5 Hantu Indonesia Non Mainstream Untuk Ide Komik Horor Kamu

3 weeks ago
00-d-hantu-indonesia

Orang Indonesia suka banget dengan cerita hantu. Biar hantu Indonesia mengerikan dan dijauhi, buktinya banyak orang Indonesia suka nonton film horor, main game horor, sampai baca komik horor.

Karena sudah sering dibuat, para kreator dan author pun harus berpikir keras agar cerita horor mereka selalu segar dan semakin ngeri. Lihat saja di dunia film dimana banyak film horor ajaib pernah dibuat. Misalnya ada Hantu Puncak Datang Bulan, Dendam Pocong Mupeng, Bangkitnya Suster Gepeng, hingga yang aneh-aneh seperti Pocong VS Kuntilanak hingga Mr. Bean Kesurupan Depe.

Sebenarnya ada cara yang lebih gampang untuk bikin cerita horor tanpa harus bikin cerita semodel Civil War-nya hantu-hantu Indonesia. Ada 34 provinsi di Indonesia, dengan ratusan suku bangsa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Di antara berbagai versi pocong, kuntilanak dan genderuwo, pastilah ada sosok hantu yang belum pernah kebagian spotlight. Kenapa nggak coba ceritakan mereka saja?

Kalau kamu seorang author komik horor, artikel kali ini cocok banget buat kamu. Simak beberapa hantu Indonesia yang mungkin cocok untuk kamu angkat di komik kamu!

Hantu Indonesia Non Mainstream

Matianak

Sumber: Misteri Alam Maya

Sumber: Misteri Alam Maya

Namanya mirip dengan kuntilanak. Penampilannya juga mirip dengan kuntilanak. Rambut panjang, baju putih, dan juga perempuan. Namun asal usul matianak cukup berbeda dengan kuntilanak. Matianak dulunya adalah seorang ibu yang meninggal saat melahirkan anaknya. Makanya diberi nama Matianak.

Matianak senang hinggap di di beberapa tempat favorit, seperti misalnya di bawah pohon rindang. Ia juga senang bermain-main dengan manusia, dengan menjatuhkan helai daun di pohon yang ia tinggali ke atas kepala manusia.

Beberapa dukun menggunakan kemampuan matianak untuk membalaskan dendam seseorang. Bahkan ada juga yang memelihara matianak untuk mendapatkan kekuatan penyembuhan atau penerawangan masa depan.

Bayi Trek

Sumber: Selipan

Sumber: Selipan

Bayi trek ini maksudnya bukan bayi yang balapan di trek/sirkuit ya. Bayi trek adalah arwah bayi yang meninggal karena keguguran. Mirip kebalikannya matianak, ya? Sosok bayi trek bisa dirasakan jika di sekitarmu terdengar bunyi-bunyian berisik seperti kayu dan ranting terinjak. Walau demikian, sosoknya sulit ditemukan karena kasat mata.

Bayi trek tidak punya niat untuk mencelakai manusia, namun mereka hanya senang mengganggu saja. Jika kamu merasa takut dan terganggu dengan kehadiran bayi trek, kamu cukup melempar serbuk garam ke arah datangnya suara yang ditimbulkan bayi trek.

Oreng Pote

hantu indonesia

Sumber: Berita Bawean

Menurut masyarakat pulau Bawean, oreng pote berarti “orang putih” karena penampilannya yang mirip manusia berkulit pucat. Walau oreng pote tidak membahayakan manusia secara fisik, kehadirannya dipercaya membawa malapetaka bagi yang melihatnya. Seseorang yang melihat oreng pote akan merasa waswas bukan karena sosoknya yang mengerikan dan mengancam nyawa, namun karena dipengaruhi ketakutan akan kemampuannya mendatangkan kesialan.

Konon oreng pote juga terlihat di daerah lain seperti Jawa dan Bali. Penyebutan nama oreng pote di kedua daerah tersebut berbeda.

