37 Tahun Yang Lalu, Jepang Sudah Punya Ready Player One Sendiri

5 months ago
00-d-daicon-iv

Terhitung sudah hampir satu bulan film Ready Player One menghiasi layar bioskop seluruh dunia. Film besutan Steven Spielberg ini terbukti sukses di segala sisi. Dengan pujian dihaturkan pada presentasi visual dan ratusan referensi pop culture, Ready Player One saat ini berhasil mengantongi keuntungan hingga US$ 391.3 juta!

Tapi tahukah kamu? Sebelum Ernest Clyne menciptakan novel Ready Player One di tahun 2011, sudah ada serial lain yang mengangkat tema serupa?

Mari kita flashback ke tahun 1981, alias 37 tahun yang lalu. Di Jepang, para pengunjung acara Japan SF Convention tahun itu mendapatkan sebuah suguhan yang sangat mewah. Dalam acara itu diperkenalkan sebuah anime buatan para animator amatir. Kerennya, meski amatiran, anime tersebut punya kualitas sangat tinggi. Di dalamnya pun banyak sekali referensi pop culture dari dalam dan luar Jepang.

01 daicon iv

Dari air ini, sejarah Daicon dimulai. (Sumber: Youtube)

Anime tersebut diberi nama Daicon III Opening Animation, diambil dari nama acara Japan SF Convention tahun itu, Daicon III. Di dalam anime tersebut ada karakter anak perempuan yang terbang menghindari serangan monster dan robot, demi mengantarkan segelas air untuk menyiram lobak yang bisa berubah menjadi pesawat angkasa.

Bayangkan! Anak ini harus menghindari berbagai mecha dan monster yang menghalangi jalannya. Beberapa diantaranya datang dari serial Starship Troopers, Ultraman, Godzilla, Ideon, Star Wars, War of the Worlds, Space Battleship Yamato, Star Trek, dan masih banyak lagi.

02-daicon-iv

Kecil-kecil bisa tarung melawan Godzilla. (Sumber: Iyashikei)

Anime Daicon III dipuji oleh para pengunjung. Bagaimana tidak, anime dengan kualitas tinggi pada zamannya itu hanya dibuat oleh tiga orang mahasiswa saja! Hideaki Anno, Hiroyuki Yamaga, dan Takami Akai merupakan mahasiswa Osaka University of Arts yang nekat memproduksi anime ini dengan bantuan produser Toshio Okada dan Yasuhiro Takeda. Konon katanya, mereka berhutang banyak untuk memproduksi Daicon III, sehingga mereka harus menjual tape video dan roll film untuk melunasinya.

Ternyata, kisah Anno dan kawan-kawan belum selesai. Masih ada uang tersisa dari hasil penjualan Daicon III. Mereka kemudian mempersiapkan magnum opus terbaru mereka, yaitu lanjutan dari Daicon III.

Tayang perdana di acara Daicon IV, sekuel dari anime Daicon III ini menampilkan karakter anak perempuan yang sama, namun kini sudah beranjak dewasa. Di dalam Daicon IV, ia bertarung dengan berbagai karakter pop culture terkenal seperti Darth Vader, alien Xenomorph, Dynaman, dan lain-lain. Ada juga cameo karakter dari serial Macross, Star Wars, The Lord of the Rings, Conan, Narnia, Thunderbirds, Batman, Superman, Spiderman, Captain America, Wonder Woman, Cyborg 009, Kamen Rider, Nausicaa, Lupin III, Gavan, Doraemon, Speed Racer, dan masih banyak lagi!

Daicon IV juga menampilkan musik garapan band Electric Light Orchestra, yang diambil dari album Time. Bagian intro menyadur lagu Prologue, dan disambung dengan Twilight. Bunyi synth yang jadi transisi antara lagu Prologue dan Twilight memberi nuansa yang sangat mewah dan futuristik.

