10 Makanan Populer Khas Festival Jepang. Kamu Suka yang Mana?

10 months ago
Nah, festival pasti identik dengan makanannya dong? Biasanya makanan di festival sedikit berbeda dengan menu restaurant pada umumnya. Makanan festival lebih affordable dan gak terlalu berat, layaknya hanya sebagai jajanan dan snack.

Tak bisa dipungkiri, Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki budaya yang unik. Bahkan budaya tersebutlah merupakan salah satu faktor penarik turis asing untuk berkunjung ke Jepang. Selain itu, Jepang juga terkenal akan memiliki banyak festival. Rasanya kalau kalian termasuk yang hobi membaca manga Jepang, pasti sudah tidak asing lagi dengan adegan karakter dalam komik mengunjungi sebuah festival, mereka juga biasanya sekaligus mengenakan kimono.

Nah, festival pasti identik dengan makanannya dong? Biasanya makanan di festival sedikit berbeda dengan menu restaurant pada umumnya. Makanan festival lebih affordable dan gak terlalu berat, layaknya hanya sebagai jajanan dan snack.

Berikut ini merupakan list makanan yang pasti kamu temukan di berbagai festival di Jepang!

1. Takoyaki

Jajanan khas Jepang ini juga banyak kita temukan di Indonesia. Saking populernya, takoyaki telah banyak menjadi favorite di negara lain. Takoyaki kalau diibaratkan seperti pancake khas Jepang. Bedanya, bentuk pancake ini bulat dan berisi cumi atau octopus di dalamnya. Namun, kalau lagi kurang beruntung, kamu juga bisa zonk. Maksudnya Takoyaki yang kamu makan octopusnya kecil. hihi

Takoyaki. Sumber: trendyintokyo

Takoyaki. Sumber: trendyintokyo

2. Dango

Camilan unik dari negeri sakura ini berbentuk bola-bola yang kemudian ditusuk dengan tusukan sate. Teksturnya pun kenyal-kenyal. Dango ini termasuk kue tradisional Jepang loh bro sis, terbuat dari tepung beras dan air, simple kan? Nah, biasanya jika sudah berbentuk adonan, beberapa penjual akan menambahkan topping seperti kacang merah, green tea, wijen dll ke dalam bola-bola tersebut. Setelah dipanggang, dango akan disiram saus gula atau saus kacang merah.

Dango. Sumber: ohmyomiyage

Dango. Sumber: ohmyomiyage

3. Yakitori

Kalau lagi Jepang dan bro sis nemu stand yang menjual potongan daging kecil, sayur yang ditusuk di batang, ingat! jangan sampe dilewatkan ya! Yakitori atau sate khas Jepang ini sebenarnya mirip-mirip dengan sate di Indonesia, bedanya biasanya yakitori diselipkan dengan sayur atau paprika. Bumbu yang digunakan tentu berbeda juga dong dengan cita rasa Indonesia.

Yakitori. Sumber: joaomaia.photoshelter.com

Yakitori. Sumber: thetravelmentor

4. Watame

Dessert manis ini biasanya populer dibeli oleh anak-anak. Di Indonesia, Watame ini lebih dikenal dengan nama kembang gula. Pasti tau dong? Bedanya, di beberapa stand, Watame disajikan lebih kreatif, misalnya dibentuk seperti bunga atau bewarna-warni tertentu, lucunya!

Watame. Sumber: Popsugar

Watame. Sumber: Popsugar

5. Okonomiyaki

Popularitas Okonomiyaki tentunya tak usah diragukan lagi. Karena hampir di tiap festival, stand okonomiyaki tak pernah sepi dari antrean pengunjung! Okonomiyaki biasanya dimasak dengan teppan (wajan besi rata) dan terdiri dari adonan tepung dicampur dengan daging, seafood, sayur. Setelah selesai, adonan yang sudah matang tersebut akan disiram bumbu okonomiyaki. Voila~

Okonomiyaki. Sumber: tabieats

Okonomiyaki. Sumber: tabieats

6. Ikayaki

Ikayaki merupakan jajanan khas festival berupa cumi-cumi utuh yang ditusuk pada tusukan sate, lalukemudian dibakar. Lebih simplenya dapat kita sebut sebagai sate cumi bakar hehe. Hidangannya termasuk sederhana dan mudah ditemui di berbagai acara di Jepang. Saat dibakar biasanya cumi tersebut telah dibumbui terlebih dahulu sehingga wangi dari Ikayaki menyebar ke pelosok area festival.

