5 Voice Actors Paling Terkenal di Jepang

11 months ago
From : akibanation.com

Menonton anime saat ini sudah menjadi salah satu hobi favorit bagi anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Alasannya pun bermacam-macam, mulai untuk kesenangan, hiburan, belajar atau menjadi salah satu kegiatan alternatif untuk bersantai. Yang jelas sih tidak ada keraguan jika menonton anime, tidak akan pernah mengecewakan kita. Tentu saja, selain dari animasi yang brilian, karakter yang unik, dan alur cerita yang bagus, ada satu hal lagi nih yang bikin kalian nggak beranjak dari layar televisi yakni hanya mendengar suara karakter anime favorit kalian alias suara dari sang voice actors.

Para aktor suara ini disebut ‘Seiyuu’ dalam bahasa Jepang. Menjadi seiyuu adalah pekerjaan yang bagus, mengingat fakta bahwa Jepang merupakan negara di mana anime berasal. Saat ini, Jepang memproduksi 60% seri animasi di dunia, dan para seiyuu itulah yang mengisi suara karakter tokoh anime kalian. Lalu, pernahkah kalian bertanya-tanya siapa pria di balik suara Light Yagami? Bisakah kalian ingat suara tertawanya yang gila? Bagaimana pula dengan suara otoritatif Lewi Heichou? Gimana suara seksi Sebastian Michaelis? Ayok berkenalan lebih dekat dengan 5 voice actors terkenal di Jepang berikut ini :

1. Hiroshi Kamiya

(from : irulmikuo.blogspot.co.id)

(from : irulmikuo.blogspot.co.id)

Pria ini lahir pada 28 Januari 1975 di Matsudo, Chiba. Suara Hiroshi Kamiya dikenal memiliki otoritas dan mempunyai suara yang sempurna untuk karakter tipe keren seperti Akashi dan Levi. Dia bekerja untuk Aoni Production, dan memenangkan penghargaan “Best Supporting Awards” dan “Best Lead Actor” di Seiyuu Awards Kedua dan Ketiga. Selain itu, ia juga mendapat penghargaan sebagai “Best Personality in Radio” dan “Most Votes Awards” selama empat tahun berturut-turut, selama Afachan Asia tahun 2013 – 2015.

Saking banyaknya penghargaan yang ia dapatkan selama ia berkarier, mendingan ganti aja ya nama penghargaanya menjadi “Kamiya Hiroshi Award”. Hahaha.

(from : irulmikuo.blogspot.co.id)

(from : irulmikuo.blogspot.co.id)

Tidak hanya dalam hal pekerjaan seiyuu, dia juga sangat populer sebagai pembawa acara radio dan terkenal dengan spontanitas candaannya yang cerdas serta humor sadisnya. Hal itu menjadikannya banyak membawakan berbagai macam talk shows di beberapa stasiun radio. Berkat bakat alaminya ini, membuat rekan-rekan kerjanya menjulukinya sebagai “King of radio”. Program radio “Dear Girl -Stories-” yang dibawakan olehnya bersama rekannya Ono Daisuke merupakan program acara radio paling populer di jepang. Hal unik mengenai diri Hiroshi yang dibocorkan oleh sahabatnya Ono adalah ia memiliki kepribadiannya yang tangguh dan keren, tetapi ternyata Hiroshi sebenarnya seorang ‘tsundere’. Hehehe.

Berikut ini tokoh-tokoh anime yang diisi suaranya oleh Hiroshi Kamiya :

* Akashi Seijuuro from Kuroko no Basket

* Levi from Shingeki no Kyojin

* Izaya Orihara from Durarara!!!

* Trafalgar Law from One Piece

* Yato from Noragami

* Hiroomi Souma from Working!

