10 IP Asli Indonesia Yang Bakal Hadir di Licensing Expo China 2019

6 months ago
10 IP asli Indonesia drari program Katapel BEKRAF akan menghadiri acara Licensing Expo China 2019 di Shanghai. Siapa saja mereka?

Tak bisa dipungkiri bahwa industri kreatif di Indonesia tengah berkembang pesat. Komik, film, animasi, hingga game digarap dengan serius dan juga menguntungkan secara finansial. Melihat berbagai potensi tak terbatas ini, Badan Ekonomi Kreatif alias BEKRAF punya tujuan mulia untuk menjadikan IP asal Indonesia tak hanya merajai Indonesia, namun juga di dunia.

Lewat program yang disebut Katapel, BEKRAF membekali para pemilik IP keren asal Indonesia dengan berbagai ilmu dan pengetahuan untuk bisa siap terjun ke pasar. Setelah terbukti bisa survive, para pemilik IP diajak untuk mempromosikan IP mereka ke pasar internasional. Hong Kong International Licensing Show 2019 jadi panggung pertama Katapel, dan nanti yang terbaru adalah Licensing Expo China pada tanggal 24-26 Juli 2019 di Shanghai.

Baca Juga: Lewat ICINC, BEKRAF dan 88rising Mencari Rich Brian Baru

Para peserta Licensing Expo China 2019 yang diterbangkan BEKRAF. Sumber: LINE Today
Para peserta Licensing Expo China 2019 yang diterbangkan BEKRAF. Sumber: LINE Today

Program Katapel sudah berjalan dua batch, dan dari masing-masing batch ada 5 IP terpilih yang berkesempatan untuk unjuk kebolehan. Total 10 IP ini merupakan hasil penyaringan dari ratusan IP yang mendaftar program Katapel. “Dari ratusan peserta yang mendaftar, inilah yang sudah siap terjun ke pasar. Kami tidak menyebutnya sebagai pemenang karena memang bukan urusan menang-kalah,” ujar Grace Kusnadi, Direktur Eksekutif Katapel, dalam press conference Archipelageek tanggal 16 Juli lalu.

Dengan semakin dekatnya acara Licensing Expo China 2019, ada baiknya kita kenalan dengan berbagai IP asli Indonesia yang akan pergi ke negeri tirai bambu. Sebagian di antaranya mungkin sudah kamu kenal! Siapa saja mereka?

IP Indonesia di Licensing Expo China 2019

1. Hey Blo!

Hey Blo! Sumber: Femina
Hey Blo! Sumber: Femina

Hey Blo! merupakan serial animasi pendidikan yang bertujuan untuk memberikan anak-anak tayangan yang menghibur dan juga mendidik. Hadi di Youtube sejak tahun 2017, Hey Blo! punya berbagai karakter menarik seperti Blo, Dodo, Rere, dan Mimi. Kekuatan lain dari serial Hey Blo! adalah merchandising yang solid dengan marketplace yang menjual berbagai pernak-pernik derivatif.

2. Komik Ga Jelas

Komik Ga Jelas. Sumber: Duniaku
Komik Ga Jelas. Sumber: Duniaku

Komik Ga Jelas yang dikarang oleh Jasmine Surkatty ini tidak hanya menyajikan komedi yang super ngocol dan bisa bikin garuk-garuk kepala, tapi juga didukung oleh desain ilustrasi yang sederhana tapi sangat appealing. Komik Ga Jelas sudah beberapa kali dibukukan, dan juga bisa kamu baca secara online di CIAYO Comics!

3. Tahilalats

Tahilalats. Sumber: Tahilalats
Tahilalats. Sumber: Tahilalats

Sensasi komik strip online Tahilalats juga akan hadir di Licensing Expo China 2019. Komik Nurfadli Mursyid ini punya style humor dan ilustrasi yang anti mainstream. Tak heran komiknya populer di kalangan milenial! Bukti bahwa Tahilalats berhasil bekerja sama dengan korporasi besar seperti GO-JEK, serta adaptasi ke media lainnya, membuktikan bahwa Tahilalats pantas maju ke kancah internasional.

4. Garudayana

Garudayana. Sumber: Tokome
Garudayana. Sumber: Tokome

Terlahir dari tangan dingin veteran komik Is Yuniarto, Garudayana menjadi bukti hidup komik Indonesia yang berhasil go international. Garudayana diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan Jepang, serta berpartisipasi dalam berbagai penghargaan komik. Merchandising Garudayana juga sangat sukses lewat kemunculan karakter Gatotkaca di Mobile Legends dan video game AR yang dijual bersama snack anak-anak. Oh ya, Garudayana juga bisa dibaca di CIAYO Comics loh!

