5 Anime yang Digemari Perempuan 90-an

8 months ago
(i1.wp.com)

Kalau ngomongin hal-hal yang berkaitan dengan jaman 90-an gak akan pernah ada habisnya. Tahun 90-an itu sering diibaratkan sebagai puncak kejayaan masa kanak-kanak sesuai dengan porsi umurnya. Buat kalian yang lahir di tahun-tahun itu, udah pasti ngerasain enaknya masa kecil dulu dibandingkan jaman sekarang. Permainan anak-anak khas daerah masih banyak dimainkan, seperti petak umpet, tali karet, gobak sodor, ingklik, dan sebagainya. Jajanan cemilan yang enak-enak plus murah juga ada, kayak mi kremes, permen karet yang terkenal tapi murah meriah, dan masih banyak lagi.

Belum lagi hari libur sekolah tuh kayak jadi momen seru yang buat kita betah banget di rumah. Udah pasti gegara banyaknya film-film kartun keren yang disiarkan serentak di setiap channel televisi. Bahkan sampai bingung lho mau nonton yang mana duluan karena sama-sama film kartun favorit. Alhasil gonta-ganti channel terus deh. Hahaha

Nah khusus kalian nih, perempuan yang lahir tahun 90-an, uda jelas donk gak asing sama film-film kartun yang menumbuhkan mimpi dan imajinasi masa remaja kalian dulu. Seperti suka ngikutin segala bentuk tingkah laku karakter utama tokoh kartunnya, hafal setiap adegan dan ucapan mereka, bahkan kepengen kayak mereka. Duh, jadi kangen pengen nonton lagi.

Lalu apa aja sih film-film yang jadi idola remaja perempuan di jamannya? Yuk, kita flashback satu-satu.

1. Sailormoon

(themarysue.com)

(themarysue.com)

Kyaaaa…Kalau film kartun yang satu ini, udah jelas super favorit. Bisa dibilang, gara-gara film kartun ini banyak remaja cewek jadi suka banget dan cinta hal-hal berbau jejepangan.

“Dengan kekuatan bulan, aku akan menghukummu!” itulah jargon si Usagi ketika dia berubah menjadi Sailor Moon. Tagline ini jelas nggak asing di telinga, bahkan sampai kalian udah gede kayak sekarang. Kartun ini jadi idola banget dan wajib ditonton di hari Minggu. Isi ceritanya tentang aksi pasukan berkostum unik yang melabelkan dirinya sebagai superhero dari elemen-elemen planet. Ada Venus, Yupiter, Uranus, Moon, Mars dan lainnya.

Si ceroboh Usagi (tokoh utama) sebenarnya adalah putri bulan bernama Serenity. Kisah Sailor Moon ini berlanjut hingga Usagi dan Mamoru dewasa dan mempunyai anak. Film ini paket komplit karena ada bagian action-nya, komedinya, kisah persahabatan, percintaan, dan lain-lain. Belum lagi ada sosok Mamoru si tuxedo bertopeng yang gantengnya bukan main (di mata remaja perempuan dulu), udah bikin kita klepek-klepek dan ngimpi kepengen punya pacar secakep dia. Hahaha. Pokoknya film kartun ini TOP abis.

2. Minky Momo

(i.pinimg.com)

(i.pinimg.com)

Aih…ada si imut dan lucu Momo. Momo ini anak perempuan yang punya kekuatan magis untuk mengubah dirinya menjadi apapun juga. Jaman dulu sih banyak banget anak cewek yang kepengen punya kemampuan kayak Momo. Isi ceritanya, ada sebuah negeri bernama Fenarinarsa, di mana para peri tinggal. Tempat ini akan tetap ada jika manusia terus bermimpi. Tetapi lama-kelamaan banyak manusia yang berhenti bermimpi sehingga tempat ini berada di ambang kehancuran.

Saat itulah, Momo, putri negeri Fenarinarsa dikirim ke bumi untuk membantu manusia agar tidak berhenti memiliki mimpi dan harapan. Nah, setiap kali Momo berhasil membantu seorang manusia mendapatkan kebahagian dan mimpinya, maka satu permata akan muncul di mahkota kerajaan Fenarinarsa. Kalau Momo berhasil memunculkan kembali 12 permata di mahkota tersebut, maka Momo akan kembali ke negerinya. Film ini seru banget buat ditonton, karena ternyata punya impian itu penting untuk diraih bagaimanapun caranya.

3. Wedding Peach

(i.pinimg.com)

(i.pinimg.com)

Wedding Peach ini dijuluki sebagai kartun buat anak perempuan. Jaman dulu pasti banyak yang nggak tahu soal baju pengantin yang bagus itu kayak gimana. Tapi setelah ada kartun ini, hampir semua cewek selalu gambar baju pengantin ala wedding peach. Sebenarnya bingung juga, kenapa harus pakai gaun pengantin. Bukannya malah ribet yak. Usut punya usut ternyata gaun pengantin itu melambangkan kekuatan cinta.

Di film ini ada 3 tokoh utama yakni Hanasaki Momoko (berubah jadi Wedding Peach), Tanima Yuri (Angel Lily), and Tamano Hinagiku (Angel Daisy). Mereka menjalani kehidupan sehari-hari sebagai anak SMP dan juga sebagai pembela bumi dari kejahatan. Uniknya, kejahatan di sini bertemakan cinta, jadi ada Devila yang ingin menghapuskan cinta dari muka bumi ini. Oiya, senjata-senjatanya tuh ada cincin, kalung, gelang pokoknya aksesoris. Girly abis lah.

