5 Nominasi Oscar Kategori Film Pendek Animasi Ini Wajib Kamu Tonton Semuanya!

9 months ago
Sumber: Oscar.go.com

Tahun ini, acara penghargaan The 90th Academy Awards akan diadakan pada tanggal 4 Maret 2018 di Dolby Theatre Hollywood, Los Angeles, California. Acara yang akan dibawakan oleh Jimmy Kemmel sebagai MCnya nanti ini akan mengumumkan pemenang penghargaan dari 24 kategori untuk piala Oscar. Nah siapa aja yang mendapatkan nominasi untuk piala Oscar di tahun 2018? Kamu bisa melihat langsung di websitenya Oscar.go.com untuk setiap kategorinya. Biasanya orang akan menanti-nanti siapa yang akan membawa pulang penghargaan Oscar untuk kategori “Best Picture” atau ”Actor/Actress Leading Role”, tapi diartikel ini kita akan coba membahas satu persatu Animated Short Movie yang mendapatkan nominasi penghargaan!

Semua nominasi film pendek animasi ini gak kalah keren dengan kategori nominasi film lainnya! Alasannya adalah karena pada setiap film pendek yang dibuat, harus membuat penonton yang melihat jadi mengerti dengan makna dan pesan dari film. Pesan yang disampaikan juga harus tersampaikan dengan baik meskipun hanya dalam durasi pendek. Tentunya hal ini gak mudah. Nah, ada film pendek animasi apa aja yang berhasil masuk nominasi Academy Awards tahun ini? Baca artikel ini sampai bawah yaa..

1. “Dear Basketball”

Film ini lumayan menarik perhatian banyak orang karena dibuat dan dinarasikan olehbintang N.B.A terkenal yaitu Kobe Bryant. Film Dear Basketball merupakan film autobiographic dalam bentuk sketch seperti menggunakan pensil dan pastel. Berceritatentang kehidupan pemain basket ini dan bagaimana dia mengabdikan hidupnya untukbasket.  Bryant ingin menyampaikan rasa terima kasihnya dan apresiasi terhadappermainan bola basket yang membangun hidupnya sampai saat ini. Meskipun banyakmendapat kritik kalau film ini dikatakan sama sekali gak pantas untuk masuknominasi karena Kobe sempat bermasalah dengan hukum(karena kasus pelecehan), ternyata industry perfilman seakan mengatakan kalau mereka gak menilai sebuah film dari hal itu.

Sumber: Oscar.go.com

Sumber: Oscar.go.com

2. “Garden Party”

Sebuah narasi film dari hewan amphibi yaitu kodok dan cicak yang menemukan‘surga’ mereka pada sebuah rumah mewah. Di rumah mewah ini beberapa kodok bermain bebas, bahkan ada yang masuk ke dalam rumah dan memakan makanan dimeja makan. Film pendek Garden Party ingin membuat metafora dari kehidupan manusia yang mewah dan sangat boros. Film ini juga sebenarnya agak terkesan horro r(apalagi untuk orang yang kurang suka kodok) dan lucu sekaligus karena tingkah para kodok. Salah satu alasan kenapa film ini bisa masuk nominasi karena teknik visualnya yang bagus banget hampir seperti 3D dan benar-benar terlihat indah di mata.

Sumber: Oscar.go.com

Sumber: Oscar.go.com

3. “Lou”

Lou adalah film pendek animasi produksi Pixar yang dibuat oleh Dave Mullins. Lou bercerita tentang anak laki-laki yang mendapat pelajaran berharga dari kotak ‘lost and found’ di sekolahnya. Kotak ini berisi mainan anak-anak yang tertinggal di sekolah. Anak laki-laki yang menjadi tokoh utama di film suka mem-bully teman-temannya dengan mengambil secara paksa mainan milik orang lain. Ketika kotak ini hidup dan mengambil boneka miliknya, akhirnya anak ini belajar kalau semua orang memiliki mainan yang berharga dalam hidup masing-masing temannya dan Ia harus berhenti mengambilnya untuk dimainkan sendirian.

Sumber: Oscar.go.com

Sumber: Oscar.go.com

4. “Negative Space”

Animasi ini menggunakan teknik stop-motion. Bercerita tentang seorang laki-laki yang ingat saat ayahnya mengajarkan bagaimana cara yang baik untuk packing ketika ingin berpergian. Yaitu dengan menggunakan setiap ruang dari tas dengan efisien. Keduanya tidak terlihat begitu akrab. Diujung film, sang anak melihat ayahnya yang sudah meninggal di dalam peti dan menyayangkan betapa banyak ruang kosong pada peti itu. Sebuah metafora yang menggambarkan betapa sayangnya waktu yang tidak dihabiskan bersama sang ayah ketika beliau masih hidup. Such a deep story.

Sumber: Oscar.go.com

Sumber: Oscar.go.com

5. “Revolting Rhymes”

Merupakan adaptasi dari buku anak-anak populer karya Roald Dahl. Awal film dimulai dengan munculnya serigala yang menceritakan dongeng kepada seorang baby sitter mengenai kisah Red Riding Hood dan Snow White. Aneh tapi sekaligus fun, Revolting Rhymes menampilan berbagai kisah fiksi dari dongeng yang bercampur menjadi satu.

Sumber: Oscar.go.com

Sumber: Oscar.go.com

Nah, dari daftan nominasi film pendek animasi diatas, yang mana nih menjadi favorite kamu?

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Sumber: Digitalspy.com

Rekor Terbaru dan Debut Premiere Black Panther yang Dibanjiri Review Positif oleh Wartawan

Bisa dikatakan, hadirnya film ini menjadi highly anticipated movie atau film yang paling ditunggu-tunggu di awal tahun.. more

Sumber gambar: wall.alphacoders.com

Kini Lucifer Sudah Punya TV Series Loh, Iblis Berada Dekat dengan Manusia!

Serial ini memang secara eksplisit menggambarkan karakter-karakter yang ada di ajaran Teologi... more

Resident Evil 6 (Sumber: Evil Resource)

Resident Evil 6 Adalah Seri RE yang Buruk? Tidak Juga Kok!

Dan menurut saya, game memanglah harus demikian. Alias, harus bisa membuat kita serius tapi tetap terasa fun di saat yan.. more

00-d-the-witch's-throne

The Witch’s Throne: Petualangan Mengalahkan Penyihir Dalam Ramalan

Dalam The Witch's Throne, ikuti petualangan Agni sang alchemist muda dan kawan-kawannya berkompetisi dalam turnamen dan .. more

Benarkah The Simpsons Mampu Meramal Masa Depan?

Selama 29 musim, The Simpsons acap kali "memprediksi" kejadian fenomenal di masa depan, seperti pelantikan presiden Dona.. more