10 Kerusakan PC yang Sering Kita Alami dan Cara Mengatasinya

9 months ago
Sumber: pembspcdoctor

Tidak bisa dipungkiri bro sis. Yang namanya PC, kalau sudah rusak, bisa bikin kepala pusing tujuh keliling. Wajarlah. Karena apabila PC rusak, semuanya bisa jadi keteteran, mulai dari tidak bisa bersosialisasi (chatting), main games, menyelesaikan tugas serta mengerjakan deadline.  Jika  ditilik, banyak ragam kerusakan yang bisa terjadi terhadap PC. Akan tetapi pada akhirnya, yang seringkali kita alami justru adalah kerusakan umum yang kerap dialami juga oleh seluruh pengguna PC.

Nah berdasarkan fakta tersebut, berikut merupakan 10 contoh masalah PC yang seringkali kita alami beserta dengan tips penanganannya. Happy fixing bro sis.

1. Bunyi seperti Pesawat Terbang atau Motor

Ketika menghidupkan PC, tiba-tiba PC mengeluarakan suara berisik seperti suara baling-baling helikopter atau mesin motor. Bikin polusi telinga banget gak sih bro sis? Nah, kalau bro sis sering mengalami masalah ini, ini tandanya kipas (pendingin) di dalam PC bro sis sudah kotor banget atau bisa juga seluruh dalaman PC bro sis, sudah dipenuhi debu (bukan kipasnya saja).

Solusinya, tentu bro sis harus membuka casing PC, kemudian bersihkan seluruh debu-debu tebal yang bersarang di kipas serta di seluruh dalaman PC. Dijamin deh kalau sudah benar-benar bersih, suara bising tersebut akan langsung menghilang. Tapi kalau masih bising juga, ini berarti, kipas bro sis sudah mulai “menua”. Kalau demikian, mau tidak mau, bro sis harus menggantinya dengan kipas baru.

Sumber: DLR

Sumber: DLR

2. PC Tidak Menyala Sama Sekali

Seluruh kabel listrik sudah terpasang dengan benar, namun ketika menekan tombol power seperti biasa, PC tidak bereaksi sama sekali alias seperti masih dalam keadaan mati? Ini berarti ada 3 kemungkinan bro sis:

  1. Mati lampu
  2. Kabel tidak terpasang sempurna
  3. Power Supply Unit rusak

Kalau kerusakan yang terjadi adalah poin 3, maka bro sis mau tidak mau, harus membeli PSU baru. Dan ingat, kalau bro sis memang punya budget lebih, usahakan beli PSU yang berkapasitas 500 watt (murni) atau yang di atas itu. Memang mahal, tapi lebih memuaskan dan tahan lama. Daripada murah, tidak murni dan cepat rusak lagi?

Sumber: fthmb

Sumber: fthmb

3. Terdengar bunyi Krik-krik

Lagi konsentrasi kerja atau lagi asyik chatting, tiba-tiba kalian mendengar “krik krik” dari dalam PC. Kalau satu atau dua kali masih tidak apa-apa. Tapi kalau berkali-kali? Wah menganggu sekali bukan? Nah, kalau kalian mengalami ini, ada 2 kemungkinan.

  1. Berasal dari kipas yang sudah aus
  2. Hard Disk sudah mulai melemah

Kalau masalah A yang terjadi, ada 2 cara nih bro sis. Pertama, ganti kipas atau cabut kipas yang menjadi sumber bunyi, lalu berikan 1-2 tetes minyak goreng ke kipas tersebut. “Hah minyak goreng?” Terdengar konyol memang. Tapi, penulis pernah mencobanya kok. Maksud dari ditetesi minyak goreng ini adalah untuk memberikan efek pelicin sehingga aus kipas menjadi berkurang.

Sumber: Cronosal

Sumber: Cronosal

Sedang kalau masalah B. Jangan langsung buru-buru back-up data dan beli Hard Disk baru. Pastikan/cek dulu dengan aplikasi cek HD seperti: HDDScan atau Crystal Disk Info Shizuku. Kalau ketika dilihat statusnya masih lampu kuning, pakai saja dulu. Tapi kalau status sudah lampu merah atau bro sis memang was-was, baru deh bro sis back up dan ganti baru.

