6 Film Superhero Yang Berani Tampil Unik dan Beda

8 months ago
00-d-superhero-unik

Kalau bicara soal film superhero, yang terbayang pasti manusia super berkostum yang bertarung menyelamatkan dunia. Tapi superhero nggak selamanya identik dengan kostum dan jubah. Mereka juga nggak selamanya memiliki kekuatan super dan sense of justice yang besar.

Nah, film superhero berikut ini menampilkan sosok superhero yang beda drastis dengan karakter film MCU dan DCEU populer belakangan ini. Ada superhero yang tak bisa dilukai, ada superhero yang sudah mati dan hidup kembali, ada juga superhero yang ditakuti masyarakat, dan bahkan superhero berwujud bebek! Loh, gimana bisa?

Biar nggak penasaran, berikut ini ada 6 film superhero yanb berani tampil beda dibanding film superhero biasanya. Kamu bisa langsung cek daftarnya di bawah ini!

Howard the Duck

01-superhero-unik

Sumber: Youtube

Kamu fans film MCU bermata jeli tentu bisa melihat sosok bebek berjas merah dalam setiap film Guardians of the Galaxy. Apakah dia Donal Bebek yang menjadi cameo di film Marvel? Bukan! Ternyata bebek tersebut adalah karakter superhero milik Marvel!

Howard the Duck adalah karakter bebek ciptaan Marvel Comics yang pertama kali muncul di tahun 1970-an. Ia tak punya kekuatan super, namun menguasai ilmu bela diri Quack-fu dan bahkan memiliki armor ala Iron Man bernama Iron Duck. Bahkan Howard juga memiliki sedikit kemampuan sihir, yang membuat Dr. Strange tertarik.

Howard memiliki filmnya sendiri di tahun 1986. Tak tanggung-tanggung, film ini digarap langsung oleh Lucasarts dimana George Lucas sendiri menjadi produser eksekutifnya. Dalam film ini, Howard yang berasal dari planet Duckworld tiba-tiba terdampar di bumi dan harus menghalau invasi alien. Sayang film ini jadi box office flop, dan justru mempersulit karir para aktor yang terlibat di dalamnya.

The Toxic Avenger

02-superhero-unik

Sumber: Bloody Disgusting

Apa jadinya kalau perusahaan film B mencoba menciptakan film superhero mereka sendiri? Jawabannya adalah The Toxic Avenger! Film besutan Troma Entertainment ini merupakan sebuah film cult yang dilebarkan ke berbagai film sekuel, game, kartun, hingga pentas musikal.

Melvin Ferd merupakan pekerja cleaning service culun dan lemah yang senantiasa dijahili pelanggan tempatnya bekerja. Penindasan mereka setiap hari menjadi makin parah, yang terparah adalah saat Melvin ditipu sehingga terjatuh ke dalam gentong limbah beracun. Ia berubah menjadi monster dengan rupa mengerikan, namun juga memiliki kekuatan super. Melvin kini menjadi Toxic Avenger dan pergi memberantas kejahatan.

Sebagai sebuah film B, The Toxic Avenger memang memiliki karakteristik seperti kekerasan dan sensualitas sebagai nilai jualnya. Meski demikian, Toxic Avenger juga merupakan film satir yang lucu dan cukup pintar. Tak heran meskipun memiliki rating rendah, fans setianya tetap bermunculan.

Birdman

03-superhero-unik

Sumber: Afisha

Film yang satu ini sebenarnya bukan sepenuhnya film superhero, namun setidaknya harus kamu saksikan sekali. Birdman menampilkan sosok Michael Keaton sebagai tokoh utamanya, yang sebelumnya populer sebagai Batman di film Tim Burton, dan kemudian Vulture di Spiderman Homecoming.

Dalam Birdman, Keaton bermain sebagai Riggan Thomson, aktor veteran yang dahulu terkenal karena memainkan karakter superhero Birdman. Thomson yang ingin melebarkan karir aktingnya, merencanakan sebuah pentas teater sebagai aktor merangkap sutradara dan penulis naskah.

Yang membuat film ini unik, Thomson ternyata dihantui oleh bayang-bayang Birdman yang terus mengejeknya. Sosok Birdman ini selalu menantang Thomson untuk membuat film Birdman baru. Dan yang membuat sosok Thomson makin unik, ia terlihat memiliki kekuatan super seperti levitasi dan telekinesis!

Constantine

04-superhero-unik

Sumber: Den of Geek

John Constantine adalah karakter superhero dari kubu DC Comics. Ia adalah seorang detektif yang menangani berbagai kasus bernuansa klenik. Constantine menguasai berbagai jenis ilmu sihir, namun kemampuannya yang paling berguna adalah keenceran otaknya yang bahkan bisa digunakan untuk menipu Batman dan Superman.

