10 Film Ini Hanya Diperankan Satu Aktor Saja!

4 months ago
00-d film dengan satu aktor

Biasanya sebuah film menampilkan banyak aktor atau menyorot lebih dari satu karakter agar terlihat makin ramai dan keren. Namun ternyata, ada film yang sukses mematahkan stigma tersebut. Dengan hanya menampilkan atau menyorot satu karakter utama saja, terbukti banget bahwa metode ini justru membuat filmnya makin terlihat keren dan personal.

Inilah 10 film yang hanya berkutat pada satu orang karakter saja. Sebelum mulai, perlu diingat sekali lagi bahwa daftar ini hanya fokus pada film yang menampilkan satu aktor atau hanya menyorot satu karakter saja. Jadi meski filmnya menampilkan lebih dari satu karakter, asalkan filmnya fokus habis-habisan pada satu karakter utamanya saja, maka film tersebut masih pantas untuk masuk daftar ini.

Kalau sudah jelas, let’s begin this superior solo act shall we?

 I Am Legend (2007)

Will Smith sebagai Robert Nevill di I Am Legend (sumber: jadiBerita)

Will Smith sebagai Robert Nevill di I Am Legend (sumber: jadiBerita)

Bermain dalam film-film seperti: Ali (2001), Men in Black II (2002), Hitch (2005) dan Pursuit of Happyness (2006), bisa dibilang nama dan sosok Will Smith di Hollywood era 2000-an benar-benar sangat besar dan tentunya sangat diperhitungkan.

Nah, kesan tersebut semakin menjadi lagi ketika dirinya membintangi film drama post apocalypse adaptasi novel Richard Matheson ini. Di film I Am legend, Smith memerankan ahli virus atau virologis dari angkatan darat AS, Letkol Robert Neville.

Neville bersama anjing German shepherd miliknya yang bernama Samantha adalah satu-satunya penyintas (survivor) di New York, AS yang kebal dari virus berbahaya yang mampu merubah seluruh penduduknya menjadi mutan vampir. Alhasil, keduanya pun harus berjuang bertahan hidup sembari terus mencari penyembuh virus tersebut.

Smith sekali lagi, menampilkan performa terbaiknya di film ini. Walau di sepanjang film (terkecuali adegan flashback) dirinya hanya berinteraksi dengan seekor anjing, ayah Jaden Smith ini sukses membuat penonton merasa menjadi karakter Neville yang kesepian dan depresif.

Life of Pi (2012)

Suraj Sharma sebagai Pi (sumber: npr.org)

Suraj Sharma sebagai Pi (sumber: npr.org)

Menjadi aktor asal India saja sudah terasa sangat berat. Apalagi harus memerankan karakter yang berasal dari novel terkenal. Makin berat lagi bagi seorang Suraj Sharma untuk bisa mencuri perhatian audiens dan Hollywood.

Namun ketika adaptasi layar lebar Life of Pi rilis di akhir November 2012, stigma tersebut berhasil dipatahkan. Sharma sukses banget menampilkan sosok Pi yang benar-benar cemas namun di saat sama harus tetap tegar walau dirinya terdampar di tengah laut.

Alhasil atas performa briliannya, Suraj sukses memenangkan penghargaan Best Scared-as-S**t Performance di ajang penghargaan MTV Movie Awards 2013.

All Is Lost (2013)

Robert Redford di All is Lost (sumber: Cinema Scope)

Robert Redford di All is Lost (sumber: Cinema Scope)

Film yang dibintangi oleh aktor senior Robert Redford (Captain America: The Winter Soldier) ini benar-benar jadi pembicaraan di mana-mana. Bahkan saking hebohnya, film ini ditayangkan di Festival Film Cannes, padahal saat itu film ini tidak menjadi peserta kompetisinya. Keren, nggak?

Film ini hanya menampilkan karakter tanpa nama yang dibintangi Redford, yang tiba-tiba menemukan kapalnya bocor setelah menabrak kapal kontainer yang juga sedang melaju kencang. Setelah menyadari peristiwa mengerikan ini, si pria langsung melakukan berbagai cara agar dirinya bisa bertahan hidup, meski dirinya sedang berada di tengah Samudera Hindia.

Kalau dipikirkan lagi, premis ceritanya sangat simpel, bukan? Tapi hal sederhana ini menjadi legendaris berkat performa keren dari Redford. Ditambah lagi, penampilannya di film ini sangat minim dialog loh! Kurang keren apa lagi coba?

Moon (2009)

Sam Rockwell sebagai Sam Bell di Moon (sumber: Veehd)

Sam Rockwell sebagai Sam Bell di Moon (sumber: Veehd)

Seperti kita tahu, sosok Sam Rockwell (Three Billboards outside Ebbing, Missouri) selalu tampil maksimal banget di setiap film yang dibintanginya, tak peduli seperti apa kisah atau genre filmnya.

