5 Langkah Murah Meriah Untuk Mengurangi Stress

9 months ago
Source: weheartit.com

Bangun pagi, siap-siap berangkat sekolah atau kerja, pulang, terus tidur. Setiap weekday melakukan kegiatan yang sama. Saking sibuknya malah pas weekend malah masih harus ngerjain tugas ketunda yang uda numpuk. Duh.. kalau kayak gitu gimana gak stress dan depresi? Padahal meluangkan ‘me time’  itu penting loh, gak peduli sesibuk apa kerjaanmu. Ada lebih dari 300 juta orang dari seluruh dunia yang menderita depresi tiap tahunnya, dan depresi bisa secara langsung memberi efek fisik kepada orang yang mengalaminya. Tiap orang punya gejala depresi yang berbeda-beda, ada yang moody, menjauh dari orang lain, gak pernah merasa bahagia, kehilangan nafsu makan, dan masih banyak lagi.

Saat seseorang menderita depresi, mereka mungkin bisa terlihat seperti orang biasa; terlihat tegar dan kuat seperti gak punya masalah apa-apa. Bahkan penderita depresi cenderung untuk menutupinya karena masih banyak negara yang gak terbuka dengan kenyataan ini, berpikiran kalau penyakit mental itu hal yang tabu dan aib. Nah, bahayanya kalau ditutupi, depresi itu dampaknya sangat berbahaya loh!

Hal ini bisa terjadi pada orang di sekitarmu. Makanya penting banget untuk mengingatkan dirimu dan orang yang kamu sayangi kalau setiap orang butuh meluangkan waktu untuk have fun sekali-kali. Untuk itu, ada cara unik yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stress dari keseharian kamu. In case you just through a bad day, you can do these things:

1. Slime dan squishy

Source: tumblr.com

Source: tumblr.com

Pengalaman audio (suara yang ditimbulkan saat kita bermain slime) dapat merangsang otak manusia dan memberikan sensasi positif. Visual warna warninya juga mempengaruhi sensorik otak manusia dan memberikan perasaan relax. Bahkan tren main slime ini pernah seliweran di Instagram beberapa waktu lalu. Gimana? ada uda pernah main slime?

2. Menulis calligraphy

Source: jetpens.com

Source: jetpens.com

Source : pinterest.com

Source : pinterest.com

Di dunia digital seperti sekarang kalau mau nulis apa-apa tinggal ketik sana ketik sini. Namun tahukah kamu, menulis calligraphy bisa dicoba untuk menghilangkan stress. Hal ini pun sudah dilakuin sejak dulu oleh masyarakat Tiongkok. Kamu bisa mencoba untuk menulis quote buatanmu sendiri atau quote dari sebuah film yang kamu suka. Setelah buat calligraphy kamu bisa memajangnya dengan frame di sudut rumah atau bahkan membagikannya ke keluarga, teman bahkan pacar.

3. Nonton video lucu anak anjing dan kucing

Source: tumblr.com

Source: tumblr.com

Source: pinterest.com

Source: pinterest.com

Riset mengatakan kalau menonton video anak anjing atau kucing bisa mengurangi stress. Penelitian yang dilakukan di Jepang ini mengatakan kalau melihat foto binatang yang lucu bisa membuat orang semakin fokus dan mudah untuk berkonsentrasi. Kamu bisa melihat video lucu anak anjing dan kucing yang gemes banget di Youtube saat lagi sarapan pagi atau istirahat makan siang. Bahkan kalau mau, kamu bisa mengadopsi satu atau dua hewan peliharaan yang lagi butuh tempat tinggal untuk menemani kamu.

4. Download aplikasi untuk mengurangi stress

Source: ReXdl.com

Source: ReXdl.com

Source: itunes.apple.com

Source: itunes.apple.com

Sebelum tidur kamu bisa mendengar musik dengan tempo slow atau suara-suara yang membuat kamu nyaman. Aplikasi smartphone Relax Melodies menyediakan 50 lebih suara yang bisa kamu dengarkan untuk mengurangi insomnia dan stress. Ada suara dari latar belakang pantai, suara ombak, suara air hujan, dan masih banyak lagi. Kalau kamu sering merasa panik dan khawatir akan suatu hal, ada aplikasi MyCalmBeat yang bisa mengingatkan kamu untuk mengambil napas secara teratur. Breath in and breath out…

5. Membuka website positif

Ada website Pixel Thoughts dimana kamu bisa menulis apa yang memberatkan pikiranmu dan nantinya tulisan itu bakal menghilang jadi bintang di layar. Ada juga The Nicest Place on Internet yang menyediakan video orang-orang yang memelukmu secara virtual dari seluruh dunia.

Ingat yaa kalau kamu merasa depresi, segera cerita ke orang lain tentang masalah yang lagi kamu hadapi. Cari pertolongan kalau kamu merasa gak bisa melewatinya sendirian. Yang paling penting adalah kamu juga harus peka terhadap orang di lingkunganmu yang butuh pertolongan, karena Every soul is worth for love <3

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Indonesia Comic Con 2017 Bertabur Cosplayer Dalam dan Luar Negeri, Mana Yang Paling Bagus?

Perhelatan Indonesia Comic Con 2017 telah selesai dilaksanakan. Acara yang diadakan di Jakarta Convention Center, Sabtu .. more

00-d-lisensi-uefa-untuk-pes

Setelah 10 Tahun, Lisensi UEFA Untuk PES Tidak Dilanjutkan

Setelah pertandingan final Liga Champions di akhir Mei nanti, game PES akan kehilangan lisensi liga-liga kasta tinggi da.. more

Kok CIAYO Comics Main Tenis Terus?

Buat bro sis yang sering mampir dan baca CIAYO Comics, mungkin ngerasa akhir-akhir ini komik digital Indonesia ini main .. more

Sumber: park-harajuku.com

Kenalan sama Mugi Tanaka, Anime Creator yang Menginspirasi

Punya cita-cita sebagai Anime Creator? Kenalan sama Mugi Tanaka yuk! Cewek berumur 26 tahun ini bakal menginspirasi kamu.. more

00 desktop trailer ant-man and the wasp

Ant-Man Punya Sidekick Baru di Trailer Ant-Man and the Wasp!

Ant-Man kembali jadi buronan, namun untungnya ia bakal mendapatkan partner baru: Wasp! Marvel merilis trailer Ant-Man an.. more