Ikayaki Stall. Sumber: joaomaia.photoshelter.com

Ikayaki Stall. Sumber: joaomaia.photoshelter.com

7. Ringo Ame

Kalau kamu pergi ke festival Jepang, pasti setidaknya ada satu booth yang menjual Ringo Ame, manisan buah apel yang sangat populer di Jepang.  Sebenarnya masih banyak perdebatan dari mana sesungguhnya asal Ringo Ame. Karena banyak sekali ditemukan jajanan serupa di China dan negara barat. Apel karamel khas Jepang ini ternyata tidak sulit untuk dibuat loh bro sis, buat kamu yang penasaran, cek aja cara pembuatannya disini.

Sumber: sabah.com

Sumber: sabah.com

8. Kakigori

Summer time is Kakigori time! Saat Jepang mengalami terik matahari yang menyengat, kakigori merupakan pilihan populer untuk mendinginkan tenggorokan. Kakigori sudah cukup lama dikenal di Jepang. Kakigori terdiri dari es serut yang dipadatkan di dalam wadah dan kemudian diberi sirup. Es serut Jepang ini sudah ada sejak periode abad ke-11 loh. Pada jaman itu, es dihancurkan dengan pisau lalu diberi cairan manis dari tanaman seperti hydrangea dan ivy.

Kakigori. Sumber: Live Japan Perfect Guide

Kakigori. Sumber: Live Japan Perfect Guide

9. Yakisoba

Dari namanya saja, bro sis pasti sudah bisa menebak dong ini jenis makanan apa? Yap, betul sekali. Mie goreng. Sebenarnya, presentasi dari Yakisoba hampir tak berbeda dengan mie goreng di Indonesia. Yakisoba adalah mie goreng Jepang dengan bahan mie, kol, sayur-sayuran, wortel, bumbu rumput laut yang kemudian dimasak dengan saus khusus Yakisoba. Mie yang digunakan memiliki tekstur yang lebih kenyal pula.

Yakisoba. Sumber: wasabi

Yakisoba. Sumber: wasabi

10. Taiyaki

Taiyaki biasanya hanya ditemukan pada bulan Oktober dan April saat Jepang dilanda musim dingin. Karena Taiyaki merupakan kue berbentuk ikan yang berisikan kacang merah yang disajikan hangat-hangat. Kue ini lebih enak dimakan dalam kondisi masih hangat, agar tidak mengeras. Oiya, Taiyaki memiliki banyak makna loh. Taiyaki sendiri berasal dari kata Omedatai yang artinya selamat. Jadi kue ini seringkali dijadikan hadiah saat teman, kerabat atau orang yang kita kenal mencapai sebuah keberhasilan.

Taiyaki. Sumber: japaninfo

Taiyaki. Sumber: japaninfo

Sebenarnya masih banyak jajanan festival khas Jepang lainnya. Namun yang disebutkan diatas merupakan yang paling populer. Kalau kalian mengunjungi festival di Jepang, jangan lupa cicipi makanan diatas ya! Bdwei, favoritemu yang mana?

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

Paris Games Week 2017 Sudah Dimulai Minggu Ini!

Sony Interactive Entertaiment, pemilik merk Sony PlayStation families, baru saja menggelar acara internal/keynote dalam .. more

header alex desktop

Who Killed Captain Alex – Bukti Kalau Film Asyik Bisa Dibuat Dengan Dana Terbatas

Who Killed Captain Alex dibuat dengan budget kurang dari 3 juta Rupiah di Uganda. Meski kualitasnya di bawah rata-rata, .. more

The Other Side. Sumber: CIAYO Comics

Top 10 Komik Horror di CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2

Berbeda dengan film horror, kayaknya nge-buat komik horror itu lebih susah deh. Bayangin aja, penulis harus membuat kita.. more

Sumber: news.nike.com

Kolaborasi Nike dan Playstation Hadirkan Sepatu Edisi Terbatas yang Super Keren

Nike memang merupakan merek sepatu dan perlengkapan olahraga yang tidak pernah takut dalam berekperimen terhadap produk-.. more

Sumber: Penguin Random House

Ikuti Petualangan Horor dan Misterius Para Pemburu Hantu Remaja di Serial Novel Ini

Salah satu serial novel yang patut kalian ikuti itu adalah Lockwood and Co. karangan Jonathan Stroud. Lockwood and Co. a.. more