Hal ini terbukti banget ketika ia membintangi Moon, film sci-fi arahan Duncan Jones (Warcraft) ini. Memerankan sosok pengawas bahan pembuatan unsur pembebas polusi di bumi bernama Sam Bell, Rockwell benar-benar jenius dalam menampilkan sosok Bell yang stress berat karena sudah 3 tahun lamanya sendirian di luar angkasa.

Memang Bell ditemani oleh suara artificial intelligence (A.I) bernama GERTY (Kevin Spacey). Tapi, logikanya ia tetap stress kan, kalau setiap harinya selama 3 tahun terus-terusan ngobrol dengan komputer? Sudah begitu GERTY cepat hilang ingatan pula. Apa nggak jadi gila, ya?

Sekali lagi, Rockwell sukses banget menampilkan penderitaan yang dialami oleh Bell sepanjang film, sehingga membuat penonton benar-benar menyadari kalau aktor asal California ini memang merupakan sosok Rising Star yang sangat patut diperhitungkan.

Cast Away (2000)

Tom Hanks sebagai Chuck Noland di Cast Away (sumber: Auditions)

Tom Hanks sebagai Chuck Noland di Cast Away (sumber: Auditions)

Paska kesuksesannya menyuarakan sherif koboi Woody di Toy Story, siapa sangka kalau Tom Hanks juga sukses mencuri perhatian melalui perannya sebagai pegawai FedEx yang terdampar di pulau tak berpenghuni?

Melalui penampilannya yang brilian, Hanks tidak hanya membuat Cast Away menjadi film cult classic sepanjang masa. Ayah dari aktor Collin Hanks (Elvis & Nixon) ini sukses memberikan gambaran yang benar-benar otentik saat seseornag terdampar di pulau terpencil.

Melalui penampilan tunggalnya yang super keren, hingga detik ini saya masih merasa parno setiap kali membayangkan kalau-kalau suatu saat, saya berada di posisi yang sama seperti Noland di film ini.

Her (2013)

Joaquin Phoenix sebagai Theodore Twombly di Her (sumber: Read the Spirit)

Joaquin Phoenix sebagai Theodore Twombly di Her (sumber: Read the Spirit)

Pernahkah kamu mendengar istilah “pacaran dengan komputer?” Istilah becanda tapi menyindir ini biasanya dikatakan kepada seseorang yang kerap menghabiskan waktu berjam-jam dengan komputer sampai lupa bersosialisasi dengan dunia luar.

Tapi ternyata, istilah ini juga bisa diartikan dengan seseorang yang sudah berpacaran tapi mirisnya tidak pernah ketemu sama sekali dengan sosok kekasihnya itu. Film Her yang dibintangi Joaquin Phoenix (The Master) ini memberikan definisi terbaru dari istilah tersebut, dengan menggabungkan dua makna yang telah disebutkan tersebut.

Di film ini, Phoenix memerankan sosok introvert Theodore Twombly yang karena stress dengan perceraiannya, ia membeli sebuah operating system (OS) komputer yang dilengkapi suara A.I perempuan bernama Samantha (Scarlett Johansson).

Karena Samantha bisa diajak berkomunikasi dan berkembang layaknya manusia, Theodore yang sedang merasa kesepian akhirnya mengobrol terus dengan Samantha, yang pada akhirnya membuat pria berkacamata ini jatuh cinta dengan si suara A.I tersebut.

Dalam film ini, Phoenix benar-benar total dalam menjiwai perannya, yang pada akhirnya membuat kita sebagai audiens langsung merasa simpatik sekaligus berpikir, apakah mungkin di zaman yang sudah dibanjiri media sosial ini masih ada orang seperti Theodore?

The Shallows (2016)

Blake Lively di The Shallows (sumber: The Critical Critics)

Blake Lively di The Shallows (sumber: The Critical Critics)

Tak bisa dipungkiri kalau sosok Blake Lively yang memulai karirnya di film The Sisterhood of the Travelling Pants (2005) dan seri Gossip Girl (2007-2012), kerap dicibir “modal tampang doang, akting pas-pas.” Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap suami Ryan Reynolds ini, kalau dipikir lagi ternyata ada benarnya juga cibiran itu pada masanya. Akan tetapi, hal tersebut sukses dipatahkan ketika film survival thriller The Shallows rilis di bulan Juni 2016 silam.

Aktris asal California ini sukses menampilkan performa terbaik sepanjang karirnya dengan memerankan mahasiswa kedokteran Nancy Adams yang saat sedang asik berselancar di pantai terpencil di Meksiko, tiba-tiba digigit ikan hiu putih sehingga membuatnya terdampar sendirian di pantai tersebut.

Performa Lively benar-benar natural, alias memang seperti itulah kenyataannya saat seseorang ditinggal sendirian di tengah pantai tanpa ada yang bisa menolong.

