10 Game PS1 ini Bikin Kangen Berat!

10 months ago

Dari berbagai macam jenis konsol game jadul seperti Nintendo NES, SNES, Nintendo 64, Sega Genesis, dan lain sebagainya, tak bisa dipungkiri kalau Playstation 1 alias PS1 menjadi konsol game yang paling ngangenin dengan berbagai game PS1 unggulan.

Bagaimana nggak bro sis? Semenjak kemunculannya di tahun 1994, konsol game 32-bit ini langsung sukses memukau gamer dengan tampilan grafis 3D yang sangat revolusioner di eranya, serta game-game keren yang sangat asyik untuk dimainkan. Melihat fakta tersebut, maka nggak salah kalau banyak dari kita yang sering berandai-andai memiliki mesin waktu agar bisa kembali ke masa-masa kejayaan itu.

Baca Juga: Sony Playstation: Masih Berjaya Di Puncak Industri Gaming Console, Akankah Kejayaan Console Sejuta Umat Ini Tumbang Juga Nantinya?

Nah bro sis, kalau membicarakan soal game-game klasik nan berkesan di PS1, tidak akan ada habis kalau kita catat satu per satu. Alias, banyak banget game PS1 yang keren-keren.

Namun pada akhirnya, saya harus memilih untuk mencari game PS1 terbaik dari yang terbaik. Dan setelah melalui proses seleksi super ketat, berikut adalah 10 game PS1 yang bikin kangen.

Game PS1 Yang Bikin Kangen

10. Bloody Roar 2: Bringer of the New Age (1999)

game ps1 bloody roar

Sumber: YSGaming!

Game fighting buatan Eighting dan Raizing ini, bisa dibilang sangat underrated. Padahal menimbang secara gameplay, seri game yang menampilkan petarung yang bisa berubah menjadi binatang ini tidak kalah mengasyikan.

Terlebih sekuelnya ini, Bloody Roar 2: Bringer of the New Age. Dengan mekanik game serta kontrol yang lebih nyaman, Bloody Roar 2 tidak hanya sukses mengalahkan Bloody Roar pertama yang rilis di tahun 1997. Di saat yang sama, game PS1 ini juga mampu memberikan alternatif terbaik bagi gamer yang kala itu sudah lumayan bosan dengan berbagai game fighting lain seperti Tekken, Virtua Fighters, Mortal Kombat, dan lain sebagainya. Di mana lagi bro sis bisa main game fighting yang karakternya bisa berubah wujud di tengah game?

Baca Juga: Mengenal Lima Dewa Fighting Game Community Jepang

9. ESPN Extreme Games (1995)

game ps1 espn

Sumber: emuparadise

Mungkin bro sis ada yang sedikit lupa dengan game olahraga ekstrim yang super fun dan sedikit nyeleneh ini. Jadi, di game PS1 ini kita bisa memilih untuk bermain sebagai atlit skateboard, sepeda, atau roller blade.

Nah, nantinya kita akan berkompetisi dengan pemain lainnya untuk memenangkan pertandingan yang ada. Kerennya nih, bro sis, untuk mengalahkan atau mendahului lawan, kita diperbolehkan untuk menjegal, menyikut atau menendang mereka. Berbahaya, ekstrim tapi sekali lagi sangat asyik untuk dimainkan berulang-ulang.

8. WWF Smackdown! 2: Know Your Role (2000)

game ps1 smackdown

Sumber: YouTube

Terlepas apakah bro sis adalah fans WWF (sekarang WWE) atau bukan, tidak bisa dipungkiri sama sekali kalau sekuel WWF Smackdown! ini menjadi game PS1 yang ngehit. Entah dimainkan sendiri atau bersama teman, game ini memang sangat adiktif.

Dan walaupun game-game WWE yang dirilis saat ini semakin canggih dan realistik, rasanya tak bisa disangkal kalau game-game WWE era 90-an, terlebih game ini, jauh lebih mengasyikan dan ngangenin untuk dimainkan lagi, lagi, dan lagi.

