100 Tahun RA Kosasih, Pos Indonesia dan AKSI Rilis Prangko Jagoan Indonesia

3 weeks ago

Tanggal 4 April merupakan hari kelahiran RA Kosasih, tokoh penting dalam sejarah komik Indonesia. Tanggal lahirnya kini diperingati sebagai salah satu hari penting bagi insan komik. Pada tanggal 4 April 2019 ini, bertepatan dengan 100 tahun kelahiran RA Kosasih, Pos Indonesia bersama Asosiasi Komik Indonesia merilis set prangko Jagoan Indonesia.

Acara peluncuran prangko Jagoan Indonesia ini diadakan di CoHive Filateli sejak pukul 2 siang. Acara dihadiri tokoh-tokoh penting dari Pos Indonesia, AKSI, serta komunitas filateli. Secara formal, rilisnya prangko tema komik Indonesia ini merupakan kerja sama antara Kementrian Komunikasi dan Informasi dengan AKSI.

Peresmian prangko Jagoan Indonesia. Sumber: CIAYO Pictures
Peresmian prangko Jagoan Indonesia. Sumber: CIAYO Pictures

Dalam acara ini, diperkenalkan desain prangko yang menampilkan tiga karakter superhero Indonesia: Sri Asih, Gundala, serta Si Buta Dari Gua Hantu. Pemilihan ketiga karakter ini didasari untuk memperingati momen-momen penting dalam dunia komik Indonesia. Selain memperingati 100 tahun RA Kosasih dengan menampilkan karakter Sri Asih, prangko Jagoan Indonesia juga merayakan 50 tahun karakter Gundala ciptaan Hasmi, serta 52 tahun karakter Si Buta Dari Gua Hantu karya Ganes TH.

Ditemui sebelum acara dimulai, Oyasujiwo selaku penulis komik Si Buta Dari Gua Hantu menyebutkan bahwa komik Indonesia merupakan bagian dari 12 tema prangko yang dirilis tiap tahunnya oleh Pos Indonesia. “PT Pos mengontak ahli waris (masing-masing komik) dan pengelola IP-nya (Bumilangit). Karena ahli waris menitipkan IP-nya untuk dikelola oleh Bumilangit. Jadi Bumilangit pun terlibat dalam proses produksinya,” jelas Oyasujiwo.

Closeup prangko Gundala. Sumber: CIAYO Pictures
Closeup prangko Gundala. Sumber: CIAYO Pictures

“Prangko sejatinya adalah simbol negara; uang untuk membayar pengiriman surat,” tutur Oyasujiwo tentang pentingnya fungsi prangko dan hubungannya dengan tema komik Indonesia. “Prangko bisa digunakan untuk membiayai pengiriman surat ke berbagai negara, serta dikoleksi para filatelis seluruh dunia. Apa yang ada di dalam prangko akan menjadi duta bangsa. Artinya komik Indonesia di dalam prangko juga menjadi duta bangsa untuk dunia.”

Hal yang sama juga diamini oleh Andy Wijaya, Commercial GM dari Bumilangit serta Faza Meonk, komikus dan ketua AKSI, saat memberi sambutan. “Bumilangit sebagai anggota dari Asosiasi Komik Indonesia menyambut terbuka kesempatan ini untuk mempromosikan komik Indonesia melalui tiga jagoan yang sudah dikenal sejak dulu kala,” ungkap Andy.

Menandatangani prangko Jagoan Indonesia. Sumber: CIAYO Pictures
Menandatangani prangko Jagoan Indonesia. Sumber: CIAYO Pictures

Prangko Jagoan Indonesia dirilis dalam beberapa versi: souvenir sheet seharga Rp. 10,000 berisi 3 prangko bernilai Rp. 3000 dengan gambar superhero berbeda, serta edisi sampul hari pertama yang dicetak terbatas. Seluruh edisi SHP langsung habis di tempat. Selain itu juga ada sesi lelang cetakan pertama prangko Jagoan Indonesia, yang mana hasil lelangnya akan disumbangkan kepada AKSI.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

00-d-kasane

Film Kasane Tampilkan Adaptasi Manga Thriller Menegangkan

Aktris buruk rupa Kasane mendapatkan lipstik warisan ibunya. Jika ia mencium seseorang dengan lisptik itu, ia bisa mencu.. more

Sumber: The Japan Times (https://www.japantimes.co.jp/news/2017/11/04/world/social-issues-world/deterrence-force-crashes-libyas-comic-con-seizes-organizers-alleged-attack-morals/#.WgAgWmhL-Uk)

TERCYDUK, Event Comic Con Di Libya Digerebek Kelompok Paramiliter!

Baru-baru ini beredar berita di Libya, bahwa event Comic Con nasional yang diselenggarakan di ibu kota Tripoli diberhent.. more

Ketidak adilan. Para Dewa Di Sekitar Kita. Sumber gambar: thegeekiary.com

Injustice: Saat Superman Kehilangan Akal Sehat Dan Menjadi Diktator

Storyline Injustice menunjukkan jika seseorang punya kekuatan/kekuasaan absolut, dia akan cenderung mengarah menuju dikt.. more

Artis Ini Gak Malu Ngaku Sebagai Otaku!

Belakangan ini nama aktor Michael B. Jordan sepertinya semakin naik daun saja pasca kemunculan yang spektakuler di film .. more

00-puzzle

Film Puzzle Pertanyakan Kepantasan Sebuah Egoisme

Dengan semua kelebihan yang dimiliki film ini, film Puzzle masuk ke dalam daftar near-movie terbaik yang wajib buat ka.. more