10 Film Tentang Time Traveling Ini Wajib Kamu Tonton. Yang ke 8 Dari Indonesia Loh!

6 months ago
Sumber gambar: taylorholmes.com

Perjalanan waktu/time travel.

Ini adalah impian manusia yang masih belum kesampaian. Saat perjalanan meninggalkan planet Bumi dan menuju semesta lain semakin terasa mungkin dan masuk akal, tapi perjalanan menuju masa lalu maupun masa depan masih berupa sebatas fiksi ilmiah. Tidak terhitung banyaknya novel ataupun film yang mencoba menggambarkan perjalanan yang tidak pernah terjadi ataupun dilakukan oleh manusia ini. Berbagai teori mengemuka soal bisa tidaknya perjalanan menembus waktu. Tapi tetap saja, time traveling adalah impian liar umat manusia yang belum terbukti dapat dilakukan dalam kenyataan.

Walau belum bisa melakukannya di dunia nyata, tapi film-film berikut ini mencoba menunjukkan bagaimana seandainya perjalanan menembus waktu itu mungkin dilakukan.

Timecop (1994)

Film ini dibintangi aktor laga yang terkenal jagoan split (merentangkan kedua kaki ke samping hingga sejajar dengan permukaan), Jean-Claude Van Damme. Dari judulnya kita bisa menebak kalau ceritanya pasti soal polisi yang berurusan dengan waktu/perjalanan waktu. Film ini termasuk film tersukses dari Van Damme, dan yang paling sedikit mendapatkan review jelek dari kritikus.

Adegan fenomenal film Timecop. Sumber gambar: bulletproofaction.com

Adegan fenomenal film Timecop. Sumber gambar: bulletproofaction.com

Terminator 2: Judgment Day (1991)

Merupakan sekuel dari Terminator (1984), film ini menceritakan perjuangan seorang ibu dan anak menghadapi cyborg pembunuh dari masa depan yang mengincar nyawa si anak. Mereka mendapatkan bantuan dari cyborg lain, juga dari masa depan, dimana cyborg ini dulunya mengincar nyawa si ibu. Film dengan quote terkenal “I’ll be back” ini adalah legenda. Wajib nonton minimal sekali.

Adegan baku tembak seru. Sumber gambar: businessinsider.com

Adegan baku tembak seru. Sumber gambar: businessinsider.com

Bill & Ted’s Excellent Adventure (1989)

Keanu Reeves (pemeran Neo di trilogy The Matrix) bermain di film komedi gokil bertema time travel ini loh! Di masa depan, tepatnya tahun 2688 Futuristic City, dunia berada dalam kondisi utopia yang sempurna berkat inspirasi Two Great Ones, yakni Bill Preston dan Ted Logan. Pemerintah di masa itu mengirimkan seseorang ke tahun 1988 di California dengan mesin waktu berwujud box telepon umum (ingat ini film tahun 1989 dimana telepon selular belum digunakan) untuk memastikan kalau Bill dan Ted lulus sekolah (karena Bill dan Ted merupakan siswa slenge’an malas belajar dan hanya doyan bermain band/musik). Film ini sukses memadukan komedi, fiksi ilmiah dan sedikit drama.

Dua remaja hobi nge-band males belajar. Sumber gambar: consequenceofsound.net

Dua remaja hobi nge-band males belajar. Sumber gambar: consequenceofsound.net

Army of Darkness (1993)

Pegawai supermarket tersedot portal waktu dan terjebak di tahun 1300. Disana dia terpaksa berurusan dengan pasukan tentara zombie yang mengacau situasi. Untungnya saat terbawa ke masa lalu, pegawai ini membawa gergaji mesin dan shotgun bersamanya. Film komedi gelap dengan elemen time travel, okultisme dan elemen-elemen hiburan khas B-movie.

“Boomstick!” Sumber gambar: youtube.com

“Boomstick!” Sumber gambar: youtube.com

Men In Black 3 (2012)

Time travel lekat dengan teknologi canggih, yang mungkin saja dimiliki alien from outer space. Iya ‘kan? Di film Men in Black 3, Agent J di tahun 2009 harus melakukan perjalanan waktu dengan teknologi alien ke tahun 1969 demi mencegah terbunuhnya partner dia, Agent K, di era tersebut. Film ini merupakan film tersukses dari ketiga film Men in Black yang pernah di produksi, meraup keuntungan lebih dari US$624 juta dengan modal US$215 juta.

Penjaga Bumi dari serangan alien jahat. Sumber gambar: empireonline.com

Penjaga Bumi dari serangan alien jahat. Sumber gambar: empireonline.com

Back to the Future 2 (1989)

Trilogi film Back to the Future memang soal perjalanan menembus waktu. Marty dan Doc harus ‘kembali ke masa depan’ untuk menyelamatkan putra Marty dari kemungkinan masuk penjara. Tapi situasi jadi kacau karena ulah Biff Tannen. Yang menarik adalah penggambaran masa depan (tahun 2015) di film itu, dimana tahun 2015 dunia sudah semakin canggih jika dibandingkan tahun 1989. Namun tentu saja 2015 yang asli tidak seperti yang digambarkan di film Back to the Future 2.

