Mau Pergi Ke Event Pop Culture? 10 Tips Berikut Ini Harus Kamu Ikuti!

8 months ago
00-tips-event-d

Belakangan ini di Indonesia ada banyak sekali event berteme pop culture diadakan. Entah di tingkat kota hingga nasional, dengan tema beragam dari Jejepangan hingga superhero. Ribuan orang datang untuk menikmati berbagai acara di dalamnya, mulai dari belanja di booth kreator hingga bertemu bintang tamu kreator dan cosplayer.

Hal ini dapat kita lihat secara positif, namun juga cukup disayangkan karena masih banyak orang yang belum memahami etika saat mengunjungi event seperti ini. Berbagai kasus santer terdengar, mulai dari barang hilang dan tercuri, kericuhan di dalam antrian, hingga yang paling parah yakni pelecehan yang dilakukan orang-orang tidak bertanggung jawab.

Menimbang hal tersebut, sudah waktunya kita belajar tips dan trik dalam mengikuti event pop culture, demi kenyamanan kita bersama. Seperti apa saja? Yuk simak satu-satu!

1. Persiapan Harus Matang

01-tips-event-persiapan

Matang sih matang, tapi nggak harus bawa tas kemping juga ke event ya. (Sumber: The Chalkboard Mag)

Meskipun event pop culture merupakan tempat buat kamu bersenang-senang, bukan berarti kamu bisa datang dengan santai. Beberapa event pop culture, terutama yang memiliki pasar kreator, biasanya akan mengundang crowd yang sangat ramai. Jika kamu tidak mempersiapkan diri dengan baik, bisa saja hari-harimu selama event menjadi berantakan!

Sebelum pergi ke event, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa hal. Tidak harus heboh seperti hendak wisata ke luar negeri, tapi ada beberapa benda penting yang harus kamu bawa selama mengunjungi event pop culture.

  1. Air minum. Resiko terkena dehidrasi di tengah-tengah keramaian orang dan udara panas cukup besar. Baiknya sebelum datang ke event, kamu sudah membawa air minum sendiri.
  2. Sangat membantu menghilangkan hawa panas.
  3. Handuk, tisu, atau lap kain. Untuk menyeka keringat.
  4. Yang ini seharusnya jangan ditanya lagi, ya? Pastikan dompet kamu berisi uang dalam pecahan kecil. Jangan membawa uang banyak, namun pastikan uang yang kamu bawa cukup untuk berbagai kebutuhan di event. Menyiapkan sedikit uang untuk “pengeluaran tidak terduga” juga cukup membantu.
  5. Berguna sebagai alat komunikasi, namun hati-hati saat membawanya.
  6. Makanan kecil. Walaupun di dalam event ada booth makanan, tak ada salahnya membawa makanan kecil dari rumah.
  7. Daftar belanja. Jika kamu hendak belanja di event pop culture, membuat daftar belanjaan sangat dianjurkan. Selain membatasi pengeluaran tak terduga, daftar belanjaan juga akan membuat waktu belanjamu efisien.
  8. Tas tentu saja digunakan untuk menaruh barang-barang yang kamu bawa dan beli di event. Jika kamu cosplayer, ada baiknya kamu membawa tas yang lebih besar atau koper untuk membawa semua propertimu.
  9. Kartu nama. Ini adalah identitas diri dan kontak yang bisa kamu berikan jika ada yang memintanya.

2. Berpakaian Yang Nyaman

02-tips-event-pakaian

Jangan cosplay jadi sultan dan bodyguard-nya di tempat umum. Nanti dikira sultan betulan. (Sumber: Twitter)

Pergi ke event pop culture mengenakan pakaian yang salah bisa membuatmu tidak nyaman. Panas dan pegal merupakan salah satu hal yang harus dihindari sebisa mungkin. Siasatnya, adalah mengenakan pakaian yang nyaman dan tepat.

Kamu bisa mengenakan pakaian dengan bahan tipis dan adem. Pakaian dalam pun harus sama ademnya dengan pakaian luar. Hindari mengenakan pakaian berlapis-lapis. Untuk menopang kakimu, gunakan sepatu dengan permukaan rata (tidak berhak) dan kaos kaki.

Jika kamu adalah cosplayer, jangan langsung datang ke event mengenakan kostum. Repot! Bayangkan kamu mengenakan kostum tebal di dalam kendaraan umum. Sumpek dan tidak nyaman, kan? Datanglah ke event dengan pakaian biasa, lalu bergantilah di ruang gamti yang sudah disediakan panitia.

Jika event berada di luar ruangan, perlindungan ekstra seperti tabir surya dan topi akan sangat membantu. Namun yang paling penting adalah gunakan deodoran dan mandi dengan sabun sebelum pergi ke event untuk menghilangkan bau badan yang tidak diinginkan. Kamu nggak mau kan diteriaki bau bawang di dalam event?

