5 Musisi Ini Melebarkan Sayapnya ke Dunia Anime-Manga!

3 days ago
Sumber: Paperhi

Semua orang bisa merasakan jenuhnya melakukan hal yang sama dalam waktu yang lama. Begitu pula dengan para musisi. Saat mereka jengah bermain atau membuat musik, mereka melampiaskan rasa jenuh itu dengan melakukan hal lain. Dan karena latar belakang mereka adalah dunia kreatif, tak jarang mereka menyalurkan kepenatan mereka lewat hal-hal positif dan produktif.

Kali ini, CIAYO Blog punya daftar beberapa musisi yang terlibat dalam berbagai proyek di luar bermusik. Lucunya, mereka memilih media anime dan manga sebagai objek pelampiasan! Nah, seperti apa jadinya jika seorang musisi membuat anime atau manga?

Courtney Love

Courtney Love adalah sosok yang sangat berpengaruh bagi Kurt Cobain, entah karena alasan yang benar ataupun salah. (Sumber: Billboard)

Courtney Love adalah sosok yang sangat berpengaruh bagi Kurt Cobain, entah karena alasan yang benar ataupun salah. (Sumber: Billboard)

Pertama kali mendengar bahwa Courtney Love pernah membuat manga, saya sempat tidak percaya. Istri dari mendiang Kurt Cobain ini nampak sibuk bersolo karir dan sesekali ribut dengan anggota Nirvana yang tersisa. Tapi di satu titik, dia memang benar-benar membuat manga berjudul Princess Ai.

Manga Princess Ai diterbitkan oleh Tokyopop. Courtney Love menulis ceritanya dengan bantuan Stu Levy. Yazawa Ai, mangaka NANA dan Paradise Kiss mendesain karakter sementara Kujirado Misaho yang benar-benar menggambar halaman manganya.

Princess Ai merupakan alegori kisah cinta Courtney Love dengan Kurt Cobain. (Sumber: Fanpop)Princess Ai merupakan alegori kisah cinta Courtney Love dengan Kurt Cobain. (Sumber: Fanpop)

Princess Ai merupakan alegori kisah cinta Courtney Love dengan Kurt Cobain. (Sumber: Fanpop)

Ai, tokoh utama manga ini, terdampar di Tokyo tanpa bisa mengingat masa lalunya. Satu-satunya hal yang ia miliki adalah sebuah kotak berbentuk hati. Lewat serangkaian peristiwa, Ai kini tinggal bersama cowok bernama Kent dan temannya, Hikaru. Ai juga mendapatkan pekerjaan di sebuah klub hostess. Dibantu Kent, Ai kemudian menemukan jati dirinya, di mana ia sebenarnya adalah seorang tuan puteri dari tempat antah berantah bernama Ai-Land. Tak lama, Ai pun menjadi incaran makhluk Dougen yang datang ke bumi dan berusaha mendapatkan Ai demi apa yang disebut dengan “revolusi kedua.” Apa yang sebenarnya diincar oleh para Dougen?

Courtney Love tidak hanya menyelesaikan cerita Princess Ai dalam tiga jilid. Ia membuat beberapa manga Princess Ai lainnya yang menjadi pelengkap plot utama. Tak lupa beberapa musik soundtrack dibuat, walaupun tidak melibatkan Courtney sendiri. Salah satu video klipnya bahkan dianimasikan oleh studio anime Satelight.

Ezra Koenig

Ezra Koenig mengaku anime yang ia buat menjadi inspirasi untuk materi Vampire Weekend selanjutnya. (Sumber: Grantland)

Ezra Koenig mengaku anime yang ia buat menjadi inspirasi untuk materi Vampire Weekend selanjutnya. (Sumber: Grantland)

Sama seperti Courtney Love, Ezra Koenig juga ternyata menaruh minat untuk melebarkan sayapnya ke dunia animemanga. Vokalis-gitaris dari Vampire Weekend ini menggandeng sohibnya, aktor dan filsuf meme Jaden Smith untuk membuat anime Neo Yokio.

