8 Anime Modern yang Layak Tayang di Stasuin TV Indonesia. Mana pilihanmu?

3 months ago

Sejarah penayangan anime di Indonesia sudah sangat lama berlangsung. Mulai dari Dragon Ball, Doraemon, Sailor Moon, Chibi Maruko-chan, Shinchan, Digimon, Pretty Cure, Hamtaro dan masih banyak lagi. Tapi beberapa tahun ini anime sudah mulai berkurang tayang di TV Indonesia. Saya masih ingat dulu, setiap hari minggu rela bangun pagi dan stand by didepan TV rumah demi menonton kartun (karena masih kecil jadi saya belum tahu istilah anime). Mulai dari jam 6 pagi sampai jam 11. Lima jam hiburan anak anak di rumah saat hari libur merupakan kebahagian yang tak terlupakan.

Dengan berkembangnya zaman dan mudahnya akses menonton anime di internet, tradisi seperti ini semakin berkurang. Banyak stasiun TV Indonesia mengurangi jumlah penayangan anime dan pada akhirnya hanya sedikit atau bahkan sudah tidak ada lagi. Selain itu ada beberapa alasan paling umum kenapa anime sudah mulai sedikit tayang di TV. Salah satu alasan adalah aturan standar penayangan acara TV oleh KPI (Komisi Penyiaran Indonesia). Akibatnya, anime anime terbaik yang pernah tayang kini diganti dengan acara TV yang tidak bisa saya jelaskan.

Dengan banyaknya aturan penayangan oleh KPI, stasiun TV terpaksa harus melakukan banyak proses editing sensor agar acara yang ditayangkan dapat memenuhi standar. Dan sayang sekali banyak anime modern tayang di beberapa stasiun TV dengan menggunakan TV kabel atau parabola khusus dimana kita harus bayar. Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa tayangan anime yang layak tayang di stasiun TV Indonesia. Dan semoga saja beberapa list yang saya masukkan di sini benar-benar akan tayang di TV.

1. Gin no Saji (Silver Spoon)

(Sumber: WordPress)

Menceritakan kehidupan pemuda bernama Yuugo Hachiken yang gagal tes masuk SMA. Hachiken pindah ke daerah pedesaan dan masuk sekolah SMK Agrikultur Ooezo. Meskipun pada awalnya dia mengalami kesulitan, seiring berjalan cerita Hachiken dapat mengatasinya. Di sana Hachiken bertemu dengan teman teman barunya dan bersama sama mereka menjalani kehidupan belajar berbagai macam ilmu agrikultur. Gin no Saji atau Silver Spoon mengajarkan berbagai hal, mulai dari kehidupan bertani, beternak, management dunia agrikultur, dan paling penting kisah drama yang bisa menjadi pelajaran hidup. Tidak lupa juga dengan komedi didalamnya yang bisa menghibur para penonton.

2. Working!!

(Sumber: Minitokyo)

Working adalah anime komedi slice-of-life yang menceritakan kehidupan di sebuah rumah makan padang. Jika kalian pernah nonton acara TV bergenre sitkom, kalian akan merasakannya saat menonton Working. Karena anime ini disajikan dengan komedi layaknya sitkom pada umumnya (minus ketawa penonton). Working akan menghibur para penonton dengan komedi slice of life para pekerja di Wagnaria. Mulai dari cerita romance, kisah masa lalu manager, pemilik toko yang sering luar kota sambil mencari istri yang menghilang (dibaca: tersesat) , pekerja yang gak mau bekerja, senior cebol, dan masih banyak lagi. Saya yakin anime ini akan cocok tayang di TV Indonesia, walaupun ada sedikit scene yang sepertinya pasti kena sensor.

