Apa 10 Anime Terbaik 2018 Menurut Penonton?

2 weeks ago
00-anime-terbaik-2018

Tahun 2018 telah mendekati akhir. Bagi para penonton anime tentunya sudah punya banyak anime yang jadi bahan tontonan. Sebagian diantaranya pun merupakan judul-judul populer yang jadi favorit banyak fans. Semua punya pendapat soal anime terbaik 2018, namun anime apa yang memang benar-benar jadi idaman para otaku?

Untuk mencari tahu anime terbaik 2018, tim CIAYO Blog mengumpulkan data review dan rating penonton anime dari situs database anime MyAnimeList. Kriteria anime yang hadir dalam daftar ini adalah anime yang tayang mulai dari tanggal 1 Januari 2018. Oke, daripada menunggu lama, ini dia 10 anime terbaik 2018 menurut para penonton anime!

10 Anime Terbaik 2018

10. Grand Blue

Menikmati masa muda di Grand Blue. Sumber: Citric Anime

Menikmati masa muda di Grand Blue. Sumber: Citric Anime

Sejak lama Grand Blue digadang-gadang sebagai salah satu anime yang bakal menarik perhatian penonton. Kisah kehidupan para mahasiswa di pesisir pantai merupakan setting yang cocok untuk menyajikan komedi masa muda yang sangat eksplosif.

Baca Juga: Grand Blue: Anime Penyelam Dengan Semangat Anak Muda

9. Attack on Titan Season 3

Perjuangan melawan Titan semakin pelik. Sumber: KAORI Nusantara

Perjuangan melawan Titan semakin pelik. Sumber: KAORI Nusantara

Setelah sedikit mengecewakan fans di season keduanya, season ketiga Attack on Titan kembali dengan intrik dan konflik yang lebih menegangkan. Perjuangan manusia melawan para Titan semakin sengit karena ada konspirasi yang menjegal usaha Eren dan kawan-kawan. Dengan plot yang makin serius dan karakterisasi yang lebih matang, fans Attack on Titan pantas berbangga dengan kelanjutan kisahnya.

8. Violet Evergarden

Violet belajar tentang perasaan manusia dengan menulis surat. Sumber: Anime UK News

Violet belajar tentang perasaan manusia dengan menulis surat. Sumber: Anime UK News

Violet Evergarden sejak awal produksinya digadang-gadang bakal menjadi satu lagi anime produksi Kyoto Animation yang bakal meraih status masterpiece. Walaupun pada akhirnya anime Netflix ini sedikit overhyped, kisah mantan prajurit yang menjadi juru tulis surat Violet Evergarden tetap menjaga kualitas visual dan animasi yang sulit ditandingi.

Baca Juga: Anime Violet Evergarden: Ketika Manusia Belajar Memahami Perasaan Sesamanya

7. Sora Yori Mo Tooi Basho

Sumber: KAORI Nusantara

Bukan sekedar cewek imut bertualang ke kutub selatan. Sumber: KAORI Nusantara

Kuda hitam tahun 2018 bisa dibilang jatuh kepada anime Sora Yori Mo Tooi Basho. Sekilas anime ini terlihat polos dan riang, menceritakan sekelompok teman yang bertualang ke Antartika. Namun, Sora Yori Mo Tooi Basho menyembunyikan emosi dan drama yang bahkan bisa membuat pecinta anime shonen menitikan air mata.

6. Seishun Buta Yarou

Seishun Buta Yarou merupakan anime yang hangat diperbincangkan musim ini. Sumber: KAORI Nusantara

Seishun Buta Yarou merupakan anime yang hangat diperbincangkan musim ini. Sumber: KAORI Nusantara

Jika ditanya apa anime Bakemonogatari-nya penonton anime generasi sekarang, Seishun Buta Yarou bisa jadi jawabannya. Anime ini mengandalkan ensemble cast yang terdiri dari heroine menarik, dan dipasangkan dengan karakter utama yang sangat savvy. Bumbu supranaturalnya juga jadi elemen yang membuat Seishun Buta Yarou bisa bersaing dengan serial Monogatari buatan Nishio Isin ini.

Baca Juga: Seishun Buta Yarou: Komedi Romantis di Balik Anehnya Pubertas

5. Steins;Gate 0

Konflik perjalanan waktu semakin pelik dengan kemunculan kawan dan lawan baru. Sumber: Around Akiba

Konflik perjalanan waktu semakin pelik dengan kemunculan kawan dan lawan baru. Sumber: Around Akiba

Dalam beberapa artian, Steins;Gate 0 sebenarnya bukan melanjutkan apa yang ditinggalkan anime originalnya. Layaknya versi game, Steins;Gate 0 menyajikan sebuah kisah alternatif yang melengkapi pengalaman menonton anime orisinalnya. Intrik dan konspirasi seputar mesin waktu masih menjadi masalah utama dalam anime ini, ditambah dengan konsep AI yang harus ditangani tokoh utama Okabe Rintaro.

