10 Judul Light Novel Terlaris Tahun 2018

3 months ago
Light Novel Terlaris-Banner

Kepopuleran light novel di Jepang tidak akan ada habisnya. Tiap tahun akan ada saja judul seri baru berisi cerita-cerita unik dari karya para penulis. Dengan berbagai macam genre, latar belakang dunia, dan karakter membuat para pembaca terhipnotis didalamnya. Tidak heran jika banyak sekali light novel sering diadaptasi dalam berbagai media, mulai dari anime, movie, manga dan masih banyak lagi.

Salah satu situs Jepang, yaitu Oricon memberikan 10 daftar urutan light novel terlaris di tahun 2018. Apa saja light novel yang sedang laris dibaca para otaku? Yuk, kita mulai saja pembahasannya.

Light Novel Terlaris di Tahun 2018

10. No Game No Life

Light Novel Terlaris - Nogamenolife

No Game No Life dipenuhi sebuah permainan diluar aturan (Sumber: Ownedcore)

Berkat kepintaran, kecerdikan, dan kerja keras duo gamer Sora dan Shiro, mereka berhasil menarik banyak perhatian para pembaca. Kesuksesan mereka terbukti dengan menjadikan No Game No Life masuk dalam urutan ke-10 light novel terlaris tahun 2018 yang berhasil terjual sebanyak 350.960 kopi. Menceritakan duo gamer tidak terkalahkah Sora dan Shiro yang ditantang oleh sesosok God dalam bermain catur. Sora dan Shiro kalah untuk pertama kali, kemudian mereka diundang di dunia isekai dimana semua yang ada disana tidak lepas dengan games. Demi menjaga harga diri seorang gamer tidak terkalahkan, Sora dan Shiro berencana menguasai seluruh ras spesies di dunia isekai dan menantang kembali God yang telah mengalahkan mereka.

9. Sword Art Online

Light Novel Terlaris - SAO

Sword Art Online Alicization Arc memiliki cerita paling panjang dibandingkan arc sebelumnya (Sumber: Aminoapps)

Siapa sih yang tidak kenal dengan Sword Art Online? Kisah yang sangat futuristik tentang dunia game, VR, dan AR yang terasa sangat nyata. Light novel karya Reki Kawahara berhasil masuk dalam urutan ke-9 terlaris. Terhitung ada sebanyak 371.626 kopi terjual tahun ini. Dengan adanya adaptasi anime cerita Alicization Arc dari light novel, saya rasa Sword Art Online akan terus masuk dalam 10 besar light novel terlaris tahun depan.

8. Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e

Light Novel Terlaris - Youkoso

Keunikan cerita mengenai sistem sekolah berbeda dari yang lain (Sumber: WordPress)

Kalian pernah melihat atau pernah masuk kelas khusus atau sekolah khusus, gak? Kelas atau sekolah yang sedikit berbeda dan memiliki fasilitas berbeda dari yang lain pasti ada di beberapa daerah. Nah, light novel Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e menceritakan tentang sebuah sekolah khusus dimana memiliki sistem yang berbeda dari yang lain. Termasuk sistem kelas, nilai, ranking, dan masih banyak lagi. Berkat keunikan cerita inilah, light novel Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e berhasil masuk sebagai yang terlaris dalam urutan ke-8 dan terjual sebanyak 393.949 kopi.

Baca juga: LightNovel.ID Pamerkan Light Novel Lokal di Comic Frontier 11

7. Sword Art Online Progressive

Light Novel Terlaris - SAOP

Sword Art Online Progressive berfokus ke Aincrad Arc yang belum pernah diceritakan sebelumnya (Sumber: WordPress)

Sekali lagi, seri Sword Art Online berhasil masuk dalam kategori ini. Sword Art Online Progressive masuk dalam urutan ke-7 light novel terlaris dengan 426.794 kopi terjual. Jika Sword Art Online berfokus ke cerita Arc yang berbeda tiap beberapa volume, Sword Art Online Progressive lebih berfokus ke Aincrad Arc. Menceritakan perjalanan Kirito, Asuna dan teman-temannya saat terperangkap dalam game Sword Art Online dan berusaha bertahan hidup di Aincrad.

6.  Ryuuou no Oshigoto

Light Novel Terlaris - RYUUOU

Tidak ada yang aneh dalam Ryuuou no Oshigoto. Mungkin…? (Sumber: Pinterest)

Kisah pemain berbakat Shogi yaitu Yaichi Kuzuryu dan muridnya Ai Hinatsuru berhasil meraih peringkat urutan ke-6 sebagai light novel terlaris tahun 2018. Light Novel karya Shirow Shiratori berhasil laku keras hingga terjual sebanyak 478.242 kopi. Saya tidak heran jika para pembaca banyak tertarik karena permainan shogi. Bukan karena alasan lain yang aneh-aneh, kan?

