Ini Dia 10 Film Indonesia Terlaris Tahun 2017!

8 months ago
00 film indonesia terlaris 2017 desktop

Tahun 2017 telah berakhir, dan kini kita sudah tiba di akhir bulan Januari 2018. Di tahun ini, bayak film-film Indonesia yang siap menghias layar bioskop. Namun satu perntanyaan masih membekas: Film Indonesia apa yang paling laris di tahun 2017 lalu?

Banyak film horor yang kembali menemukan tajinya di tahun 2017 lalu, namun film drama dan komedi juga tak kalah populer. Bro sis penasaran dengan film Indonesia mana yang paling laris di tahun 2017? Mari kita hitung mundur 10 film Indonesia dengan penonton terbanyak di tahun tersebut. Seluruh data jumlah penonton disadur dari situs filmindonesia.or.id, yang mengumpulkan statistik penonton bioskop berdasarkan data penjualan tiket bioskop dan pernyataan resmi yang dirilis. Yuk langsung kita simak!

10. Surat Cinta untuk Starla

01 starla

Sumber: Layar.id

Hema (Jefri Nichol) adalah cowok yang senang menulis “surat cinta” untuk alam. Ia menunjukkan rasa cintanya kepada alam lewat mesin tik dan juga kaleng cat. Ternyata, ada satu hal yang bisa membuat Hema berpaling dari asyiknya mengetik dan melukis mural. 6 jam pertemuannya dengan gadis bernama Starla (Caitlin Halderman) berujung pada sebuah kisah cinta yang menginspirasi orang-orang.

Diadaptasi dari lagu balada berjudul sama milik Virgoun, film arahan Rudi Aryanto yang mengembangkan konsep dari web series-nya ini berhasil menjaring 1.217.058 penonton selama penayangannya. Angka impresif yang cukup mampu bersanding dengan 200 juta penonton video klip liriknya di Youtube, membuatnya berada di posisi 10 film Indonesia terlaris 2017.

9. The Doll 2

02 the doll

Sumber: Sociolla

Meskipun namanya The Doll 2, film ini nggak punya hubungan dekat dengan film pertamanya. Kali ini tokoh utamanya adalah pasangan suami istri Maira (Luna Maya) dan Aldo (Herjunot Ali) yang berduka selepas meninggalnya anak mereka, Kayla. Namun 6 bulan menjelang ulang tahun Kayla, Maira mengalami berbagai fenomena janggal. Ia bisa merasakan bahwa Kayla masih ada di rumah mereka, dan boneka Sabrina favoritnya jadi kunci dari semua fenomena gaib tersebut.

The Doll pertama yang hanya mampu meraih 550 ribu penonton nampaknya menjadi acuan untuk meningkatkan sekuel dari film horor tersebut. Buktinya? The Doll 2 berhasil mengumpulkan 1.226.864 penonton hingga hari terakhir penayangannya, dan berhasil duduk di posisi 9 film Indonesia terlaris 2017. Hmm, mungkin salah satu alasannya karena ada star factor Luna Maya dan Herjunot Ali?

8. Mata Batin

03 batin

Sumber: Riza Pahlevi

Kakak beradik Alia (Jessica Mila) dan Abel (Bianca Hello) pindah ke rumah semasa kecil mereka. Abel tidak suka tinggal di sana karena ia merasakan sebuah kejanggalan, namun segala upaya untuk menjelaskan hal itu tidak dihiraukan Alia dan pacarnya, Davin (Denny Sumargo). Saat keadaan makin parah, terungkap bahwa Abel ternyata memiliki “mata batin” yang dapat melihat arwah gentayangan. Penasaran, Alia pun ingin mata batinnya dibuka…

Disutradarai dan diproduseri Rocky Soraya, Mata Batin mampu meraih 1.282.557 penonton. Bisa jadi salah satu alasan kenapa banyak yang penasaran menonton Mata Batin adalah karena ada selipan mantra dalam filmnya yang konon bisa benar-benar membuka mata batin seseorang! Hmm, bro sis sendiri mau dibukakan mata batinnya?

7. Surga Yang Tak Dirindukan 2

04 surga

Sumber: Your Little Hummingbird

Pernikahan Arini (Laudya Cynthia Bella) dan Pras (Fedi Nuril) berjalan dengan bahagia. Setiap hari mereka sangat klop, dan kehadiran anak pertama mereka Nadia, membuat mereka lengket seperti lem. Namun ujian untuk kesetiaan mereka muncul dalam sosok Meirose (Raline Shah), perempuan yang ditolong Pras dalam kecelakaan mobil. Meirose yang depresi karena ditinggal nikah suami serta tengah mengandung anak, membuat Pras bimbang. Akankah ia mengorbankan pernikahannya dengan Arini demi menyelamatkan Meirose?

