Setelah 5 Tahun, Masihkan PS4 Merajai Pasar Game?

3 weeks ago
00-ps4-5-tahun

Siapa di antara kamu yang di ruangannya ada Sony PlayStation 4?

Sudah berapa lama konsol gaming masa kini itu ada disana? Setahun? Dua tahun? Sejak PS4 dirilis ke pasaran sekitar lima tahun yang lalu? Tidak peduli berapa lama konsol besutan Sony itu sudah ‘mengabdi’ ; yang pasti PlayStation 4 sejak diluncurkan hingga hari ini selalu sukses memberikan kegembiraan, keseruan, ketegangan serta berbagai perasaan lain bagi pemiliknya lewat beragam jenis games dari berbagai model genre permainan.

Sebagai satu dari tiga nama yang saat ini sedang “bertempur” meraih dominasi total di bisnis konsol video game dunia (dua nama lainnya adalah Microsoft Xbox One & Nintendo Switch), Sony PlayStation 4 memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk memastikan nama mereka berada di peringkat teratas saat ‘current console war’ alias ‘perang konsol saat ini’ berakhir nanti; yang akan terjadi saat konsol generasi ke-sembilan dirilis. Atau saat pengganti PS4, Xbox One dan Switch muncul di pasaran.

Dengan 86 juta unit sudah laku terjual di lima tahun terakhir, sepertinya target Sony tersebut bukan mustahil untuk tercapai. Apakah PlayStation 4 memang akan jadi konsol video game yang terlaris di era Generasi ke-8 Video Game dunia? Belum tentu. Perang konsol generasi ke-8 belum selesai. Tapi jelas Sony sedang berlari ke arah itu. Sendirian.

Jadi apa saja yang menyebabkan PS4 bisa terjual sampai lebih dari 86 juta unit (setidaknya hingga September 2018 menurut laporan resmi Sony)?

Perlu diketahui kalau Microsoft ogah mengumumkan jumlah Xbox One mereka yang sudah terjual (data yang dirilis ke publik terakhir Xbox One hanya laku 10 juta unit sampai bulan November 2014) sementara Nintendo Switch cukup pede dengan mengumumkan jumlah Switch mereka yang terjual: yaitu sebanyak 22,86 juta unit per September 2018.

PlayStation 4 Memiliki Berbagai Judul Keren; Situasi Yang Hampir Mirip Saat Era PlayStation 2

Beberapa game eksklusif PS4. (Sumber: Amazon)

Beberapa game eksklusif PS4. (Sumber: Amazon)

PlayStation 2 merupakan konsol video game terlaris sepanjang masa dengan penjualan lebih dari 150 juta unit dengan 3,874 judul game ada disana. PlayStation 4 jelas belum sampai ke angka tersebut (dan mungkin tidak akan pernah, mengingat gosip PS5 mulai kembali kencang berhembus), tapi melihat berbagai judul games yang sudah, dan akan, rilis di PS4 aman untuk mengatakan kalau PS4 mendekati apa yang PS2 sudah capai bertahun-tahun yang lalu. Seperti halnya PlayStation 2, PlayStation 4 memiliki berbagai jenis judul game keren. Baik yang multiplatform maupun yang ekslusif. Bahkan di bagian ini lawan berat Sony mungkin hanya Nintendo; yang memang sudah dikenal luas sebagai brand dengan judul ekslusif yang banyak banget.

Xbox One bukannya tidak punya judul ekslusif sama sekali. Mereka punya Forza! Gears of War! Halo! Killer Instinct! Dan… ummm… Beberapa judul lainnya?

Sementara PS4? Terlalu banyak untuk disebutkan semuanya. God of War, Gran Turismo, Spider-Man, Horizon: Zero Dawn, Uncharted, Bloodborn, The Last Guardian, Yakuza, Street Fighter V…. Daftarnya masih panjang! Jadi tidak heran kalau lebih banyak gamers memilih platform PS4 untuk konsol gaming mereka. Itu ditunjukkan dari jumlah penjualan tentunya.

PS4 Punya VR Headset; Harganya Lebih Terjangkau Ketimbang VR Headset PC Gaming

Sumber: Amazon

Sumber: Amazon

Oke memang benar kalau VR Headset bukan untuk semua orang. Alasannya? Bisa karena harganya yang mahal ataupun ‘daya tahan tubuh’ saat berada di lingkungan virtual reality (beberapa orang akan merasakan mual/mabok/puyeng saat memakai dan berada di lingkungan VR). Tapi walaupun berharga mahal (bahkan harganya sama dengan konsol PS4 sendiri), PSVR dianggap masih lebih terjangkau ketimbang VR Headset PC seperti Oculus Rift atau merk lainnya.

Dengan VR Headset, seorang gamer akan merasakan sensasi “sedang berada di dalam game” yang pasti akan menimbulkan perasaan berbeda ketimbang saat melihat ke televisi sambil menggenggam joystick. Bisa bayangkan bermain Tetris dengan situasi berada di tengah-tengah balok yang berjatuhan? Dengan PSVR hal itu mungkin terjadi.

