5 Alasan Kenapa Webtoon Pasutri Gaje Asyik Diikutin

3 weeks ago
00-d-komik-pasutri-gaje

Di kalangan pecinta komik Indonesia, nama Pasutri Gaje tentu sudah nggak asing lagi. Webtoon Pasutri Gaje buatan Annisa Nisfihani (juga dikenal dengan nama Sayuko) ini menceritakan kehidupan rumah tangga Adimas dan Adelia, pasangan suami-istri pegawai negeri sipil di lingkungan kelurahan/kecamatan di Kalimantan Timur. Sejak awal, kemunculan webtoon Pasutri Gaje sudah mengundang perhatian dari khalayak ramai. Premisnya yang unik serta karakternya yang charming menjadi senjata utama komik ini.

Apa saja yang bikin webtoon Pasutri Gaje asyik untuk diikuti? Untuk menjawabnya, ini dia 5 alasan yang bakal memuaskan rasa penasaran kamu.

Ini 5 Alasan yang Bikin Webtoon Pasutri Gaje Sangat Menarik

Penokohan dan Interaksi Karakternya Menarik

webtoon pasutri gaje

Sumber: Sayuko

Penokohan dan interaksi karakter jadi elemen yang bikin webtoon Pasutri Gaje terlihat beda dengan komik sejenis yang lainnya. Biasanya dalam komik format romance, tampil sosok heroine yang lemah gemulai dan mudah galau, sementara love interest-nya adalah lelaki kharismatik nan tangguh. Dalam komik Pasutri Gaje, hal tersebut dibalik sedemikian rupa sehingga menciptakan karakter yang tidak terduga!

Lihat saja sosok Adelia yang awalnya memang terlihat seperti heroine perempuan pada umumnya. Namun, cara Adelia menghadapi konflik menunjukkan bahwa ia adalah karakter yang nggak labil hatinya. Jika ada masalah, Adelia lebih senang langsung menghadapinya daripada dipikirkan sampai kepala sakit. Begitu pula dengan Adimas, yang walaupun nampak tampan dan penuh percaya diri, sebenarnya ia menyembunyikan sisi karakter yang mudah tersipu malu. Meskipun sering terlihat bersikap sama frontalnya dengan Adelia, Adimas juga punya sisi insecure-nya sendiri.

Setting Lokasi Webtoon yang Merakyat

Sumber: Sayuko

Sumber: Sayuko

Salah satu pendukung dalam komik romance adalah setting lokasinya. Biasanya cerita-cerita romance menampilkan setting eksotis, modern, serta intim. Hal ini bertujuan untuk membentuk nuansa romantis dari atmosfir yang dipancarkan setting lokasi. Coba bayangkan adegan-adegan romantis di komidi putar, pantai eksotis, atau restoran di menara pencakar langit.

Komik Pasutri Gaje ternyata mampu membuktikan bahwa sebuah cerita romance juga bisa terjadi di lokasi yang tak seeksotis drama Korea, namun masih mampu menggaet hati pembacanya. Pasutri Gaje bersetting di kota Tenggarong, kabupaten Kutai Kartanegara di provinsi Kalimantan Timur. Kota yang jaraknya hanya 1 jam perjalanan dari ibu kota provinsi Samarinda ini memang tak punya objek-objek atraksi semenarik kota besar lain, namun toh hal itu tak jadi halangan untuk menuturkan kisah romantis antara Mas dan Adek. Justru, setting Tenggarong ini sendiri semakin mengukuhkan kandungan muatan lokal yang justru membuat pembaca lebih relate dengan kisah cinta Mas dan Adek.

Webtoon Pasutri Gaje Nggak Melulu Soal Mas dan Adek

Sumber: Sayuko

Sumber: Sayuko

Webtoon Pasutri Gaje memang fokus ke kehidupan Mas dan Adek, mulai dari pertemuan pertama mereka hingga menanti kemunculan momongan pertama. Meski demikian, Pasutri Gaje juga menampilkan subplot tambahan yang diperankan tokoh-tokoh sampingan lain.

Salah satu subplot yang populer di kalangan pembaca adalah “cinta segitiga” yang melibatkan teman-teman Mas dan Adek. Meka, teman Adimas dan sepupu Adelia, menaruh hati kepada teman kerjanya, seorang janda bernama Linda yang tidak begitu memikirkan perasaan hati Meka. Di saat bersamaan, teman Adelia Ningsih yang mengurus sebuah apotik, juga tertarik dengan sosok Meka. Konflik pun berkecamuk dalam diri Meka, apakah ia harus menjawab kata hatinya yang tak berbalas pada Linda, atau menerima perhatian Ningsih apa adanya?