Satu lagi nih keunikan film ini, yaitu pada saat mereka mau melawan musuhnya, mereka harus berubah dulu memakai gaun pengantin. Baru deh kemudian berubah lagi memakai pakaian siap tempur. Rempong yaa. Hahaha.

4. Card Captor Sakura

(static.zerochan.net)

(static.zerochan.net)

Suka kartun berbau magic gitu nggak? Kalau kamu masih ingat Cardcaptor Sakura berarti kamu tumbuh menjadi anak yang daya imajinasinya tinggi. Soalnya cerita Cardcaptor Sakura ini dalem banget, mengenai persahabatan, dimensi waktu dan kekuatan magis berdasarkan kartu tarot.

Film ini berkisah tentang seorang gadis bernama Sakura Kinomoto, dikisahkan secara tidak sengaja membuka sebuah buku berisi Clow Card. Saat buku itu terbuka, semua kartu-kartu ciptaan Clow Reed sebanyak 52 lembar berhamburan ke seluruh penjuru kota Tomoeda. Sakura pun harus bertanggung jawab untuk mengumpulkan kembali kartu-kartu itu dengan dibantu makhluk bernama Cerberus, yang muncul bersamaan saat buku itu terbuka.

Dalam kisah petualangan mencari kartu itu, Sakura ditemani oleh Tomoyo Daidouji, yang selalu mengambil gambar Sakura saat menyegel kartu Clow dan Syaoran Li yang pada awalnya bersaing dengan Sakura dalam mengumpulkan Clow Card, namun akhirnya justru jatuh cinta dengan Sakura.

5. Tokyo Mew Mew

(ipicstorage.com)

(ipicstorage.com)

Film kartun yang terakhir ini intinya hampir sama kayak Sailor Moon dan Wedding Peach, yaitu melawan kejahatan yang mengancam kota Tokyo dengan cara berubah wujud dulu. Tokoh utama cerita ini adalah gadis manis bernama Ichigo Momomia. Diam-diam ia mengagumi teman sepermainannya yang bernama Aoyama, seorang lelaki yang cukup populer.

Pada suatu hari, muncullah monster di Tokyo. Tiba-tiba saja, Ichigo berubah menjadi ksatria yang bertelingakan kucing dan memiliki ekor. Di depan Icigho, tiba-tiba muncul lelaki yang bernama Shiragome. Lewat penjelasan dari Shiragome, Ichigo memiliki empat rekan, yang masing-masing disuntikkan gen di tubuhnya. Dan Ichigo harus mencari keempat rekannya itu.

Hari-hari Ichigo berlalu sangat cepat. Ia disibukkan dengan pekerjaan mengusir para alien di muka bumi. Walaupun begitu, Ichigo tetap tidak ingin Aoyama tahu kalau sosok aslinya adalah kucing. Yang bikin lucu itu kalau Ichigo sedang deg-degan, maka telinga dan ekor kucingnya akan keluar. Walaupun ending cerita sedikit bikin kaget karena sosok penjahat yang selama ini dilawan oleh Ichigo ada di dalam tubuh Aoyama, namun pada akhirnya kisah mereka happy ending.

Itu dia bro sis, lima film kartun idola remaja perempuan tahun 90-an. Udah pasti film-film itu masih melekat di hati, dan yang pasti bikin kalian kangen berat buat nonton lagi. Kira-kira ada nggak yah animasi serupa di jaman ini?

About Author

Patricia Trisnawati

Patricia Trisnawati

Wanita berdarah Jawa ini sejak di bangku kuliah sudah aktif di dunia broadcasting. Baik menjadi penyiar radio di kampus, dan menjadi reporter radio lokal di Jogja. Pernah pula bekerja aktif sebagai reporter, penulis naskah, dan voice over artist di salah satu media televisi swasta ternama. Motto hidupnya adalah "Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil yang didapat."

Comments

Most
Popular

00-d-venom

Trailer Venom Rilis, Fans Menanyakan Keberadaan Spider-Man!

Paska rilisnya trailer film Venom, para fans mempertanyakan keberadaan musuh bebututan si alien Symbiote, Spider-Man!.. more

Battlefield 1: In The Name Of Tsar (Sumber: IGN)

E3: Update Tiga Game EA di E3 2017

Hi bro sis, dateng lagi nih kabar terbaru dari E3 2017. Kali ini update-nya khusus dateng dari EA. Dalam konferensi pers.. more

EA Tidak Dapat Untung Sepeser Pun Dari A Way Out?

A Way Out menjadi game kuda hitam dari EA tahun 2018 ini. Tak hanya mengasyikkan, namun juga karena EA tidak untung sepe.. more

Sumber : CIAYO Comics

Hati-Hati Dibuat Baper Baca Komik Ini!

Komik yang satu ini bisa bikin kamu Baper, sama seperti judulnya. .. more

00 d pacific rim: uprising

Pacific Rim: Uprising – Film Super Robot Khas Hollywood?

Film robot melawan monster raksasa Pacific Rim mendapatkan kelanjutannya. Kesan akhir terbagi antara bagus dan tidak. Ma.. more