3. Punya Tempat Nginap

03-tips-event-transport

Sebelum memilih tempat menginap, pastikan lokasinya mudah diakses oleh moda transportasi. (Sumber: Tempo)

Tidak masalah jika kamu punya rumah atau kosan di dekat lokasi event. Namun jika kamu berasal dari luar kota, pastikan kamu punya tempat untuk menginap jika hendak berkunjung selama dua hari.

Pilihan murah adalah menginap bersama teman. Kamu bisa ikut numpang menginap di rumah atau kos teman jika dia sanggup dan punya tempat kosong. Namun jika tidak, kamu harus mencari hotel atau penginapan. Sesuaikan pilihan penginapan kamu dengan budget dan lokasi. Aplikasi hotel dan semacamnya bisa membantumu memilih hotel yang tepat.

4. Datang Lebih Awal

04-tips-event-datang

Suasana di jam buka Comic Frontier 9. (Sumber: Risa Media)

Katanya rejeki itu datang kepada orang yang bangun lebih pagi. Dalam konteks event pop culture, hal itu pun ada benarnya juga! Kamu yang kebetulan bakal berjualan di event, tentu harus datang lebih pagi untuk mempersiapkan booth kamu. Semakin cepat kamu datang, semakin mantap persiapan kamu.

Hal yang sama juga berlaku untuk pengunjung. Datang lebih pagi artinya kamu bisa menghindari kemacetan sebelum mencapai puncaknya, dan kans kamu mendapatkan merchandise edisi terbatas akan semakin besar.

5. Menjaga Kebersihan Itu Penting!

05-tips-event-sampah

Volunteer membersihkan sampah di sebuah event. (Sumber: JapaneseMusicID)

Bicara soal bau badan, bukan hanya kebersihan diri saja yang harus diperhatikan. Kebersihan lingkungan event juga harus kita jaga.

Menjaga kebersihan seharusnya sudah menjadi kebiasaan kita sebagai masyarakat beradab. Namun sering kali kita melihat banyak sampah berserakan di setiap sudut event. Sampah di dalam event tentu saja tidak nyaman dari segi estetika, bau, dan juga kesehatan.

Maka dari itu, yuk kita mulai menjaga kebersihan di dalam event pop culture. Karena pada akhirnya, event tersebut dinikmati oleh kita-kita juga, kan? Mulailah dengan membuang sampah pada tempatnya, entah itu sampahmu sendiri atau sampah yang kamu lihat berserakan. Jangan lepas tangan dengan menyerahkan semuanya kepada petugas kebersihan. Karena jika kita ingin menciptakan event yang bersih, kita juga harus terlibat dalam upaya mewujudkannya.

6. Tetap Sehat Selama Acara

06-tips-event-makan

Stand yang menyediakan makanan di sebuah event pop culture Libya. (Sumber: Getty Images)

Masih ingat dengan air minum dan makanan kecil di poin pertama? Kamu akan membutuhkan keduanya.

Kombinasi udara pengap dan banyaknya pengunjung dalam event, bisa membuatmu dehidrasi. Siapkan air minum setidaknya dua botol agar kamu tetap segar selama event berlangsung. Kemudian jika ada saat dimana kamu nggak bisa pergi untuk beli makanan (terutama bagi yang jaga booth), makanan kecil yang kamu bawa bisa menolong perut kamu untuk sementara waktu. Roti adalah pilihan bagus untuk mengganjal perut kamu.

Pastikan juga kamu sudah sarapan yang benar sebelum pergi ke event. Jika kamu nekat datang tanpa sempat sarapan, kamu bisa kehilangan tenaga dan bisa saja pingsan di tengah acara.

7. Sabar, Sabar, Sabar!

07 tips event pop cultre antre

Antrian tiket masuk AFAID yang menguji kesabaran. (Sumber: Akiba Nation)

Selama event, ada kalanya kamu akan dihadapkan dengan situasi yang membosankan seperti mengantri tiket masuk, mengantri saat membeli merchandise, mengantri saat membeli makan, mengantri saat meet and greet, dan lain sebagainya. Antri, antri, antri! Kapan sih antriannya bakal lancar?

Eits, jangan sampai kamu menyerobot untuk bisa dapat antrian terdepan. Semua orang juga ingin menikmati event seperti halnya kamu ingin menikmati event. Mereka juga merasakan kebosanan yang juga kamu rasakan saat menunggu dalam antrian. Jika kamu dihadapkan dalam situasi seperti ini, sabar merupakan kuncinya. Patience is virtue! Karen ajika kamu sabar, toh kamu masih bisa mendapatkan yang kamu mau. Menyerobot antrian justru akan membuatmu dicibir orang lain.

8. Hormati Semua Orang!

Salah satu masalah yang sering dijumpai dalam event pop culture adalah para pengunjung yang berbuat sesuka mereka. Mereka menganggap event seperti ini sebagai sebuah rumah dimana mereka bisa bebas berekspresi menjadi diri mereka sendiri. Namun, niatan untuk berekspresi ini justru bisa membuat orang lain tidak nyaman.