3. Nichijou

(Sumber: Cloudfront)

Sama dengan arti judulnya, Nichijou adalah anime slice-of-life berfokus pada kehidupan sehari-hari trio siswi sekolah dan orang orang disekitar mereka. Masing-masing karakter dalam anime ini menunjukkan kehidupan “unik” mereka, mulai dari cerita bahagia, romance, kesialan, kesusahan, penderitaan, keusilan, action, panik, sedih, trauma, stand up comedy, dan lain-lain. Dengan bumbu komedi yang sangat random sering kali diberikan kepada penonton sampai saya sendiri sampai sekarang bingung “ini maksudnya apa”. Di beberapa chapter tiap episode ada scene action yang sangat luar biasa disajikan oleh studio Kyoani. Alasan kenapa anime ini masuk dalam list karena dari banyak anime yang pernah saya tonton, Nichijou muncul pertama kali dalam benak saya dimasukkan dalam artikel.

4. Danshi Koukousei no Nichijou

(Sumber: Narvii)

Kalau anime Nichijou berfokus pada 3 siswi dan orang orang disekitar mereka yang dominan karakter cewek, Danshi Koukousei no Nichijou adalah kebalikan dari lawan jenis mereka. Anime ini berfokus slice-of-life comedy pada 3 siswa dan orang orang yang ada disekitar mereka dimana lebih dominan karakter cowok. Komedi pada anime ini hampir sama dengan Nichijou dan saya sendiri hampir tidak bisa membandingkan mana lebih bagus diantara 2 anime ini. Tiap episode akan membuat perut kalian sakit dan tertawa keras melihat tingkah laku tiap karakter (terlebih cara mereka menunjukkan ekspresi kaget).

5. Shirobako

(Sumber: Akiha News)

Merupakan anime yang mendapatkan penghargaan seperti Animation Kobe Television 2015, Animation of The Year di ajang penghargaan Tokyo Anime Award 2016 dan Animation Department Committee Recommend Works Award pada acara Japan Media Arts Festival ke-19. Anime ini menceritakan sekelompok 5 gadis muda, yaitu Aoi Miyamori, Ema Yasuhara, Shizuka Sakaki, Misa Todo dan Midori Imai. Mereka memiliki cita cita untuk membuat anime bersama-sama. Cerita berfokus ke 5 gadis muda dan orang orang yang di perusahaan studio anime bernama Musashino Animation . Kita akan ditunjukkan kegiatan proses pengerjaan anime, mulai dari tahap pre-production, membentuk tim staff, storyboards, layouts, animation, digitized, voice recording, dan lain-lain. Selain itu kita akan sering melihat karakter-karakter disana sering mengalami banyak permasalahan dari hal kecil hingga masalah besar yang bisa mengancam batalnya produksi pembuatan anime sebelum ditayang atau berhenti di tengah jalan. Seperti itulah gambaran nyata proses pembuatan anime sampai bisa tayang. Bisa dibilang anime ini hasil curhatan para staff studio anime yang direalisasikan menjadi sebuah anime.

6. Clannad

(Sumber: Otaku Tale)

Jangan tanya kenapa saya masukkan anime Clannad disini. Ketika saya tanyakan hal ini kepada beberapa teman, banyak dari mereka menganjurkan anime Clannad wajib dan layak ditayang di TV Indonesia. Anime Clannad merupakan adaptasi dari game Visual Novel/VN dari developer Key. Menceritakan tentang drama slice-of-life seorang siswa sekolah bernama Tomoya Okazaki bersama teman-temanya. Pada season pertama, Clannad berfokus pada pengenalan dan development karakter Tomoya dan temannya. Lalu pada season kedua, yaitu Clannad “After Story” berfokus ke drama keluarga yang benar benar sangat menyentuh. Saya tidak akan memberikan banyak penjelasan mengenai Clannad karena akan mengurangi kesan menonton Clannad. Semoga saja anime ini bisa ditayang di stasiun TV Indonesia.