Neo Yokio adalah anime buatan anak-anak borjuis untuk mengejek anak-anak borjuis. (Sumber: Netflix)Neo Yokio adalah anime buatan anak-anak borjuis untuk mengejek anak-anak borjuis. (Sumber: Netflix)

Neo Yokio adalah anime buatan anak-anak borjuis untuk mengejek anak-anak borjuis. (Sumber: Netflix)

Neo Yokio adalah kisah dari Kaz Kaan, sosialita beken di kota Neo Yokio yang ‘nyambi’ menjadi pembasmi setan. Kaz harus bekerja keras demi memenuhi tugas yang diberikan bibinya untuk mendanai gaya hidup Kaz yang sangat borjuis. CIAYO Blog sudah pernah mengulas Neo Yokio loh. Kamu bisa membacanya di link berikut ini.

Ezra Koenig sendiri mengaku bahwa mengerjakan Neo Yokio merupakan pengalaman yang menyenangkan. Bahkan ia mengklaim Neo Yokio menjadi inspirasi untuk mengerjakan materi lagu Vampire Weekend selanjutnya.

Jin

Jin memegang kendali penuh Kagerou Project, mengatur seluruh isi cerita dan musiknya. (Sumber: Change.org)

Jin memegang kendali penuh Kagerou Project, mengatur seluruh isi cerita dan musiknya. (Sumber: Change.org)

Kisah sukses musisi yang bisa membangun franchise dan IP originalnya sendiri tampaknya dapat ditemukan dalam sosok Jin. Ia adalah produser yang membuat musik menggunakan suara Vocaloid. Jin dikenal luas oleh kalangan pecinta Vocaloid karena menciptakan Kagerou Project.

Anime Mekakucity Actors merupakan titik temu dari semua lagu, manga, dan novel yang Jin buat dalam ruang lingkup Kagerou Project. (Sumber: The Bell Tree Forums)

Anime Mekakucity Actors merupakan titik temu dari semua lagu, manga, dan novel yang Jin buat dalam ruang lingkup Kagerou Project. (Sumber: The Bell Tree Forums)

Kagerou Project bermula dari rangkaian lagu dengan lirik bercerita yang saling terhubung satu sama lainnya. Dari sebatas musik, Jin kemudian menyadur Kagerou Project ke dalam berbagai macam medium seperti video klip lagu, novel, manga, anime, hingga film yang ditayangkan dalam format 4DX!

Premis utama dari Kagerou Project adalah tentang sekumpulan anak muda yang memendam kekuatan misterius dalam mata mereka. Kekuatan ini bervariasi mulai dari mampu membekukan tubuh, memancing perhatian, menghilang dari pandangan, menyamar menjadi orang lain, dan lain sebagainya. Mereka berkumpul dalam satu geng bernama Mekakushi Dan, dan menjalani berbagai petualangan untuk mencari jati diri mereka.

Porter Robinson

Tumbuh besar dengan budaya Jejepangan membuat Porter Robinson menjadi seorang wibu akut. (Sumber: Star-Telegram)

Tumbuh besar dengan budaya Jejepangan membuat Porter Robinson menjadi seorang wibu akut. (Sumber: Star-Telegram)

Porter Robinson bukan nama yang asing bagi kalangan wibu. Mengawali karirnya sebagai DJ dan produser musik EDM, Porter kemudian mendebutkan album perdananya Worlds dalam arah yang radikal. Sejak awal, Porter mengaku bahwa pengaruh bermusiknya berasal dari game Dance Dance Revolution dan anime yang notabene tak bisa lepas dari hidupnya. Lagu Sad Machine yang menampilkan suara Vocaloid AVANNA, hingga Flicker yang men-sample suara Yamano Remon dari anime Ano Natsu de Matteru, keduanya, hanya contoh kecil untuk menunjukkan Porter merupakan seorang wibu Jejepangan tulen.

Anime Shelter merupakan simbolisasi dari lirik lagu tersebut. (Sumber: KAORI Nusantara)

Anime Shelter merupakan simbolisasi dari lirik lagu tersebut. (Sumber: KAORI Nusantara)

Kira-kira bulan Oktober tahun lalu, Porter Robinson tiba-tiba mengumumkan anime pendek Shelter, yang disadur dari lagu berjudul sama. Meski lagu ini merupakan kolaborasinya bersama rekan sesama musisi Madeon, Porter sendiri lah yang menangani produksinya. Mengemban posisi produser dan penulis naskah, Porter mendapatkan bantuan dari studio A-1 Pictures untuk mewujudkan anime Shelter.

