6 Spin-off Anime Yang Sama Keren Dengan Anime Utamanya

3 weeks ago
spin-off anime

Di dunia hiburan seperti komik, film atau animasi ada yang dinamakan sebagai “spin-off”. Apa itu spin-off? Secara sederhana, sebuah spin-off adalah ‘sempalan’. Sebuah percabangan dari sesuatu yang utama. Spin-off bisa dikategorikan sebagai bagian dari yang utama namun normalnya tidak memiliki nilai setinggi bagian utama.

Tunggu dulu. Jadi spin-off tidak penting? Jawabannya adalah ‘tidak juga’.

Walaupun dikatakan tidak bernilai setinggi bagian utama namun sebuah spin-off seringkali memiliki peranan penting dalam hal ekspansi cerita. Contoh mudah dari situasi ini adalah spin-off trilogi film “The Mummy” berjudul “The Scorpion King” (2002) yang dibintangi oleh mantan pegulat professional Dwayne “The Rock” Johnson. Film The Scorpion King mengulas soal karakter Mathayus sebelum menjadi Scorpion King. Dalam timeline trilogi The Mummy film ini berada sebelum “The Mummy Returns” (2001).

Sumber: YouTube

Sumber: YouTube

Atau lihat juga dua film spin-off “Star Wars” saga yang sudah beredar, yaitu “Rogue One” (2016) dan “Solo” (2018).

Keduanya merupakan spin-off yang memiliki plot serta timeline sebelum “A New Hope / Episode IV”. Rogue One dan Solo bukanlah bagian inti dari Star Wars. Hanya spin-off. Namun punya peran penting dalam ekspansi kisah Star Wars itu sendiri.

Sumber: SquareSpace

Sumber: SquareSpace

Tapi apakah semua spin-off penting dan harus dibuat?

Tidak. Terkadang sebuah spin-off justru membuat jidat mengkerut karena tidak punya makna. Atau penyampaiannya berkualitas buruk. Contoh kasus: film “Evan Almighty” (2007) yang merupakan spin-off dari film komedi sukses Jim Carrey “Bruce Almighty” (2003). Bruce Almighty dikemas dengan konsep menarik sementara Evan Almighty sebaliknya.

Sumber: NumeroUnity

Sumber: NumeroUnity

Gimana dengan anime? Apa ada anime spin-off dari sebuah judul anime utama?

Tentu saja ada! Anime tidak berbeda dari medium gambar bergerak seperti film live action. Mereka punya cerita/kisah yang dapat di “lebarkan” melalui sebuah spin-off. Tujuannya jelas untuk lebih membuat judul utama semakin bernilai. Semakin memiliki plot yang menarik. Dan tentu saja untuk meraup pendapatan yang lebih banyak lagi.

Dan seperti halnya di film live action, sebuah spin-off anime bisa berakhir sebagai sebuah karya bagus serta menghibur, atau malah sebaliknya.

6 Spin-off Anime yang Sekeren Anime Utamanya

1. Full Metal Panic? Fumoffu

Spin-off Anime: Full Metal Panic!

Sumber: Funimation

Sumber: Funimation

List ini memang disusun secara random namun buat saya “Full Metal Panic? Fumoffu” ada di posisi tinggi dari anime spin-off favorit. Memiliki tone yang berbeda dari serial aslinya, Fumoffu lebih konsen di bagian komedi dan ‘high school romansu’ antara dua karakter utama Full Metal Panic: Sagara Sousuke dan Kaname Chidori. Tidak ada perang robot, tidak ada drama politik, hanya kisah keseharian anak-anak SMA di Jepang.

Dan Bonta-kun. Ini soal Bonta-kun. Maksud saya, siapa yang tidak pengen punya Bonta-kun??

Baca Juga: Butuh Tontonan Baru? Coba 10 Anime Baru Musim Semi 2018 Ini!

2. Fate/kaleid liner Prisma Illya

Spin-off Anime: Fate series

Sumber gambar: Laku-Cinema

Sumber gambar: Laku-Cinema

Tanpa spin-off saja, serial “Fate” sudah terasa sangat njelimet membingungkan untuk di ikutin. Sistem magic yang kompleks, timeline yang penuh alternatif, cukup untuk bikin mereka yang pertama memasuki franchise ini kebingungan. Prisma Illya adalah salah satu dari banyak spin-off serial Fate dan dikemas dalam model cute serta fuwa-fuwa-fluffy seperti serial-serial mahou shojo. Namun berhubung ini adalah bagian dari Fate series, siap-siap saja dengan kompleksitas dalam cerita/plot walau penampilannya kawaii.

