7 Seri Kamen Rider Untuk Menemani Ngabuburit Kamu!

6 months ago
00-m-kamen-rider

Nah loh… Siapa yang masih suka nonton Kamen Rider? Sudah gede, bewokan, jomblo, tapi masih nonton Kamen Rider?

Tenang saja, kamu nggak sendirian. Saya sendiri juga masih suka nonton Kamen Rider, Super Sentai, sampai kartun pun masih saya nikmati. Dengan armor dan motor yang khas, serial tokusatsu ini selalu menjadi tontonan favorit buat semua kalangan, baik itu anak-anak, remaja sampai dewasa. Ceritanya mampu dicerna penonton muda, tapi tetap menegangkan di mata penonton tua.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan rekomendasi serial Kamen Rider untuk ditonton sambil menunggu buka puasa di bulan ramadhan. Semua seri yang saya rekomendasikan ini berdasarkan selera pribadi dan juga fans lain. Review ini saya jamin spoiler-free. Tanpa menunggu lama, mari kita mulai eksperimennya, oke?

Kamen Rider Black dan Black RX

(Sumber: Modafinilsale)

(Sumber: Modafinilsale)

Siapa yang tidak tahu dengan Kamen Rider satu ini? Inilah seri yang mempopulerkan nama Kamen Rider di Indonesia. Lebih kenal dengan nama Ksatria Baja Hitam, Kamen Rider Black sangat dikenal semua kalangan. Bukan hanya itu saja, aktor pemain KR Black dan KR Black RX, yaitu Tetsuo Kurata beberapa kali datang ke Indonesia sebagai bintang tamu acara pop culture dan acara televisi.

Diawali dari KR Black, Kotaro Minami ditangkap oleh pasukan Gorgom. Dia dioperasi oleh Gorgom untuk menjadi seorang cyborg sebagai calon pemimpin Gorgom selanjutnya, bersama dengan Nobuhiko Akizuki yang nantinya akan menjadi Shadow Moon. Dengan kekuatan yang dia peroleh, Kotaro Minami berubah menjadi Kamen Rider Black untuk mengalahkan monster-monster Gorgom demi menghentikan rencana jahat mereka dan menyelamatkan Jepang dari ancaman bahaya.

(Sumber: Dunia Games)

(Sumber: Dunia Games)

Perjalanan Kotaro Minami tidak berhenti sampai di sini saja. Sekelompok pasukan alien bernama Crisis Empire memiliki niat jahat dan ingin menguasai bumi. Mereka menangkap dan mengajak Kotaro Minami untuk bergabung dengan Crisis Empire. Tentu saja dia menolak tawaran Crisis Empire. Murka dengan jawaban Kotaro, Crisis Empire mengalahkannya dan membuat sumber kekuatan Kamen Rider Black, King Stone, pecah dan dilempar ke ruang angkasa. Dengan pengaruh dari radiasi matahari, Kotaro Minami menjadi “anak matahari” dan mendapatkan kekuatan baru untuk berubah menjadi Kamen Rider Black RX.

Apa yang menjadikan KR Black dan Black RX istimewa? Selain merupakan tontonan masa kecil, KR Black dan Black RX memiliki cerita yang unik dibanding Kamen Rider zaman Showa lain. Cerita dengan plot twist, drama tragis dan kemunculan musuh bebuyutan Shadow Moon, menjadikan seri ini sangat cocok buat kamu yang ingin menghabiskan waktu sambil bernostalgia kenangan masa kecil. KR Black dan Black RX menjadi salah satu tontonan klasik yang sangat terkenal di Jepang dan di negara lain seperti Indonesia.

Kamen Rider Kuuga

(Sumber: Anime-Tokusatsu 48)

(Sumber: Anime-Tokusatsu 48)

Kamen Rider Kuuga adalah seri Kamen Rider pertama di era Heisei. KR Kuuga memiliki tema cerita keluarga dan persahabatan yang sangat khas seperti layaknya drama Jepang. Tiap episode memiliki porsi tersendiri antara drama dan aksi pertarungan. Tidak lupa juga dengan cerita misteri yang sangat khas dimana Kuuga dan polisi saling bekerja sama untuk melindungi Jepang dari ancaman Gurongi, monster yang bangkit dari tidur mereka.

