76 Tahun Penantian Wonder Woman

1 year ago

Hayoo, siapa yang uda nonton Wonder Woman? Gimana? Seru ga filmnya? Nah, yang belum nonton, gimana? Kapan nih mau nonton? Ntar, keburu turun loh filmnya. Booming-nya film Wonder Woman yang baru dirilis tentunya merupakan kabar gembira bagi para fansnya. Baik yang fansnya Wonder Woman maupun fans Gal Gagot, pasti uda ga sabar buat menyaksikan action dan cerita yang disajikan.

All Star Comics (Sumber: youtube KaptainKristian)

Namun, apakah kalian tahu asal usulnya? Kira-kira seberapa besar sih pengaruhnya  dalam dunia pop culture? Seberapa besar pula pengaruhnya sejak kemunculannnya 76 tahun yang lalu di dunia komik? Kabarnya Wonder Woman sendiri bertindak sebagai simbol dari perubahan masyarakat loh! Masa sih? Yuk disimak!

Tidak seperti superhero andalan DC Comics lainnya, awalnya kemunculan Wonder Woman direncanakan hanya sebagai tokoh ‘sampingan’ saja. Kemunculan pertamanya pada komik All Star edisi kedelapan hanya dijatahi 8 halaman dari total 70 halaman di komik tersebut. Namun setahun kemudian, DC Comics merilis komik dengan Wonder Woman sebagai cover-nya dan menjadi ajang kemunculan trio justice league, antara lain Batman, Superman dan Wonder Woman. Sejak itulah, pada tahun 1940, Wonder Woman menjadi naik namanya di dunia komik.

Seorang pengacara dan psikolog Harvard University yang bernama Marston ditawarkan untuk menjadi konsultan edukasi DC Comics. Hal ini dilakukan DC Comics setelah melihat artikel Marston yang menurutnya, superhero wanita akan menjadi penangkal gambar mengerikan dari kemaskulinan komik action.

Marston (Sumber: Youtube KaptainKristian)

Sejak itulah kehadirannya berubah. Tokoh Wonder Woman yang dikaitkan dengan spionase semakin lama terlihat seperti dikekang kekuatannya. Hal ini terbukti dari beberapa cover-nya yang menggambarkan dirinya seolah-olah sedang terikat dan terdesak. Namun, terinsipirasi dari kampanye pembebasan wanita dari perbudakan dan pengekangan pada abad sebelumnya menjadi inspirasi Wonder Woman dan sangat membentuk inti dari karakter Wonder Woman.

(Sumber: Youtube Kaptain Kristian)

Kehadiran Wonder Woman tetap menjadi tokoh sampingan dalam waktu yang lama. Dalam Justice Society of America edisi ke-13 Wonder Woman yang menjalani tugas sebagai sekretaris tim, menimbulkan pandangan tersendiri mengenai sexism dan profesi sebagai sekretaris. Hal ini dirancang oleh Marston sebagai dalih agar dirinya bisa fokus pada komik khusus Wonder Woman dan tidak terlibat banyak dalam komik JSA.

Komik Wonder Woman (Sumber: Youtube Kaptain Kristian)

Hal ini menimbulkan pandangan sebelah mata oleh industri dan media mainstream. Hal ini bisa dibuktikan dengan kenyataan bahwa superhero Superman mempunyai 15 game dan 38 game untuk Batman, sementara Wonder Woman? Tidak satupun. Yang dimilikinya hanyalah satu film televisi, satu televisi series pada tahun 70-an, dan satu film animasi. Namun akhirnya, setelah penantian panjang, setelah 76 tahun lamanya, film Wonder Woman muncul pada Juni tahun 2017.

Gal Gadot (Sumber: Youtube Kaptain Kristian)

Sebuah hal yang menarik jika melihat Wonder Woman adalah tokoh pop culture dan menjadi simbol kekuatan perempuan selama ini. Tapi mengapa jarang sekali dimunculkan? Apa alasannya? Banyak sekali argumen yang bermunculan, ada yang beranggapan Wonder Woman bukan tokoh se-familiar Batman atau Superman yang lebih bernilai di pasaran. Padahal alasannya hanya satu dan mutlak, itu karena mereka tidak pernah memberi kesempatan baginya untuk tampil.

(Youtube Kaptain Kristian)

Wonder Woman sendiri adalah sebuah simbol dari kepercayaan diri, belas kasih dan toleransi yang merupakan penggambaran dari progres yang disampaikan kepada masyarakat.

Sumber artikel: Youtube Channel KaptainKristian

About Author

Ramadhan

Ramadhan

Happiness is a warm gun, bang-bang shoot shoot - John Lennon

Comments

Most
Popular

(duniaku.net)

Hikayat Vandaria: Frameless, Sosok Menakutkan Yang Mirip Manusia

Frameless? Apa tuh? Kenapa tanpa bingkai? Emangnya jendela? Berbeda dari mereka yang sering mendalami hikayat Vandaria, .. more

Sumber: Susilawatift08.blogspot.co.id

Gak Hanya Manusia, Hewan-Hewan di Kartun Ini Juga Bisa Jadi Sahabat, Loh!

Kalau di film-film biasanya diceritakan persahabatan antara manusia atau manusia dan robot. Tapi gimana dengan manusia d.. more

Sumber: alchetron.com

Gaya Tidak Biasa Saharil Hasrin Sanin Lewat Ilustrasi Sederhana Hingga Karya Sastra di Malaysia

Menjumpai karya Saharil Hasrin Sanin di Indonesia memang seperti menemukan sebuah mata air berbeda di dalam sebuah sunga.. more

Sumber: sholin.info

Wonder Wheel, “Kau Tidak Harus Bahagia Meskipun Hidup di Taman Bermain”

Wonder Wheel, film ber-setting taman bermain namun dengan kisah yang penuh derita. .. more

sumber: SafeWithTech

ESRB Rating: Apakah Masih Ngaruh dan Relevan untuk Diterapkan Terhadap Gamers Zaman Now ?

Memasuki era globalisasi, semua menjadi serba mudah. Termasuk akses untuk memainkan video game. Sayangnya hal ini tidak .. more