5 MMORPG Mobile Baru Yang Patut Kamu Tunggu di 2018!

8 months ago
Black Desert Mobile Google Play Page

Setiap hari kalian pasti sering memainkan berbagai macam game mobile, mulai dari puzzle, endless runner, MOBA dan tentunya juga MMORPG. Nah, kali ini CIAYO Blog ingin merekomendasikan 5 game MMORPG Mobile yang patut di tunggu di tahun 2018.

Simak daftar 5 MMORPG seru ini!

1. Black Desert Mobile

MMORPG : BDM

Sumber : Black Desert Mobile Google Play Page

Black Desert Mobile merupakan adaptasi dari Black Desert Online yang merupakan
game online PC. Pearl Abyss sebagai pembuat game berencana membawa judul
yang sama ke dalam pasar mobile dengan fitur-fitur yang tidak jauh berbeda dengan
versi PC nya. Misalnya saja Siege Battle, World Boss, Kustomisasi Character, dan juga Life
Activities
seperti memancing, bercocok tanam dan aktifitas sejenis.

Grafis yang ada juga sangat mumpuni dan mendekati kualitas dari Black Desert Online. Gameplay dari Black Desert Mobile sendiri bisa dikatakan sangat mirip dengan versi PC nya. Kemampuan yang dimiliki karakter juga dapat diberikan efek-efek tertentu yang nantinya dapat mempengaruhi  kekuatan terhadap musuh yang terkena serangan.

Konten eksklusif yang akan di sediakan di Black Desert Mobile adalah Territory. Territory adalah area dimana player dapat menyewa pekerja, mendesain sendiri area tersebut dan dapat hidup bersama  dengan para pekerja lain serta melakukan aktifitas-aktifitas sosial lainnya di dalam game. Black Desert Mobile juga akan meniadakan transaksi langsung antar player sebagai
langkah preventif untuk menjauhkan bot dan penjual gold di dalam game.

Selain itu Pearl Abyss juga menjanjikan semua konten game akan tersedia untuk semua player tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Optimisasi untuk smartphone dengan
spesifikasi relatif rendah juga patut di acungi jempol karena Pearl Abyss
membuat sendiri Game Engine yang digunakan oleh Black Desert Mobile.

Akan ada 5 tipe karakter  yang dapat dimainkan pada saat launching, yaitu : Ranger, Warrior, Giant, Valkyrie, dan Witch. Black Desert Mobile akan memasuki fase CBT di Korea Selatan
pada bulan Januari 2018 dan rilis global di tahun yang sama.

2. Tera M

MMORPG - Tera M

Sumber : Tera M Google Play Page

Tera M merupakan game mobile yang merupakan mobile port dari Tera Online, game
online PC
yang sempat booming di tahun 2011. Sebelumnya salah satu karakter Tera,
Elin juga di feature dalam game mobile Devilian. Grafis yang ditawarkan bisa di bilang
cukup merepresentasikan versi PC dengan gameplay yang lebih simpel dan adanya
auto hunting untuk menyelesaikan quest-quest yang disediakan di dalam game.

Tera M memiliki beberapa kemiripan dengan Lineage 2 : Revolution. Pada saat launching akan ada enam jenis karakter yang dapat dimainkan yaitu : Priest, Warrior, Lancer, Archer, Slayer dan Alchemist. Di Korea Selatan sendiri game ini telah di rilis pada bulan November 2017 dan akan dirilis untuk pasar global di tahun 2018. Dengan Netmarble sebagai publisher, tentu Indonesia memiliki kemungkinan mendapatkan lokalisasi bahasa. Yah, semoga saja Tera M bisa segera kita mainkan.

Baca juga: Game Awards 2017 Sudah Usai, Siapa Saja Pemenangnya?

3. Blade & Soul Revolution

MMORPG - BSR

Sumber : almoris.com

Satu lagi MMORPG PC yang mendapatkan porting ke mobile adalah Blade & Soul dengan judul Blade & Soul Revolution. Grafis yang ditawarkan oleh Blade & Soul Revolution cukup mirip dengan versi PC-nya yang telah di rilis sejak tahun 2012.

Seperti Tera M, Blade & Soul juga cukup mirip dengan Lineage 2 : Revolution dengan fitur bantuan yang juga hadir di berbagai MMORPG mobile lainnya seperti auto battle dan auto move. Sistem pertarungannya juga terinspirasi dari Blade & Soul versi PC, dimana bro sis dapat menggunakan 1 skill dan dapat melakukan combo yang tersedia dari skill tersebut. Tersedia 4 class, yaitu : Force Master, Blade Master, Destroyer, Kungfu master. Selain itu, ada juga 4 ras seperti Human, Gon, Lyn dan Yun. Sayangnya sampai saat ini Netmarble belum menentukan tanggal rilis.