127 Hours (2010)

James Franco di 127 Hours (sumber: Film Comment)

James Franco di 127 Hours (sumber: Film Comment)

Bukan rahasia lagi kalau James Franco (Spider-Man Trilogy) adalah aktor serba bisa. Tampil lucu, jadi keren. Tapi tampil serius, juga sama kerennya. Kemumpunian akting seriusnya ini semakin terlihat mantap ketika dirinya memerankan sosok real-life pecinta kegiatan olahraga ekstrim, Aron Ralston di film 127 Hours.

Franco benar-benar sukses membuat kita ngilu sendiri di sepanjang film. Pasalnya di film ini, Ralston benar-benar terjepit dan terperangkap di himpitan batu besar. Lebih parahnya, dia benar-benar sendirian di tempat itu.

Locke (2013)

Tom Hardy sebagai Ivan Locke di Locke (sumber: The Telegraph)

Tom Hardy sebagai Ivan Locke di Locke (sumber: The Telegraph)

Semenjak sukses mencuri perhatian lewat perannya sebagai Michael Peterson / Charles Bronson di film drama kriminal Bronson (2008), banyak yang setuju kalau Tom Hardy adalah sosok aktor yang sangat berbakat.

Oleh karenanya, nggak heran apabila kita sudah bisa menebak jika dirinya bakalan bermain total di film drama arahan Steven Knight (Allied) ini. Akting Hardy hanya bermodalkan kisah latar karakternya, sebuah mobil, dan panggilan telepon otomatis di mobilnya.

Sekali lagi, dengan hanya bermodalkan atribut-atribut yang telah disebutkan tersebut, Hardy sukses besar dalam memerankan sosok pria yang hancur berantakan dari sisi karir dan pernikahannya, hanya dalam 2 jam perjalanan mobil saja.

Padahal, perjalanan 2 jam yang dilakukan tersebut adalah 2 jam perjalanan menuju rumah sakit untuk menjenguk selingkuhannya, Bethan Maguire (Olivia Colman) yang melahirkan anak mereka secara prematur.

Akhir kata, kalau kamu belum pernah menyaksikan film ini, WAJIB banget hukumnya untuk kamu tonton.

Buried (2010)

Ryan Reynolds sebagai Paul Conroy di Buried (sumber: IMDb)

Ryan Reynolds sebagai Paul Conroy di Buried (sumber: IMDb)

Sama halnya seperti sang istri, di awal karirnya, si Deadpool Ryan Reyolds hanyalah sosok aktor yang biasa-biasa saja. Namun pandangan tersebut berubah 180 derajat setelah film arahan Rodrigo Cortes (Red Lights) ini dirilis.

Sesuai judulnya, di film ini Reynolds memerankan supir truk sipil bernama Paul Conroy yang ditangkap oleh pasukan teroris yang mengubur dirinya hidup-hidup di dalam peti mati.

Hanya bermodalkan senter Zippo, pemantik api, serta ponsel BlackBerry, Conroy berusaha sekuat tenaga untuk bisa meloloskan diri dari peti mati tersebut.

Atas penampilannya yang gokil banget di Buried, film ini nggak cuma sukses mengubah pandangan penonton terhadap sosok Reynolds sebagai aktor, di saat yang sama juga sukses membuat penonton jadi klaustrofobik sendiri saat menyaksikannya.


Itulah tadi bro sis , film-film keren yang hanya menampilkan atau berfokus pada satu karakter saja di dalamnya. Dari seluruh penampilan yang ada di daftar, yang manakah yang favorit kalian?

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

Game klasik sepanjang masa. Sumber gambar: nintendo.co.uk

Game 3D Super Mario: Dari Era Super Mario 64 Sampai Super Mario Odyssey

Game 3D terkini Mario akan dirilis Oktober 2017 ini untuk console hybrid Nintendo yang sedang populer, yaitu Nintendo Sw.. more

Imut abis, tapi kok sadis?

Cuphead: Gabungan Kartun 1930an, Smooth Jazz, dan Gameplay Dark Souls

Ada baiknya ulasan ini diawali dengan peringatan: sayang-sayangi kontrolermu kalau kamu main Cuphead, ya. Game ini rawan.. more

presdir nintendo d

Profil Presiden Baru Nintendo: 11 Tahun Tinggal Di Jerman

Di bulan Juni tahun 2018 nanti, jabatan prestisius Presiden Nintendo Co. Ltd akan dipegang oleh Shuntaro Furukawa, eksek.. more

00 desktop aktor jepang

Aktor-aktor Jepang Ini Tampil Mengagumkan Sebagai Karakter Anime

Bro sis penasaran nggak sih dengan aktor-aktor Jepang yang dapat kesempatan buat mengasah perannya di dunia akting, deng.. more

00-d-tada-kun-wa-koi-wo-shinai

Tada-kun wa Koi wo Shinai: Kisah Cinta Anak SMA dan Putri Raja

Tada-kun wa Koi wo Shinai mengisahkan petemuan antara Tada yang hobi fotografi dengan Teresa Wagner yang sebenarnya adal.. more