Masih ada lagi subplot yang melibatkan karakter lain, seperti pegawai minimarket Rani yang naksir Adimas tanpa tahu dia sudah menikah, tetangga Mas dan Adek, Dewina yang menjalani hubungan canggung dengan “suaminya,” dan lain-lain.

Ada Cameo Komik Sayuko yang Lain!

Sumber: Sayuko

Sumber: Sayuko

Meskipun poin yang ini hanya muncul sebentar, namun bagi fans Sayuko tentu tak boleh dilewatkan begitu saja. Tahukah kamu jika webtoon Pasutri Gaje berbagi setting dengan komik Sayuko yang lain?

Komik yang dimaksud adalah Notice yang terbit lewat media cetak di tahun 2015 lalu. Komik ini menceritakan kisah romansa Erina yang ditembak adik kelasnya sendiri, Ares. Ares, belakangan diketahui merupakan adik dari Adimas. Dan yang menarik, penampilan Ares di sini bukan sekedar cameo biasa karena ia pun mendapatkan subplot sendiri.

Pertama, Ares jadi bagian sentral dalam kehidupan Adimas bersama Adelia. Ares masih belum terbiasa dengan kehadiran Adelia di rumahnya, sehingga awalnya ia berusaha mengambil jarak. Setelah Ares mampu berbaur dengan Adelia, ia mendapatkan subplot baru lagi yang kini berlaku sebagai “sekuel” dari komik Notice. Dalam webtoon Pasutri Gaje, Ares sudah berpacaran dengan Erina, namun mereka menjalani long distance relationship karena Erina sekarang kuliah di Yogyakarta.

Mas dan Adek Saling Setia! Sehidup Semati!

Sumber: Sayuko

Sumber: Sayuko

Hal yang paling penting dari komik Pasutri Gaje tentu saja sosok Mas dan Adek itu sendiri. Adimas dan Adelia memiliki kepribadian yang berbeda, dengan cara mereka masing-masing dalam menghadapi masalah. Meski demikian, keduanya bisa saling mengisi kekurangan satu sama lain. Jika Adek punya kesulitan, Mas selalu datang membantu; begitu pula dengan sebaliknya.

Mas dan Adek memang bukan pasangan sempurna, namun mereka selalu mencoba berkembang dan mendewasakan diri seiring waktu berjalan. Keduanya memang tak kekurangan momen-momen gaje dan koplok, bahkan hingga hari ini. Namun cara mereka memandang permasalahan semakin hari semakin bijak saja. Jika ada masalah yang menyangkut kehidupan rumah tangga, selalu dipikirkan dengan matang dan logis. Hasilnya, konflik rumah tangga pun bisa dihindari.


Itu dia beberapa alasan kenapa webtoon Pasutri Gaje asyik buat kamu ikutin. Apa kamu juga baca Pasutri Gaje sejak awal kemunculannya? Kamu merasa ada yang kurang dari Pasutri Gaje? Entah itu dari interaksi dan konflik karakternya, atmosfir komiknya, hingga pacing ceritanya? Kalau begitu kamu bisa coba cek berbagai komik di CIAYO Comics yang juga menampilkan karakter suami istri. Ada James & Martha, Hingga Usai Usia, hingga Mr. & Mrs. Peculiar. Bingung harus start dari mana? Jangan ragu untuk mencicipi semuanya untuk menemukan mana yang jadi favorit kamu!

Banner Komik Romantis CIAYO B

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Tessa: Menjadi Komikus Bukan Panggilan Semua Orang

Tidak semua orang punya ketertarikan yang besar di bidang komik. Tapi bagi Tessa, menjadi penulis cerita komik adalah pa.. more

Sumber gambar: redbull.com

Mengenal Lima Dewa Fighting Game Community Jepang

Komunitas FGC, atau Fighting Game Community, merupakan suatu komunitas gamers populer. Tapi sebenarnya apa itu FGC?  Si.. more

Anime Horror

Anime – Anime Horror Ini Pasti Diingat Anak 90an

Buat anak 90an, ngaku deh di banding hapalin pelajaran, pasti kalian lebih hapal dengan jadwal anime yang tayang di tivi.. more

BEKRAF Game Prime 2017, Hari Raya Bagi Gamers dan Insan Kreatif

BEKRAF Game Prime 2017 sukses digelar. Tahun ini Badan Ekonomi Kreatif Indonesia bekerjasama dengan Duniaku Network dan .. more

Sumber: CIAYO Comics

Patchwork, Komik Horor Romantis yang Bisa Bikin Deg-Degan!

Gimana rasanya ketemu babysitter yang punya kepala buntung? Inilah yang dirasakan Ein saat pertama kali ketemu Patchwork.. more