4. Tidak Bisa Masuk Windows

Bro sis menghidupkan PC, tapi layar hanya menampilkan layar BIOS seperti di atas (atau variasinya) alias tidak langsung menuju layar loading Windows. Wah, kalau sudah begini bro sis, ini artinya Windows kalian mengalami kerusakan. Solusinya? Well, sebenarnya kalian bisa mencoba terlebih dahulu melalui safe mode (tekan F8 atau yang sesuai dengan model BIOS bro sis). Tapi masalahnya, kalau menggunakan cara tersebut, resikonya cukup besar. Salah pengaturan sedikit, kacau semua. Oleh karenanya solusi paling aman, adalah meng-install ulang program Windows tersebut.

Sumber: hubstatic

Sumber: hubstatic

Tapi ingat nih bro sis. Ketika melakukan proses instalasi pun, pastikan prosesnya berjalan sempurna (jangan ada komponen Windows yang hilang/kurang satupun). Karena kalau sampai kurang, ya nantinya kerusakan yang sama akan terjadi lagi. 

5. PC Menyala, Tapi Tidak Keluar Gambar

PC sudah menyala seperti biasa. Bro sis pun sudah menyalakan monitor. Tapi monitor tidak kunjung menampilkan gambar (blank/hitam). Gampang, ini Cuma antara 2 masalahnya.

  1. Kabel monitor ke VGA rusak atau bermasalah.
  2. Kartu VGA rusak

Nah, biasanya Poin 1  yang lebih sering menjadi penyebabnya. Kalau demikian, pemecahannya ada 2. Pertama pastikan posisi serta sekrup kabel yang berwarna biru itu sudah benar-benar kencang.

Sumber: Lifewire

Sumber: Lifewire

Atau kalau masih bermasalah, berarti bro sis harus beli kabel monitor baru. Kabel monitor yang bagus adalah yang permukaan tali dan “kepala” kabel terasa benar-benar tebal kalau dipegang. Warnanya pun biasanya hitam semua (tidak berwarna biru seperti kebanyakan) dan tentunya, harganya pun berada di atas kisaran 100-150k.

6. PC Mati Tiba-Tiba

Lagi asyik-asyik main atau bekerja, tanpa angin tanpa hujan, tiba-tiba PC mati total. Waduh kenapa nih bro sis?

Sumber: Jonooit

Sumber: Jonooit

Well, selain (obviously) mati lampu yang tidak kita sadari, permasalahan ini biasanya juga dikarenakan Power Supply yang tiba-tiba rusak. Solusinya tentu kita harus mengganti PSU tersebut.

7. Internet Tidak Terkoneksi

Ini adalah permasalahan super klasik dan ironisnya, masih saja ada orang yang bingung atau tidak tahu penyebab serta penanganan dari permasalahan sejuta umat ini.

Sumber: Forum Gameloft

Sumber: Forum Gameloft

Dan kalau bro sis adalah salah satunya, gampang saja kok bro sis. Permasalahan ini biasanya bersumber dari 3 masalah utama.

  1. Provider internet milik bro sis memang lagi bermasalah.
  2. Modem bro sis sudah melemah/rusak
  3. Kartu Local Area Network (LAN) bro sis rusak

Kalau masalahnya poin 2 & 3, maka bro sis tentunya harus membeli modem atau kartu LAN baru. Dan ya sebelum bro sis berucap, modem tidak bisa diperbaiki (service).

8. Blue Screen

Penulis yakin, hampir seluruh pengguna PC pasti pernah mengalami masalah super menyebalkan ini.  Dan yang lebih bikin darah tinggi lagi, kemunculannya sangatlah tiba-tiba/random. Lalu apa yang menyebabkan kerusakan ini? Well, banyak faktor bro sis. Bisa dari Hard Disk, RAM atau VGA. Nah untuk mengetahui pastinya, bro sis harus membaca tulisan yang berada di atas tulisan Contact your system administrator.

