9 Bentuk Transformasi Tony Tony Chopper di Anime One Piece

1 year ago
(reddit.com)

Karakter yang paling imut, ikonik dan super lucu di anime One Piece ini memang gak boleh kelewat untuk dibahas. Yups, siapa lagi sih guys kalau bukan Tony Tony Chopper. Bagi kalian pecinta anime One Piece, sudah tentu hapal dong segala bentuk tingkah lucu beserta jati diri si pecinta gulali ini.

Chopper adalah seorang dokter dalam kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Ia anggota ke-6 yang bergabung ke dalam kelompok tersebut. Chopper berasal dari Pulau Drum dan lahir di Grand Line. Ia dilahirkan sebagai seekor rusa kutub yang memiliki keanehan yaitu berhidung biru. Karena keanehannya itu, dirinya diasingkan oleh kelompok rusa kutub lainnya. Suatu hari ia memakan buah iblis tipe Zoan yakni Hito Hito No Mi. Ia kemudian dapat berbicara dan berpikir seperti layaknya manusia.

Tony Tony Chopper - pantai

(reddit.com)

Hampir sebagian besar waktunya, Chopper berwujud manusia kecil setengah rusa. Dalam bentuk tersebut, ia berjalan dengan dua kaki. Namun keseluruhan bagian tubuhnya tetap berbentuk rusa utuh, seperti memiliki bulu, bentuk hidung, tangan dan kaki serta memiliki tanduk. Tanduk kiri Chopper diikat dengan pelat logam karena pernah rusak saat mencari jamur Amiudake (jamur beracun) pada saat mencoba menyelamatkan Dokter Hiluluk.

Tony Tony Chopper - eria

(reddit.com)

Dalam kesehariannya, Chopper memakai topi merah dengan tanda silang berwarna putih (tanda palang merah yang menyamping) yang jarang dibuka, serta memakai sebuah celana pendek warna merah. Ia juga kadang-kadang membawa tas ransel biru di punggung dengan tanda silang putih yang sama. Hidung birunya adalah satu-satunya bagian yang tak bisa ia ubah saat bertransformasi dalam bentuk apapun.

Tony Tony Chopper - cantique

(misucell.com)

After time skip, banyak perubahan pada karakter Chopper. Saat ini ia memakai topi baru berwarna biru dihiasi beberapa lingkaran kecil putih di sekitar lingkaran yang lebih besar. Lingkaran yang lebih besar ini bergaris putih dengan dasar merah dan terdapat lambang silang putih menyamping. Ia juga mengenakan baju garis-garis vertikal putih kuning dan celana pendek oranye. Selain itu, ia juga dapat bertransformasi ke dalam wujud baru yang jauh lebih kuat dari perubahan wujud sebelumnya.

Tony Tony Chopper - rusa

(misucell.com)

Sebagai pengguna zoan, Chopper dapat bertransformasi dalam 3 bentuk yaitu bentuk rusa, bentuk manusia dan bentuk hibrid manusia-rusa. Kemudian berkat penelitiannya selama lima tahun, ia menciptakan semacam obat yang disebut “Rumble Ball” yang dapat meningkatkan efek buah iblis yang dimilikinya.

Tony Tony Chopper - alive

(reddit.com)

Menurut Chopper, rumble ball berperan mengganggu gelombang sinyal buah iblis sehingga ia dapat bertransformasi ke dalam 4 bentuk tambahan dalam waktu 3 menit. Namun penggunaan rumble ball harus diawasi dengan ketat dan Chopper tidak boleh menggunakan lebih dari satu rumble ball setiap 6 jam. Jika menggunakan lebih dari satu, maka tubuhnya akan bertransformasi tanpa kendali. Jika menggunakan lebih dari dua, ia akan berubah menjadi seperti monster yang super besar dan kehilangan kontrol dirinya, seperti saat di Enies Lobby dan kepulauan Sabaody.

Transformasi Tony Tony Chopper

1. Walk Point

Tony Tony Chopper - walk point

(orojackson.com)

Walk Point adalah transformasi normal Chopper sebagai rusa kutub yang biasa ia gunakan jika dalam perjalanan. Dalam pertarungan, point ini ia gunakan untuk lari melintasi medan pertarungan untuk menahan serangan lawan.

2. Brain Point

Tony Tony Chopper - brain point

(reddit.com)

Bentuk ini adalah bentuk hibrid Chopper sebagai setengah manusia dan setengah rusa. Chopper terlihat lebih sering dalam bentuk ini pada hari-hari biasa dan sering disangka sebagai tanuki/rakun. Point ini adalah point terbaik di mana ia dapat mengatur strategi, karena ia menggunakan kemampuan intelegensinya sebagai manusia dan kepekaannya sebagai rusa kutub secara bersamaan. Dalam point ini jugalah Chopper dapat menganalisis kelemahan lawan.

3. Heavy Point

Tony Tony Chopper - heavy point

(one-piece-roronoa-zorro.skyrock.mobi)

Ini adalah bentuk transformasi Chopper sebagai manusia. Dalam bentuk ini, ia sering disangka sebagai seekor gorila. Di sini kemampuan Chopper sebagai rusa kutub hilang. Bentuk ini sangat berguna bagi Chopper dalam pertarungan karena memberikan Chopper kekutan yang lebih dalam menyerang. After time skip, Chopper dalam bentuk Heavy Point menjadi lebih berotot dan tampilannya menjadi lebih seperti monster lagi dibanding versi manusia.

