5 Rekomendasi Anime Bergenre Psychological

1 year ago
Boku dake ga Inai Machi (Erased). Sumber: myanimelist

Banyaknya anime dengan konsep romance, fantasy, comedy dan yang itu-itu aja pernah ngebuat kamu bosan ga sih? Nah, kalau kamu bosan dengan genre yang itu-itu aja, gimana kalau nonton anime dengan genre psikologis? Genre psikologis dalam anime biasanya dibungkus agak komplex supaya penonton ikut mencari jalan keluar dari permasalahan dalam cerita. Wah, secara ga langsung kita jadi gampang terbawa dengan jalan ceritanya loh. Penasaran kan kira-kira ada anime movie apa aja dengan genre psikologis ini? Baca artikel ini sampai habis untuk top 5 rekomendasinya ya!

1. Kotonoha no Niwa – The Garden of Words

Source 1 : en.wikipedia.org

Source 1 : en.wikipedia.org

Anime dengan tata visual yang bikin adem mata ini merupakan garapan dari Comix Wave, studio yang juga menghasilkan karya apik berjudul 5cm Per Second. Pembuatnya sama, yaitu Makoto Shinkai. Plot cerita dari anime ini adalah saat Akizuki Takao, anak laki-laki yang berusia 15 tahun bertemu dengan seorang wanita dewasa bernama Yukino Yukari di sebuah taman. Keduanya terpaut perbedaan usia 13 tahun. Anehnya, Takao merasa agak familiar dengan sosok Yukino. Setelah berbincang sebentar, Yukino tiba-tiba mengucapkan beberapa bait puisi secara random kepada Takao. Dimana puisi yang diucapkan oleh Yukino adalah “saat hujan turun, maukah kau berada disini bersamaku?”. Semenjak saat itu juga keduanya sering bertemu di taman saat hujan turun.

Sisi yang menarik dari film ini adalah bagaimana penonton bisa melihat hal dari sudut pandang kedua tokoh, karakter serta impian masing-masing dari karakter. Kotonoha no Niwa memang menampilkan konsep romansa psikologis, dimana hubungan Akizuki dan Yukino adalah hal yang tabu dan sulit diterima di masyarakat.

2. Perfect Blue

Source 2: pinterest

Source 2: pinterest

Anime bergenre psychological thriller ini agak unik karena bercerita tentang kehidupan stalker dan idol group. Berawal dari kisah Mima Kirigoe, seorang anggota dari pop idol group CHAM beranggotakan 3 orang. Saat idol group ini sedang naik daun, Mima mendapat tawaran untuk menjadi aktris. Mimapun harus memilih salah satu profesi agar bisa fokus. Antara tetap melanjutkan pekerjaan menjadi idol atau menjadi seorang aktris di Jepang. Akhirnya Ia pun memilih untuk menjadi aktris. Pilihan yang dibuat oleh Mima langsung menghancurkan hati para hardcore fans dari CHAM. Semenjak saat itu kehidupan Mima jadi sebuah cerita thriller berkat ancaman-ancaman yang dia dapat dari stalker mengerikan dan anti-fans.

Perfect Blue adalah anime keluaran tahun 1997. Walaupun 20 tahun lalu pembuatannya, kamu bakal merasa amazed dengan visual yang diberikan yang terkesan sangat real. Karena ini adalah film bergenre thriller dan mengandung konten eksplisit, hanya untuk 18+ aja. Tapi tetap, highly recommended!

3. Death Parade

Source 3: myanimelist.net

Source 3: myanimelist.net

Dalam anime ini penonton diajak untuk ‘hadir’ di Quindecim, yaitu sebagai tempat sementara saat orang sudah meninggal atau yang biasa disebut sebagai after life. Di Quindecim, kamu akan dinilai apakah kamu pantas untuk melakukan reinkarnasi atau void, yaitu alam hampa untuk orang yang gak baik semasa hidup. Quindecim digambarkan sebagai sebuah bar dengan seorang bartender bernama Decim yang berperan sebagai juri penentu, semua orang yang hadir di Quindecim harus memainkan sebuah permainan.

Di dalam anime ini, gak hanya Decim aja yang menentukan apakah seseorang bisa melakukan reinkarnasi atau nggak. Tapi kamu seakan diajak untuk menentukan keputusan itu berdasarkan pendapat kamu.

4. Paprika

Source 4: imdb.com

Source 4: imdb.com

Anime yang terinspirasi dari ‘Inception’ ini bercerita tentang alat canggih buatan masa depan bernama DC Mini. Alat ini bisa membuat orang untuk masuk dan mengetahui mimpi orang lain. Alat ciptaan dokter Kosaku Tokita masih belum sempurna dan sengaja dibuat untuk membantu pasien dengan masalah psikologis. Paprika sendiri adalah nama lain dari sang dokter. Hingga suatu hari alat tersebut dicuri oleh orang yang jahat demi kepentingannya untuk mengontrol orang lain.

Sesuai dengan plot cerita, kamu bakal melihat banyak pemandangan aneh selayaknya dari alam mimpi seseorang. Penonton bakal dikejutkan dengan twist seru dan bakalan bikin kamu mikir tentang logika dalam film ini!

5. Monster

Source 5: myanimelist.net

Source 5: myanimelist.net

Anime movie Monster cocok untuk yang suka genre horror dan thriller. Saking nyatanya visual yang ditampilkan,  bisa menimbulkan kesan disturbing. Tapi itu juga salah satu nilai plus yang menarik dari anime ini. Monster menggambarkan tentang hasrat alami dari jiwa seseorang dan kemanusiaan dalam sudut pandang paling ekstrim. Komik dan filmnya masuk kategori untuk orang dewasa. Tenma Kenzo adalah dokter berbakat dari Jepang yang bekerja di Jerman. Tenma menyelamatkan seorang anak laki-laki yang hampir meninggal karena tertembak bernama Johan. Beberapa tahun kemudian Johan malah hidup menjadi seorang pembunuh. Tenma yang merasa menyesal telah menyelamatkan Johan dan merasa harus bertanggung jawab dengan apa yang telah Johan lakukan.

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

00-d-flavors-of-youth

Review Anime Flavors of Youth: Sajian Manis Dari Kreator Your Name

Film anime Netflix Flavors of Youth tampilkan 3 cerita pendek hasil kreasi studio dan animator terbaik dari Jepang dan C.. more

Ryan Reynolds as Pikachu. Sumber: gizmodo

Ryan Reynolds Resmi Menjadi Pemeran Pikachu di Film Live Action Pokemon!

Terpilihnya Ryan Reynolds sebagai pengisi suara Pikachu tentu tidak sepenuhnya merupakan kabar positif bagi sebagian fan.. more

Sumber : CIAYO Comics

Pakdhe & Geng Bhinneka, Problematika Indonesia yang Dikemas dengan Santai

Pakdhe dan Geng Bhinneka, komik lokal yang membahas problematika di Indonesia. .. more

Elon Musk (Sumber: youtube.com/SpaceX)

Revolusi Abad 21 Dalam Desain Produk Terbaru Elon Musk

Inovator kelahiran Afrika Selatan sekaligus pendiri dari beberapa proyek SpaceX dan Tesla ini rencananya akan mengembang.. more

Hungry Hearts Diner

Hungry Hearts Diner: A Tale of Star-Crossed Souls Game, Kombinasi Game Restaurant dengan Cerita yang Menyentuh.

Hungry Hearts Diner: A Tale of Star-Crossed Souls gabungkan game genre restoran dengan cerita yang menyentuh... more