Pasalnya, tulisan tersebut adalah pemberitahuan perangkat yang sedang mengalami masalah. Sekarang kita ambil saja contoh dari yang ada di foto ini. Kalau kalian lihat di foto tersebut tertulis “Beginning dump of physical memory” dan “Physical memory dump complete”

Sumber: windowsreport

Sumber: windowsreport

Nah, tulisan ini memiliki arti bahwa kerusakan terjadi di bagian RAM. Kalau memang demikian, tentunya bro sis, harus mengganti RAM. Kalau misalkan tulisannya “visual memory” atau ada kata “visual” saja, ini artinya VGA bro sis yang bermasalah dan tentunya bro sis harus menggantinya juga.

9. Freeze/Hang Tiba-Tiba

Lagi enak-enak mendengarkan Havana nya Camila Cabello, tiba-tiba musik jadi terhenti. Parahnya lagi tanda panah mouse pun juga ikut terhenti. Intinya semua tidak bisa digerakkan!

Sumber: fwallpapers

Sumber: fwallpapers

Nah, inilah tipikal tanda komputer yang sedang hang/freeze. Penyebabnya pun beragam. Tapi pada umumnya, kerusakan ini disebabkan 3 hal.

  1. Aplikasi / Windows yang sedang dijalankan corrupt
  2. RAM mulai lemah
  3. Hard Disk mulai rusak

Akan tetapi, terkadang kerusakan juga disebabkan “sampah”/cache di hard disk sudah sangat penuh.

Kalau memang demikian, maka kalian harus segera melakukan Disk Cleanup (klik kanan di partisi HD utama lalu pilih Disk Cleanup) atau melalui aplikasi CCleaner.

10. PC Lemot/Lambat

Akhirnya kita sampai juga di permasalahan sejuta umat dari seluruh pengguna komputer. Lambat AKA Lemot. Dan penyebab masalah ini bervariasi.

Sumber: How To Make Computer Faster

Sumber: How To Make Computer Faster

Bisa karena RAM/memori berkapasitas rendah, VGA berkapasitas rendah, terlalu banyak “sampah”/cache atau yang paling umum membuka banyak aplikasi/program sekaligus. Kalau misalkan lambat yang terjadi berasal dari loading web browser atau salah satu halaman situs, maka kalian bisa me-refresh  atau membuka ulang web browser/ situs tersebut.

Tapi kalau masih lambat juga, ini artinya lalu lintas (traffic) di situs atau provider internet bro sis memang sedang padat sekali. Jadi sabar-sabar saja ya bro sis.

Nah bro sis, itulah tadi 10 kerusakan PC yang seringkali kita alami beserta dengan tips penanganannya. Dari 10 masalah yang ada, masalah yang mana saja yang sudah kalian alami? Silahkan sharing pengalaman kalian di kolom komentar ya!

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

Mas Is, Teh Alti, dan Kang Ario di event Anime Matsuri (CIAYO Pictures)

Bagaimana Perkembangan Industri Komik Indonesia di Tahun 2018? Yuk, Simak Pendapat Para Kreator!

Perkembangan industri komik di Indonesia terus berkembang tiap tahunnya. Bagaimana perkembangan indutri komik Indonesia .. more

00-d-monster-video-game

10 Monster Video Game Yang Bikin Merinding!

Teman-teman yang sering bermain game tentunya sering menghadapi berbagai macam monster. Monster video game pun bermacam-.. more

Elon Musk (Sumber: youtube.com/SpaceX)

Revolusi Abad 21 Dalam Desain Produk Terbaru Elon Musk

Inovator kelahiran Afrika Selatan sekaligus pendiri dari beberapa proyek SpaceX dan Tesla ini rencananya akan mengembang.. more

Sumpit Nyaruko-san. Sumber gambar: faylan7.deviantart.com

Jadi Begini Loh Perbedaan Sumpit di China, Korea dan Jepang!

Bro sis hampir pasti pernah menggunakan benda ini. Alat makan sumpit punya sejarah yang super panjang. Jauh lebih panjan.. more

Sabrina – Chapter 11: Jatuh Cinta Seperti Minum Soda

Setelah hampir seminggu tinggal di Bali, ia menyadari banyak hal. Ada kenikmatan-kenikmatan yang tidak bisa ia bandingka.. more