* Yuzuru Otonashi from Angel Beats

* Takashi Natsume from Natsume Yujin Cho

* Koyomi Araragi from Monogatari, and

* Juli from Brothers’ Conflict

Meskipun suaranya nampak begitu sombong dalam sebagian besar perannya, namun suara Hiroshi superr kereeen! Ini dia video kompilasi suara tokoh anime yang menggunakan suara Hiroshi.

2. Daisuke Ono

(from : irulmikuo.blogspot.co.id)

(from : irulmikuo.blogspot.co.id)

Mungkin salah satu suara terseksi dan ter-HOT yang pernah kalian dengar dalam sejarah voice actors adalah suara Daisuke Ono. Dirinya terkenal berkat perannya sebagai ‘One Hell of a Butler’, Sebastian Michaelis. Daisuke lahir pada 4 Mei 1978 di Sakawa, Distrik Takaoka, Prefektur Kōchi, Jepang. Ia bekerja untuk Produksi Mausu. Beratnya sekitar 64 kg dan tinggi badannya 174 cm. Daisuke pernah memenangkan penghargaan sebagai “Aktor Suara Terbaik” selama Penghargaan Seiyuu ke-4 dan seperti bersama Hiroshi Kamiya, ia pun memenangkan “Best Personality in Radio” selama Afachan Asia 2015.

Dalam karir musik, Ono ternyata cukup sukses. Di bawah Lantis Production ia telah merilis  6 single (Amaoto, Manatsu no spica, Kinmokusei, Netsuretsu Answer, DELIGHT dan Lunar Maria) dan sebuah full album berjudul Kazahana yang dirilis tanggal 25 Februari 2012. Pada single ke-4 “Netsuretsu Answer” berhasil menempati peringkat ke-5 pada tangga lagu oricon. Sedangkan single “DELIGHT” terjual lebih dari 10.000 copy pada minggu pertama rilis. Gaya musiknya sangat bervariasi dari lagu mellow sampai lagu yang terdengar dengan pop beat.

(from : plus.google.com)

(from : plus.google.com)

Wajahnya yang tampan dengan suara yang seksi, tentu saja membuat Ono terkenal di kalangan para penggemarnya, khususnya yang wanita. Sampai ia mendapat julukan “Handsome” (Tampan). Ia juga memiliki kepribadian yang menyenangkan. Walaupun tak banyak bicara, ia memiliki selera humor yang tinggi juga lho.

Berikut daftar tokoh-tokoh anime populer yang bersuarakan Daisuke Ono :

* Sebastian Michaelis from Kuroshitsuji

* Midorima Shintaro from Kuroko no Basuke

* Erwin Smith from Shingeki no Kyojin

* Shizuo Heiwajima from Durarara!!!

* Jun Sato from Working!

* Yakumo Saitou from Psychic Detective Yakumo

* Kou Ichijou from Persona 4

* Sinbad from Magi

* Subaru Asahina from Brothers’ Conflict

* Itsuki Koizumi from The Melancholy of Haruhi Suzumiya

Berikut video kompilasi suara tokoh anime yang menggunakan suara Daisuke Ono:

3. Mamoru Miyano

(from : pinterest.com)

(from : pinterest.com)

Paling dikenal karena suaranya sebagai Yagami Light di anime Death Note. Mamoru Miyano adalah salah satu aktor suara paling menonjol di Jepang. Ia lahir pada 8 Juni 1983 di Saitama Prefecture, Jepang. Miyano memulai kariernya sebagai musisi pada tahun 2007. Ia merilis debut single, “Kuon” (Keabadian) pada bulan Mei di bawah label King Records. Pada Maret 2009, ia merilis debut albumnya “Break”.

Miyano pernah memenangkan penghargaan “Aktor Suara Terbaik” di Tokyo International Anime Fair 2008. Selama Seiyu Awards 2008, ia juga memenangkan “Best Lead Actor Award” berkat perannya sebagai Setsuna F. Seiei di Mobile Suit Gundam 00 dan sebagai Hakugen Rikuson di Kōtetsu Sangokushi. Ia memiliki tinggi 182 cm dan mempunyai hobi bermain harpa dan sepak bola. Ia telah menikah pada akhir 2008 lalu dan memiliki seorang putra.

