5 Film Ini Melakukan Cara yang Super Gokil Agar Plot Twist-nya Tidak Bocor Ke Publik

7 months ago
The Dark Knight Rises (sumber: Legendary)

Sebagai audiens sekaligus penikmat film, yang namanya spoiler, sudah pasti merupakan kata yang sangat “tabu” untuk dilihat atau didengar. Terlebih lagi apabila kata spoiler yang dimaksud, mengacu pada plot twist fil-nya. Wah, itu sudah pasti BIG NO NO!

Akan tetapi, seperti kita tahu (terlebih di zaman NOW ini), sangatlah sulit bagi kita untuk benar-benar terhindar dari yang namanya spoiler. Banyak moviegoers yang melakukan berbagai cara (bahkan ada yang sampai benar-benar kreatif) agar tidak terkena “virus” spoiler tersebut.

Untungnya, sebagian besar pembuat film saat ini, jugal menyadari hal tersebut. Mereka pun pada akhirnya, juga turut melakukan cara-cara yang sama agar plot twist filmnya tidak bocor ke publik.

Dan dari sekian banyak film-film yang melakukan cara-cara unik nan gokil untuk melindungi plot twist-nya, rasanya hanya 5 film ini yang melakukan cara  yang benar-benar gila bin gokil. Dan berikut adalah 5 film yang dimaksud tersebut.

5. Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back (1980)

Darth Vader (sumber: Nerd Infinite)

Darth Vader (sumber: Nerd Infinite)

”No, I am your Father”. Yap, 5 kata yang terucap dari balik topeng Darth Vader (David Prowse) di episode kelima franchise opera luar angkasa karya George Lucas ini, sukses membuat film ini meraih gelar sebagai salah satu film dengan plot twist terbaik sepanjang masa.

Dan menurut sejarah, percaya atau tidak, ketika adegan twist ini ditampilkan pertama kali di prosesi screening, bukan hanya audiens saja yang terkejut dengan pengungkapan gokil ini. Sebagian besar cast (termasuk Harrison Ford), juga ikut terkejut ketika adegan ini ditampilkan.“Loh berarti Ford gak dikasih tahu dong terkait twist ini ?” Yap bener banget.

Menjelang syuting adegan ikonik ini, Lucas memastikan bahwa hanya 3 (yap 3 !) orang saja yang tahu terkait twist ini: Lucas, si Luke Skywalker Mark Hamill dan sutradara Irvin Kershner.

Bahkan nih, David Prowse, yang memerankan fisik Vader dan James Earl Jones, yang menyuarakan sosok villain terkejam di galaksi ini, juga tidak diberitahu sama sekali oleh Lucas cs terkait twist ini.

“Loh aneh. Prowse dan Jones kan yang memerankan Vader. Kalau tidak diberitahu, lalu kalimat apa yang diucapkan ketika adegan ini berlangsung?” Well, Prowse (saya tidak tahu apakah Jones juga mengalami hal yang sama) diberikan dialog salah (false line) yaitu, Obi-Wan killed your father”.

Nah, kalimat tersebut dirubah (ditimpa) menjadi “No, i am your Father” ketika Lucas cs melakukan proses editing film ini.

4. Star Trek: Into Darkness (2013)

Benedict Cumberbatch sebagai John Harrison di Star Trek: Into Darkness (sumber: treknews.net)

Benedict Cumberbatch sebagai John Harrison di Star Trek: Into Darkness (sumber: treknews.net)

Kalau bro sis mungkin suatu saat nanti (Amin !) bertemu dan ngobrol-ngobrol dengan sutradara J.J Abrams, saya cuma bisa berpesan hati-hati. Pasalnya pria berkacamata ini jago banget ngebohongnya.

Dan pernyataan tersebut terbukti banget ketika dirinya melakukan tur pers untuk mempromosikan Star Trek: Into the Darkness 5 tahun yang lalu.

Jadi, semenjak diumumkannya pemeran Sherlock Holmes di seri hit Sherlock, Benedict Cumberbatch, berpartisipasi di sekeuel Star Trek (2009) ini, banyak fans yang langsung berspekulasi bahwa Cumberbatch akan memerankan sosok villain ikonik Star Trek, Khan.

Namun ketika Abrams dimintai konfirmasi terkait fan theory tersebut, dirinya tetap bersikukuh mengatakan ke pers bahwa pengisi suara Smaug the Dragon di trilogi The Hobbit tersebut, memerankan karakter villain baru bernama John Harrison.

Bahkan, untuk semakin meyakinkan klaim-nya tersebut, Abrams sampai melakukan syuting yang mana menampilkan sosok Khan yang diperankan oleh aktor lain.

Dan ternyata benar saja bro sis. Ketika film ini dirilis, terbukti bahwa Cumberbatch memanglah memerankan sosok Khan. Tapi ya gak 100% “nipu” juga sih bro sis. Pasalnya, Khan di awal film memanglah menggunakan nama palsunya, John Harrison.

Walau demikian, ya tetap saja, melalui tindakan yang dilakukannya ini, Abrams seperti yang telah dikatakan di atas, suskses membuktikan kalau dirinya adalah sosok pembohong yang ulung. “Gokil banget kau bang Abrams”.

3. The Dark Knight Rises (2012)

Batu nisan Bruce Wayne dan Miranda Tate di The Dark Knight Rises (sumber: What Culture)

Batu nisan Bruce Wayne dan Miranda Tate di The Dark Knight Rises (sumber: What Culture)

Terlepas twist Miranda Tate (Marion Cotillard) yang ternyata adalah Thalia Al Ghul, lumayan mindblowing, namun, tidaklah dipungkiri bahwa twist meninggal (atau tidak ?) Bruce Wayne adalah yang paling greget.

