Zero Cosplay Indonesia, Jagonya Cosplayer Jakarta

8 months ago
Zero Cosplay Indonesia

Kalo ngomongin yang namanya cosplay, Mas Roby udah khatam banget deh. Emang doi siapa? Jadi waktu di Popcon Asia 2016, CIAYO ikut berpartisipasi dan buka booth juga. Terus nggak sengaja kenalan sama Mas Roby. Eh, ternyata selain eksis di event-event pop culture gitu, doi aktif juga sama komunitas cosplay nya. Nama komunitasnya Zero Cosplay Indonesia. Seru juga tuh bahas tentang komunitas cosplay yang aktif dan cukup eksis di Jakarta. Ini hasil ngobrol-ngobrol Maria Megayanti (MM) sama Roby Kazuya (RK).

MM: Halo Mas Roby, di Zero Cosplay ini bertindak sebagai apa?

RK: Saya kebetulan diberikan tanggung jawab sebagai ketua di sini. Intinya, membantu jadi koordinator agar komunitas ini bisa terus berjalan dan terus menghasilkan karya-karya yang bisa ditampilkan.

 

MM: Udah gabung di Zero Cosplay sejak kapan?

RK: Saya gabung di Zero sejak tahun 2014. Senang bisa memiliki teman-teman yang udah kaya keluarga sendiri, semuanya saling dukung satu sama lain, sehingga bisa kompak selalu.

 

MM: Zero Cosplay berdiri sejak kapan, dan apa tujuan atau visi/misi komunitas ini?

RK: Zero Cosplay Indonesia berdiri sejak tahun 2013. Tujuan utamanya adalah menampilkan karakter cosplay yang semirip mungkin dengan karakter aslinya, baik dari segi kostum, penjiwaan karakter, dan berbagai aspek di dalamnya.

Zero Cosplay - Civil War

Zero Cosplay – Civil War

Selain itu, kami juga selalu ingin mencoba hal-hal baru atau yang belum pernah dilakukan para cosplayer di Indonesia, sehingga bisa menjadi sebuah karya lokal yang bisa dipandang lebih oleh masyarakat di seluruh dunia.

Zero Cosplay at Indonesia Toy Game & Comic Convention

Zero Cosplay at Indonesia Toy Game & Comic Convention

MM: Kalo nama Zero Cosplay, terinspirasi dari mana?

RK: Sebenarnya nama “ZERO” sendiri tadinya adalah sebuah singkatan dari sebuah tema awal komunitas ini berdiri, tapi sekarang secara general bisa memiliki makna, kami semua di sini bukanlah siapa-siapa. Zero difference, sehingga seluruh membernya bisa saling support tanpa melihat perbedaan yang ada. Dan inginnya bisa mencapai pencapaian seakan-akan “From Zero to Hero”, di mana karya-karya yang kami buat sedikit demi sedikit bisa terus berkembang dan semakin diapreasiasi oleh masyarakat banyak.

Zero Cosplay Indonesia

Zero Cosplay Indonesia

MM: Biasanya apa aja kegiatan atau kumpul-kumpul rutin yang diadain Zero Cosplay?

RK: Yang pasti kami selalu berusaha untuk berkumpul rutin, biasanya setiap minggunya pasti ada jadwal berkumpul bersama, membahas project-project yang akan dijalankan, saling bertukar ilmu, sampai berlatih pendalaman karakter dan performance yang memang selalu ingin kami tampilkan di berbagai event dan kesempatan.

 

MM: Dari event-event yang udah diikutin, prestasi apa aja yang udah diraih sama member-member Zero Cosplay?

RK: Kalau prestasi pribadi para member itu sendiri sudah banyak banget. Mulai dari apresiasi masyarakat terhadap beberapa karya member yang memang cukup memuaskan, sampai menjadi juara di beberapa kompetisi nasional.

Zero Cosplay at Indonesia Comicon 2016

Zero Cosplay at Indonesia Comicon 2016

Namun secara keseluruhan tim, bersyukur beberapa tema cosplay yang kami hadirkan bisa diapresiasi tidak hanya di dalam negeri, namun sampai di luar negeri.

Zero Cosplay - Big Hero 6

Zero Cosplay – Big Hero 6

Salah satu contohnya, tim Big Hero 6 kami pernah featured di official page dari WorldCosplay, dan juga dinobatkan sebagai top 10 Big Hero 6 cosplay dari seluruh dunia. Tentunya ini membuktikan bahwa kerjasama tim adalah hal yang paling penting.

