5 Aksi Pesulap yang Gagal

8 months ago
Sumber: bigthink.com

Menjadi pesulap atau illusionist bukan hanya sekedar hobi yang seru, tapi juga sebuah profesi yang menegangkan. Di balik keseruan trik-triknya, sulap juga punya unsur bahaya di dalamnya. Setiap penampilan mempunyai resiko yang berbeda-beda. Sekecil apapun resikonya, tetap tidak bisa diremehkan. Untuk itu, kebanyakan pesulap dan illusionist selalu menanamkan “Safety First”. Sekeren apapun pertunjukkan yang akan diberikan kepada penonton, keselamatan pastinya selalu jadi yang utama.

Salah satu pesulap yang terkenal ialah Harry Houdini. Aksi-aksinya dalam dunia sulap banyak ditiru oleh para pesulap dan illusionist saat ini. Gak heran namanya masih terkenal hingga saat ini. Tapi gimana dengan orang-orang ini ya? Sayangnya mereka memiliki nasib yang tidak beruntung. Inginnya menunjukkan yang terbaik, malah kena diri sendiri. Ini dia aksi pesulap dan illusionist yang gagal.

1. Charles Rowen

Sumber: trendrr.net

Sumber: trendrr.net

Charles Rowen adalah seorang pesulap dan ahli meloloskan diri Afrika Selatan. Charles dikenal dengan sebutan “Karr the Magician” atau “Karr Mysterious”. Adegan trik sulap yang menjadi andalannya adalah meloloskan diri dari ikatan jaket dan melompat ke tumpukan pecahan kaca layaknya pemain debus Banten. Mungkin kalau di Indonesia sejenis kayak Limbad kali, ya.

Nah, di tahun 1930, Karr saat itu sedang melakukan atraksi di Springfontein, Orange Free State, Afrika Selatan. Dia mencoba melakukan aksi berbahaya dengan cara mengikat diri di dalam sebuah jaket, sementara seorang sopir menyetir mobil tepat ke arahnya.

Mobil tersebut melaju dari jarak 180 meter dengan kecepatan 72 kilometer per jam. Katanya sih kalau dihitung, Karr membutuhkan waktu hanya sekitar 10-15 detik untuk meloloskan diri dari ikatan jaket tersebut dan menghindari tabrakan mobil.

Sayangnya, perkiraan gak selalu sukses. Karr terlambat meloloskan diri tepat waktu sehingga tertabrak oleh mobil. Kejadian ini mengakibatkan kakinya hancur. Parahnya lagi, kejadian ini berlangsung di depan banyak orang, termasuk anak-anak. Duh, serem ya!

Walaupun begitu, sebelum dia meninggal, Karr membebaskan sopir mobil dari segala tuduhan dan menjamin kalau kesalahan ini murni dari dirinya. Baiknya. Di saat kritis gitu masih bisa memikirkan orang, ya. Salut!

2. Sigmund Neuberger

Fotonya aja sama anjingnya. So sweet. (Sumber: themagicdetective.com)

Fotonya aja sama anjingnya. So sweet. (Sumber: themagicdetective.com)

Sigmund Neuberger atau yang dikenal dengan “The Great Lafayette” merupakan pria kelahiran Jerman. Dia adalah illusionist dengan bayaran tertinggi di zamannya. Bayangin aja kalau ditotalin saat ini, Sigmund bisa meraih pendapatan setara $2,75 juta per tahun di era sekarang.

Sigmund gak banyak bersosialisasi dengan orang lain. Dia lebih memilih menghabiskan waktunya bersama seekor anjing terrier pemberian Harry Houdini yang diberi nama Beauty. Anjing ini diperlakukan sangat mewah. Bukan hanya punya rumah sendiri,tapi juga diberi makan lima kali sehari dan kalung bertahtakan berlian.

Sayangnya anjing itu mati. Sigmund Lafayette membuat perjanjian dengan pihak walikota bahwa jika mereka mengizinkan Beauty dikuburkan di Pemakaman Piershill, dekat Edinburgh, maka dia juga akan dikubur di sana ketika meninggal kelak.

Nah, saat pertunjukkan dimulai, terjadi kesalahan. Salah satu lampu minyak terjatuh dan menyebabkan kebakaran di seluruh panggung. Sigmund sudah mencoba kabur dari panggung, namun memilih masuk kembali untuk menyelamatkan seekor kuda yang menjadi pemeran dalam acara tersebut.

Sigmund kemudian ditemukan di antara puing bangunan yang hancur. Jasadnya dibawa ke Glasgow untuk dikremasi. Pada saat bersiap untuk dikubur, pengacara sang pesulap tampak curiga, karena salah satu cincin Lafayette terlihat menghilang, dan gak ada yang tau ke mana. Ternyata yang pertama kali ditemukan bukan Sigmund, melainkan asistennya.

Kejadian aneh ini membuat kematian Lafayette bagaikan skenario aksi sulap. Abu jenazah Sigmund yang asli kemudian dimakamkan di peristirahatan terakhirnya, ditanam dalam makam Beauty, sang anjing kesayangan.