(from : pinterest.com)

(from : pinterest.com)

Selain berakting suara, Miyano juga tampil di depan kamera. Karier akting pertamanya adalah pada tahun 1992 di film Tokusou Exceedraft, di mana ia muncul dalam kilas balik sebagai anak anggota yakuza pada masa lalu.

Mamoru Miyano dikenal karena suaranya sebagai:

* Yagami Light from Death Note

* Rin Matsuoka from Free!

* Tamaki Suoh from Ouran High School Host Club

* Tokiya Ichinose from Uta no Prince-Sama

* Zero Kiryu from Vampire Knight

* Rintaro Okabe from Steins Gate

* Setsuna Seiei from Mobile Suit Gundam 00

* Joker from Kuroshitsuji: Book of Circus

* Death the Kid from Soul Eater

* Shuu Tsukiyama from Tokyo Ghoul

Ia juga sangat lucu saat tertawa dan berkepribadian menyenangkan. Berikut ini kompilasi suara Mamoru Miyano di beberapa anime populer :

4. Kaji Yuki

(from : irulmikuo.blogspot.co.id)

(from : irulmikuo.blogspot.co.id)

Kaji Yuki sangat populer karena suaranya sebagai Eren Yeager dalam serial anime Shingeki no Kyojin. Ia lahir pada 3 September 1985 di Tokyo. Ia telah memenangkan “Best New Actor” Award di Seiyuu Awards ke-3 di tahun 2009 serta meraih “Best Male Lead Role Award” selama dua tahun berturut-turut dalam Seiyuu Awards tahun 2013 dan 2014. Dia memulai debut voice actors sebagai pengisi suara Chikage Ukyo di Ouran High School Host Club.

Selain sebagai aktor pengisi suara, ia juga seorang penyanyi dan juga merupakan anggota dari Units “G. ADDICT” sebuah group penyanyi yang dibentuk dari para seiyuu yang memerankan serial anime “The Goulart Knights”, yang beranggotakan Horie Kazuma, Kaji Yuki, Abe Atsushi dan Terashima Takuma. Awal debut mereka ditandai dengan dikeluarkan single berjudul “Signal” tanggal 9 Desember 2009. Ia  juga pernah berduet dengan Shimono Hiro di tahun yang sama dengan mengeluarkan single berjudul “Tomorrow’s Winds”.

(from : pinterest.com)

(from : pinterest.com)

Bagi sebagian orang, beberapa tokoh karakter yang diperankan suaranya oleh Yuki banyak yang tidak disukai. Bahkan ada yang merasa jengkel karena suaranya. Hahaha. Terlepas dari hal ini, Yuki Kaji sangat pantas untuk menjadi salah satu seiyuu yang diacungi jempol sebab suaranya dapat membuat emosi kita jadi naik turun.

Kaji Yuki terkenal karena peran suaranya sebagai :

* Eren Yeager from Shingeki no Kyojin

* Yukine from Noragami

* Alibaba Saluja from Magi

* Kozume Kenma from Haikyuu!

* Yumasaki Walker from Durarara!!!

* Shu Maiko from Nisekoi

* Asahina Wataru from Brothers’ Conflict

* Ayato Kirishima from Tokyo Ghoul

* Makoto Shinozaki from Overdrive

* Finnian from Kuroshitsuji

* Ouma Shu from Guilty Crown

Ini dia video kompilasi suara tokoh anime yang menggunakan suara Kaji Yuki.