7. Non Non Biyori

(Sumber: Non Non Biyori Anime Visual)

Kisah anak anak desa tidak bisa semenarik dan seunik seperti Bolang Non Non Biyori. Menceritakan slice-of-life anak desa, yaitu Renge Miyauchi (biasa dipanggil Ren-chon) anak kecil yang hyper-aktif dan selalu ingin tahu, Hotaru Ichijo anak pindahan dari kota karena orang tua, Natsumi Koshigaya si anak nakal dan selalu hidup sesuka hati dia, serta Komari Koshigaya anak cebol yang polos dan merupakan kakak dari Natsumi. Non Non Biyori akan menampilkan kehidupan desa di jepang yang membuat kita tertarik untuk melakukan apa yang dilakukan Ren-chon dan kawan-kawan. Walaupun pada akhirnya rasa tertarik itu hilang karena minimnya jaringan sinyal di desa Indonesia beberapa hal.

8. Kemono Friends

(Source: Kemono Friends Official Art)

Menceritakan seorang manusia yang tidak punya ingatan asal usul dia dikejar bertemu dengan seekor hewan berbentuk manusia bernama Serval. Kaban, Serval dan ditemani petunjuk jalan Boss (dipanggil Bossu) sebuah boneka robot berpetualang mengiringi seluruh taman Japari Park mencari tahu asal usul Kaban. Selama perjalanan mereka bertemu dengan bermacam macam Friends (bukan sitkom jadul F.R.I.E.N.D.S), hewan berbentuk manusia hidup di Japari Park ini.

Pada awal episode kita akan akan diberi petunjuk mengenai setting dunia cerita pada kemono friends seperti Japari Park, apa itu Friends, Cerulean, dan masih banyak lagi misteri yang ada. Setelah pertengahan episode kita akan semakin paham apa yang terjadi sebenarnya pada Japari Park dan  sedikit demi sedikit misteri didalamnya terkuak. Kemono friends adalah anime yang sangat aman dan bahkan disukai semua kalangan umur di Jepang. Pasti akan banyak sekali penggemar anime di Indonesia setuju Kemono Friends tayang di TV Indonesia.

Dari semua list diatas saya memilih memasukkan anime yang berfokus dengan slice-of life karena mengingat adegan pertarungan selalu tidak akan lepas dari sensor KPI. Dan ini adalah pilihan paling aman tanpa perlu takut banyak scene dipotong. Masih banyak anime yang ingin saya masukkan dalam list. Tapi karena kondisi anime tersebut memiliki scene yang bakal kena sensor maka saya urungkan niat untuk memasukkannya dalam list. Jadi bagaimana menurut kalian? Adakah anime yang kalian inginkan tayang di TV Indonesia tanpa harus membayar TV kabel atau parabola khusus dirumah?

About Author

Faisal

Faisal

Mahasiswa semester akhir yang terjebak ke dalam jurang gacha mobage. Berpikir untuk pensi dari FGO, GBF dan sejenisnya, tapi Dev berkata lain. Koleksi SSR semakin banyak, jadi sayang akun nya kalo gak dimainkan...

Comments

Most
Popular

EroManga-Sensei: Karakter Imouto yang Langsung Menghipnotis Para Penontonnya

Bagi para penikmat anime yang menyukai cerita tentang Imouto, sudah pasti menonton anime yang satu ini; EroManga-Sensei!.. more

00-d-dragon-ball-legends

Review Dragon Ball Legends, Game PvP Real Time Dalam Dunia Dragon Ball

Dragon Ball Legends tidak hanya menawarkan semua tombol combo yang disederhanakan, tapi juga menghadirkan potongan sinem.. more

Sumber gambar: 2ch.hk

Shinji Mikami: Tokoh Dibalik Kesuksesan Genre “Survival Horror” Seperti Resident Evil

Dunia harusnya berterima kasih pada Shinji Mikami 三上 真司 ... more

Simon Cowell. (Sumber: tellymix)

Wah! Simon Cowell Hampir Jantungan Gara-Gara Hal ini

Saat itu lah, Simon Cowell langsung bangkit dari kursinya dan mulai panik memanggil crew untuk menolong.. more

[Reportase] CIAYO Comics Club #1: Satu Tahun Penuh Kebanggaan Bagi CIAYO Comics

Rangkaian acara CCC dimulai pada pukul 16:00 dengan membuka pintu rumahnya untuk para pengunjung. Begitu akses dibuka, p.. more