7 Komik Indonesia Adaptasi Novel Yang Wajib Kamu Tahu

5 months ago
komik indonesia adaptasi novel

Ada banyak sumber cerita yang bisa diambil dalam membuat komik. Jika tak bisa membayangkan plot yang keren dan dalam, menyadurnya dari kehidupan pribadi pun sah saja. Mengadaptasi dari media-media yang sudah ada pun bisa jadi pilihan untuk membuat komik.

Adaptasi dari satu media ke media lain jadi salah satu kekuatan IP-IP dari Amerika, Jepang, dan lain-lain. Tak hanya memberikan diversifikasi, mengadaptasi dari satu bentuk ke bentuk lain bisa memberikan perspektif baru dalam menikmatinya. Bagaimana perasaan kamu saat mengikuti kisah Naruto di dalam manga, anime, atau game?

Nah, kira-kira ada nggak ya komik Indonesia yang diadaptasi dari media-media lain? Gimana dengan komik Indonesia adaptasi novel? Untuk menjawab pertanyaan itu, yuk kita kenalan dengan berbagai komik Indonesia adaptasi novel, baik itu novel cetak maupun novel Wattpad.

Berbagai Komik Indonesia Adaptasi Novel

5cm

Sumber: Wind Rider Studio

Sumber: Wind Rider Studio

Novel best seller karya Donny Dhirgantoro ini telah diadaptasi ke dalam berbagai jenis media, seperti film dan juga komik. Versi komik sendiri digambar oleh Is Yuniarto, komikusnya Garudayana!

5cm versi novel dan komik tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Keduanya masih menceritakan kehidupan lima sekawan Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta, yang senang melakukan hal-hal unik dan beda. Suatu hari, mereka memutuskan untuk menjalani kehidupan sendiri-sendiri tanpa berkomunikasi satu sama lain selama 3 bulan. Di akhir masa pengasingan tersebut, kelimanya sepakat untuk mendaki Gunung Semeru.

Baca Juga: Garudayana: Kisah Perwayangan Dalam Kemasan Unik Dan Segar

Kambing Jantan

Sumber: toessix

Sumber: toessix

Kambing Jantan adalah buku yang melontarkan nama Raditya Dika dari yang awalnya merupakan seorang blogger dengan berbagai cerita uniknya, menjadi nama populer dalam dunia komedi Indonesia. Sama seperti 5cm, Kambing Jantan juga diadaptasi menjadi judul film dan juga komik.

Komik Kambing Jantan yang digambar Dio Rudiman ini mengangkat kisah-kisah baru yang tidak muncul dalam versi buku maupun film. Meski demikian, tokoh-tokoh yang sering disinggung dalam bukunya seperti Harianto, manajer apartemen, hingga sang pacar Kebo tetap hadir di sini. Dikenalkan juga beberapa karakter baru yang senantiasa muncul dalam dua volume komik yang telah dirilis.

Anak Kos Dodol

Sumber: Gradien Mediatama

Sumber: Gradien Mediatama

Walaupun tak sepopuler dua judul di atas, buku Anak Kos Dodol karangan Dewi Rieka juga memiliki pengikut yang besar dan setia. Pun layaknya dua judul tersebut, Anak Kos Dodol juga mendapatkan versi adaptasi film dan juga komik.

Uniknya, dalam komik Anak Kos Dodol, sang ilustrator Kharisma Jati mampu menambahkan ciri khasnya yang membuat komik Anak Kos Dodol terasa sangat unik dibanding versi novel. Jati memberikan nafas baru dalam kehidupan Dedew dan teman-teman kosnya, dengan menaikkan kadar kebegoan mereka ke level lebih tinggi. Belum ditambah dengan ilustrasi yang mampu menampilkan kepribadian para karakternya; ya yang jaim dan juga dodol di saat bersamaan!

Clover

Sumber: Popcon Asia

Sumber: Popcon Asia

Clover merupakan antologi komik yang berisi tiga judul komik yang disadur dari tiga novel Wattpad berbeda. Pertama ada Bad Boy for Little Girl dari Ciinderela Sarif dan Kathrinna Rakhmavika, King Bullying VS Queen Rescue oleh Clara Amanda dan DS Studio, serta Rolandara karya Intan ZS dan Devita Krisanti.