Ketika batu nisan bertuliskan Bruce Wayne itu muncul, tak pelak banyak dari kita yang langsung terkejut bukan main. Melihat hal ini, tentunya kitapun menjadi bertanya. Cara gokil apa yang dilakukan oleh sutradara Christopher Nolan cs, sehingga bisa sukses melindungi twist yang hingga kini masih sering diperdebatkan ini?

Usut punya usut, ada 2 cara unik yang dilakukan oleh sutradara jenius ini. Pertama, dirinya meminta bagian properti untuk membuat batu nisan bertuliskan Miranda Tate yang mana seperti kita tahu, Thalia di film ini, memanglah tewas.

Nah, ketika di proses editing (post-production), nama Miranda Tate di batu nisan diganti dengan nama Bruce Wayne.

Kedua, ketika melakukan syuting adegan upacara pemakaman Bruce, pemeran Bruce, Christian Bale, disuruh datang ke set. Tujuannya, tidak hanya untuk melindungi plot twist tersebut, namun juga untuk sebagai bukti, kalau misalkan twist ini bocor ke publik sebelum film dirilis, maka dapat dipastikan yang membocorkannya adalah Bale.

2. Se7en (1995)

Kevin Spacey sebagai John Doe di Se7en (sumber: Atheism and The City)

Kevin Spacey sebagai John Doe di Se7en (sumber: Atheism and The City)

Kalimat pertanyaan abadi “what’s in the box”, tidak dipungkiri sukses menutupi (over-shadowing) twist sesungguhnya dari film drama kriminal klasik arahan David Fincher ini.

Spesifiknya twist yang dimaksud, adalah pengungkapan bahwa aktor Kevin Spacey (House of Cards) yang ternyata, merupakan sosok aktor yang memerankan pembunuh sadis di film ini, John Doe.

Namun, walaupun let’s say audiens memang dari awal hingga akhir berfokus habis-habisan untuk mencari tahu siapa dan bagaimana tampang Doe alias, tidak berfokus pada pertanyaan tersebut, tetap saja mereka juga merasa sama terkejutnya.

Hal ini dikarenakan selain pengungkapan sosok Spacey sebagai Doe ditampilkan menjelang ending, juga untuk tetap membuat audiens terus menerka-nerka, Fincher cs, memutuskan untuk tidak menyertakan nama Spacey di dalam kredit pembuka film.

Logikanya, kalau nama aktor yang kini sedang tersangkut kasus pelecehan seksual ini disertakan, tentunya audiens, akan terlalu gampang bukan untuk menerka-nerkanya? Dan yap, sekali lagi terbukti, bahwa tindakan yang dilakukan oleh Fincher ini benar-benar sukses membuat seluruh mata audiens kala itu, terbelalak lebar.

1. Psycho (1960)

Psycho (sumber: Left Film Review)

Psycho (sumber: Left Film Review)

Edit tulisan batu nisan gokil. Tidak disertakan di kredit pembuka, gokil, berbohong mati-matian, juga gokil.

Namun ketiga cara tersebut masih kalau jauh gokilnya dengan cara yang dilakukan sutradara horor-thriller legendaris, Alfred Hitchcock, untuk melindungi twist Norman Bates yang ternyata adalah sosok “ibu” Norman, yang membunuh Marion Crane (Janet Leigh) dan tamu-tamu motel lainnya itu.

Memangnya segokil apa sih ? Pertama, Hitchcock menyuruh asistennya untuk membeli seluruh novel asli Psycho karya Robert Bloch yang merupakan sumber adaptasi dari film ini.

Dan ketika saya mengatakan seluruh disini, adalah seluruh kopi / eksemplar novel yang ada di seluruh penjuru toko buku di A.S. Kedua, dirinya menginstruksikan seluruh penjaga pintu bioskop untuk tidak mengizinkan masuk audiens yang terlambat datang.

Yap, even 5 menit pun tidak boleh. Hal ini dilakukan bukan hanya untuk menjaga agar twist legendaris tersebut tidak bocor. Namun juga, untuk memberikan pengalaman menonton super maksimal terhadap seluruh audiens.

Dan terbukti. Metode super “sakit” bin gokil ini sukses berat yang alhasil sekali lagi, membuat plot twist Psycho sebagai salah satu twist film terabadi hingga detik ini.

Nah bro sis. Itulah tadi kelima film yang melakukan cara / metode super gokil agar plot twist mereka tidak bocor ke publik. Dari kelima fakta yang telah disebutkan ini, manakah yang membuat kalian terpukau sendiri ketika membacanya ?

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

Anime Matsuri X CIAYO Comics

CIAYO Comics, sebagai salah satu platform komik digital pun turut berpartisipasi di event Anime Matsuri kali ini. .. more

Budaya Part Time Job di Jepang dan Korea

Di Jepang, pelajar berumur 15 tahun sudah bisa mulai melakukan part time job. Orang yang melakukan part time job biasa .. more

Komik Lieur-Bolon

Sagus: “Komik Lieur Terinspirasi dari Pengalaman Saya Waktu Kecil”

Kalau di suruh nostalgia masa kecil, bro sis milih pas zaman apa? Kali ini Chika dari CIAYO Blog berhasil ngobrol sama a.. more

Sumber: youtube.com

Makna Tersembunyi Dalam Film Ready Player One

Tak hanya easter egg, film Ready Player One juga punya banyak pesan tersembunyi yang terselip dalam karakter dan duniany.. more

Interview Sweta Kartika: Membumi, Untuk Karya Komik Mendunia

Sweta Kartika adalah seorang komikus lulusan S2 FSRD ITB. Ia mulai menggeluti dunia komik sejak SD, dan selalu memasukka.. more