7 Tips Jitu Taklukkan Inktober 2017

1 year ago
Inktober 2017

Wuiihh, gak nyangka sudah masuk bulan Oktober 2017. Itu berarti sudah waktunya para ilustrator mengeluarkan pena kesayangannya untuk segera join di Inktober 2017.

Inktober adalah tantangan tahunan yang dibuat oleh Jake Parker dengan meminta para seniman khususnya pelukis/penggambar untuk membuat gambar berbasis tinta setiap harinya selama sebulan penuh di bulan Oktober. Kemudian setiap harinya, mereka diharuskan untuk meng-upload foto karyanya di akun sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook dengan disertai tanda hashtag #inktober2017.

(Sumber: svetlaradivoeva.blogspot.co.id)

(Sumber: svetlaradivoeva.blogspot.co.id)

Mungkin, sebagian orang mengganggap tantangan Inktober ini merupakan hal yang mudah dan tidak sulit. Cuma gambar doang, foto, terus di-upload, deh. Tetapi jangan salah bro sis, butuh semangat yang tinggi dan sikap konsisten yang kuat untuk bisa menggambar dan meng-uploadnya setiap hari. Tidak semua orang bisa menjalani itu. Apalagi di setiap harinya sudah ada tema gambar apa yang harus dibuat selama 31 hari ke depan.

(Sumber: svetlaradivoeva.blogspot.co.id)

(Sumber: svetlaradivoeva.blogspot.co.id)

Awal-awalnya sih masih bisa selalu upload gambarnya setiap hari, tapi coba deh kalian cek 10-15 hari kemudian. Apakah akan tetap sama sikap konsistennya? Misalnya dengan tetap meng-upload gambar yang kita buat setiap hari dan tetap konsisten membuat gambar yang semakin bagus dari hari ke hari, bukan cuma gambar asal-asalan aja.

Sebab pada dasarnya, tujuan utama diadakan Inktober ini adalah untuk membuat kemampuan kita lebih baik dalam menggambar karena terbiasa melakukan inking setiap hari. Setidaknya bagi kalian yang sudah join di Inktober tahun lalu, harus membuat kemajuan yang signifikan di Inktober 2017 ini dengan bisa menampilkan gambar yang jauh lebih baik lagi mulai dari sisi ide gambar, detail goresan tinta, makna yang akan disampaikan dan sebagainya.

(Instagram: @inktober.id)

(Instagram: @inktober.id)

Nah biar bro sis sukses menyelesaikan Inktober 2017 selama 31 hari penuh, CIAYO Blog punya 7 tips  jitu yang bisa diikuti:

1. Ikuti Petunjuk Tema Setiap Harinya

(Instagram: @inktober.id)

(Instagram: @inktober.id)

Untuk tips yang pertama, sang pencipta tantangan ini, Jake Parker, sudah membuat daftar tema harian Inktober 2017 secara resmi selama 31 hari ke depan. Jadi bro sis tinggal ikutin aja ide tema yang sudah diberikan. Sebab Parker sadar betul jika para seniman sering buntu mendapatkan ide kreatif dalam menggambar. Nah, tentunya dengan adanya daftar tema tersebut, dapat membantu dan memudahkan untuk menggambar dengan sebebas-bebasnya

2. Seringlah Menjelajahi Hashtag #inktober

(Instagram: @inktober.id)

(Instagram: @inktober.id)

Jika daftar tema Inktober masih belum cukup memberikan bro sis ide untuk menggambar, gak ada salahnya kok untuk browsing hashtag #inktober di akun-akun media sosial. Kali aja bro sis mendapatkan ilham. Di situ kita bisa melihat gambar para seniman lain saat mengekspresikan ide mereka dalam karyanya. Bisa jadi kita langsung mendapatkan ide gara-gara melihat gambar seniman lain.

Yang jelas, jangan menjiplak karya mereka, yah. Oh iya jangan lupa juga kasih komentar positif seperti memberikan semangat dan dukungan kepada mereka agar sama-sama bisa menyelesaikan tantangan Inktober selama 31 hari ke depan

3. Bawa Alat Penamu Kemanapun Pergi

(Sumber: Instagurum.com)

(Sumber: Instagurum.com)

Gak ada yang pernah tahu kapan ide menggambar itu muncul. Bisa aja tiba-tiba datang saat lagi jalan-jalan, membaca buku, nonton film dan lain-lainnya. Nah, usahakan selalu membawa semua alat pena atau notebook kemanapun pergi. Ini adalah salah satu cara agar tantangan Inktober mudah ditangani. Begitu bro sis dapat ide, langsung aja duduk manis lalu gambar.

Cara ini terbukti ampuh untuk membiasakan diri menggambar dari hari ke hari. Di samping itu bisa melatih kita membuat coretan / goresan tinta pena semakin bagus lagi karena pola disiplin ini.

4. Gambarlah Dari Sisi Kiri Lalu Ke Kanan

(Sumber: laovaan.devianart.com)

(Sumber: laovaan.devianart.com)

Waktunya beberapa saran teknis. Agar memudahkan saat menggambar, mulailah membuat coretan / goresan tinta dari sisi kiri dahulu secara bertahap lalu pelan-pelan pindah ke kanan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi goresan tinta yang terjatuh saat kalian menggambar. Namun bagi kalian yang bertangan kidal alias terbiasa menggambar dengan tangan kiri, lakukanlah sebaliknya.