5. Tensei Shitara Slime Datta Ken

Light Novel Terlaris - TENSEI SHITARA

Isekai Slime semakin populer dan diminati para otaku (Sumber: Sendflower4)

Setelah anime dan manga, kini light novel Tensei Shitara Slime Datta Ken kembali menunjukkan kepopulerannya. Isekai slime berhasil meraih peringkat ke-5 sebagai light novel terlaris tahun 2018 dengan penjualan sekitar 539.277 kopi. Selanjutnya apa lagi prestasi Rimuru dan warga Tempest di tahun 2019 nanti? Anime movie..?

4. Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

Light Novel Terlaris - Re:Zero

Masih menunggu season 3 demi….umm…siapa ya…? (Sumber: SGCafe)

Kerja keras Subaru untuk menyelamatkan semua orang yang penting baginya berhasil meraih urutan ke-4 sebagai light novel terlaris tahun ini. Penjualan light novel Re:Zero mencapai 619.031 kopi. Dengan hasil penjualan sebanyak itu, semoga saja anime Re:Zero season 2 akan terwujud. Banyak para otaku masih menunggu kemunculan Emilia, Ram, Beatrice dan Witch misterius yang telah memanggil Subaru di dunia Isekai. Hmm? Kalian bertanya dimana Rem? Siapa itu Rem?

Baca juga: Editor Jepang: Penulis Light Novel Ternyata Nggak Bisa Menulis!

3. Mahouka Koukou no Rettousei

Light Novel Terlaris - Mahouka Koukou

Tatsuya sang onii-sama (Sumber: Reddit)

Light novel sang onii-sama Tatsuya Shiba dan imouto Miyuki Shiba berhasil menduduki urutan ke-3. Penjualan light novel Mahouka Koukou no Rettousai mencapai 626.952 kopi. Saya penasaran, bakat kemampuan gila apalagi yang dimiliki sang pria harem anti romance dan powerful Tatsuya.

2. Konosuba

Light Novel Terlaris - konosuba

Dewi goblok, mage explosion, crusader samsak tinju (Sumber: Pinterest)

Meskipun tidak memiliki kemampuan khusus seperti Subaru atau bakat seperti Tatsuya, Kuzuma Kazuma sang adventure dunia isekai dan party-nya yang sangat unbalance berhasil meraih urutan ke-2 light novel terlaris 2018. Tidak tahu bagaimana cara party edan ini berhasil menjual light novel Konosuba sebanyak 630.889 kopi. Meskipun begitu, tetap saja Konosuba sangat populer hingga saat ini. Jadi ada harapan anime season 3 setelah movie?

Baca juga: Kinoko Nasu, Sosok di Balik Kemisteriusan Dunia dalam Visual Novel Fate/Stay Night dan Light Novel Kara no Kyoukai

1. Overlord

Light Novel Terlaris - Overlord

Salah satu ciri khas light novel Overlord adalah gambar yang luar biasa dari So-Bin (Sumber: 4usky)

Sasuga, Ainz-sama. Light novel Overlord berhasil menjadi yang paling laris mengalahkan semua pesaingnya. Ada sekitar 807.693 kopi telah terjual. Dengan penjualan tertinggi di tahun 2018, Ainz-sama dan pasukan Nazarick membuktikan bahwa cerita isekai tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Disini saya masih menuggu rilisan volume baru light novel Overlord setelah sang penulis Kugane Maruyama istirahat sampai tahun depan.


Itulah 10 light novel terlaris tahun 2018. Tentu saja kepopuleran judul-judul light novel ini sudah mendapatkan sebuah adaptasi anime. Jadi siapa saja yang masih berharap anime nya mendapatkan season baru seperti saya? Berikan tanggapan kalian di kolom komentar, ya.

About Author

Faisal

Faisal

Mahasiswa semester akhir yang terjebak ke dalam jurang gacha mobage. Berpikir untuk pensi dari FGO, GBF dan sejenisnya, tapi Dev berkata lain. Koleksi SSR semakin banyak, jadi sayang akun nya kalo gak dimainkan...

Comments

Most
Popular

Sumber: thesun.co.uk

Kontroversi Film IT: Apakah Merusak Citra Badut?

Baru-baru ini diperilisan film IT, ratusan pekerja badut memenuhi jalanan di Kanada, mereka menganggap bahwa berkaitan d.. more

Jack Jack, Bocah Seribu Kekuatan Super

Film the Incredible 2  baru saja menghantam bioskop. Kali ini Jack Jack menjadi karakter yang paling mencuri perhatian... more

Menguak Asal Usul Komik

Kamu-kamu yang suka baca komik udah pada tahu belum asal-usul komik? Tim Blog CIAYO Comics bakal flashback ke masa awal .. more

BEKRAF Game Prime 2017 Bakal Seru!

Bro sis ada yang tahu sama acara Game Prime? Itu loh acara konferensi, seminar, dan pameran game terbesar di Indonesia.. more

00-d-harukana-receive

Anime Harukana Receive Tampilkan Asyiknya Voli Pantai

Haruka dan Kanata membentuk tim voli pantai meski keduanya berbeda dari penampilan dan sifat. Ikuti perjuangan mereka di.. more