5. Educa Studio

Educa Studio. Sumber: Dailysocial
Educa Studio. Sumber: Dailysocial

Educa Studio merupakan developer game asal Jawa Tengah yang fokus membuat berbagai jenis game edukatif. Eksis lebih dari 10 tahun lamanya, Educa Studio tidak hanya memproduksi game saja. Buku dan lagu anak pun mereka produksi.

6. Gugug!

Gugug! Sumber: Detik
Gugug! Sumber: Detik

Lewat Gugug!, Mohammad Taufiq alias Emte berhasil menyajikan sebuah kisah compelling tanpa memanfaatkan balon kata atau dialog. Desain ilustrasinya yang ngepop banget membuatnya terlihat sangat menarik dan cocok masuk ke pasar internasional. Salah satu buku Emte pernah diluncurkan di Ubud Writers & Readers Festival 2018; sebuah pencapaian yang cukup membanggakan.

7. Mintchan

Mintchan. Sumber: Risa Media
Mintchan. Sumber: Risa Media

Siapa bilang virtual Youtuber nggak bisa ikut Katapel? Maskot dari developer game Mintsphere, Millie Narry, dikembangkan menjadi virtual Youtuber untuk memaksimalkan potensinya. Tidak hanya memproduksi konten video, Mintchan juga merilis komik, stiker, serta single lagu.

8. GHOSTY’s COMIC

GHOSTY’s COMIC. Sumber: Nippon Club
GHOSTY’s COMIC. Sumber: Nippon Club

Komik bertema suka duka perhobian ini nggak pernah setengah-setengah untuk urusan merchandising. Bekerja sama dengan Doujin Dalam Botol, GHOSTY’s COMIC menghadirkan jajaran apparel kaos berdesain unik, kompilasi buku komik, stiker, serta merchandise lain yang bisa bikin khilaf. Kerja sama dengan Tokopedia semakin mengukuhkan kekuatan brand GHOSTY’s COMIC.

9. Manguni Squad

Manguni Squad. Sumber: Berita Manado
Manguni Squad. Sumber: Berita Manado

Manguni Squad merupakan game FPS mobile yang mengangkat unsur-unsur lokal. Dalam game yang sudah diunduh 40 ribu kali ini, gamer akan bertualang ke penjuru Indonesia untuk memberantas ancama teroris. Meskipun game ini terlihat sedikit unoptimized, namun ada potensi menarik di balik setting Manguni Squad yang tidak boleh disia-siakan.

10. Satria Dewa Gatotkaca

Satria Dewa Gatotkaca. Sumber: WowKeren
Satria Dewa Gatotkaca. Sumber: WowKeren

Satria Dewa Gatotkaca didapuk bakal menjadi sebuah multimedia project bertema superhero yang bakal digarap sangat matang. Awalnya akan hadir film superhero Gatotkaca sebagai pembuka universe Satria Dewa. Nantinya, bakal ada produk lain seperti video game, serial TV, merchandise, hingga taman bermain!


Itu dia 10 IP lokal yang akan hadir di Licensing Expo China 2019. Good luck untuk semua yang akan membawa nama Indonesia ke pasar internasional! Yang mana IP favoritmu?

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: kingdom.wikia.com

Rekomendasi Manga Kolosal Untuk Mengisi Waktu Liburan

5 manga kolosal ini tak hanya menyajikan pertempuran epik dan besar, namun juga potongan sejarah yang penuh dengan wawas.. more

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kamu Datang ke BEKRAF Game Prime

BEKRAF Game Prime  kembali lagi tahun ini! Buat Kamu-kamu yang hobi nge-game, bisa nih datang ke acara ini... more

00-d-maquia

Film Anime Maquia Tayang Perdana di Indonesia Lewat Ponimu!

Film anime Maquia akan tayang di Indonesia dalam waktu dekat. Layanan streaming anime Ponimu berhasil mendapatkan hak ta.. more

Mother! : Jennifer Lawrence Hadir Sebagai Kiasan Tentang Mother Earth

Mother! adalah film yang sutradarai oleh Darren Aronofsky, dimana selain menjadi sutradara Ia juga berperan sebagai penu.. more

Sumber: The Japan Times

Funkot: Musik Dance Rasa Dangdut Yang Mengudara Hingga Jepang

Indonesia boleh berbangga karena memiliki ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke, batik yang mendunia, kuliner yang bik.. more