Yusuke Godai adalah pemuda yang sangat energik dan bertarung demi melindungi senyum semua orang. Awalnya dia hanya seorang manusia biasa yang suka bertualang kemana saja dan mempelajari 2000 kemampuan unik untuk salah seorang guru. Di satu hari, monster Gurongi bangkit dan menyerang orang. Godai mendapatkan artifak belt misterius yang ditemukan oleh para arkeolog, dan mendapat penglihatan dari sesosok ksatria yang mengenakan belt itu dan bertarung. Dengan sigap Godai melakukan hal yang sama dan berubah menjadi Kamen Rider Kuuga.

(Sumber: Manic Expression)

(Sumber: Manic Expression)

Meski awalnya Godai/Kuuga dianggap bekerja sama dengan Gurongi, tapi dengan kegigihannya melindungi semua orang, perlahan-lahan pandangan publik berubah meski ada keraguan akibat dari besarnya kekuatan Kuuga. Dengan bantuan polisi, peneliti, dokter, arkeolog dan teman temannya, Kuuga menghentikan rencana Gurongi yang dapat mengancam keselamatan orang.

KR Kuuga adalah salah satu seri dengan aksi yang benar benar luar biasa. Bahkan ada adegan bertarung yang sebenarnya tidak cocok ditonton untuk anak-anak. KR Kuuga secara frontal menunjukkan adegan sadis seperti Kuuga digigit oleh monster beracun sampai ia jatuh koma, cipratan darah, tombak menembus bahu Kuuga, orang terbakar, dan masih banyak lagi. Jangan lupa dengan adegan kejar-kejaran motorcross yang keren oleh Kuuga untuk mengalahkan monster Gurongi. Karenanya, KR Kuuga adalah seri yang sangat bagus dan sayang dilewatkan bagi kalian para penggemar Kamen Rider.

Kamen Rider Ryuki

(Sumber: Kamen Rider Wikia)

(Sumber: Kamen Rider Wikia)

Kamen Rider Ryuki mengambil tema pertempuran dengan sesama Kamen Rider. Slogan yang paling sering disebut di seri ini adalah “Mereka yang tidak mau bertarung tidak akan bisa bertahan hidup.” Memang sedikit suram mendengar kata-kata itu, terlebih lagi cerita tentang pertarungan sampai mati menjadikan KR Ryuki sebagai salah satu seri Kamen Rider dengan cerita tergelap. Bukan itu saja, KR Ryuki juga jadi yang pertama kali menampilkan Rider dengan jumlah yang banyak, mencapai 13 Rider. Jadi kalau kalian ingin menonton Kamen Rider versi battle royale, silahkan tonton Kamen Rider Ryuki.

Jurnalis Shinji mencari informasi mengenai kasus hilangnya orang secara misterius. Di suatu tempat, dia menemukan sebuah deck kartu. Kemudian Shinji terlempar ke dalam dunia cermin dimana terdapat monster dan Kamen Rider yang saling bertarung. Shinji menyadari bahwa orang orang yang menghilang secara misterius sebenarnya dibawa ke dunia cermin oleh monster sebagai makanan mereka, dan yang bisa mengalahkan monster itu adalah para Kamen Rider.

(Sumber: News Tokunation)

(Sumber: News Tokunation)

Sesosok monster berbentuk naga merah mengejar Shinji. Kemudian, Kamen Rider bernama Ren Akiyama menyelamatkannya. Ren dibantu oleh Yui Kanzaki yang sedang mencari saudaranya, menjelaskan tentang Kamen Rider, perang antar Kamen Rider bernama Rider War, hingga monster, dan dunia cermin. Melihat kemampuan Ren yang melindungi orang dari monster, Shinji memutuskan untuk turut serta dalam Rider War. Ia membuat kontrak dengan Dragreder, naga yang barusan mengejarnya, dan berubah menjadi Kamen Rider Ryuki untuk mencegah para Kamen Rider saling membunuh satu sama lain.

KR Ryuki menjadi salah satu Kamen Rider yang pertama kali mengenalkan kartu dalam lini mainannya, yang digunakan sebagai alat untuk power up dan mengeluarkan efek suara. Hal ini dilanjutkan ke seri Kamen Rider yang lain hingga saat ini, kecuali Kamen Rider Hibiki.

Kamen Rider Faiz

(Sumber: Gramunion)

(Sumber: Gramunion)

Kamen Rider Faiz menceritakan dunia yang hampir dikuasai makhluk bernama Orphnoch, yang ingin membunuh semua umat manusia.