Sekuel dari film dan novel Surga Yang Tak Dirindukan ini masih kuat di tangga box office film Indonesia dengan raihan 1.637.472 penonton. Memang ada peningkatan penonton sejumlah 100 ribuan orang, namun nampaknya film ini muncul di momen yang sedikit kurang tepat. 2017 dibanjiri berbagai film yang mampu menembus angka 2 juta ke atas, dan sayangnya Surga Yang Tak Dirindukan 2 tak mampu sampai di sana. Pencapaian demikian hanya menempatkan film ini di posisi 7 film Indonesia terlaris 2017.

6. Susah Sinyal

05 sinyal

Sumber: IMDb

Ellen (Adinia Wirasti) yang sibuk bekerja sebagai pengacara membuatnya sulit meluangkan waktu untuk anaknya, Kiara (Aurora Riberto) yang tengah menjalani fase remajanya. Satu-satunya tambatan bagi Kiara adalah ibu Ellen, Agatha (Niniek L. Karim). Namun saat sang nenek meninggal, Kiara pun terguncang. Untuk mengobati rasa sedihnya, Ellen mengajak Kiara untuk liburan ke Pulau Sumba, atas saran psikolog.

Satu lagi film arahan komedian stand-up Ernest Prakasa, yang tak hanya lucu namun juga mampu membuka mata kita akan berbagai masalah kehidupan sehari-hari yang sederhana namun sering kali luput dari perhatian kita. Susah Sinyal kembali menjadi pembuktian kemampuan penyutradaraan Ernest dengan raihan penonton sebanyak 2.160.051 penonton, sehingga berhak duduk di posisi 6 film Indonesia terlaris 2017. Ini adalah tahun ketiganya bertengger di daftar box office Indonesia setelah film Ngenest dan Cek Toko Sebelah.

5. Jailangkung

06 jelangkung

Sumber: Layar.id

Tiga bersaudari Angel (Hanna Al Rasyid), Bella (Amanda Rawless), dan Tasya (Gabriella Quinlyn) menemukan ayah mereka jatuh ke dalam koma. Untuk mencari tahu jawabannya, mereka meminta tolong Rama (Jefri Nichol), teman kampus Bella yang mendalami ilmu metafisika. Dibantu oleh pilot bernama Wardana (Augie Fantinus), mereka kemudian menumpukan harapan pada sosok boneka jelangkung.

Rizal Mantovani nampak hendak mengulang kesuksesan film Jelangkung pertamanya di tahun 2001 lalu. Dan dengan raihan 2.550.271 penonton, bisa dikatakan “reboot” salah satu film horor modern Indonesia populer ini cukup sukses bertengger di posisi 5 film Indonesia terlaris 2017. Di masa depan, pastikan ada lebih banyak “reboot” film-film Indonesia jadul dibanding tahun sebelumnya.

4. Danur: I Can See Ghosts

07 danur

Sumber: Beranda

Di ulang tahunnya ke-8, Risa (Asha Kenyeri Bermudez) meminta hadiah teman baru. Hari berganti, ia menjadi lebih ceria. Namun sang ibu Elly (Kinaryosih) khawatir karena teman yang dimaksud Risa ternyata adalah hantu. Lewat berbagai usaha, Elly berhasil memisahkan Risa dari “temannya.” 9 tahun kemudian, Risa (Prilly Latuconsina) dan adiknya Riri (Sandrinna Michelle) kembali ke rumah sang nenek dan mendapati berbagai kejadian supranatural di sana.

Segala hal tentang Danur benar-benar mistis. Proses kreasinya melibatkan pakar supranatural betulan, dan konon poster filmnya sempat harus diganti karena diprotes makhluk gaib. Selama proses shooting hingga tayang di bioskop, banyak orang yang mengaku ditempeli arwah gaib. Entah benar atau tidak, hal itu membantu Danur meraup 2.736.157 penonton. Karena kesuksesannya, film Danur saat ini tengah digarap sekuelnya. Prilly Latuconsina yang selama shooting harus ditemani paranormal ini mengaku tak akan main di film horor lain selain Danur.

3. Ayat Ayat Cinta 2

08 aac2

Sumber: Geotimes

Fahri (Fedi Nuril) kini tinggal di Edinburgh, Skotlandia sebagai dosen. Ia juga memiliki bisnis minimarket, dan sehari-hari dibantu pekerjaannya oleh Hulusi (Pandji Pragiwaksono). Berbagai sosok datang dalam hidupnya, seperti tetangganya Catarina (Dewi Irawan) seorang perempuan Yahudi, dan gadis asli Skotlandia, Keira (Chelsea Islan) yang berambisi menjadi pemain biola. Belum lagi Fahri juga menolong Sabina (Dewi Sandra), yang kemudian ia angkat jadi asisten rumah tangga. Namun kehadiran seorang mahasiswa bernama Hulya (Tatjana Saphira) justru membuat Fahri sedih. Hulya ternyata masih satu keluarga dengan Aisha (dulu dimainkan Rianti Cartwright) yang selama ini ia cari.