Suanggi

Sumber: YuKepo

Sumber: YuKepo

Berasal dari daerah Papua, Suanggi merupakan sosok hantu yang sangat mengerikan, sampai-sampai masyarakat setempat tidak mau membicarakannya. Ketakutan masyarakat beralasan karena jika dibicarakan terlalu banyak, maka sosok Suanggi yang berbentuk bola api akan mendatangi mereka.

Kemampuan Suanggi pun sangat mengerikan. Suanggi bisa membunuh seseorang secara berkelompok, dan bahkan atas kemauannya sendiri. Caranya memangsa korban pun sangat ajaib, yaitu memakan tubuh manusia dari jauh.

Yang bikin heran, ternyata Suanggi juga muncul di daerah lain dengan wujud berbeda. Di Maluku misalnya, Suanggi merupakan sosok wanita cantik yang mengincar pria hidung belang. Lain Maluku lain pula NTT, dimana Suanggi dulunya adalah sosok nenek tua penuh amarah dan dengki yang bersemedi untuk mendapat ilmu gaib baru. Begitu dipraktekkan, sang nenek tiba-tiba mati dan arwahnya bergentayangan.

Hantu Kemamang

Sumber: Youtube

Sumber: Youtube

Sama seperti Suanggi dari tanah Papua, hantu kemamang juga memiliki wujud berupa bola api yang melayang-layang. Bahkan sosoknya disamakan dengan banaspati yang lebih terkenal. Keduanya pun sama-sama ditakuti masyarakat, namun hantu kemamang nampak jauh lebih jinak. Konon, belum ada satu orang yang mengaku terbakar atau terluka akibat hantu kemamang.

Meski demikian, sosok hantu kemamang tetap saja ditakuti orang-orang. Kemunculan hantu yang bergentayangan di kebun, sawah, dan rawa-rawa ini konon menjadi pertanda akan datangnya sebuah musibah. Sosok hantu kemamang pun tak boleh diperhatikan lama-lama karena nanti tubuhnya akan semakin membesar. Dan meskipun hantu kemamang tidak melukai manusia, bara apinya bisa membakar lingkungan di sekitarnya.


Itu dia berbagai hantu Indonesia non mainstream yang bisa kamu tampilkan di komik horor kamu selanjutnya. Mudah-mudahan bisa jadi inspirasi untuk cerita komik kamu!

Kalau idenya sudah mantap, kenapa nggak coba kirimkan komik horor kamu ke CIAYO Comics? Kirimkan proposal komik kamu ke submission@ciayo.com dengan subject “Proposal Submission: Comic Series Horror.” Untuk tata cara serta format submisi bisa kamu simak di sini.

Penasaran seperti apa komik horor yang bakal diterima? Kamu bisa baca komik online genre horor sekarang juga di CIAYO Comics dan rasakan sendiri kengeriannya!

Banner Komik Horror

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

universitas multimedia nusantara desktop

Asyiknya Menonton Animasi Pendek Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Multimedia Nusantara menayangkan 32 film pendek karya mahasiswa prodi film dan animasi. Semuanya menampilkan.. more

Heboh Langit Berpetir di Instagram Marcelino, Ini Penjelasannya

Lama vakum dari layar kaca, aktor berbadan tegap Marcelino Lefrandt tetap berkiprah di dunia hiburan. Namun, kini ia leb.. more

Review Anime Crimes Division: Ketika Dunia Jejepangan Disusupi Penjahat

Review Anime Crimes Division: Ketika Dunia Jejepangan Disusupi Penjahat

Menjadi seorang otaku atau wibu di Indonesia bukan perkara mudah... more

00-d-tamatin-entertainment

Wawancara Dengan Developer Game Indonesia Tamatin Entertainment

Tamatin Entertainment adalah salah satu studio game lokal yang aktif merilis game dalam beberapa tahun terakhir ini. Yuk.. more

(japanesesearch.com)

Konsep Gacha dalam Mobile Game Online

Guys, pernahkah kalian bermain game gashapon? Sebenarnya di antara kalian pasti banyak yang udah pernah maen game ini, t.. more