Baca Juga: Steins;Gate 0: Sekuel Yang lebih Gelap dan Menegangkan

4. Saiki Kusuo no Psi-nan 2

Siapa yang aneh: esper waras atau manusia-manusia normal tapi koplak? Sumber: Sinanime

Siapa yang aneh: esper waras atau manusia-manusia normal tapi koplak? Sumber: Sinanime

Bagaimana rasanya punya kemampuan super, namun justru merasa terbebani dengan kemampuan tersebut? Season dua dari anime Saiki Kusuo no Psi-nan masih menceritakan kehidupan sehari-hari Saiki Kusuo yang punya kemampuan super namun lebih suka hidup tenang. Berbagai kejadian lucu terjadi saat Kusuo diganggu teman-temannya.

3. My Hero Academia Season 3

Tahun yang sangat plus ultra buat My Hero Academia. Sumber: Youtube

Tahun yang sangat plus ultra buat My Hero Academia. Sumber: Youtube

2018 jadi tahun yang kuat bagi My Hero Academia. Dengan kolaborasi bersama The Avengers dan penayangan film bioskop pertamanya, membuat season 3 ini berjalan kencang dengan dukungan para fans. My Hero Academia membuktikan bahwa anime shonen tidak harus selalu edgy.

Baca Juga: My Hero Academia Live Action Tengah Digarap Studio Legendary?

2. Jojo’s Bizarre Adventure: Golden Wind

Epiknya Jojo Part 5 tidak terasa seperti kebohongan. Sumber: Youtube

Epiknya Jojo Part 5 tidak terasa seperti kebohongan. Sumber: Youtube

Part 5 dari Jojo’s Bizarre Adventure jadi salah satu bagian terbaik dari serial shonen ini. Petualangan Giorno Giovanna dan kawan-kawan untuk menjadi seorang gang-star terbaik merupakan cerita favorit fans. Kemunculannya dalam media anime merupakan berita baik karena berbagai elemen terbaik cerita Jojo ada di sini. Belum ditambah dengan kemunculan lagu ending dari grup RnB 90an Jodeci yang jadi perbincangan hangat karena nuansanya yang out of place. Siapa yang butuh Gangster Paradise-nya Coolio kalau ending anime Golden Wind yang merupakan lagu bercinta sudah sangat epik?

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Harus Menonton JoJo Part 5

1. Gintama: Shirogane no Tamashii

Gintama menjadi anime terbaik 2018, seperti tahun-tahun sebelumnya. Sumber: Youtube

Gintama menjadi anime terbaik 2018, seperti tahun-tahun sebelumnya. Sumber: Youtube

Dengan berakhirnya serialisasi manga Gintama di Shonen Jump (sebenarnya cuma pindah majalah sih), anime Gintama pun mulai memasuki season penutup. Gintama masih mengandalkan formula komedi manzai yang ssama-sama kencang dan eksplosif, tak lupa dengan selipan humor jorok. Namun saat season penutup ini memasuki plot yang lebih serius, penonton dibuat terikat ke kursi mereka saking menegangkannya aksi Gintoki dan kawan-kawan.

Baca Juga: Gintama: Kisah Seorang Samurai yang Kini Menjadi Pekerja Serabutan


Itu dia 10 anime terbaik pilihan para penonton. Apa anime terbaik menurut kamu? Nggak melihat anime jagoan kamu di sini? Beri tahu kami di komemtar!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: Susilawatift08.blogspot.co.id

Gak Hanya Manusia, Hewan-Hewan di Kartun Ini Juga Bisa Jadi Sahabat, Loh!

Kalau di film-film biasanya diceritakan persahabatan antara manusia atau manusia dan robot. Tapi gimana dengan manusia d.. more

Sumber gambar: notesofnomads.com

Festival – Festival Ini Cuma Bisa Kamu Temui di Jepang!

Beberapa festival/matsuri yang hanya bisa ditemukan di Jepang ini sangat unik.. more

Sakura Kinomoto kembali! Sumber gambar: twitter.com/tunamayo64

Toko Eksklusif Cardcaptor Sakura Resmi Akan Dibuka Tahun 2018 Di Jepang!

Beberapa item akan bersifat sangat ekslusif sehingga fans harus segera berusaha mendapatkannya sebelum keduluan atau keh.. more

00-d-terlalu-tampan

Adaptasi Film Terlalu Tampan Diumumkan di POPCON Asia 2018

Diadaptasi dari komik berjudul sama, film Terlalu Tampan menampilkan Ari Irham, Tarra Budiman, Marcelino Lefrandt dan Ii.. more

http://www.geeksleague.com.br/

Captain Marvel akan Muncul di Avengers: Infinity War! Sudah Tahu Siapa Dia?

Avengers : Infinity War sudah dikonfirmasi akan tayang pada tanggal 25 April 2018, dan merupakan crossover pertama yang.. more