7 Tips Bermain Gacha Mobage dengan Aman

2 months ago
00-d-tips-gacha

Sebelum saya mulai artikel ini, alangkah baiknya kita semua yang bermain mobage seperti Fate/Grand Order, Granblue Fantasy, Idolm@ster, BanG Dream, Azur Lane, Girl Frontline, dan lain lain untuk berhenti sejenak. Melakukan istirahat bermain game mobage memiliki banyak manfaat, seperti menjernihkan pikiran, hilangnya beban hidup dimana kebebasan yang sudah lama kalian rasakan telah lama hilang, dan tentu saja waktu luang yang lebih banyak bisa melakukan kegiatan penting seperti pekerjaan kantor, kuliah, sekolah dan masih banyak lagi.

Kali ini saya akan memberikan tips tips penting dan sangat recommended buat kalian yang sudah candu dengan namanya gacha mobage. Artikel ini akan dibahas menurut pengalaman saya sebagai pemain Free-to-Play (F2P) selama bertahun-tahun merasakan dunia neraka gacha mobage. Dan jangan lupa juga untuk membaca salah satu artikel CIAYO Blog tentang konsep gacha mobage itu sendiri.

Jangan Mudah Terbawa oleh Nafsu

Pertama saya akan memberikan tips secara teori terlebih dahulu. Teori ini adalah yang paling penting dan selalu dilupakan selama bermain mobage. Terlebih lagi dalam hasrat nafsu ingin mendapatkan waifu maupun husbando idaman. Sudah banyak sekali player selalu terbujuk oleh godaan para Developer mobage dengan memberikan sebuah gambar (.jpg, .png, .gif, etc) yang sangat cantik, tampan, menawan, seksi, dan tidak lupa bagian bagian tubuh yang aduhai membuat kita lupa diri. Tiba-tiba tangan player langsung bergetar ingin melakukan gacha. Tentu saja ada banyak sekali dari mereka tidak berhasil mendapatkan waifu/husbando meski sudah berpuasa selama berbulan-bulan tidak melakukan gacha.

tips gacha

Gacha menjanjikan kekuatan (Sumber: Granblue Fantasy International Group)

Meski ada yang mendapatkan waifu/husbando incaran, pasti ada saja kelemahan pada karakter tersebut, yaitu gameplay. Tidak jarang saya menemukan karakter mobage yang berpotensi menjadi money milking dari Developer, apalagi jika karater itu limited atau summer event memiliki kekurangan dalam gameplay. Walaupun begitu, orang tidak akan segan mengeluarkan uang hingga berjuta-juta. Inilah kenapa saya menjelaskan hal ini pertama kali dan menjadi poin paling penting buat kalian semua.

Menabung

Salah satu tips dimana dari kecil orang tua pasti mengajarkan anaknya untuk selalu menabung. Menabung adalah salah satu tips saya apabila kalian tidak berhasil mendapatkan karakter idaman pada rate-up sebelumnya. Terlebih jika kalian adalah seorang P2P. Jangan khawatir, Developer pasti akan mengembalikan karakter idaman kalian meski karakter tersebut bersifat limited.

Menabunglah demi masa depan yang lebih cerah dengan pelangi. (Sumber: Doujinshi-Tumblr)

Menabunglah demi masa depan yang lebih cerah dengan pelangi. (Sumber: Doujinshi-Tumblr)

Selalu manfaatkan semua fitur yang ada dalam game untuk menambah kristal dan tiket gacha kalian, seperti story (main, side, character, event,etc), quest (daily, weekly, etc), trophy, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, kalian bisa tabung dan mendapatkan kesempatan untuk melakukan gacha berulang kali. Jika masih belum dapat, ulangi proses dan coba lagi.

Berhenti Gacha

Maksud saya disini bukanlah melarang kalian untuk gacha. Melainkan kalian harus tahu kapan kalian harus berhenti melakukan gacha. Jika kalian merasa gacha kalian ampas secara berturut-turut. Alangkah baiknya kalian stop melanjutkannya sebelum kalian merasa menyesal. Tiap orang pasti punya feeling, insting, indera ke-6 atau apapun namanya untuk mengatakan kalian stop gacha. Dan ini selalu berhubungan juga dengan nafsu seperti yang saya jelaskan sebelumnya.

Siklus gacha tiap game mobage. (Sumber: Fate/Grand Order International Group)

Siklus gacha tiap game mobage. (Sumber: Fate/Grand Order International Group)

Tentu kalian pernah mendengar dengan istilah RNG-sama. Istilah untuk objek yang sebenarnya hanya berupa angka-angka yang mempengaruhi chance kalian untuk mendapatkan sesuatu. Percaya atau tidak, banyak orang yang mengatakan semakin banyak kalian gacha, maka RNG-sama pasti tidak akan memberikannya. Meski ini hanya lelucon diantara player tidak ada salahnya kalian jadikan itu sebagai pengingat kapan kalian harus berhenti melakukan gacha.

Keberuntungan Tiap Orang Berbeda-beda

Kalian pasti selalu berpikir “si A dapat itu, saya kok tidak”. Jangan selalu berpikir negatif . Setiap orang pasti memiliki luck yang berbeda-beda, seperti si A ujian tempat duduk ujian paling belakang sedangkan si B duduk di depan pengawas, atau si A dapat gratis minum lagi si B tidak. Membanding-bandingkan luck kamu dengan orang lain bisa mengurangi minat untuk melanjutkan bermain game.