Tokoh utama Inui Takumi adalah Kamen Rider Faiz yang terpaksa menjadi Kamen Rider karena pemilik belt rider bernama Mari Sonoda memintanya untuk menjadi Kamen Rider. Mereka bertemu secara tidak sengaja, dimana tas yang mereka bawa tertukar. Saat Mari diserang Orphnoch, Takumi datang untuk meminta kembali tasnya. Pada awalnya Mari mencoba berubah menjadi Faiz, tapi gagal. Lalu Mari mencoba memasangnya kepada Takumi dan ternyata berhasil. Orphnoch yang menyerang Mari itu akhirnya dikalahkan oleh Takumi.

Mari meminta tolong kepada Takumi untuk menjadi Faiz dan menyelamatkan umat manusia. Meski beberapa kali Takumi menolak, akhirnya dia mau menjadi Faiz kemudian menyelamatkan umat manusia.

KR Faiz merupakan salah satu Kamen Rider dengan gadget paling keren dan banyak difavoritkan oleh para fans. Dengan menggunakan ponsel lipat sebagai alat berubah (henshin) para Rider serta beberapa senjata unik. Misalnya kamera bisa berubah menjadi brass knuckle, stang motor menjadi pedang laser, bahkan ponsel lipat yang jadi alat berubah pun bisa juga menjadi pistol. Desain Kamen Rider dalam Faiz pun memiliki keunikan tersendiri, terlebih pada saat para Rider berubah. Ada efek lampu neon berbentuk garis-garis dari kaki hingga bagian tubuh atas.

Kamen Rider Gaim

(Sumber: Konaya)

(Sumber: Konaya)

Kamen Rider yang satu ini punya tema kostum yang sedikit aneh, yaitu buah-buahan dan perang jaman Sengoku. Eits, jangan lihat dari luarnya saja. Saya jamin KR Gaim adalah salah satu seri yang asyik untuk ditonton. Salah satu alasannya adalah penulis cerita untuk seri ini adalah Gen Urobuchi. Pecinta anime pasti tidak asing dengan nama beliau. Bayangkan saja cerita Kamen Rider dimasukkan nuansa ala Puella Magi Madoka Magica yang penuh cerita horor, tragedi, dan keputus asaan.

Di suatu tempat bernama Zawame, perusahaan Yggdrasill membangun properti mereka disana. Agar menghindari kepanikan dan keributan, para remaja membentuk kelompok dance untuk menghibur orang-orang disana. Mereka saling berebut daerah kekuasaan dengan bertarung menggunakan Lockseed yang memunculkan monster kecil bernama Inves dari berasal dari dimensi lain.

(Sumber: J-Cul)

(Sumber: J-Cul)

Kazuraba Kouta yang baru saja berhenti dari tim dance menemukan Lockseed dan Sengoku Sriver bersama Mai Takatsukasa, saat mencari seseorang bernama Yuya Sumii. Tak lama kemudian, Kouta diserang oleh Inves berukuran manusia. Sesosok perempuan misterius memberikan petunjuk kepada Kouta cara menggunakan Lockseed dan Sengoku Driver. Kouta pun berubah menjadi Kamen Rider Gaim untuk mengalahkan Inves itu.

Pada awalnya Kouta memanfaatkan kekuatannya untuk hal-hal aneh, seperti kerja sambilan, berpakaian, pamer dan lain-lain. Namun setelah mengetahui misteri Yggdrasill, Inves, dan Lockseed, Kouta pun berusaha mencari jawabannya sambil melindungi orang-orang di Zawame dengan bantuan teman-temannya.

KR Gaim memiliki beberapa plot twist yang bisa bikin kamu kaget bahkan merasa trauma. Perasaan itu sama persis dengan saat saya menonton Puella Magi Madoka Magica. Kalau kamu penasaran dengan KR Gaim dan rasa trauma, saya sangat merekomendasikan Kamen Rider ini.

Kamen Rider Ex-Aid

(Sumber: DVDAddict)

(Sumber: DVDAddict)

Kamen Rider Ex-Aid mengangkat tema dokter dan game menjadi satu. Kamen Rider ini juga menampilkan Kamen Rider dengan bentuk basic form cebol mirip karakter tokusatsu Kabutaku yang pernah tayang di Indonesia. Pada awal kemunculannya, banyak yang meragukan kualitas seri ini. Tapi tidak disangka, seri ini mendapatkan sambutan positif di Jepang dan di negara lain. Kesuksesan seri ini bisa dilihat dari banyaknya merchandise bertema Ex-Aid yang dijual, mulai dari mainan, film, sampai akan dibuat novel dengan melanjutkan cerita filmnya.

KR Ex-Aid menceritakan penemuan virus bernama Bugster yang dapat mengancam nyawa seseorang. Pemerintah menemukan sumber virus ini yang teryata datang dari game. Bekerja sama dengan perusahaan game bernama Genm Corporation, dibuatlah Gamer Driver yang bisa dipakai untuk berubah menjadi Kamen Rider yang menyelamatkan orang dari Bugster.