Baca Juga: Dwayne Johnson & Dave Bautista: Dari Juara Kelas Berat Ring Gulat Hingga Menjadi Juara Kelas Berat Hollywood

7. Gran Turismo 2 (1999)

game ps1 gran turismo

Sumber: YouTube

Sekuel Gran Turismo tahun 1997 ini bisa dibilang sangat sempurna dari berbagai aspek. Baik grafis, pilihan mobil dan sirkuit, bahkan musik soundtrack pun, semua benar-benar keren.

Hal ini semakin mantap dengan fitur jual beli mobil yang jumlahnya ratusan, serta kompleksnya opsi modifikasi mobil yang membuat gamer serasa memiliki showroom mobil sendiri. Gran Turismo 2 menjadi game PS1 genre balapan yang wajib dimainkan. Slogan “The Real Driving Simulator” yang diembannya saat itu memang benar-benar nyata.

Baca Juga: NGEENG, HATI-HATI! 10 ANIME OTOMOTIF INI BISA MEMACU ADRENALINMU!

6. Metal Gear Solid (1998)

game ps1 metal gear solid

Sumber: rockpapershotgun

Rilis di awal September 1998, sekuel game retro Metal Gear dan Metal Gear 2: Solid Snake ini langsung sukses dan bikin seluruh gamer jatuh hati. Bagaimana tidak? Berbeda dengan game pendahulunya maupun game-game aksi-spionase sejenisnya, game PS1 milik Hideo Kojima ini tampil sangat sinematik. Kisah sains fiksi blockbuster-nya merupakan salah satu cerita game terkompleks yang pernah ada, dan menjadi poin penting yang membedakan Metal Gear Solid dengan game aksi lainnya.

Dari segi gameplay, game ini benar-benar membuat mindblown. Terbukti, walau kini sudah semakin banyak game-game sejenis, rasanya semua game tersebut masih kalah jauh dengan game yang secara harfiah membuat kita harus mencabut controller dari konsolnya demi mengalahkan salah satu boss yang paling berkesan dalam dunia game, Psycho Mantis. Momen-momen seperti inilah yang membuat kita merasa geregetan untuk kembali memainkan Solid Snake.

Baca Juga: Death Stranding, A Hideo Kojima Game yang Masih Belum Jelas Maksudnya

5. Pepsiman (1999)

game ps1 pepsiman

Sumber: Emuparadise

Saya yakin, pasti dulu bro sis (dan bahkan saya sendiri) garuk-garuk kepala ketika mendengar nama dan melihat cover dari game ini. “Pepsiman? Game apaan nih?” Dan ketika akhirnya memainkan game-nya, rasa puas dan ketagihan pun langsung terasa.

Bagaimana tidak? Game PS1 buatan KID ini menuntut kita untuk gesit menggerakan tombol maju dan loncat agar dapat menghindari rintangan-rintangan yang menghadang. Mungkin sekarang ini kita kerap melihat berbagai versi copycat dari game ini seperti Temple Run dan Subway Surfers. Tapi tentunya, kita tidaklah boleh melupakan si “abang senior” yang memulai semuanya ini.

4. Tekken 3 (1998)

game ps1 tekken 3

Sumber: IMDb

Tentunya seluruh media gaming dan para gamer tidak salah sama sekali ketika menobatkan seri ketiga game fighting besutan Namco ini sebagai game fighting 3D terbaik yang pernah diproduksi pada masanya.

Ya, bro sis bisa rasakan sendiri ketika memainkan game ini. Dengan karakter yang terlihat lebih berwarna, kontrol yang sangat nyaman, serta berbagai mode yang sangat menyenangkan, sukses membuat Tekken 3 menjadi teman bermain yang sangat asyik bersama teman atau saudara. Meskipun telah mencapai 7 seri, rasanya hanya Tekken 2 dan Tekken 3-lah yang paling berkesan di hati kita semua hingga hari ini.