Baca juga: Anime-Anime Keren Ini Ternyata Diangkat dari Video Game Lho!

4. Overhit

MMORPG - Overhit

Sumber : Overhit Google Play Page

Kalau bro sis fans dari game Seven Knights, maka Overhit patut buat ditunggu. Overhit yang di kembangkan oleh NAT Games memiliki gameplay yang sangat mirip dengan game seperti Seven Knights dan Summoners Wars, tetapi dengan grafis yang jauh lebih memukau berkat penggunaan Unreal Engine 4 dalam pengembangannya.

Karakter-karakter yang ditampilkan serta efek yang di hasilkan di dalam Overhit tampak lebih realistis. Salah satu fitur unik yang di tawarkan oleh Overhit adalah adanya sistem dimana dua karakter yang ada dalam satu tim dapat melakukan serangan beruntun yang lebih kuat dan tentunya keren. Seperti Seven Knights, bro sis bisa mengoleksi berbagai macam karakter yang ada dan memperkuat karakter favorit.

Overhit sendiri telah di rilis di Korea Selatan pada tanggal 26 November 2017 dan rencananya akan dirilis secara luas tahun depan.

Baca juga: Mitologi Ragnarok: Mulai Dari Komik Marvel Hingga Game Online RPG Korea

5. Seven Knights II

MMORPG - Seven Knight II

Sumber : sk2.netmarble.com

Seven Knights merupakan salah satu game mobile di Indonesia yang paling konsisten. Dengan berbagai macam konten, event dan update yang terus di hadirkan oleh Netmarble, tentu gak heran apabila banyak orang yang menantikan sequel dari game yang telah membuktikan kesuksesannya baik di pasar Korea Selatan maupun di pasar global.

Pada event G Star 2017 kemarin, Netmarble telah menyediakan demo gameplay  yang dapat dimainkan oleh para pengunjung. Demo Seven Knights 2 juga memperlihatkan berbagai macam karakter yang dapat dimainkan pengunjung seperti Rudy, Eileene, Dellons, Shane dan juga karakter baru seperti Tristan, Adel, Miss Velvet dan lainnya. Untuk karakter seperti Kris dan Rachel sendiri belum terlihat walaupun kedua karakter tersebut tampil sekilas dalam teaser sebelumnya.

Gameplay Seven Knights 2 sendiri juga berubah drastis dari prequelnya dimana Seven Knights 2 merupakan Action RPG, player kini bertarung secara real time dan gak lagi menggunakan turn based combat. Di dalam demo juga diperlihatkan gameplay tersebut adalah raid system yang ada di dalam Seven Knights 2, dimana tiap player hanya akan mengendalikan stau karakter saja dan bekerja sama untuk mengalahkan boss yang ada.

Setiap karakter memiliki tiga skill biasa dan satu skill yang membutuhkan charge agar bisa digunakan. Untuk pertarungan, selain di mode raid sendiri belum ada informasi lebih lanjut apakah Seven Knights 2 masih akan menggunakan sistem tim atau tidak. Grafis Seven Knights 2 juga menjadi lebih realistis khas Unreal Engine 4. Sama seperti Blade & Soul Revolution, Netmarble belum memiliki tanggal perilisannya.

Nah, bagaimana pendapat kalian? Saya sendiri sangat menantikan kedatangan Black Desert mobile karena mempunyai fitur dan gameplay yang berbeda dari game dengan genre yang sama di pasaran. Tentunya kalian punya game favorit yang juga ditunggu-tunggu, dong? Jangan lupa, berikan komentar kalian di bawah ya!

About Author

Yohannes Yokomichi Tios

Yohannes Yokomichi Tios

Game, E-Sports and Technology Enthusiast

Comments

Most
Popular

(zerochan.net)

Kisah Nyata Kelompok Shinsengumi Jepang di Anime Samurai X

Kalian tahu gak sih guys, ternyata kisah Samurai X ini diambil dari kisah nyata yang ada di Jepang. Sang author, Watsuki.. more

Sumber: TheHindu

Menjadikan Indiana Jones Karakter Wanita: Ide Buruk atau Sebaliknya? Steven Spielberg Tidak Keberatan!

Sebagai salah satu karya besar sutradara film Steven ‘Spesialis Box Office’ Spielberg bersama George Lucas, IP dan f.. more

Sabrina – Chapter 5: Teriakan Memekakkan Telinga

Sang kakak hanya terdiam menerima hujanan pukulan itu. Sampai suara hantaman keras dan teriakan dari arah kamar, membuat.. more

(sumber: beobachter.ch)

Tidak Selalu Berdampak Negatif, Video Game Nyatanya Memiliki Manfaat yang Menyehatkan, Loh!

Suka main game? Ternyata hobi yang satu itu juga punya manfaat yang bagus, loh. .. more