5 Serial Superhero Terpopuler di Tahun 90-an

12 months ago
(ablcinema.net)

Berbicara mengenai generasi 90-an, kegiatan menonton televisi masih menjadi hiburan terfavorit. Kebahagiaan terbesar anak-anak di jaman itu adalah bisa menonton film superhero kesukaannya. Saking demennya sama film-film superhero itu, banyak anak-anak yang tak segan menirukan aksi sang superhero di dunia nyata. Bahkan sampai segala macam atribut si superhero, baik mainan action figures, topeng, baju, tembak-tembakan, pedang-pedangan, dan lain sebagainya pun rela dibeli walaupun ada adegan berantem atau nangis sesenggukan dulu pas minta dibeliin ke orang tua. Hehehe

(youtube.com)

(youtube.com)

Emang sih guys, film superhero selalu sukses bikin kita terkagum-kagum saat menyaksikannya. Cara sang superhero berhasil mengalahkan musuh-musuhnya dengan jurus dan kekuatan andalannya aja, udah bikin amazing. Apalagi ditambah momen saat mereka berubah wujud yang tadinya manusia biasa lalu berubah menjadi sosok superhero lengkap dengan senjatanya, jelas makin bikin kita terpukau. Yang pasti di benak anak generasi 90-an, kalau bisa berubah wujud jadi pahlawan seperti itu bakalan super keren abis deh.

(idfl.info)

(idfl.info)

Nah, berhubung film-film superhero jaman kita kecil dulu udah gak eksis lagi, kali ini tim CIAYO Blog mau mengajak kalian terutama para generasi 90-an untuk flashback sebentar, mengintip 5 serial superhero favorit masa kecil kita dulu. Yuk, langsung aja kita bahas satu per satu!

1. ULTRAMAN

(dreadcentral.com)

(dreadcentral.com)

Masih ingat gaya ultraman saat mengeluarkan sinar laser dari tangannya? Ultraman merupakan serial superhero asal Jepang yang pernah ditayangkan di TV indonesia pada minggu pagi. Ultraman adalah superhero raksasa yang melawan monster raksasa jahat saat memporak porandakan bumi. Berbagai judul seri Ultraman sudah pernah ditayangkan di TV, namun ada satu ciri khas Ultraman yang sulit dilupakan anak-anak era 90-an. Ciri khas tersebut adalah kata-kata yang keluar dari mulut Ultraman saat sedang berkelahi dengan monster, yaitu ‘Tsaaah’. Entah apa makna di balik ucapan itu. Hehehe

(ultra.wikia.com)

(ultra.wikia.com)

Selain itu di setiap ending pertempuran dengan para monster, bakalan terdengar bunyi “Tinung-tinung-tinung”. Begitulah kira-kira bunyi alarm yang ada di dada Ultraman jika kondisinya melemah. Hahaha. Habis itu baru deh si Ultraman keluarin jurus sinar laser dari tangannya buat ngehancurin monster raksasa.

2. MIGHTY MORPHIN POWER RANGERS

(rebloggy.com)

(rebloggy.com)

Wuih, Power Rangers mah udah pasti jadi salah satu film jagoan terfavoritnya anak-anak. Kalian masih inget dong ya, 6 sosok Power Rangers dahulu yakni si Jason, Billy, Triny, Kimberly, Zack dan Tommy. Mereka adalah pahlawan super dengan simbol dinosaurus yang menjadi sumber kekuatan Power Rangers, di mana mereka semua bahu-membahu bekerja sama dengan Alpha dan Gordon untuk membasmi kejahatan di muka bumi.

(people.com)

(people.com)

Mighty Morphin Power Rangers merupakan serial Power Rangers pertama dari sederet film Power Rangers yang ada. Serial ini terdiri dari 145 episode di 3 musim, dan merupakan hasil produksi bersama Fox Kids dan Saban Entertainment. Masa tayang di Amerika Serikat mulai tanggal 28 Agustus 1993 sampai 27 November 1995. Di Indonesia, serial di Mighty Morphin Power Rangers ditayangkan oleh stasiun televisi RCTI. Selain serial TV, serial film ini juga pernah satu kali diangkat menjadi film layar lebar dengan judul Mighty Morphin Power Rangers: The Movie.

3. KESATRIA BAJA HITAM RX

(animanga.wikia.com)

(animanga.wikia.com)

Ini dia Si Belalang tempuurrr… Film ini dulu tayang pertama kali di Indonesia pada tahun 1993 dan ditayangkan ulang oleh Indosiar pada tahun 2004 – 2006. Serial film superhero ini aslinya berjudul Kamen Rider Black yang terdiri dari 47 episode dan diperankan oleh aktor asal Jepang, Tetsuo Kurata sebagai Kotaro Minami. Ia berhasil mencuri hati remaja perempuan dengan muka gantengnya. Hihihi.