3. Madame DeLinsky

Sumber: anehtapinyata.net

Sumber: anehtapinyata.net

Kalau dari tadi laki-laki, sekarang perempuan. Madame DeLinsky berniat menghibur Pangeran Schwarzburg di Jerman. Ketika pertunjukkan dimulai, Madame meminta enam orang tentara untuk menembaknya di hadapan para penonton. Sebenarnya para tentara ini sudah berakting terlebih dahulu dengan memakai peluru hampa (mesiu tanpa anak peluru) yang sudah pasti aman seperti dipakai dalam latihan militer.

Tapi entah kenapa salah satu senjata dari keenam tentara tersebut berisi peluru asli, sehingga menyebabkan Madame DeLinsky tertembak di bagian perutnya yang saat itu sedang mengandung. Meski sempat dilarikan ke rumah sakit, namun dua hari kemudian dia pun dinyatakan meninggal.

Sampai saat ini kematian pesulap Madame DeLinsky masih menyisakan teka-teki, apakah peluru itu disabotase oleh orang yang berniat membunuhnya ataukah tentara itu memang tak sengaja mengambil peluru yang salah? Hem, gak ada yang tau pasti.

4. Joseph W. Burrus

Sumber: bizarrepedia.com

Sumber: bizarrepedia.com

Semua orang pasti punya impian buat bisa jadi kayak idolanya. Begitu juga dengan Joseph Burrus. Impian seumur hidup Joseph ‘Amazing Joe’ Burrus adalah menjadi lebih terkenal ketimbang idolanya, Harry Houdini.

Pada tanggal 30 Oktober 1992, dalam acara peringatan kematian Houdini, dia mencoba untuk melakukan trik yang gagal dipecahkan oleh Houdini, yakni dikubur hidup-hidup. Joseph kemudian memborgol tangannya dan mengunci diri dalam sebuah peti mati. Dia pun dikubur sedalam dua meter lalu ditimpa dengan lapisan lumpur dan semen seberat tujuh ton atau setara dengan seekor gajah Afrika dewasa.

Pada saat semen dituangkan ke atas peti mati, seorang reporter sudah memperingatkan bahwa semen akan lebih cepat kering ketika berada di bawah tanah. Jadi, kalaupun Joe tidak hancur lebur ditimpa semen, kemungkinan besar dia akan kesulitan untuk keluar melawan lapisan lumpur dan semen yang semakin mengeras, ditambah lagi gak ada udara yang masuk.

Naas, sebelum semen sempat mengering, lumpur dan semen yang menindih Joseph lebih dahulu menghancurkan tubuhnya. Bahkan sebelum dia dapat meloloskan diri dari peti mati tersebut. Benar-benar miris!

5. Demian Aditya

Sumber: tribunnews.com

Sumber: tribunnews.com

Last but not least, menimpa illusionist terkenal asal Indonesia, Demian. Walaupun tidak langsung menimpa Demian, tapi hal ini cukup menghebohkan. Pasalnya, asisten Demian harus dilarikan ke rumah sakit karena pertunjukkannya.

Seperti yang diketahui, Edison Wardhana, mengalami kecelakaan ketika menjadi stuntman Demian Aditya dalam aksi The Death Drop dalam sebuah acara televisi. Dalam aksi tersebut, Demian yang diikat dimasukkan ke dalam peti yang kemudian dijatuhkan.

Penonton televisi menyaksikan peti itu jatuh dari ketinggian. Namun, Demian justru muncul di panggung yang berada di dalam studio. Sayangnya setelah itu semua orang termasuk pembawa acara panik karena ternyata masih ada orang di dalam peti kayu. Edison yang bertugas menggantikan Demian. Namun sayang, sepertinya pertunjukkan tersebut tidak sesuai rencana.

Sampai saat ini kabarnya Edison masih dirawat di rumah sakit. Kondisinya pun berangsur-angsur pulih. Bahkan dia sudah bisa ikut berfoto bersama Demian dan sudah di-upload di akun media sosial pribadi Demian.

Nah, ternyata gak semudah itu ya menghibur orang. Butuh perjuangan dan pengorbanan di baliknya. Makanya kita harus tetap menghargai apapun yang ditampilkan. Ini juga menjadi peringatan bagi para pesulap, illusionist dan teman-temannya untuk lebih berhati-hati dalam menampilkan sesuatu.

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

(Sumber: www.ciayo.com)

Animasi Pendek Asal Indonesia Ini Sukses Bikin Mewek

Kali ini komik viral ini dibalut dengan versi berbeda dan lebih menyentuh. Sudah siap nangis bareng animasi ini? Yuk, la.. more

Tessa: Menjadi Komikus Bukan Panggilan Semua Orang

Tidak semua orang punya ketertarikan yang besar di bidang komik. Tapi bagi Tessa, menjadi penulis cerita komik adalah pa.. more

Sampana (CIAYO Comics)

Komik Sampana: Perjuangan Menghentikan Sang Raja Iblis Kegelapan

Jantungnya tepat dihunus oleh keris sakti mandraguna yakni "Keris Kyai Jagad Sempana". Yak, itu dia bocoran cerita menge.. more

Dragon Ball Super 123: Kekuatan Maksimal Super Saiya Jin Blue!

Pembuka episode diawali dengan adegan terkaparnya Vegeta setelah diserang oleh Laser Merah dari Jiren... more

00-violet desktop

First Impression Violet Evergarden: Anime Netflix Tercantik Saat Ini?

Violet Evergarden, anime terbaru Kyoto Animation ini bisa jadi merupakan anime Netflix tercantik saat ini. Bagaimana bis.. more