Sedikit tips untuk yang bertangan kidal, lebih baik jangan menggunakan pulpen karena akan sedikit sulit saat melakukan tekanan. Gunakanlah spidol agar lebih mudah menggambar arsiran bayangan.

5. Padukan Gambar Tema dengan Gambar Karakter Kesukaan

(Instagram: @inktober.id)

(Instagram: @inktober.id)

Cara jenius yang sudah banyak dilakukan seniman lain dalam menyelesaikan tantangan Inktober adalah dengan memadukan gambar tema harian dengan gambar karakter favorit / kesukaan mereka. Hal ini justru semakin terbukti memudahkan dalam menentukan gambar apa yang ingin dibuat dan mempersempit pengambilan keputusan mengenai ide gambar.

Contohnya: bro sis suka karakter Disney, robot-robotan atau bahkan tokoh anime. Nah, gambar kesukaan kalian itu bisa digabungkan dengan tema harian di Inktober. Cara ini terbukti sukses membuat kita semakin semangat karena menggambar hal-hal yang memang disukai.

6. Jangan Patah Semangat

(Instagram: @inktober.id)

(Instagram: @inktober.id)

Seperti yang kita tau, jadwal kegiatan kita setiap harinya sudah sangat banyak dan padat. Apalagi untuk menyediakan waktu khusus untuk proyek tantangan kreatifitas menggambar selama 31 hari, bukan perkara yang mudah. Pastinya butuh semangat yang tinggi agar dapat menyelesaikan tantangan Inktober setiap hari.

Selain itu, mau gak mau ada pengorbanan waktu yang tidak sedikit pula dalam proses menggambarnya. Intinya, kalau bro sis bisa menyelesaikan Inktober selama 1 bulan penuh, tingkat pola dan teknik menggambar kamu dijamin bakalan naik dratis deh. Belum lagi komentar-komentar positif dan pujian yang didapat dari sesama peserta Inktober, jelas bikin hati riang gembira. Kita bisa jadikan itu motivasi kuat agar terus maju merampungkan Inktober sampai tamat. Hehehe.

7. Just Have Fun!

(Instagram: @inktober.id)

(Instagram: @inktober.id)

Buat bro sis yang emang hobi menggambar, gunakan kesempatan fantastis ini untuk bersenang-senang dalam menyalurkan hobi. Kapan lagi kan bisa menyebarkan hasil karya pribadi secara terbuka ke umum bahkan sampai tingkat internasional kalau bukan di Inktober. Karena kalau gambar kita sangat bagus, sudah pasti karyanya bakalan terpampang nyata di semua laman berita terkait Inktober. Nama kalian pun jadi semakin terkenal dan diakui oleh para seniman lainnya. Selain itu juga bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata dunia.

(Instagram: @inktober.id)

(Instagram: @inktober.id)

Yups, itu tadi 7 tips ampuh yang bisa bro sis praktekin untuk menyelesaikan tantangan Inktober 2017. Jangan terlalu memaksakan diri. Kalaupun bro sis melewatkan diri dalam menggambar dan meng-upload karya yang dipunya dalam beberapa hari, itu bukan berarti akhir dari dunia ini. Jadi, gak usah dibikin stress ataupun ketakutan.

Bro sis diperbolehkan kok untuk meng-upload karya setiap 3 hari sekali atau bahkan 1 minggu sekali. It’s ok! Karena sekali lagi, Inktober adalah tentang tumbuh dan berkembang serta membentuk kebiasaan yang positif. Jadi semua balik lagi kepada konsisten. Semakin konsisten menggambar maka hasilnya semakin baik.

About Author

Patricia Trisnawati

Patricia Trisnawati

Wanita berdarah Jawa ini sejak di bangku kuliah sudah aktif di dunia broadcasting. Baik menjadi penyiar radio di kampus, dan menjadi reporter radio lokal di Jogja. Pernah pula bekerja aktif sebagai reporter, penulis naskah, dan voice over artist di salah satu media televisi swasta ternama. Motto hidupnya adalah "Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil yang didapat."

Comments

Most
Popular

komik-online-komedi-00-d

Hati-hati! Jangan Sampai Lupa Waktu Ketika Baca 9 Komik Online Kocak Berikut

Lagi ada sedikit waktu luang, tapi bingung mau ngapain? Nikmati saja hiburan singkat nan kocak dari 9 komik online berik.. more

Mengenal Shazam: Superhero DC Comics yang Filmnya Segera Rilis

Shazam, karakter ini pertama muncul di penerbitan Fawcett Comics mulai tahun 1939 sampai dengan 1953. Tepatnya di komik .. more

Sumber gambar: notesofnomads.com

Festival – Festival Ini Cuma Bisa Kamu Temui di Jepang!

Beberapa festival/matsuri yang hanya bisa ditemukan di Jepang ini sangat unik.. more

Lightstick

World War Z atau Fanwar, Lebih Seram Mana?

Bro sis punya idola? Atau kepikiran untuk menjadi seorang artis? Biasanya ketika kita mengidolakan seorang idol atau art.. more

popcon asia 2018

POPCON Asia 2018 Siap Digelar 22-23 September 2018

Festival pop culture terkemuka di Indonesia POPCON Asia siap untuk digelar pada sabtu dan minggu ini, 22-23 September 20.. more