5 Urban Legend Terseram di Pulau Jawa

4 months ago
(kebuncerita.blogspot.co.id)

Berbicara mengenai dunia mistis ataupun klenik, sudah tentu Indonesia termasuk negara yang sangat kental mempercayai hal tersebut. Di kota-kota besar bahkan di pelosok desa, masih banyak masyarakat yang percaya dan menggantungkan hidupnya kepada dukun / paranormal. Banyak orang yang mengkeramatkan benda-benda / lokasi tertentu yang mereka percaya ada jin penunggunya, dengan maksud dan tujuan bermacam-macam. Ada yang ingin mencari pesugihan, meminta pertolongan; keselamatan; jodoh, bahkan ada yang meminta bantuan jin untuk mencelakai / membunuh orang lain.

Bersamaan dengan kepercayaan hal-hal berbau ghoib itu, muncul banyak cerita mitos / legenda di berbagai daerah di Indonesia yang biasa disebut dengan urban legend.

(encrypted-tbn2.gstatic.com)

(encrypted-tbn2.gstatic.com)

Urban legend sendiri merupakan mitos atau legenda kontemporer yang seringkali dipercaya secara luas sebagai sebuah kebenaran. Kebanyakan berkaitan dengan misteri, horor, ketakutan, humor, atau bahkan kisah moral. Cerita urban legend dengan mudah tersebar dari mulut ke mulut oleh orang yang mengaku menjadi saksi mata dari kejadian tersebut. Para saksi matapun sering membesar-besarkan ceritanya supaya semakin sensasional. Beberapa urban legend menyeramkan bahkan diangkat ke layar lebar, sehingga nggak heran kalau cerita-cerita misteri ini semakin populer di masyarakat.

(duniaku.net)

(duniaku.net)

Di Indonesia sendiri, urban legend menyeramkan pernah terjadi di sejumlah daerah. Dan parahnya, konon sebagian kisah horor itu juga sudah memakan korban secara misterius. Hiiii.. Yuk, simak 5 urban legend terkenal di Pulau Jawa yang menyeramkan berikut ini :

1. Benteng Vredeburg (Yogyakarta)

(wisatania.com)

(wisatania.com)

Benteng Vredeburg dibangun pada tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Benteng ini konon dulunya merupakan benteng pertahanan tentara VOC sekaligus tempat tahanan VIP atau bangsawan yang menentang Belanda. Mitos angker yang sering terdengar di sini adalah keberadaan Noni Belanda berkaki kuda yang kerap mengganggu para pengunjung, atau bahkan tukang becak yang mangkal di depan benteng. Adanya sekompi pasukan Belanda tanpa kepala yang tiba-tiba masuk ke stand lukisan di Festival Kesenian Yogya (FKY) pada dini hari, juga diamini oleh Haryanto, warga Pakualaman yang juga menjaga stand. Pingin ngerasain sendiri? Monggo mas, mbak, datang saja berkunjung ke benteng ini.

2. Hantu Jeruk Purut (Jakarta)

(beta.travel.detik.com)

(beta.travel.detik.com)

Pada tahun 1986, seorang penjaga makam TPU Jeruk Purut yang sedang jaga malam melihat sesosok pastor tak berkepala melintas di antara makam. Pastor itu menenteng kepalanya sendiri dan di belakangnya diikuti seekor anjing hitam besar. Konon, pastor ini “salah pulang”. Ia mencari-cari makamnya yang sebenarnya berada di unit Kristen TPU Tanah Kusir, sedangkan di TPU Jeruk Purut hanya ada unit Islam.

Sapri Saputra, penjaga makam yang melihat pastor kepala buntung itu, hingga kini masih menjaga makam dan dianggap kuncen atau orang yang dituakan di TPU Jeruk Purut. Kesaksian Bapak Sapri ini kemudian menyebar luas se-Jakarta dan hingga kini “Sang Pastor Kepala Buntung” menjadi legenda horor di Jeruk Purut. Konon, jika Anda ingin menemui pastor legendaris ini, Anda harus datang pada malam Jumat dengan jumlah ganjil (sendiri atau bertiga).

3. Jalan Tongkeng – Stadion Siliwangi (Bandung)

(parbud.jabarprov.go.id)

(parbud.jabarprov.go.id)

Stadion Siliwangi yang di siang harinya selalu ramai dengan hingar bingar sepakbola akan berubah angker jika di malam hari. Tidak heran, bila masyarakat Bandung tidak mau melintasi kawasan jalan Tongkeng saat malam hari. Kenapa? Karena di sini sering terjadi penampakan hantu di sekitar Stadion Siliwangi. Kabarnya hantu prajurit Belanda tanpa kepala yang menunggang kuda sering muncul di sana. Tidak percaya? Jika ingin membuktikan, coba aja datangi daerah tersebut di atas jam 11 malam dan tiuplah peluit. Dipercaya hantu prajurit Belanda itu akan datang untuk mengambil kepalanya yang tergeletak di sekitar jalanan. Sereeemm..

