Ini 10 Manga Terlaris 2018! Ada Favoritmu di Sini?

2 months ago
00-manga-2018

“Industri buku komik semakin sulit dan tidak lagi menjanjikan profit” jerit penerbit buku komik di Indonesia.

Dan walaupun itu mungkin berhubungan dengan daya beli penggemar komik di Indonesia yang semakin menurun atau kebiasaan mengonsumsi mangascan/scan digital komik secara illegal yang masih (semakin?) kuat di kalangan pembaca komik di Indonesia, namun secara umum kondisi industri buku komik cetak masih baik dan menjanjikan.

Setidaknya hal ini terlihat di negara “pusat” nya industri komik/manga: alias Jepang.

Industri manga dan anime Jepang tidak menunjukkan penurunan dalam hal produktifitas. Ini terlihat dari statistik penjualan manga yang terus meningkat; baik di negara asalnya sendiri maupun di negara lain seperti Amerika Serikat. Dengan semakin seringnya adaptasi/translasi manga Jepang ke bahasa Inggris secara resmi melalui penerbitan di Amerika Serikat, banyak judul manga Jepang yang kini dapat dinikmati secara legal oleh fans pembaca manga di Amerika Serikat.

Sementara pembaca manga di Jepang sendiri tidak akan kekurangan bahan bacaan manga karena berbagai judul lama tetap eksis dengan arc-arc terkini dan judul-judul baru bermunculan dalam berbagai format: mulai dari serialisasi majalah, format buku/tankobon hingga webcomic serta dojin.

Baca Juga: Comiket Japan: Event Manga Kecil-Kecilan Yang Kini Berubah Jadi Besar-Besaran

Suasana sebuah toko buku Jepang (Sumber: GoinJapanesque)

Suasana sebuah toko buku Jepang (Sumber: GoinJapanesque)

Akhir tahun 2018 segera tiba dan seperti kebiasaannya selama ini akun Twitter @YonkouProd memberikan informasi mengenai apa saja judul manga Jepang yang mengalami penjualan tertinggi sepanjang November 2017 hingga November 2018 kemarin.

Ada sepuluh judul ‘major label’ manga yang mengalami penjualan tinggi sepanjang tahun dan banyak di antaranya merupakan IP lama yang sudah dijamin akan laris terjual karena popularitas yang tetap tinggi hingga hari ini.

Sepuluh judul manga terlaris 2018 tersebut adalah:

  1. One Piece: Terjual sebanyak 8,113,317 kopi/unit
  2. My Hero Academia: Terjual sebanyak 6,718,185 kopi/unit
  3. Attack on Titan: Terjual sebanyak 5,235,963 kopi/unit
  4. Slam Dunk: Terjual sebanyak 5,214,085 kopi/unit
  5. Haikyu!!: Terjual sebanyak 5,030,624 kopi/unit
  6. Kingdom: Terjual sebanyak 4,970,171 kopi/unit
  7. The Seven Deadly Sins: Terjual sebanyak 4,867,680 kopi/unit
  8. The Promised Neverland: Terjual sebanyak 4,246,955 kopi/unit
  9. That Time I Got Reincarnated as a Sime: Terjual sebanyak 3,460,066 kopi/unit
  10. Tokyo Ghoul: Re: Terjual sebanyak 3,267,843 kopi/unit

Melihat angka-angka itu mungkin akan membuat publisher/penerbit/pencetak buku komik di Indonesia meringis sedih.

Karena jangankan mencapai angka yang diraih buku komik/manga One Piece; saya cukup yakin kalau belum pernah ada buku komik cetakan lokal (dalam artian buku komik buatan komikus Indonesia) yang mencapai angka penjualan hingga satu juta kopi/unit di sepanjang sejarah industri komik Indonesia selama ini. Mention/Tag saya jika kamu punya data itu.

Beberapa Manga Terlaris 2018 Yang Menarik Perhatian

Slam Dunk

Slam Dunk (Sumber: CrunchyRoll)

Slam Dunk (Sumber: CrunchyRoll)

Menariknya, dari judul-judul manga Jepang terlaris 2018 tadi, terselip judul klasik “Slam Dunk”.

“Slam Dunk” sebenarnya merupakan manga keluaran tahun 1990 karangan Takehiko Inoue yang mengalami re-release (atau diterbitkan kembali) dengan cover art baru. Slam Dunk sendiri sangat terkenal pada era ‘90an dan boleh dibilang menjadi ‘benchmark’ untuk manga-manga bertema sport/olahraga sesudahnya.

One Piece

One Piece masih menjadi manga terlaris 2018 (Sumber: NewMotors)

One Piece masih menjadi manga terlaris 2018 (Sumber: NewMotors)

“One Piece” tidak perlu pengenalan lebih lanjut lagi untuk menerangkan betapa suksesnya IP ciptaan Eiichiro Oda ini dalam berbagai format derivat dari manga-nya. Dengan meyakinkan One Piece masih memimpin pasar manga Jepang dan ini terjadi setiap tahun. Hal yang luar biasa tentunya, bisa kembali menjadi manga terlaris 2018.