Menyerobot antrian adalah salah satunya, tapi masih ada lagi perbuatan lain yang bisa membuat orang lain tidak merasa nyaman. Misalnya membuat acara flashmob yang mengganggu pengunjung lain, berteriak tanpa alasan jelas, mengejek fans lain,dan hal-hal tak pantas lainnya. Jika kamu nggak bisa menghormati orang lain, maka orang lain juga nggak akan menghormati kamu.

08-tips-event-cosplay

Berfoto dengan cosplayer harus memperhatikan kesopanan dan etika. (Sumber: Twitter)

Hal ini sering kali terjadi kepada para cosplayer. Tak jarang mereka merasa tidak nyaman di dalam event pop culture karena harus menghadapi pengunjung yang tidak sopan. Entah itu meminta foto saat mereka istirahat, memaksa untuk foto, hingga meminta cosplayer untuk berfoto dengan pose tidak sopan.

Tolong dipahami bahwa para cosplayer, panitia, penjual di booth, serta pengunjung lainnya juga ingin menikmati event seperti layaknya kamu. Jika kamu kelewat batas dalam bersenang-senang, justru kamu bisa membuat mood mereka jelek. Dan tentu saja, dalam jangka panjang hal ini bisa menjadi masaah buat kamu.

Apakah hal ini berlaku buat pengunjung saja? Tentu saja tidak. Panitia harus memberikan hospitality kepada semua penghuni event. Para penjual di booth harus menghormati para tetangganya yang juga berjualan. Cosplayer pun harus tetap sopan, bahkan saat mereka harus menolak permintaan pengunjung yang minta foto. Intinya, semuanya saling menghormati untuk menciptakan suasana event yang aman dan tentram.

9. Membawa Kartu Nama

09-tips-event-kartu

Bukan cuma businessman saja yang suka bertukar kartu nama, tapi juga para kreator dan cosplayer. (Sumber: Kotaku)

Meskipun terdengar sepele dan merepotkan, membawa kartu nama merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi kamu yang juga merupakan pelaku industri kreatif. Dalam event pop culture, kamu akan bertemu dengan banyak sekali kreator dan cosplayer. Ini adalah kesempatan bagus buat kamu berkenalan dengan mereka. Siapa tahu kedepannya kamu bisa berkolaborasi dengan mereka!

Di sinilah pentingnya kartu nama. Kamu memberikan kontak kepada seseorang dengan itikad baik bahwa kamu ingin berkenalan dan dekat dengan mereka. Atau bisa saja kamu yang dimintai kartu nama, karena mereka ingin sekali berkenalan denganmu.

10. Tetap Bersenang-senang!

10-tips-event-fun

Jangan lupa dengan tujuan awal kamu datang ke event! (Sumber: KAORI Nusantara)

Setiap orang punya berbagai tujuan ketika datang ke event pop culture. Entah mereka datang untuk berjualan komik, untuk cosplay, untuk belanja, untuk reuni dengan teman, dan lain sebagainya. Apapun itu, kita semua punya keinginan yang sama di dalam event: bersenang-senang. Jadi, bersenang-senanglah di dalam event, namun perhatikan juga keadaan di sekelilingmu. Bersenang-senanglah selama masih wajar, dan bersenang-senanglah sebelum dilarang!

Tips-tips di atas sekilas mungkin terlihat mengekang, cerewet, merepotkan, dan hal lainnya yang menurutmu mungkin tidak nyaman. Tapi jangan sampai hal itu membuatmu tidak bisa menikmati waktu-waktu menyenangkan di dalam event! Ada alasannya kenapa peraturan dibuat dan diterapkan di dalam event. Semuanya adalah demi kenyamanan kita semua sebagai penghuni event.

Jika kamu memang peduli dengan kelangsungan event pop culture di Indonesia, yuk kita mulai berubah dari diri sendiri! Dengan tips-tips di atas, harapannya kamu tidak hanya menjadikan event pop culture nyaman bagi dirimu sendiri, namun juga orang lain yang ada di dalamnya.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

List Pemenang CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2

Daftar pemenang One Shot Challenge Vol. 2!.. more

Canti Clarinta. Sumber: Canti Clarinta

Canti Clarita, Illustrator Fan art Kpop Dengan Kearifan Budaya Lokal

Pernah melihat fan art buatan fans kpop? Mungkin kamu sudah biasa. Nah, gimana kalau melihat fan art kpop dengan kearifa.. more

00-d-promosi-deadpool-2

Promosi Nyeleneh Deadpool 2: Membeli MU Sampai Mengundang Wiro Sableng!

Apapun dilakukan si anti hero untuk promosi Deadpool 2. Mulai dari rekonsiliasi dengan David Beckham, tampil di game sho.. more

(Sumber : Koleksi Foto Dhiqi Hasbi)

Kangen sama ASO? Ngobrol Bareng sama Author Komik ASO Dulu Yuk!

Komik ASO itu based on true story bukan ya?.. more

Akhmad Fadly. Sumber: CIAYO Pictures

Akhmad Fadly: Berkarya Untuk Mengenalkan Budaya Lokal

bagaimana jadinya kalau ada komikus yang berkarya karena terinspirasi dari sebuah keris yang ia punya?.. more