5. Kenichi Suzumura

(from : youtube.com)

(from : youtube.com)

Pria ini lahir pada 12 September 1974 di Prefektur Niigita. Kenichi Suzumura adalah aktor suara yang dikenal dengan perannya yang ceria, hidup, dan kekanak-kanakan seperti Momo from Free! dan Lavi dari D-Gray Man. Dia disebut Suzuken oleh penggemarnya dan para aktor seiyuu lainnya. Kenichi merupakan bagian dari kelompok Nazo no Shin Unit Starmen yang beranggotakan Junichi Suwabe, Daisuke Kishio, Hiroki Takahashi, Hiroyuki Yoshino, Makoto Yasumura dan Kosuke Toriumi. Ia telah menikah dengan sesama voice actress bernama Maaya Sakamoto.

Selain membawakan berbagai karakter suara tokoh anime, Suzumura juga menjadi penyanyi yang masuk label Lantis. Sebagai artis solo, ia bahkan menulis semua lagunya sendiri. Pada awal debutnya tahun 2008, Suzumura juga menjadi salah satu host utama acara live music tahunan Hiburan Asli Paradise (OrePara), bersama dengan artis Lantis lainnya seperti Showtaro Morikubo, Daisuke Ono, dan Mitsuo Iwata. Pada bulan Januari hingga Mei 2010, ia mengadakan tur konser solo pertamanya. Sebagian dari hasil konser itu disumbangkan untuk membantu para korban gempa dan tsunami di Tōhoku. Bagian yang menarik dari konsernya itu adalah karena kekurangan daya listrik, maka konsernya itu diatur sesederhana mungkin dan Suzumura menampilkan semua lagunya dalam versi akustik. Waah, sungguh berhati mulia ya.

(from : pinterest.com)

(from : pinterest.com)

Kenichi Suzumura terkenal sebagai pengisi suara :

* Lavi from D-Gray Man

* Mikoshiba Momotaro from Free!

* Murasakibara Atsushi from Kuroko no Basket

* Hikaru Hitachin from Ouran High School Host Club

* Okita Sougo from Gintama

* Masato Hijirikawa from Uta no Prince Sama

* Yoshitake from Daily Lives of High School Boys

* Rogue Cheney from Fairy Tail

* Tsubaki Asahina from Brothers’ Conflict

* Reo Mouri from Gakuen Alice

Berikut ini kompilasi suara Kenichi di beberapa anime populer :

About Author

Patricia Trisnawati

Patricia Trisnawati

Wanita berdarah Jawa ini sejak di bangku kuliah sudah aktif di dunia broadcasting. Baik menjadi penyiar radio di kampus, dan menjadi reporter radio lokal di Jogja. Pernah pula bekerja aktif sebagai reporter, penulis naskah, dan voice over artist di salah satu media televisi swasta ternama. Motto hidupnya adalah "Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil yang didapat."

Comments

Most
Popular

Gal Gadot Menyelamatkan Wonder Woman dari Patty Jenkins

Wonder Woman sudah sepantasnya dibuat sempurna. Saya akan menulis review film Wonder Woman garapan Patty Jenkins sesuai .. more

00-d-harukana-receive

Anime Harukana Receive Tampilkan Asyiknya Voli Pantai

Haruka dan Kanata membentuk tim voli pantai meski keduanya berbeda dari penampilan dan sifat. Ikuti perjuangan mereka di.. more

00-d-dragon-ball-super

Dragon Ball Super Menggemparkan Amerika Latin, Pemerintah Turun Tangan!

Fans Dragon Ball mempersiapkan diri mereka untuk menyaksikan ending dari anime Dragon Ball Super. Diantaranya, fans Amer.. more

Sumber: time.com

Pokeland: Game Pokemon untuk Smartphone

Pokeland, game terbaru The Pokemon Company untuk smartphone. .. more

Skyscraper - film

Review Skyscraper : Gaya Film Die Hard dengan Hal-Hal Di Luar Akal

Skyscraper memberikan gambaran kepada kita tentang sosok Will Sawyer (The Rock), seorang mantan ketua FBI dari regu peny.. more