Attack on Titan

Attack on Titan (Sumber: eBay)

Attack on Titan (Sumber: eBay)

Manga “Attack on Titan” akan mendekati arc akhir. Dengan adaptasi anime yang jadi idola, judul ini dipercaya masih akan jadi salah satu yang terlaris di tahun berikutnya. Kisah soal manusia versus raksasa ini juga di adaptasi ke video game dengan genre aksi ala “Musou” oleh Koei Tecmo.

My Hero Academia

(Sumber: YouTube)

(Sumber: YouTube)

Manga “My Hero Academia” merupakan IP keren yang semakin populer saja di kalangan penggemar manga. Selain adaptasi anime dan film teatrikal, manga dengan judul asli berbahasa Jepang “Boku no Hero Academia” sudah terkenal sejak terbit pertama kali  tahun 2014 dan jadi bagian penting majalah komik “Shonen Jump” sampai sekarang bersama judul-judul keren lain.

The Seven Deadly Sins

(Sumber: PlayStationLifeStyle)

(Sumber: PlayStationLifeStyle)

Manga “Nanatsu no Taizai”, alias “The Seven Deadly Sins”, juga sejak 2012 bertengger di puncak kesuksesan sebagai manga unik dengan karakter-karakter lovable seperti Elizabeth dan Hawk si Babi Pink yang gokil. Adaptasi anime The Seven Deadly Sins sama keren dengan adaptasi video game-nya; yang dirilis dalam format grafis celshaded menawan untuk konsol PlayStation 4.

Haikyuu!!

(Sumber: OtakuKart)

(Sumber: OtakuKart)

Terus terang saya belum membaca manga atau menonton adaptasi anime IP seperti “Tokyo Ghoul”, “That Time I Got Reincarnated as a Slime”, “Haikyu!!”, “Kingdom” serta “The Promised Neverland” sehingga informasi menarik dari judul-judul ini belum lengkap saya dapatkan.

Saat ini “Haikyu!!” sudah merambah ke dunia TCG/Trading Card Game yang tentu saja akan bertema bola volley seperti manga & anime-nya. TCG ini di produksi oleh Wedge Holding (dengan lisensi dari Takara Tomy Jepang) dan akan dipasarkan di negara-negara Asia Tenggara dengan bahasa lokal/nasional setempat. Salah satunya adalah di Indonesia yang didatangkan oleh Brain Navi Indonesia. Pastinya seru banget!

Seri kartu Haikyuu Volleyball Card Game lainnya akan diluncurkan di tahun 2019. Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Baca Juga: Haikyuu Volleyball Card Game Diluncurkan di Indonesia!

Tokyo Ghoul: Re

(Sumber: EuroPosters)

(Sumber: EuroPosters)

“Tokyo Ghoul: Re” akan memasuki season terakhir. Sementara manga “That Time I Got Reincarnated as a Slime” (judul yang gokil, btw) sedang mendapatkan adaptasi anime tahun ini.

“That Time I Got Reincarnated as a Slime” (Sumber: AnimeNewsNetwork)

The Promised Neverland

(Sumber: TwinCitiesGeek)

(Sumber: TwinCitiesGeek)

Adaptasi anime juga akan didapatkan manga “The Promised Neverland” bulan Januari tahun 2019.  Tidak lama lagi tentunya.

Kingdom

Adaptasi live action dari manga “Kingdom” (Sumber: QooNews)

Adaptasi live action dari manga “Kingdom” (Sumber: QooNews)

Dan “Kingdom”, manga karangan Yasuhisa Hara, di tahun 2019 akan dibuat dalam versi film live action. Manga dengan plot “Sam Kok” alias “Three Kingdom/Tiga Kerajaan” ini sudah pernah dibuat adaptasi anime-nya tahun 2012 kemarin. Film live action dari Kingdom akan disutradarai oleh Shinsuke Sato. Sato dikenal lewat film adaptasi manga/anime lain seperti “Gantz” (2011) serta “Inuyashiki” (2018). Film live action Kingdom direncanakan rilis 19 April 2019 di Jepang.

Sepuluh judul manga terlaris 2018 barusan memang tidak terlalu mengejutkan karena di dominasi manga-manga yang sudah established alias mapan. Mungkin suatu hari ada manga-manga baru yang akan mendominasi daftar tersebut. Siapa tahu ‘kan?

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Indonesia Comic Con 2017 Bertabur Cosplayer Dalam dan Luar Negeri, Mana Yang Paling Bagus?

Perhelatan Indonesia Comic Con 2017 telah selesai dilaksanakan. Acara yang diadakan di Jakarta Convention Center, Sabtu .. more

8 Film Terbaik Josh Brolin Selain Avengers: Infinity War

Nama Josh Brolin memang sedang hangat diperbincangkan saat ini. Ini terjadi karena ia berhasil memerankan karakter Villa.. more

00-d-uncharted-fan-film

Nathan Fillion Perankan Nathan Drake di Film Pendek Uncharted

Sutradara Allan Ungar dan aktor Nathan Fillion mempersembahkan fan film Uncharted, adaptasi dari game berjudul sama. Nat.. more

Joss Whedon dan Zack Snyder. Sumber gambar: bleedingcool.com

Pergantian Mendadak Kursi Sutradara Justice League yang Tidak Terduga, Mau Tahu Alasannya?

Saat pembuatan sebuah film, posisi sutradara merupakan posisi yang sangat penting. Tahukah bro sis, kalau film Justice L.. more