Tidak ada Hoverboard di tahun 2015 kita. Sumber gambar: io9.gizmodo.com

Tidak ada Hoverboard di tahun 2015 kita. Sumber gambar: io9.gizmodo.com

Kate & Leopold (2001)

Kisah cinta berbalut perjalanan menembus waktu. Leopold yang berasal dari tahun 1870 terdampar di tahun 2001. Karakternya yang nyebelin membuat jengkel semua orang, sampai dia bertemu (dan jatuh cinta dengan Kate). Film ini cocok ditonton bareng orang tersayang bro sis.

Leopold yang bingung dengan perubahan. Sumber gambar: e-nviromentalist.com

Leopold yang bingung dengan perubahan. Sumber gambar: e-nviromentalist.com

Glitch: Tersesat Dalam Waktu (2009)

Saya sangat mengapresiasi film Indonesia yang satu ini. Walau akting pemainnya masih perlu polesan lagi, serta Special FX yang masih sederhana, film fiksi ilmiah buatan sineas Indonesia ini merupakan terobosan penting dari tema film Indonesia yang masih berputar di horor, komedi ataupun drama keluarga. Sutradara David Poernomo punya visi dan imajinasi yang keren dan bisa dia eksekusi walau hasilnya tidak memuaskan. Film ini bercerita tentang kekacauan waktu 6 jam sebelum terjadinya tsunami 26 Desember 2004 (pukul 01:58 WIB). Empat sahabat terjebak dalam vortex waktu dan mengalami kejadian-kejadian yang sulit diterima secara akal.

Film dengan premise oke. Sumber gambar: ngomongin-film-indonesia.blogspot.com

Film dengan premise oke. Sumber gambar: ngomongin-film-indonesia.blogspot.com

Interstellar (2014)

Film fiksi ilmiah epik ini juga bertema soal time traveling. Di masa depan, lingkungan dunia semakin rusak sehingga manusia mulai mencari lokasi lain sebagai tempat tinggal. Sekelompok astronot tersedot wormhole yang ada di luar angkasa dan perjalanan menembus ruang serta waktu terjadi. Film ini juga memiliki muatan drama yang oke. Hubungan ayah dan putrinya yang sempat rusak dan berakhir dramatis. Dibintangi oleh aktor peraih Piala Oscar Matthew McConaughey.

Poster film Interstellar. Sumber gambar: therealsasha.wordpress.com

Poster film Interstellar. Sumber gambar: therealsasha.wordpress.com

The Time Machine (1960)

Film adaptasi dari novel fiksi ilmiah berjudul sama karangan “mbah-nya pengarang fiksi ilmiah dunia”, H.G Wells, bercerita tentang penemu mesin waktu dari era Victorian dimana dia mendapati manusia di masa depan akan terbagi antara spesies Eloi yang pasif dengan Morlocks yang memangsa Eloi. H.G Wells memang dikenal sebagai penulis produktif genre fiksi ilmiah, dan film ini berusaha mem-visualisasikan isi dari novel The Time Machine karangannya.

Mesin waktu dengan desain paling indah. Sumber gambar: popularmechanics.com

Mesin waktu dengan desain paling indah. Sumber gambar: popularmechanics.com

Ada lebih banyak lagi film fiksi ilmiah tentang time travel. Yang mana yang jadi favorit bro sis?

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Siap-Siap, Yuri On Ice the Movie (Yuri on Stage) akan Segera Dirilis!

Setelah gunjang ganjing tentang animasi Yuri on Ice di awal 2017 ini, akhirnya pada tanggal 29 April 2017 bersamaan deng.. more

00 cover d

Universal Studios Jepang Meluncurkan Wahana Sailor Moon 4D

Universal Studios Jepang membuka wahana 4D dari serial anime klasik Sailor Moon. Sailor Moon 4D ini akan hadir mulai 16 .. more

Sumber: horriblesubs.info

Impresi Awal TV Anime Cardcaptor Sakura Clear Card Rasa Lama Tapi Baru

Tapi walaupun punya ‘time gap’ cukup lebar, arc terbaru ini (Clear Card) ternyata mengambil ending dari arc sebelumn.. more

00 pong mobile

Punya Style Berkarya Sendiri? Jangan Minder!

Kurang pede dengan karya bro sis sendiri? Pesimis bisa bersaing dengan karya lain di industri kreatif yang udah mainstre.. more

Review Anime Crimes Division: Ketika Dunia Jejepangan Disusupi Penjahat

Review Anime Crimes Division: Ketika Dunia Jejepangan Disusupi Penjahat

Menjadi seorang otaku atau wibu di Indonesia bukan perkara mudah... more