03-daicon-iv

Episode Star Wars yang tidak ingin diperlihatkan George Lucas. (Sumber: The AV Club)

Dalam sejarah singkatnya, dua anime Daicon ini berhasil menciptakan subkultur yang kini dikenal sebagai budaya otaku. Ada miskonsepsi bahwa otaku adalah fans anime dan manga, tapi sebenarnya tidak demikian. Otaku singkatnya adalah sebutan untuk pehobi yang menggeluti berbagai hal. Pehobi game bisa disebut otaku. Pehobi otomotif juga bisa disebut otaku. Dalam kasus Daicon, sosok otaku dalam skena pop culture pun akhirnya terpatri di benak masyarakat.

04-daicon-iv

Saking badass, bisa lawan robot 1 lawan 1. (Sumber: Twicolle)

Lalu apa korelasi Daicon dengan Ready Player One? Walau Daicon tidak menceritakan tentang sebuah game virtual tanpa batas, namun ia memiliki esensi yang sama dengan novel/film tersebut. Esensi itu adalah selebrasi pop culture. Baik Daicon dan Ready Player One menyajikan sebuah pertumpahan pop culture tanpa mengenal batasan negara maupun jenis media. Film, anime, serial TV, game, musik, semuanya menjadi satu paket yang bertujuan untuk menghibur penontonnya.

Lucunya, kemunculan cameo dalam Daicon IV kebanyakan tidak memiliki izin yang resmi! Alasan kenapa Anno dkk. bisa memasukkan banyak karakter pop culture barat dalam anime mereka, adalah karena mereka memang tidak minta izin dulu kepada para pemiliknya. Bahkan musik Twilight milik band ELO yang jadi theme song pun juga digunakan tanpa izin yang bersangkutan!

05-daicon-iv

Anno, Yamaga, dan Akai. (Sumber: Wikipedia)

Namun terlepas dari masalah legalitas, Daicon tetap dianggap sebagai bagian dari sejarah anime modern Jepang, dan terus dikenang hingga hari ini. Sebagaimana Ready Player One dipuji oleh kritikus dan penonton, serta digadang-gadang sebagai salah satu film terbaik tahun ini, Daicon juga meninggalkan sebuah sejarah yang panjang dan berharga.

Orang-orang di balik Daicon: Anno, Yamaga, dan Akai, pada akhirnya membentuk studio anime mereka sendiri yang bernama Gainax. Bersama Gainax, ketiganya memproduksi berbagai judul anime legendaris seperti Gunbuster, Wings of Honneamise, Nadia, Evangelion, FLCL, serta Gurren Lagann. Kisah mereka dalam menggarap Daicon didokumentasikan dalam drama Aoi Honoo.

06-daicon-iv

Akai, Anno, dan Yamaga dalam drama Aoi Honoo. (Sumber: Vintagecoats)

Nah, akankah Ready Player One meninggalkan sebuah sejarah yang berkesan, layaknya Daicon? Mungkin jawabannya baru akan kita temukan 37 tahun kemudian. Bisa jadi.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-ponimu-egoist-festival

Sambut Kedatangan EGOIST Dengan Diskon Ponimu EGOIST Festival!

Lewat EGOIST Festival, Ponimu memberi diskon streaming anime. Potongan harga ini hanya terbatas dalam 3 hari saja!.. more

(Youtube BEKRAF Game Prime 2017)

Hal yang Bisa Kamu Dapetin Kalau Datang ke Game Prime 2017

Setelah sukses menggelar Game Prime 2016, tahun ini Game Prime kembali hadir dengan tema “Moving Forward: Accelerate G.. more

PAKOBAN X CIAYO Comics

Hi bro sis! Selama ini kan CIAYO Comics suka mampir ke event-event di Jakarta aja. Nah, kali ini CIAYO Comics jalan-jala.. more

00-d-fix-you

Fix You: Kehebohan Bengkel Robot di Pedesaan

Fix You mengisahkan Guidi yang bermimpi menjadi pembuat robot, namun malah terdampar di bengkel robot di kampung sebagai.. more

00-sedotans-d

Penasaran Rasanya Jadi Dokter? Baca Aja SEDOTANS, Dijamin Ketawa!

Sekumpulan dokter kece dan petualangan masa internsihip mereka di Bontang, Kalimantan Timur. Ikuti kisah Dani dan kawan-.. more