip apa yang Kakak masih pegang sampai sekarang?

YP: Be flexible but always stay professional. Fleksibel, karena kita akan bertemu klien berbeda-beda dan selalu harus bisa adaptasi dengan kebutuhan dan regulasi klien. Profesional artinya berani mengaku pro. Dengan berani mengaku pro berarti juga harus bertindak pro. Profesional maknanya bukan cuma semata dibayar, tapi juga sanggup punya disiplin dan etos yang setimpal.

Hellblazer Rebirth (Yasmine Putri)

SF: Boleh minta saran dan masukan Kak, bagi para artist lain yang saat ini sedang berusaha menggapai mimpi menjadi artist terkenal seperti Kak Yasmine?

YP: Terkenal itu relatif. Cuma masukan saya, jika kalian ingin punya nama baik di kalangan klien, kita harus punya etos yang baik dan stay professional. Juga jangan terlalu banyak pro bono untuk ‘exposure’. Kalau mau pro bono, riset dulu portfolio kliennya untuk tahu kredibilitasnya, dan lakukanlah dengan alasan latihan/pegalaman. Jangan harapkan exposure-nya.

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

Lowongan Kerja Programmer di Startup Ini Tidak Membutuhkan Ijazah Sama Sekali

Apakah kamu seorang drop out, tidak pernah kuliah atau memang lagi skripsi nunggu sidang namun memiliki skill programmin.. more

(Sumber: www.ciayo.com)

Animasi Pendek Asal Indonesia Ini Sukses Bikin Mewek

Kali ini komik viral ini dibalut dengan versi berbeda dan lebih menyentuh. Sudah siap nangis bareng animasi ini? Yuk, la.. more

(from : thefamicast.com)

Bersiaplah Menyambut Tokyo Game Show 2017

Cihuiii, Tokyo Game Show (TGS) 2017 bakalan digelar lagi nih guys. Acara game terbesar di Jepang ini bakalan resmi dibuk.. more

Facebook di-banned oleh pemerintah di China. Sumber gambar: alux.com

Mengapa Seluruh Layanan Facebook Tidak Dapat Berjalan Di China?

Di banyak negara, ketiga layanan Facebook itu dapat di akses siapa saja dari lokasi mana saja. Gratis dan tanpa masalah .. more

Sumber: Saint-ism (http://www.saint-ism.com/2012/12/what-exactly-can-you-expect-in-initial-d-5th-stage/)

NGEENG, HATI-HATI! 10 ANIME OTOMOTIF INI BISA MEMACU ADRENALINMU!

Di dalam dunia anime, balapan bukanlah sesuatu yang asing. Baik sekedar balap sepeda di Yowamushi Pedal atau balap Tamiy.. more