 

MM: Kalo mau gabung di Zero Cosplay, gimana caranya? Ada syarat-syarat atau ketentuan khusus nggak?

RK: Mudah banget, karena gak ada syarat yang terlalu khusus kok…

Zero Cosplay - Guardian Of the Galaxy

Zero Cosplay – Guardian Of the Galaxy

Selama kalian suka dengan cosplay, punya passion dalam bidang ini, silahkan bergabung dengan Zero. Yang penting bisa mengutamakan kepentingan tim, dan juga mau maju bersama dengan para member lainnya.

Zero Cosplay - Suicide Squad

Zero Cosplay – Suicide Squad

MM: Apa rencana Zero Cosplay ke depannya? Sampein juga dong Mas harapan-harapan para member dengan adanya komunitas cosplay ini.

RK: Rencana ke depannya, kami ingin terus meningkatkan kualitas cosplay kami, baik dari segi kostum maupun pendalaman karakternya.

Zero Cosplay at Toys Fair

Zero Cosplay at Toys Fair

Harapan para member, dengan adanya komunitas ini, bersama-sama kami ingin seni cosplay dapat dipandang lebih baik dan bisa lebih memajukan karya anak bangsa yang memang telah terbukti tidak boleh dipandang sebelah mata.

Godzilla & Kaiju Cosplay

Godzilla & Kaiju Cosplay

Serta tim ini bisa menjadi sebuah wadah bagi para member yang memang ingin berkarya secara maksimal.

 

MM: Menurut Mas Roby sebagai perwakilan dari Zero Cosplay, bagaimana sih perkembangan cosplay di Indonesia saat ini? Apakah masih ada hype atau geregetnya? Kalo di Indonesia, kota mana aja yang saat ini cukup eksis di dunia cosplay?

RK: Perkembangan cosplay di Indonesia bisa dibilang sangat pesat, mengingat sekitar sepuluh tahun ke belakang, event yang bertemakan atau berkaitan dengan cosplay di Indonesia sendiri semakin banyak. Apalagi sudah banyak sekali cosplayer Indonesia yang telah berhasil meraih prestasi tidak hanya di dalam negeri saja, namun di luar negeri pun cosplayer Indonesia cukup diperhitungkan. Di Indonesia sendiri, berbagai kota besar sudah membuktikan bahwa cosplay tidak hanya terpusat pada satu titik saja, karena berbagai kota besar selain Jakarta juga telah memiliki komunitas, bahkan event rutin yang melibatkan bidang cosplay.

Nah, buat yang pengen nanya-nanya lebih lanjut seputar kegiatan Zero Cosplay, add aja Facebook atau Instagram nya. Siapa tahu bro sis punya bakat terpendam dan bisa mengasah kemampuan jadi cosplayer. Nggak cuma di Indonesia, kesempatan berprestasi sebagai cosplayer juga terbuka sampe ke kancah internasional loh!

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. Now she is a part of our team. She also loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel.

Comments

Most
Popular

(from : youtube.com)

Sophia : Robot Pertama di Dunia yang Mendapatkan Kewarganegaraan

Bro and Sis, tahukah kamu jika pada 26 Oktober 2017 lalu merupakan sebuah peristiwa bersejarah bagi Arab Saudi. Sebab un.. more

(CIAYO Pictures)

Day 1 Comic Frontier (Comifuro) 9 Extra Hot, Day 2 Mulai Adem

Kalo ditanya dari mana Comic Frontier bermula, di Kantin Sastra UI atau yang dikenal dengan Kansas-lah semuanya dimulai... more

Sumber: pinterest

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Seni Tattoo Tradisional Jepang

Kalau menonton film action yang ada kemunculan Yakuza di dalamnya, biasanya kita bisa melihat kalau beberapa Yakuza memi.. more

Serial Netflix “Stranger Things. (Sumber gambar: wikipedia.org)

Stranger Things – Serial Netflix Tentang Dunia Lain Yang Menegangkan

Serial ‘horror sci-fi’ ini bakal memasuki season keduanya pada 27 Oktober 2017 nanti, yang bertepatan juga dengan Ha.. more

Liputan: CIAYO Bagi Takjil #UntukSemua

Seperti yang sudah diberitakan, bahwa CIAYO Comics Situs Baca Komik Online Indonesia bakalan bagi-bagi takjil gratis unt.. more