20 Film Yang Bersaing Di Golden Globe Dengan Kategori Berbeda. Ada Favoritmu?

9 months ago

Tahun ini acara penghargaan untuk insan perfilman dunia yaitu Golden Globe Awards memasuki tahun ke 75. Akan banyak film bersaing dengan banyak jenis nominasi yang berbeda dari sekian banyak film yang dirilis di tahun 2017. Seleksi yang ketat pun terjadi, dan akhirnya sampailah pada keputusan bahwa lebih dari 20 film akan bersaing, merebut posisi teratas dari sederet nominasi yang sudah dibuat.

Kategori paling disorot oleh publik dalam Golden Globe adalah kategori Best Motion Picture. Kategori ini menjadi tolak ukur, bahwa film yang menang merupakan film terbaik dari berbagai aspek. Walau begitu, Best Motion Picture terbagi lagi dalam beberapa genre yang lebih spesifik, jadi tentu saja kategori ini akan menjadi jauh lebih menarik lagi.

Berikut 20 film yang akan bersaing di katagori Best Motion Picture berdasarkan genre-nya masing-masing:

1. Best Motion Picture – Drama

Sumber: www.goldenglobes.com

Sumber: www.goldenglobes.com

Tahun ini di kategori drama, 5 film yang bersaing merebut posisi teratas terbilang sangatlah ketat. Kisah cinta Elio dan Oliver berlatar belakang pemandangan Italia yang memanjakan mata tapi penuh tipuan dalam film “Call Me By Your Name” memiliki gaya pikat yang luar biasa. Film ini mengangkat tema yang agak tabu namun dengan eksekusi yang cemerlang.

Lalu ada juga film “Dunkirk” yang menceritakan proses evaluasi selama Perang Dunia II, namun dengan banyak sudut pandang serta plot yang tidak bisa tertebak ala Christoper Nolan.

Lain halnya dengan film “The Post” yang disutradarai oleh Steven Spielberg. Film ini menciptakan pertempuran panas dan menegangkan lewat surat kabar perempuan melawan pemerintah. Walau tak ada adegan baku tembak, “The Post” berhasil mendirikan panggungnya sendiri dengan pesan-pesan mendalam akan keritik sosial.

The Shape of Water” tampil berbeda dengan cerita fantasi yang menyentuh hati. Kisah cinta seorang perempuan bisu dengan makhluk air. Berlatar belakang pada tahun 1960, membuat film ini menjadi terasa sangat klasik sekaligus langka untuk ditemukan.

Pesaing lain yang juga tidak kalah kuatnya, “Three Billboards Outside Ebbing, Missouri”, sebuah kota kecil yang terkesan damai namun ternyata punya banyak masalah, berhasil menciptakan banyak karakter yang sulit untuk dilupakan. Konflik utama yang dikemas pun sekilas terkesan sederhana namun memberikan dampak yang begitu besar pada perkembangan semua karakter.

Lima film  dalam kategori ini memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi yang terbaik. Jelas ini bakal menjadi pilihan yang sulit nantinya.

2. Best Motion Picture – Musical or Comedy

Sumber: www.goldenglobes.com

Sumber: www.goldenglobes.com

Kategori musikal atau komedi terasa sedikit agak aneh ketika salah satu film horror thriller masuk ke dalam list ini. “Get Out” merupakan film dengan genre horor, misteri, thriller yang memang punya selera humor gelap, namun humor yang disuntikkan tidak terlalu kentara seperti “Lady Bird”.

“Lady Bird” merupakan film drama komedi yang memiliki pembahasan yang sangat tajam, tentang kehidupan remaja yang rumit. Dengan berbagai problema anak muda yang akan membuat semua penonton merasa bahwa menjadi muda itu bukanlah hal yang mudah. Film ini semacam black comedy yang dikemas dengan cara segar tapi penuh kritik.

Di kategori ini juga muncul dua film biografi yang punya unsur komedi dengan cerita yang hampir mirip tapi memiliki pendekatan yang berbeda. Jika “I, Tonya” hadir penuh kebrutalan seorang perempuan yang punya mimpi untuk menjadi pemain ice skating, lain halnya dengan “The Disaster Artist” yang bercerita tentang dua sosok laki-laki penuh optimis untuk mencapai karier menjadi artis papan atas Hollywood.

Untuk drama musikal, di kategori ini “The Greatest Showman” menjadi satu-satunya film yang murni memiliki unsur musikal paling kuat. Kisah menggugah hati dengan soundtrack dan teknik pengambilan gambar yang sangat brilian, membuat orang-orang sangat mudah jatuh cinta dengan film ini.