Dalam film Constantine tahun 2005, Keanu Reeves yang bermain sebagai Constantine harus menyelesaikan kasus pembunuhan saudara kembar dari seorang polisi. Yang tak disangka, kasus ini merupakan tabir dari sebuah konspirasi dari dunia bawah tanah.

Constantine cukup sukses dalam box office, dan mendapatkan ulasan berimbang. Karakternya pun akan kembali hadir dalam adaptasi live action Justice League Dark, yang merupakan bagian dari DC Extended Universe.

The Crow

the crow

Sumber: Bloody Disgusting

Constantine bukan satu-satunya sosok superhero bertema gothic dan emo. Sebelumnya sudah ada The Crow, film adaptasi komik superhero berjudul sama yang populer karena berbagai hal.

The Crow mengisahkan sosok Eric Draven yang tewas dibunuh sehari sebelum pernikahannya dengan Shelly Webster. Pelaku pembunuhan Eric juga membunuh Shelly setelah memperkosanya. Dengan bantuan burung gagak mistis, Eric bangkin kembali dari kuburnya untuk membalas dendam.

The Crow adalah sebuah film superhero yang stylish dan penuh emosi, dan bisa dikatakan memiliki tone yang cukup mirip dengan Batman versi Tim Burton. Salah satu faktor kesuksesan The Crow adalah sosok Brandon Lee yang memerankan Eric Draven. Ironisnya, putra bintang silat Bruce Lee ini tewas di set film The Crow akibat tertembak properti pistol yang ternyata diisi peluru betulan. Tewasnya Lee dan kentalnya konsep gelap di film ini membuat The Crow menjadi sebuah film yang piunya aura mistis dan harus dirasakan langsung.

Unbreakable

06-superhero-unik

Sumber: The Odyssey

Apa jadinya kalau ada film superhero yang ternyata lebih terasa seperti film drama thriller dibanding film superhero betulan? Jawabannya adalah Unbreakable, film garapan sutradara gaek M. Night Shyamalan. Menampilkan Bruce Willis dan Samuel L. Jackson, film superhero ini punya momen aksinya sendiri, namun bayangkan dua aktor laga itu berakting dalam sebuah film drama thriller. Twist ending khas Shyamalan pun menambah nilai plus dari Unbreakable.

Bruce Willis bermain sebagai David Dunn, yang terlibat dalam sebuah kecelakaan kereta. Ratusan orang tewas, namun hanya Dunn yang selamat tanpa luka sedikit pun. Fenomena ini membawanya bertemu dengan kolektor komik bernama Elijah Price yang dimainkan Samuel L. Jackson. Sejak lahir Price mengidap penyakit osteogenesis imperfecta yang membuat tulangnya sangat rapuh. Price berteori, jika ia adalah manusia dengan tubuh sangat rapuh, maka ada pula sosok manusia yang sangat kuat dan tak bisa dihancurkan – yakni Dunn.

Meskipun awalnya terlihat sebagai sebuah film standalone, film Split yang dirilis Shyamalan tahun 2016 menunjukkan bahwa film tersebut berada dalam timeline yang sama dengan Unbreakable. Shyamalan pun kini tengah mempersiapkan film terbarunya, Glass, yang akan menghubungkan karakter dalam Unbreakable dan Split.


Nah, itu dia film-film superhero yang berani tampil beda. Ada film favorit kamu disini? Ada film yang kami lewatkan? Beri tahu di kolom komentar ya!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Ataribox. Console terbaru dari Atari yang mencoba mencari momentum. Sumber gambar: techradar.com

Ataribox: Usaha Sia-Sia Atari Di Persaingan Sengit Console Masa Kini?

Atari. Pada masanya dulu, merk ini sangat berkuasa di jagat video game dunia. Jauh sebelum dunia video game yang kini.. more

Koe no Katachi (A Silent Voice): Kesempatan Kedua dan Persahabatan

Koe no Katachi (A Silent Voice) adalah anime terbaru yang masuk ke Indonesia pada awal Mei ini, tidak terlalu jauh dari .. more

(etonline.com)

Kematian Chester Mengguncang Generasi 90an

Generasi 90an pasti ikut terguncang dengan berita mengejutkan tentang kematian vokalis Linkin Park, Chester Bennington. .. more

00-d-solo-a-star-wars-story

Anjlok Parah, Apa Yang Salah Dari Solo: A Star Wars Story?

Semenjak dirilis tanggal 25 Mei 2018 lalu, Solo: A Star Wars Story “rugi bandar” di tangga box-office. Apa penyebabn.. more

Café? Shooting Gallery? Dua-duanya benar! (sumber gambar: popularairsoft.com)

Kultur Themed Cafe Jepang Yang Unik – Gun Cafe

Gun Café adalah sebuah café yang memakai tema senjata api sebagai selling point-nya. Tapi tentu saja bukan senjata api.. more