Baca Juga: Fate Series: Dari Game PC Hingga Meraih Popularitas Di Smartphone

3. Soul Eater Not!

Spin-off Anime: Soul Eater

Sumber: Comixology

Sumber: Comixology

Ingat anime Soul Eater dong? Keren ‘kan? Banyak yang suka dengan anime itu. Tema yang unik dengan deretan karakter berdesain nyentrik. Sayangnya untuk mayoritas fans (setidaknya seperti yang terlihat di internet), spin-off Soul Eater berjudul “Soul Eater Not!” dinilai tidak sebagus serial aslinya. Mengambil timeline sebelum kisah asli Soul Eater dimulai, karakter yang jadi pemeran utama juga berbeda dari cerita utama. Sebagai prequel cerita Soul Eater, Soul Eater Not! sebenarnya oke-oke saja menurut saya. Tidak buruk, tapi tidak pula punya pencapaian Soul Eater sebelumnya.

4. The Disappearance of Nagato Yuki-chan

Spin-off Anime: The Disappearance of Suzumiya Haruhi

Sumber: Funimation

Sumber: Funimation

Untuk banyak fans berat anime, nama “Suzumiya Haruhi” tentu bukanlah nama yang asing lagi. Light novel dan anime Haruhi sukses dan digemari. The Disappearance of Nagato Yuki-chan sendiri adalah kisah spin-off dari Haruhi Suzumiya. Dengan tokoh utama ‘versi manusia’ dari Nagato Yuki-chan dan berada di alternate universe masa Haruhi Suzumiya, kisah The Disappearance of Nagato Yuki-chan di desain dengan lembut dan kalem. Sesuai dengan karakteristik Nagato Yuki-chan itu sendiri. Sebagai spin-off dari kisah Haruhi Suzumiya, Nagato Yuki-chan termasuk keren dan menarik. Tapi ya jangan harapkan keriuhan ala Haruhi Suzumiya disini ya!

5. The King of Braves GaoGaiGar

Spin-off Anime: Brave series

Sumber: Crunchyroll

Sumber: Crunchyroll

Anime bertema “Super Robot” sudah biasa memiliki berbagai spin-off. Misalnya saja serial “Mazinger” dari maestro Super Robot Jepang, Go Nagai, yang punya sederet spin-off. Yuusha Ou Gaogaiga sendiri merupakan spin-off #8 (alias terakhir) dari serial robot GaoGaiGar. Sebagai bagian dari genre Super Robot, GaoGaiGar mengusung hal-hal dan elemen-elemen klasik Super Robot yang keren! Terutama untuk anak-anak cowok yang biasa menggemari hal-hal berbau robot dan gattai/henshin ala Jepang.

Baca Juga: Go Nagai: Mangaka Senior yang Mempopulerkan Genre Ecchi dan Super Robot

6. Dragon Ball Z: The History of Trunks

Spin-off Anime: Dragon Ball Z

Sumber: YouTube

Sumber: YouTube

Ini adalah satu dari banyaknya spin-off Dragon Ball series di luar sana. Dan menurut saya yang paling dramatis dan menyedihkan. Berada di timeline ‘what-if’ atau ‘gimana kalau seluruh jagoan Dragon Ball Z mati di tangan Android 17 & 18 serta menyisakan seorang Trunks untuk berjuang menyelamatkan dunia’, anime OVA The History of Trunks memiliki animasi yang bagus serta plot yang menyayat hati. Kita juga akan menyaksikan kelahiran “Super Saiyan Trunks” disini. Sebuah spin-off yang sangat perlu untuk ditonton oleh fans Dragon Ball secara umum.

Baca Juga: Dragon Ball Super: Broly Tampilkan Super Saiyan Legendaris!


Sebuah spin-off tidak akan pernah berhenti di produksi. Dan sebuah spin-off, secara teori, bisa saja melebihi pencapaian serial aslinya. Semua tergantung kehebatan para tokoh di belakang pembuatannya. Dan penerimaan dari fans serial asli asal spin-off itu sendiri.

Apa kamu tidak setuju dengan daftar spin-off ini? Punya list sendiri? Suarakan pendapatmu!

Baca komik online di CIAYO Comics

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

00-d-board-game-chips-heroes-uprising

CIAYO Games Kenalkan Board Game CHIPS: Heroes Uprising Untuk Lengkapi Game Mobile-nya!

Board game CHIPS: Heroes Uprising punya setting cerita yang sama dengan game mobile-nya. Hanya saja, tujuan dari board g.. more

Sumber: Jakarta Games Week

Jakarta Games Week 2017: Jawaban Indonesia Untuk Komunitas FGC Dunia

Sebagai bagian dari gamer yang antusias dengan FGC dan game fighting secara general, pasti kalian uda ga asing dengan b.. more

Sumber: time.com

Pokeland: Game Pokemon untuk Smartphone

Pokeland, game terbaru The Pokemon Company untuk smartphone. .. more

[Reportase] CIAYO Comics Club #1: Satu Tahun Penuh Kebanggaan Bagi CIAYO Comics

Rangkaian acara CCC dimulai pada pukul 16:00 dengan membuka pintu rumahnya untuk para pengunjung. Begitu akses dibuka, p.. more

Sumber: The Japan Times

Funkot: Musik Dance Rasa Dangdut Yang Mengudara Hingga Jepang

Indonesia boleh berbangga karena memiliki ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke, batik yang mendunia, kuliner yang bik.. more