Fedi Nuril sekali lagi membuktikan dirinya sebagai pemuas fantasi self-insert abang-abang pesantren yang ilmu agamanya matang dan juga digilai banyak perempuan. Sang Kirito-nya film drama religi ini berhasil membawa sekuel dari film trendsetter ini meraih 2.832.310 penonton dan duduk di posisi 3 film Indonesia terlaris 2017. Apa jumlah penonton besar berbanding dengan kualitas ceritanya? Bahkan film sekelas Ayat-ayat Cinta 2 ini pun tak luput dari kritik, salah satunya bisa bro sis lihat di review yang penuh dengan meme qasidahan ini.

2. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2

09 warkop

Sumber: Bioskoptoday

Sebelumnya, di Jangkrik Boss Part 1: Dono (Abimana Aryasatya), Kasino (Vino G. Bastian), dan Indro (Tora Sudiro), terbang ke Malaysia untuk berburu harta karun demi melunasi hutang. Ditemani Sophie (Hanna Al Rasyid), mereka terlibat dalam berbagai kejadian tak disangka, yang melibatkan perempuan melayu bernama Nadia (Fazura).

Film kedua Warkop DKI Reborn ini  sayangnya tidak mampu menandingi raihan fantastis film pertamanya, dengan catatan 4.083.190 penonton saja yang hadir sehingga harus turun ke posisi 2 film Indonesia terlaris 2017. Meski demikian 4 juta tetap sebuah angka yang mencengangkan. Mudah-mudahan Oom Indro senang ya. Dengan hasil demikian, mungkin Falcon harus sedikit lebih berhati-hati dengan reboot film Benyamin Biang Kerok yang diperankan aktor handyman Reza Rahadian.

1. Pengabdi Setan

10 setan

Sumber: Brilio

Rini (Tara Basro) terpaksa tinggal di rumah neneknya, Rahma Saidah (Elly D. Luthan) bersama dengan keluarga besarnya. Ada sang bapak (Bront Palarae), ibunya Mawarni (Ayu Laksmi), dan tiga adiknya: Tony (Endy Arfian), Bondi (Nasar Annuz), dan Ian (Muhammad Adhiyat). Mawarni telah sakit selama 3 tahun sehingga membuat keluarganya kesulitan dana. Pada akhirnya Mawarni pun meninggal dan keluarganya pun digentayangi hantu. Ternyata ada rahasia dalam keluarga Rini yang melibatkan sebuah perjanjian terlarang.

Sensasi perfilman tahun 2017 jatuh kepada film Pengabdi Setan. Joko Anwar dengan berani mencoba untuk me-reboot film horor klasik Indonesia yang memiliki status cult di luar negeri ini. Dedikasinya mebuahkan hasil: 4.206.103 penonton berhasil mentasbihkan Pengabdi Setan sebagai film Indonesia terlaris 2017.

***

Itu dia 10 film Indonesia terlaris tahun 2017 berdasarkan jumlah penonton. Apa film Indonesia favorit bro sis di tahun 2017? Apakah filmnya masuk dalam daftar di atas? Beri tahu kami di kolom komentar ya!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: pinterest

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Seni Tattoo Tradisional Jepang

Kalau menonton film action yang ada kemunculan Yakuza di dalamnya, biasanya kita bisa melihat kalau beberapa Yakuza memi.. more

Sumber: japantimes

Inilah Hal Yang Wajib Dipatuhi Oleh Orang Jepang dan Korea Saat Bekerja

Di Jepang, orang yang bekerja di kantor, biasanya punya budaya untuk makan malam bersama. Wajar memang. Tapi dalam makan.. more

00-d-wotaku-ni-koi-wa-muzukashii

Review Anime Wotaku ni koi wa Muzukashii: Ketika Otaku Jatuh Cinta

Bekerja di kantor sama, cowok-cewek ini ternyata menyadari jika mereka adalah otaku! Simak selengkapnya di Wotaku ni Koi.. more

00-d-torsi-volume-2

Otomotif dan Ilustrasi Jejepangan Bertemu di Zine TORSI Volume 2

Lingkar kreatif Rimawarna mempersembahkan TORSI Volume 2, sekuel dari art book/zine bertema otomotif dan ilustrasi Jejep.. more

The World of Ghibli Jakarta Press Conference. Photo by CIAYO Picture

Full Report: Ngintip Press Conference Studio Ghibli di Jakarta Yuk!

Ternyata konferensi pers Studio Ghibli menarik juga!.. more