(asianflixs.wordpress.com)

(asianflixs.wordpress.com)

Tetsuo berperan sebagai sang Ksatria Baja Hitam lengkap dengan motor belalang tempurnya. Selain itu, Ksatria Baja Hitam ini juga memiliki beragam jurus andalannya seperti, pukulan maut, tendangan maut dan pedang matahari yang siap untuk melumpuhkan musuh-musuhnya.

4. JIBAN

(listal.com)

(listal.com)

Superhero lainnya yang diidolakan generasi 90-an adalah polisi robot yang siap menumpas kejahatan kapanpun dan di manapun. Yap, dia adalah Jiban atau Kidou Keiji, seorang anggota polisi yang bisa berubah menjadi robot pembasmi kejahatan. Kalau kamu pernah menonton film Robocop, bisa dibilang Jiban ini Robocop versi Jepangnya.

(pinterest.com)

(pinterest.com)

Ciri khas dari Jiban, sebelum menangkap penjahat, ia akan mengeluarkan kartu lencananya sambil membacakan hukuman untuk musuhnya. Seperti pasal 1, pasal 2, bla bla bla. Yang pasti sih bikin para penjahat langsung ketakutan saat mendengar hukuman yang akan mereka terima. Serial TV ini ditayangkan TV Asahi Jepang dari 29 Januari 1989 hingga 28 Januari 1990. Sementara di Indonesia, serial ini pernah ditayangkan di Indosiar sebanyak 52 episode.

5. NINJA JIRAIYA

(kirschner.deviantart.com)

(kirschner.deviantart.com)

Jiraiya adalah pendekar ninja modern. Gimana gak modern, ninja aja naeknya mobil elit. Padahal kalau jaman dulu biasanya para ninja bepergian lewat genteng, menclok ke pohon satu ke pohon lain, dan sebagainya. Nah si Jiraiya tunggangannya malah sebuah mobil dari Nissan, yakni Fairlady Z yang sudah dimodifikasi bernama Black Saber. Kendaraan ini memiliki ketahanan kuat dengan kecepatan maksimal 310 Km/Jam. Selain itu memiliki radar dan mampu menembakkan misil.

(youtube.com)

(youtube.com)

Serial ini mengisahkan tentang manusia ninja yang bertarung melawan musuh-musuh sesama ninja lainnya. Tapi semakin seru karena ada pertarungan dengan Robot Raksasa yang harus mereka kalahkan. Salah satu jurus andalan Jiraiya yang paling ikonik adalah Pedang Cahaya Kemilau. Selain itu, film ninja yang penuh dengan modernisasi ini juga banyak menginspirasi anak-anak Indonesia. Dari model baju merah menyala yang banyak ditiru pedagang baju anak dan laris di pasaran, hingga helmnya yang sering jadi inspirasi untuk jadi topeng mainan anak-anak.

Yup, itu dia guys serial superhero favorit anak-anak jaman 90-an. Semoga artikel nostalgia ini berguna buat kalian yang telah lupa atau ingin mengoleksi film-film dari superhero tersebut yah.

About Author

Patricia Trisnawati

Patricia Trisnawati

Wanita berdarah Jawa ini sejak di bangku kuliah sudah aktif di dunia broadcasting. Baik menjadi penyiar radio di kampus, dan menjadi reporter radio lokal di Jogja. Pernah pula bekerja aktif sebagai reporter, penulis naskah, dan voice over artist di salah satu media televisi swasta ternama. Motto hidupnya adalah "Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil yang didapat."

Comments

Most
Popular

00-d-rediscover-fun

Rediscover: Fun

Pembukaan CIAYO Comics Challenge Vol. 3 tinggal menghitung hari. Sebelum submit komik kamu, jangan lupa saksikan animasi.. more

Sumber gambar: dragonballsuper-france.fr

Aya Hisakawa: Seiyuu Bulma Dragon Ball Pengganti Mendiang Hiromi Tsuru

Di industri entertainment Jepang, profesi Seiyuu alias dubber alias pengisi suara merupakan profesi bergengsi. Dan mendi.. more

00-d-arif-&-imam-polsek-benhil

Arif & Imam Polsek Benhil: Polisi Suka-suka

Bendungan Hilir. Kejahatan. Koruptor, Kemaksiatan, Kuliner. Arif dan Imam menjaga keamanan masyarakat di komik aksi (buk.. more

00-d-soft-launching-ponimu

Apa Saja Yang Kamu Dapatkan dari Soft Launching Ponimu?

Bersama dengan soft launching Ponimu, Ponimu juga baru saja menambahkan lebih banyak konten di bulan September!.. more

Sumber: img.cinemablend.com

Saya Tidak Akan Disukai Oleh Emma Watson Karena Menulis Ini. I’m Sorry Emma.

Film Beauty & The Beast tahun 1991 meninggalkan memori tersendiri pada masa kecil saya. Tapi saya tidak akan disukai Emm.. more