6 Film Barat Yang Batal Tayang di Indonesia

9 months ago
Midsommar batal tayang di Indonesia karena terlalu sadis. Selain Midsommar, masih ada lagi film barat yang batal tayang di Indonesia.

Biasanya, film-film Hollywood yang tayang di seluruh dunia bakal hadir pula ke Indonesia. Namun dalam beberapa kasus, film tersebut ternyata tidak jadi tayang di Indonesia. Alasannya ada banyak, mulai dari tidak lulus sensor hingga berpotensi menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

Tanpa ba-bi-bu lagi, yuk kita lihat apa saja film barat yang batal tayang di Indonesia!

Film Barat Yang Batal Tayang di Indonesia

The Year of Living Dangerously (1982)

The Year of Living Dangerously. Sumber: Letterboxd
The Year of Living Dangerously. Sumber: Letterboxd

Reporter Guy Hamilton (Mel Gibson) datang ke Indonesia untuk menyelidiki gejolak politik di sekitar Presiden Soekarno. Dibantu fotografer Billy Kwan (Linda Hunt), ia berhasil mewawancarai ketua PKI, DN Aidit. Ia juga bertemu dengan staf kedubes Inggris Jill Bryant (Sigourney Weaver) yang memberi bocoran bahwa Cina tengah menyiapkan kapal senjata untuk mempersenjatai PKI. Semua penyelidikan Guy akhirnya berujung pada peristiwa Gerakan 30 September.

Film ini mencoba memotret situasi sosial politik di Indonesia pada masa Gerakan 30 September. Karena mengangkat isu sensitif itu, The Year of Living Dangerously dilarang peredarannya oleh pemerintah Orde Baru. Begitu Orde Baru tumbang, barulah film ini masuk ke Indonesia dalam bentuk VCD.

Schindler’s List (1994)

Schindler’s List. Sumber: Mental Floss
Schindler’s List. Sumber: Mental Floss

Film bertema peristiwa holocaust di Perang Dunia 2 ini bercerita tentang pengusaha Jerman bernama Oskar Schindler (Liam Neeson) yang mempekerjakan orang-orang Yahudi di pabriknya. Awalnya ia tidak memberikan upah kepada para pekerjanya, namun kemanusiaan Oskar terketuk ketika perang berkecamuk. Kini ia berusaha menyelamatkan sekitar 1100 orang Yahudi sebelum mereka dipenjara di kamp konsentrasi Nazi.

Schindler’s List merupakan salah satu film Stephen Spielberg yang dipuji kritikus, namun di sata bersamaan kembali mengorek luka warga Yahudi yang masih terkena dampak peristiwa holocaust. Di Indonesia sendiri, Schindler’s List dilarang beredar karena mengangkat tema komunitas Yahudi, sesuatu yang dianggap tabu dibahas di masyarakat Indonesia.

True Lies (1994)

True Lies. Sumber: Empire
True Lies. Sumber: Empire

Dalam film True Lies, agen rahasia Harry Tasker (Arnold Schwarzenegger) berjuang untuk menyelamatkan negaranya dari ancaman teroris. Namun di saat bersamaan, Harry juga harus mengurus masalah keluarganya karena istrinya Helen (Jamie Lee Curtis) ketahuan berselingkuh dengan salesman mobil!

Kelihatannya film True Lies merupakan film action yang biasa-biasa saja. Lalu kenapa film ini sampai dilarang di Indonesia? Ternyata masalahnya ada pada karakter antagonis Salim Abu Aziz yang diperankan Art Malik. Sosok karakter tersebut dianggap menyimbolkan orang Arab sebagai teroris, sehingga film ini dilarang beredar sebelum bisa menimbulkan kegaduhan.

Balibo (2009)

Balibo. Sumber: Fandor
Balibo. Sumber: Fandor

Pada tahun 1975, lima wartawan Australia datang ke Timor Timur untuk menyelidiki operasi militer di sana. Mereka pulang sebagai mayat karena diduga dieksekusi oleh pihak TNI. Puluhan tahun kemudian, Australia membuka kembali investigasi kasus yang disebut sebagai Balibo Five, sementara pemerintah Indonesia menyangkal terjadi eksekusi di sana. Jurnalis perang Roger East (Anthony LaPaglia) dan rekannya José Ramos-Horta (Oscar Isaac) pergi ke Timor Timur untuk mencari kebenarannya.

Film Balibo sempat tayang di Jakarta International Film Ferstival 2009, namun pada akhirnya batal karena tidak mendapat izin dari LSF. Konten sensitif jadi alasan utamanya. Pada akhirnya, Balibo tetap bisa ditonton di Indonesia dalam bentuk DVD bajakan.

Noah (2014)

Noah. Sumber: Vox
Noah. Sumber: Vox

Dalam film adaptasi kisah agama-agama samawi ini, Nabi Nuh (Russel Crowe) mendapat tugas dari Tuhan untuk membangun bahtera raksasa sebelum air bah datang menenggelamkan Bumi.

Film ini jelas-jelas dilarang di Indonesia karena beberapa hal. Pertama, film Noah mengangkat sosok Nabi yang sangat sakral bagi umat Muslim. Kedua, kisahnya tidak benar-benar merefleksikan kisah Nabi Nuh dalam Alquran mauoun kitab lainnya.

Midsommar (2019)

Midsommar. Sumber: The Criterion Collection
Midsommar. Sumber: The Criterion Collection

Sekelompok teman datang ke Swedia untuk menghadiri sebuah festival musim panas yang hanya terjadi setiap 90 tahun sekali. Yang tidak mereka tahu, ternyata festival itu merupakan ritual ajaran sesat yang melibatkan pembunuhan serta seks.

Meski memiliki suasana yang cerah, jangan terkecoh penampilan Midsommar karena film ini merupakan film horor sadis dengan tampilan kekerasan dan pornografi yang sangat eksplisit. Menimbang hal tersebut, pada akhirnya LSF tidak meluluskan sensor film ini.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Film Horror


Itu dia beberapa daftar film barat yang batal tayang di Indonesia. Adakah film yang kami lewatkan? Beri tahu di kolom komentar ya!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-comic-frontier-11-pr

Mau ke Comic Frontier 11? Ikuti Tips Transportasi Berikut Ini!

Tips transportasi Comic Frontier 11 membantu kamu sampai Balai Kartini dengan nyaman, menggunakan kendaraan pribadi atau.. more

Is Yuniarto Hadiahkan Wayang Avengers Kepada Kru Infinity War!

Komikus Is Yuniarto berkesempatan datang ke Singapura dan memberi hadiah wayang Avengers kepada para kru dan aktor film .. more

Wow! Final Fantasy XV Hadir Dalam versi PC dan Smartphone

Siapa dari bro sis yang tidak mengenal atau tidak pernah tahu game dari Square Enix berjudul “Final Fantasy XV”? Sep.. more

The Fate of the Furious (Fast and Furious 8) Hambar Tanpa Paul Walker

The Fate of the Furious yang tak lain merupakan seri dari Fast and Furious ke-8, kabarnya merupakan awal dari trilogy ya.. more

The Game Awards 2017. Sumber gambar: variety.com

Menyambut The Game Awards 2017 di Bulan Desember

Ada 102 judul yang mendapatkan nominasi tahun ini. Seperti event sebelumnya juga, ada beberapa kategori yang dapat dipil.. more