Jangan tanya apakah Microsoft atau Nintendo punya VR Headset untuk Xbox One dan Switch, btw… Mereka tidak punya.

Baca Juga: VR Headset Terbaru Vive Pro: Paling Bagus & Sangat Mahal Saat Ini

Kemampuan Streaming Game PS4 Lewat Fitur PlayStation Now; Main Game Tanpa Harus Membeli Game-nya

Sumber: Techradar

Sumber: Techradar

Di negara-negara yang tingkat kejahatan pembajakan tinggi (seperti di Asia Tenggara), “bermain game tanpa harus membeli game-nya” dilakukan dengan membajak game itu sendiri. Tapi di negara yang tingkat kesadaran konsumsi barang original/asli lebih tinggi ketimbang Asia Tenggara, hal tadi dilakukan dengan menyewa. Rental.

Dan PlayStation 4 punya kemampuan untuk memainkan game sewaan tersebut.

Tentunya melalui koneksi internet super cepat/broadband. Jadi jika seorang gamer PS4 ogah untuk membeli God of War namun ingin mencoba/memainkan game tersebut di PS4-nya (atau bahkan di PC Gaming), dia tinggal memanfaatkan fitur “PlayStation Now” dan memainkan game God of War secara streaming.

Seperti nonton video di YouTube. Hanya saja berbayar. Dan bersifat legal/resmi. Bukan bajakan. Bukan hasil kejahatan.

Kemampuan Cross-Playing / Gaming Antar Konsol Dengan Game Yang Sama

Main rame-rame di game yang sama lewat konsol berbeda. (Sumber: PrimeWikis)

Main rame-rame di game yang sama lewat konsol berbeda. (Sumber: PrimeWikis)

Untuk urusan “Cross-Playing” Sony memang telat jika dibandingkan dengan Microsoft dan Nintendo yang sudah lebih dulu bekerja sama di bagian ini.

Awalnya ogah untuk membuka pintu agar gamers antar konsol dapat bermain bersama dengan game multiplatform yang sama (seperti misalnya game “Rocket League” atau “Fortnite” yang populer itu), akhirnya Sony mengalah pada tuntutan fans agar mengijinkan gamers dari Xbox One dan Switch dapat bermain bersama mereka yang ada di PlayStation 4.

Yang artinya pemain game “Rocket League” di PlayStation 4, Xbox One dan Switch dapat berkompetisi satu sama lain melalui konsol masing-masing. Sesuatu yang dulunya mungkin hanya sebuah impian futuristik.

Dengan hal-hal seperti di atas, PlayStation 4 boleh dibilang jeli meraih dan menjaga fans mereka agar tetap setia bersama PlayStation.

Selama lima tahun terakhir, mereka nyaris tanpa masalah berarti. Memang masih banyak suara yang menyayangkan absennya fitur “backward compatible” (alias kemampuan memainkan game generasi sebelumnya/PS3) di PS4. Di bagian ini Xbox One bisa membusungkan dada karena mereka punya kemampuan tersebut. Xbox One dapat memainkan game Xbox 360. Bagaimana dengan Nintendo? Sama saja seperti PS4. Apalagi format cartridge di Switch jelas berbeda bentuk dari Compact Disc di Wii U sebelumnya.

Jadi apakah PlayStation 4 masih jadi “Raja” di perang konsol generasi ke-delapan saat ini? Menurut saya jawabannya adalah ‘Masih’. Tapi mungkin kamu punya opini yang berbeda. Sampaikan saja di bagian komen. Happy Gaming!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: Zimbio

Teori Konspirasi: Avril Lavigne Sudah Meninggal Sejak Tahun 2004!

Avril Ramona Lavigne, atau yang lebih dikenal Avril Lavigne ini memang sangat terkenal di genre musik pop punk. Namun ap.. more

Game Spiderman PS4

Menyambut Game Spider-Man PS4, Ini Dia Game Spider-Man Jaman Dulu!

Game baru Spider-Man segera dirilis untuk PlayStation 4 secara ekslusif. Ini dia daftar game - game Spider-man jaman dul.. more

Membalut Karakter (IP) Ke Dalam Kuliner

Di dalam bidang ekonomi kreatif, subsektor industri kuliner (makanan dan minuman) menempati posisi pertama dalam hal pen.. more

Andreas Paskalis: Di Balik Komik Sapi Terbang yang Absurd

Bro sis ada yang pernah tahu sapi terbang? Pengen tahu kira-kira terinspirasi dari mana author-nya saat membuat judul Fl.. more

marvelcomicnews.com

Mengungkap Identitas Mutan yang Akan Muncul di ‘Deadpool 2’

Akhirnya trailer terakhir dari sekuel ‘Deadpool’ keluar juga! Trailer ini semakin menarik karena terlihatnya mutan-m.. more