Emu Hojo adalah seorang dokter magang yang berusaha untuk mendapatkan sertifikasi. Ketika salah satu pasien Emu terkena Bugster, salah satu staf CR (Cyberbrain Room) bernama Asuna Karino berusaha membantu. Virus Bugster masuk pada fase hidup keduanya, dimana monster keluar dari tubuh pasien. Emu menggunakan Gamer Driver dari Asuna dan menjadi Kamen Rider Ex-Aid.

Emu kemudian berusaha menyelamatkan pasien dari Bugster bersama dengan teman-teman dokter yang lain, sambil mencari solusi untuk menanggulangi Bugster Virus. Hal yang membuat KR Ex-Aid menarik adalah ceritanya yang bagus serta karakter yang menarik seperti Kuroto Dan. Bagi kamu yang punya hobi main game, tidak ada salahnya mencoba KR Ex-Aid.

Kamen Rider Build

(Sumber: Kamen Rider Wikia)

(Sumber: Kamen Rider Wikia)

Kamen Rider Build menceritakan tentang kotak Pandora dari planet Mars yang mengakibatkan Jepang tercerai berai akibat kemunculan dinding Skywall sehingga terbagi menjadi 3 negara: Touto, Seito dan Hokuto. Sento Kiryu adalah seorang pemuda gjenius yang kehilangan ingatan masa lalunya. Dia dirawat oleh Soichi Isurugi, pemilik kafe, dan anaknya Misora. Sento yang mampu berubah menjadi Kamen Rider Build, Misora dan temannya yang lain berusaha mencari tahu misteri dari kotak Pandora, ingatan Sento dan menyelamatkan dunia dari kehancuran.

Kamen Rider Build bertematema sains ini adalah seri Kamen Rider yang sedang tayang saat ini. Tidak banyak yang bisa saya jelaskan karena seri ini belum mendekati endingnya. Untuk masalah cerita, KR Build memiliki porsi cerita yang bagus, dengan alur tiap episode yang seimbang dan selalu menyelipkan cliffhanger yang bisa bikin penasaran. Penulis cerita KR Build adalah Shogo Muto, yang sebelumnya terlibat sebagai screenwriter film Crows Zero dan Crows Zero 2.


Bagaimana? Tertarik untuk menonton salah satu seri di atas? Daripada nonton yang aneh-aneh selama puasa, tidak ada salahnya menonton Kamen Rider. Pastinya nggak akan merugikan diri sendiri atau orang lain. Kamu punya rekomendasi seri Kamen Rider kamu sendiri? Beri tahu di kolom komentar ya.

About Author

Faisal

Faisal

Mahasiswa semester akhir yang terjebak ke dalam jurang gacha mobage. Berpikir untuk pensi dari FGO, GBF dan sejenisnya, tapi Dev berkata lain. Koleksi SSR semakin banyak, jadi sayang akun nya kalo gak dimainkan...

Comments

Most
Popular

Despicable Me 3 (Sumber: Universal Pictures)

DESPICABLE ME 3: Banyak Kejutannya!

Kegagalannya menangkap Balthazar Bratt, villain baru Despicable Me menyebabkan Gru (Steve Carell) dan Lucy (Kristen Wiig.. more

(source 1: m.korea.net)

Seberapa Penting Olympic Winter Games untuk Korea Selatan?

Korea Selatan lagi giat-giatnya mempromosikan Olympic Winter Games yang ke-23. Kompetisi olahraga ini nantinya bakal dia.. more

Sumber gambar: taylorholmes.com

10 Film Tentang Time Traveling Ini Wajib Kamu Tonton. Yang ke 8 Dari Indonesia Loh!

Walau belum bisa melakukannya di dunia nyata, tapi film-film berikut ini mencoba menunjukkan bagaimana seandainya perjal.. more

Yoh Asakura - thumb

Jika Ingin Berkarya, Lakukanlah Seperti Yoh Asakura

Mungkin banyak orang yang tidak tau dengan Yoh Asakura. Tapi karakter yang sederhana ini justru bisa menjadi inspirasi b.. more

00-d-Film-Live-Action-Adaptasi-Manga

5 Film Live Action Adaptasi Manga Yang Tayang Tahun 2018 Ini

Film live action adaptasi manga ini bakal menghiasi layar bioskop Jepang dan Indonesia di tahun 2018 ini. Mana yang baka.. more