Bad Boy for Little Girl menceritakan tentang siswa berandalan Dhirga yang tertarik dengan Vira, namun ia dihalangi oleh Iqbal yang nampak dekat dengan Vira. Sementara itu, King Bullying VS Queen Rescue menuturkan kisah Thomas si tukang bully yang sering bersilat lidah dengan Ashley yang selalu membela korban bully Thomas. Terakhir, Rolandara menceritakan kegalauan Adara yang berpacaran dengan Roland, seorang berandalan yang suka berantem.

Baca Juga: Devita Krisanti: Kebahagiaan di Balik Kisah Patah Hati

Jingga dan Senja

Sumber: Twitter

Sumber: Twitter

Novel best seller Jingga dan Senja juga mendapatkan adaptasi novel. Kisah karangan Esti Kinasih ini diilustrasikan oleh Mage.

Jingga dan Senja menceritakan pertemuan antara Tari dan Ari. Walaupun menemukan kesamaan antara mereka, seperti punya nama mirip dan sama-sama lahir saat matahari terbenam, Tari yang sangat ceria berbeda jauh dengan si berandalan Ari pecinta tawuran. Tiba-tiba saja Ari tertarik mendekati Tari. Apa maksud Ari sebenarnya?

Maid for Hire

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Selain antologi Clover di atas, komik Maid for Hire juga diadaptasi dari novel Wattpad karya Melisa Oktorina (alias Demonicblackcat). Percaya nggak kalau novel ini sudah dibaca lebih dari 20 juta kali loh! Versi komik Maid for Hire digarap oleh Erry dan Dii, dan komiknya bisa kamu baca eksklusif di CIAYO Comics!

Maid for Hire mengisahkan gadis populer Andrea yang sebenarnya berasal dari keluarga miskin. Ia harus bekerja untuk mendukung keluarga dan juga menjaga status sosialnya. Andrea mendapatkan pekerjaan baru sebagai pembantu rumah tangga. Namun apesnya, ia bekerja di rumah milik Alec, seorang playboy yang pernah mencampakkan teman Andrea!

Kamu bisa baca komik Maid for Hire di sini.

Baca Juga: Melisa: “People Tell the Most Amazing Story”

Momiji

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Last but not least, ada Momiji karangan penulis teenlit veteran Orizuka! Orizuka telah merilis puluhan judul novel; sebagian besar merupakan best seller, dan beberapa pernah diadaptasi menjadi film layar lebar. Momiji jadi novel karangannya yang diadaptasi menjadi komik oleh CIAYO Comics!

Diilustrasikan Chairunisa, Momiji menurutkan kisah Pabel yang gampang minder, dalam perjalanannya menimba ilmu di Jepang. Selain itu, tujuannya ke Jepang adalah mencari perempuan tipe yamato nadeshiko yang bisa dijadikan pacar. Selama homestay di rumah keluarga Shiraishi, Pabel bertemu dengan Momiji, anak tertua keluarga tersebut yang ternyata seorang berandalan!

Kamu bisa baca komik Momiji di sini.


Itu dia tujuh komik Indonesia adaptasi novel yang harus kamu cek satu-satu. Kira-kira ada judul yang terlewat nggak ya? Kalau ada, coba beri tahu di kolom komentar! Kamu sendiri ingin lihat komik Indonesia adaptasi novel apa lagi?

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

j'adore season 2

J’adore Season 2: Cinta Segitiga Rumit Dalam Hubungan Destruktif

Risa sudah mengetahui alasan di balik cinta Arya. Sementara itu, Romy kembali hadir di kehidupannya. Simak lanjutannya d.. more

Komik Infinity Wars Prime

Review Komik Infinity Wars Prime – Sebuah Kejutan Yang Super gelap

Komik Infinity Wars Prime akan lebih menyoroti pada pertemuan para pemegang Infinity Stone (Infinity Watch) yang baru. K.. more

Sumber gambar: digitaltrends.com

Deretan Game-Game Top PlayStation 4 & Xbox One yang Akan Rilis 2018

Geliat awal tahun terasa di berbagai sisi industri entertainment. Franchise lama maupun IP baru mulai bermunculan dan me.. more

00-d-classic-console

Dari NES Sampai PS1: Booming Classic Console Merajalela

Mulai Nintendo hingga Sony dan Atari, perusahaan game merilis classic console dari konsol terlaris mereka. Konsol apa sa.. more

00-d-film-terbaru-bulan-agustus-2018

Film Terbaru Bulan Agustus 2018 Sajikan Genre Lengkap! Ada Iko Uwais Juga!

Film terbaru bulan Agustus 2018 menampilkan berbagai macam genre cerita yang bisa memuaskan kamu. Salah satunya ada film.. more