Salty itu hal yang wajar. (Sumber: Granblue Fantasy International Group)

Salty itu hal yang wajar. (Sumber: Granblue Fantasy International Group)

Dari kejadian ini mungkin kalian bisa mengambil hikmah dan pengalaman yang bisa kalian pelajari. Anggap saja luck ampas itu adalah salah satu cara kalian untuk menjadi lebih baik dalam mengendalikan nafsu dan mempelajari bagaimana selanjutkan kalian melakukan gacha. Hal ini akan saya jelaskan selanjutnya.

Pelajari Trik-Trik Gacha

Tiap mobage pasti ada satu atau lebih rumor mengenai cara mendapatkan SSR atau bisa saja mendapatkan karakter idaman kalian, seperti gacha pada waktu tertentu (jam 00:00, 03:00, etc), gacha sebelum 5 menit atau setelah maintenance, spam gacha, melakukan tarian konyol, gacha di toilet, dan masih banyak lagi. Meski itu hanya rumor tapi tidak ada salahnya kalian mencoba beberapa trik dari sana. Saya sendiri pernah melakukan beberapa trik tersebut dan berhasil mendapatkan SSR walaupun bukan waifu.

Kebiasaan player GBF kalau ada promo free roll. (Sumber: Memegenerator)

Kebiasaan player GBF kalau ada promo free roll. (Sumber: Memegenerator)

Istirahat dan Jauhi Mobage

Seperti yang saya katakan pada awal artikel, istirahat adalah hal penting sama seperti kalian melakukan pekerjaan ataupun aktifitas penting. Ada waktu dimana kalian akan merasakan jenuh akibat gacha ampas, salty lihat teman lihat waifu/husbando, gak ada uang buat beli cash dan lain-lain. Carilah kegiatan yang bisa membuat kalian rileks dan santai. Tidak dianjurkan kalian rileks dengan bermain game mobage yang lain terus gacha disana. Kalau ampas hanya akan membuat kalian semakin stress dan bad mood. Tidak ada salahnya menjauhi yang namanya mobage untuk sesaat.

(Sumber: @LadyM01)

(Sumber: @LadyM01)

Selalu Nikmati Permainan

Mobage bukanlah hanya sebuah gacha, ada banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk bersenang-senang. Jangan lupa tujuan sebenarnya dari sebuah game, yaitu bersenang-senang. Nikmati semua fitur dan gameplay pada game mobage, seperti story dan lore, komik/manga komedi official dari game, voice character (jika kalian fans seiyuu), dan event yang diberikan oleh Developer. Kalian juga bisa masuk dalam sebuah grup mobage di sosmed. Disana kalian bisa saling berdiskusi tentang game, share gambar (meme, lewd, etc), masalah bug atau error dalam game dan memberikan petunjuk kepada player lain yang sedang kesusahan.

(Sumber: Me.me)

(Sumber: Me.me)

Itu lah tips-tips saya untuk kalian semua para player mobage. Tips ini bisa juga buat kalian para player P2P. Saya tidak melarang kalian buat gacha pakai uang, tapi tidak ada salahnya kalian mengendalikan diri dan bijak saat ingin melakukan gacha. Semoga dengan artikel ini, kristal gacha dan uang kalian bisa selamat dan bisa mendapatkan waifu/husbando incaran, amin.

About Author

Faisal

Faisal

Mahasiswa semester akhir yang terjebak ke dalam jurang gacha mobage. Berpikir untuk pensi dari FGO, GBF dan sejenisnya, tapi Dev berkata lain. Koleksi SSR semakin banyak, jadi sayang akun nya kalo gak dimainkan...

Comments

Most
Popular

Sumber: FOX

Beginilah Jika Foto Seratus Tahun yang Lalu Dibuat Berwarna

Seperti yang banyak orang tahu, era awal penggunaan plat film dalam fotografi menghasilkan hitam putih, atau saat ini di.. more

karakter-anime-misterius-00-d

Bikin Geregetan! 14 Karakter Anime Misterius Yang Buat Kita Penasaran

Karakter-karakter anime ini memiliki latar belakang misterius, kekuatan di luar nalar logika, dan juga motif yang ditutu.. more

Variasi Harley Quinn. Sumber gambar: behindthepanels.net

Harley Quinn: Dari Karakter Sampingan Hingga Jadi Karakter Penting DC Universe

Karakter Harley Quinn semakin populer dan mampu menyamai popularitas karakter wanita DC Comics lainnya yang sudah lebih .. more

Sumber gambar: Marvel Comics

Thor Odinson Akan Kembali Jadi “God of Thunder” di Komik Terbaru Marvel

Thor adalah IP lama dari Marvel Comics. Mayoritas orang mungkin baru mengenal karakter ini dari film “Thor” (2011) y.. more

Rekomendasi Komik Romantis yang Extraordinary

5 komik romantis ini punya cerita yang sangat extraordinary dan berbeda dengan komik romantis yang biasanya. Penasaran?.. more