3. Bishi Bashi Special (2000)

game ps1 bishi bashi

Sumber: YouTube

Saya yakin banget, nggak mungkin bro sis nggak kenal dengan kumpulan mini game asal Jepang ini. Tak hanya konyol, namun game ini juga menuntut ketangkasan tinggi!

Dengan mini game yang menguji kecermatan, kecepatan sekaligus kecerdasan kita, Bishi Bashi Special sukses menjadi game PS1 yang wajib dimainkan bersama sahabat atau keluarga. Saking adiktifnya, nggak heran kalau banyak dari kita yang hingga detik ini masih hafal dengan kontrol, tampilan serta keseluruhan isi dari game ini.

2. Harvest Moon: Back To Nature (1999)

game ps1 harvest moon

Sumber: egmnow

Siapa sih yang tidak kenal dengan game PS1 yang diterbitkan Natsume ini? Dirilis tanggal 16 Desember 1999, Harvest Moon: Back to Nature langsung meroket habis-habisan, tidak hanya di negara asalnya Jepang, atau Amerika saja. Gamer Indonesia pun turut “keracunan” dengan game ini.

Dalam game ini, kita bisa merasakan bagaimana sulitnya bercocok tanam sendiri demi mendapatkan uang setiap harinya. Selain itu, kita juga bisa belajar bersosialisasi dengan warga sekitar, dan tentunyaberusaha meminang gadis idaman kita.

Walaupun di masa kini muncul Farmville atau game-game bercocok tanam lainnya, tetap saja Harvest Moon: Back to Nature menjadi game yang selalu mendapatkan tempat di hati.

Baca Juga: Ingin Mainkan Harvest Moon di Smartphone? Sekarang Udah Bisa!

1. Crash Team Racing (1999)

game ps1 crash team racing

Sumber: YouTube

Yang satu ini jangan ditanya lagi. Sejak rilis pada bulan Oktober 1999, spin-off trilogi seri Crash Bandicoot ini langsung membuat kita lupa makan, belajar dan bahkan tidur. Mungkin terdengar berlebihan, tapi memang begitulah yang terjadi ketika game balapan alternatif Mario Kart ini dirilis.

Saling beradu melempar jebakan-jebakan gokil demi memenangkan pertandingan, tidak heran apabila “kerusuhan” sering terjadi ketika memainkan game ini. Oh my, rasanya kepingin banget deh mengulang masa-masa rusuh itu.


Nah bro sis, itulah tadi 10 game PS1 yang bikin kita kangen berat untuk memainkannya lagi. Dari 10 game yang ada di daftar, manakah yang paling bikin kangen bro sis? Atau mungkin bro sis punya pilihan sendiri yang lebih oke? Silahkan sampaikan di kolom komentar ya!

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

00-d-the-dragon-prince

The Dragon Prince: Animasi Netflix Buatan Penulis Avatar

Penulis cerita dan sutradara serial Avatar: The Last Airberder menyiapkan serial original The Dragon Prince yang akan ta.. more

(Sumber: http://uiupdate.ui.ac.id)

COMA Event, Wadah Bagi Pecinta Komik dan Pop Culture

COMA Event tuh apa sih? Ternyata itu salah satu event yang digelar oleh AKIPA dan SHIORI untuk para pecinta komik dan po.. more

00-d-isaac

ISAAC Rilis EP Perdana Mereka, Cocoon

Grup indie alternatif asal Jakarya, ISAAC, resmi merilis album mini perdana mereka berjudul Cocoon pada 11 September 201.. more

Seorang Bapak Menantang Pacar Anaknya Dalam Duel Video Game! Siapa Yang Menang?

Ketika sedang ngapel ke rumah pacarnya, ia malah ditantang main video game oleh bapaknya!.. more

Sumber: www.kspr.com

Film – Film yang Merajai Box Office ini Dapat Rating Jelek

Pengumuman peringkat Box Office minggu ini (9-11 Februari 2018) cukup membuat kaget. Tiga film yang berada di urutan ter.. more