3. Best Motion Picture – Animated

Sumber: www.goldenglobes.com

Sumber: www.goldenglobes.com

Film animasi memang identik dengan cerita anak-anak, tapi gak semua film animasi merupakan konsumsi anak-anak. Bahkan dalam list ini pun ada film animasi yang ditujukan untuk penonton dewasa. Sebut saja “Loving Vincent” yang punya genre crime. “Loving Vincent” ditampilkan penuh keindahan sebab setiap scene tampil bagaikan cat minyak khas lukisan urban, punya cerita yang berat dan unik.

Film lainnya yang mendapat rating PG-13 adalah “The Breadwinner” mengambil latar belakang kehidupan di Afganistan mengenai seorang gadis muda yang menyamar menjadi laki-laki demi bisa mencukupi kehidupan keluarganya.

Lalu ada “Coco” yang punya cerita menggugah hati dengan alunan musik yang nyaman di telinga. Ada “Ferdinand” yang punya pesan-pesan bagus tentang persahabatan. Dan terakhir ada “The Boss Baby” yang sedikit brutal tapi tetap menggemaskan. Ketiga film ini mendapatkan rating PG, serta berhasil menarik banyak perhatian dari penonton ketika pemutaran perdananya di bioskop.

4. Best Motion Picture – Foreign Language

Sumber: www.goldenglobes.com

Sumber: www.goldenglobes.com

Film-film Eropa dan Asia juga mendapatkan perhatian yang bagus dalam ajang ini. Munculnya kategori ini menjadi pertanda baik bagi para sineas film untuk membuat film berkualitas.

Perwakilan dari Asia jatuh pada film “First They Killed My Father” yang berasal dari  Kamboja. Bercerita tentang hak asasi manusia yang tertindas di bawah kekuasaan Khmer.

Lalu ada film “A Fantastic Woman” asal Chili yang punya cerita sedikit ironis mengenai kisah cinta beda usia. Tema unik lainnya juga muncul di film “The Square”, film yang menceritakan kehidupan orang kaya yang memiliki egosentrisitas di dunia yang semakin tidak pasti.

Dan di list lainnya ada film “Loveless” asal Rusia tentang seorang anak yang harus menghadapi perceraian orang tuanya. Dan film “In The Fade” yang muram dengan latar belakang kisah kehilangan yang menyedihkan.

Kelima film yang masuk di kategori ini sebelumnya sudah masuk ke dalam beberapa festival film, dan lewat acara seperti itulah akhirnya list ini bisa tercipta. Jika dipikir festival dan ajang seperti ini merupakan tempat promosi paling bagus untuk memperkenalkan sebuah film pada penonton dunia.

Sumber: www.goldenglobes.com

Sumber: www.goldenglobes.com

Itu dia 20 film yang akan bersaing di acara Golden Globe 2018. Golden Globe 2018 sendiri akan berlangsung pada 7 Januari 2018 di Hotel Beverly Hills, Beverly Hills, California. Kira-kira dari 20 film tadi, ada yang menjadi favorit bro sis gak? Atau semua jadi favorit? Jangan lupa tinggalin komentar, ya!

About Author

Loganue Saputra Jr.

Loganue Saputra Jr.

Alfian Noor atau yang memiliki nama pena Loganue Saputra Jr. penulis novel Bersamamu dalam Batas Waktu (2014), selain suka menulis fiksi, ia juga memiliki hobi bermain video game, melukis, serta menonton film. Saat ini tinggal di Samarinda Kalimantan Timur dan aktif di Instagram @alpiannoor

Comments

Most
Popular

Warm, winter Canada. Sumber: youtube.com/カナダシアター編集部

Kanada Menggunakan Animasi Sebagai Promosi Pariwisatanya dan Hasilnya Keren Banget!

Bosan melihat iklan pariwisata yang biasa aja? Nah, Kanada punya cara baru untuk mempromosikan tempat pariwisata mereka .. more

Sumber gambar: ramenparados.com

Cutie Honey Universe: ‘Nenek Moyangnya’ Anime Mahou Shojo Akan Rilis TV Series Baru Di 2018

Serial yang akan diberi judul “Cutie Honey Universe” itu akan mulai ditayangkan di musim semi atau April 2018 nanti .. more

00-d-chvrches

CHVRCHES Rilis Video Klip Anime “Out of My Head”

Bersama grup Jepang Wednesday Campanella, CHVRCHES merilis lagu dan video klip Out of My Head yang bernuansa anime bange.. more

00-d-ingress-anime

Game AR Ingress Akan Merambah Dunia Anime

Niantic mengumumkan anime Ingress, diadaptasi dari game ikonik mereka. Ceritanya disadur dari update Ingress Prime?.. more

00-d-maya-putri

Mengenal Maya Putri, Virtual Youtuber Indonesia

Kemunculan Maya Putri menambah panjang daftar karakter yang menyemarakkan jagat virtual Youtuber asli Indonesia... more