4. Lawang Sewu (Semarang)

(tutorialoka.com)

(tutorialoka.com)

Gedung milik PT. KAI ini sudah sangat terkenal keangkerannya. Sebenarnya secara fisik tidaklah seperti yang disebutkan. Disebut lawang sewu karena banyaknya pintu-pintu yang ada di bangunan tersebut. Konon berbagai makhluk halus ada di sini. Kabarnya juga banyak paranormal yang membuang makhluk halus di sini. Selain itu, di dalam bangunan ini juga terdapat lorong bawah tanah. Lorong ini pada jaman dahulu adalah penjara sekaligus sebagai tempat penyiksaan tentara Belanda oleh tentara Jepang. Di lorong bawah tanah itu banyak terjadi penampakan, suara jeritan, tangisan, derap langkah tentara dan bau anyir darah.

5. Rumah Hantu Darmo (Surabaya)

(terseram.com)

(terseram.com)

Jika membahas soal lokasi angker di Surabaya, pasti orang-orang sudah langsung tertuju pada rumah hantu Darmo. Lokasi ini juga biasa disingkat menjadi RHD yang terletak di Jalan Puncak Permai II no. 26, Sukomanunggal, Surabaya. Menurut salah satu cerita penduduk yang ‘kesurupan’ hantu di rumah tersebut dan tak ingin disebutkan namanya mengatakan, rumah mewah itu merupakan hasil pesugihan sebuah keluarga. Keluarga tersebut mendapat banyak harta, emas, rumah, dan benda mewah lainnya serta memberikan tumbal dan sesajen sebagai balasannya. Namun karena keluarga tersebut hendak berlaku curang dengan sudah tidak memberikan tumbal dan sesajen lagi serta berniat untuk melarikan diri menggunakan jalur laut, maka para hantu pun langsung menenggelamkan kapal yang keluarga tersebut tumpangi sehingga seluruh keluarga meninggal. Rumah beserta harta yang dimiliki pun secara tidak langsung diambil kembali oleh para hantu. Alhasil, rumah tersebut hingga saat ini menjadi kediaman mereka sehingga tak ada orang yang membeli rumah mewah tersebut.

(m.tribunnews.com)

(m.tribunnews.com)

Jika kamu merasa tertantang untuk mencari tahu kebenaran masing-masing urban legend ini, coba deh kunjungi langsung lokasi-lokasi tersebut dan buktikan sendiri. Jangan lupa bawa kamera agar dapat menyimpan semua dokumentasi kunjunganmu dan menceritakannya kepada teman-teman. Sukses ya, uji nyalinya!

About Author

Patricia Trisnawati

Patricia Trisnawati

Wanita berdarah Jawa ini sejak di bangku kuliah sudah aktif di dunia broadcasting. Baik menjadi penyiar radio di kampus, dan menjadi reporter radio lokal di Jogja. Pernah pula bekerja aktif sebagai reporter, penulis naskah, dan voice over artist di salah satu media televisi swasta ternama. Motto hidupnya adalah "Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil yang didapat."

Comments

Most
Popular

Patut Dicontoh, Berikut 5 Daftar Selebriti yang Berbisnis Sambil Beramal!

Lima seleb ini punya metode yang lebih seru. Mereka menjalankan bisnis sambil sekalian beramal saat melakukannya. Siapa .. more

Nasi Kare Jepang. Sumber gambar: wikipedia.org

Nasi Kare: Masakan India Yang Malah Jadi Kuliner Nasional Jepang

Kare sangat populer di Jepang. Saking populernya Kare disana mengakibatkan tak sedikit generasi masa kini Jepang yang me.. more

(Facebook Monopolis Board Game Store)

Main Board Game Bisa Nular? Masa Sih?

Hobi main board game bisa nular, bahkan bisa ngebentuk komunitas. Emang iya?.. more

(i1.wp.com)

5 Anime yang Digemari Perempuan 90-an

Perempuan yang lahir tahun 90-an, uda jelas donk gak asing sama film-film kartun yang menumbuhkan mimpi dan imajinasi ma.. more

The World of Ghibli Jakarta Press Conference. Photo by CIAYO Picture

Full Report: Ngintip Press Conference Studio Ghibli di Jakarta Yuk!

Ternyata konferensi pers Studio Ghibli menarik juga!.. more