4. Jump Point

Tony Tony Chopper - jump point

(marioxarts.devianart.com)

Saat bertransformasi menjadi Jump Point, Chopper mengganti kakinya menjadi kaki rusa kutub dan mempertahankan bentuk manusia di bagian lainnya. Bentuk ini, memungkinkan ia melompat sangat tinggi di udara yang berguna dalam menghindari serangan lawan. Tapi ada kelemahannya, yaitu saat ia harus melawan musuh yang juga mempunyai kemampuan untuk bergerak di udara, dan mengharuskannya untuk berganti dalam bentuk transformasi lain. Bentuk ini tidak memiliki kemampuan untuk menyerang lawan, hanya untuk bertahan dari serangan lawan.

5. Arm Point

Tony Tony Chopper - arm point

(fotolog.com)

Dalam Arm Point, bisep, trisep dan bahu Chopper menjadi sangat berotot dalam bentuk manusia dengan tangan rusa kutubnya. Bentuk ini adalah salah satu bentuk terkuat Chopper. Dalam bentuk ini, Chopper bahkan dapat menghancurkan batu yang besar dalam satu kali pukul.

6. Guard Point

Tony Tony Chopper - guard point

(dopr.net)

Saat Guard Point, Chopper menumbuhkan semua bulunya sehingga menutupi seluruh tubuhnya, dan yang terlihat hanya kepala dan kedua kaki depannya. Dengan bulunya itu, Chopper dapat menahan serangan dari luar seperti serangan fisik dan berbagai senjata (seperti pistol dan meriam), tetapi tidak untuk serangan yang sangat kuat. After time skip, ukuran dari Guard Point Chopper menjadi sangat besar, bahkan dapat melindungi Thousand Sunny dari serangan luar.

7. Horn Point

Tony Tony Chopper - horn point

(naldzgraphics.net)

Pada bentuk ini, tanduknya menjadi lebih besar dan lebih tajam. Tangan Manusia Chopper berperan untuk menahan tanduknya yang menjadi berat. Dapat digunakan untuk menyodok lawan. Setelah Time Skip, bentuk Horn Pointnya berubah drastis. Chopper kini hanya berdiri dengan dua kakinya saja walaupun memiliki tanduk yang sangat besar. Namun tanduknya sudah tak lagi tajam seperti sebelumnya. Tangan depannya menjadi besar. Di belakang tubuhnya terdapat banyak rambut. Kemampuan barunya dengan transformasi ini adalah dapat menggali tanah.

8. Kungfu Point

Tony Tony Chopper - kungfu point

(reddit.com)

Bentuk ini didapat Chopper after time skip. Upgrade dari Arm Point dan Jumping Point yang dipelajarinya selama time skip. Badannya menjadi lebar dan leher menjadi tak terlihat. Tangan dan kakinya sangat pendek tetapi berotot. Hoofnya masih ada serta tanduknya jadi kecil dan ramping. Dalam bentuk ini, Chopper menjadi hebat dalam hal kungfu, membuatnya menjadi cukup mudah dalam mengalahkan sejumlah prajurit.

9. Monster Point

Tony Tony Chopper - monster point

(vuige.net)

Ini adalah bentuk transformasi Chopper paling terakhir. Dalam bentuk ini, Chopper bahkan dapat memporak-porandakan satu desa karena ia kehilangan kesadaran. Walau memiliki kekuatan yang besar, tapi kecepatannya lambat dan area serangan kecil. Dapat disadarkan dengan menenggelamkan Chopper ke dalam laut. Tetapi, after time skip, Chopper telah melatih dirinya untuk dapat mengendalikan dirinya walau dalam bentuk Monster Point ini. Dengan hanya memakan satu Rumble Ball, ia dapat bertahan dalam bentuk ini selama 3 menit. Namun, setelah menggunakan bentuk ini, Chopper sulit untuk bergerak hampir selama 2-3 jam.

Tony Tony Chopper - baby

(reddit.com)

Yak itu dia guys macam-macam bentuk transformasi Chopper. Dengan kekuatannya itu, ia jadi salah satu kru terkuat di Bajak Laut Topi Jerami. Walaupun kuat, Chopper adalah anggota yang setia kawan dan merupakan teman yang baik bagi rekan-rekannya.

About Author

Patricia Trisnawati

Patricia Trisnawati

Wanita berdarah Jawa ini sejak di bangku kuliah sudah aktif di dunia broadcasting. Baik menjadi penyiar radio di kampus, dan menjadi reporter radio lokal di Jogja. Pernah pula bekerja aktif sebagai reporter, penulis naskah, dan voice over artist di salah satu media televisi swasta ternama. Motto hidupnya adalah "Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil yang didapat."

Comments

Most
Popular

ANIMETOKU CON 2017

Sepinya ANIMETOKU CON 2017. Kenapa Ya?

Kalau dengar kata “toys” dan “games” semua orang kayaknya suka. Apalagi bro sis yang pecinta mainan. Nah, tangga.. more

(Sumber: Rocketnews24.com)

Coca Cola Rasa Buah Peach Telah Hadir di Jepang!

Kira-kira dari mana ya ide unik ini muncul?.. more

Sumber gambar: personacentral.com

Dragon’s Crown: Game yang Dicela dan Dipuja

Dragon’s Crown adalah game yang menimbulkan polarisasi di antara penggemar video game. Perbedaan pendapat yang ada sam.. more

Membalut Karakter (IP) Ke Dalam Kuliner

Di dalam bidang ekonomi kreatif, subsektor industri kuliner (makanan dan minuman) menempati posisi pertama dalam hal pen.. more

Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (Sumber: Variety)

Film Indonesia dari Sumba sampai Praha

Ada dua film di tahun 2017 yang mengangkat Sumba, yaitu "Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak" karya Mouly Surya dan "S.. more