Anime pendek Shelter menuturkan kisah Rin, seorang gadis yang hidup di dalam dunia virtual. Dengan sebuah tablet serbaguna dan kemampuan menggambarnya, Rin mampu membentuk dunia itu sesuai dengan keinginannya. Namun, sebuah kejadian tak terduga akan memaksa Rin untuk membuka matanya dan mengingat apa yang sebenarnya terjadi di luar dunia virtual itu.

Daft Punk

Thomas (kiri) dan Guy-Manuel (kanan) merupakan pengagum anime karya Leiji Matsumoto. (Sumber: Your EDM)

Thomas (kiri) dan Guy-Manuel (kanan) merupakan pengagum anime karya Leiji Matsumoto. (Sumber: Your EDM)

Daft Punk bisa jadi merupakan contoh awal musisi dunia yang mencoba peruntungan mereka dalam produksi anime. Namun sebenarnya anime Interstella 5555 yang mereka ciptakan adalah sebuah mimpi menjadi kenyataan. Sejak kecil Thomas Bangalter dan Guy-Manuel de Homem-Christo mengidolakan animeanime karya Leiji Matsumoto, seperti Captain Harlock misalnya. Begitu hadir sebuah kesempatan untuk bekerja bersama sang maestro, keduanya pun langsung mengambilnya tanpa ragu.

Hanya dilihat sekilas saja Interstella 5555 sudah terasa “Leiji Matsumoto banget.” (Sumber: Youtube)

Hanya dilihat sekilas saja Interstella 5555 sudah terasa “Leiji Matsumoto banget.” (Sumber: Youtube)

Interstella 5555 adalah adaptasi penuh dari album kedua Daft Punk, Discovery. Bagaimana jadinya jika bukan alien yang menculik manusia, melainkan manusia yang menculik alien? Di dalam Interstella 5555, taipan musik Earl de Darkwood menculik empat alien yang tergabung dalam sebuah band, dan mengubah penampilan mereka menjadi manusia. Shep, seorang astronot alien, memutuskan untuk menyelamatkan mereka.

Setiap lagu dalam album Discovery menjadi pengiring adegan Interstella 5555. Thomas dan Guy-Manuel menulis ceritanya, sementara animasinya diproduksi di dalam Studio Toei Animation. Tak ada keterikatan khusus antar setiap lagu. Anime ini juga tidak memiliki pengisi suara karakter. Interstella 5555 adalah komplementer dari album Discovery, untuk menyajikan sebuah pengalaman audio visual yang tak mudah dilupakan.

Nah, itu dia lima musisi yang pernah mencoba peruntungannya membuat anime dan manga. Apa ada yang kami lewatkan? Anime-manga mana yang jadi favoritmu? Tulis di komentar ya!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna dan sebuah studio video game. Biasanya bermukim di Bandung, namun bisa teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

(Youtube BEKRAF Game Prime 2017)

Hal yang Bisa Kamu Dapetin Kalau Datang ke Game Prime 2017

Setelah sukses menggelar Game Prime 2016, tahun ini Game Prime kembali hadir dengan tema “Moving Forward: Accelerate G.. more

(CIAYO Comics)

Duo Laknat Siap Memedankan Dunia

Anak Medan yang suka baca komik, pasti tahu komik Digidoy. Komik strip digital ini mulai eksis sekitar tahun 2014, dirin.. more

Diskusi Seru di Japan Foundation Bareng NaoBun Project

Pada 19 Agustus 2017, di Japan Foundation, NaoBun Project memperkenalkan program Youtube yang akan mereka rilis bertajuk.. more

Game terbaru Hokuto no Ken berjudul Hokuto ga Gotoku. Sumber gambar: gematsu.com

Game Fist of The North Star Terbaru Akan Dibuat Oleh Developer Game Yakuza

Berita yang sedang beredar cukup mengejutkan para gamers, terutama fans dari serial Hokuto no Ken alias Fist Of The Nort.. more

(Vandaria Saga – Redfang)

Resensi Novel Redfang: Kakak Bunuh Adik, Dikubur, Eh Si Adik Malah Muncul Lagi

Kolaborasi CIAYO Comics dan Vandaria Saga membuahkan komik baru yang nantinya akan meramaikan hikayat Vandaria, lho. Kab.. more