9 Circle Comicsphere Yang Harus Kamu Datengin Boothnya

3 weeks ago
00-circle-comicsphere

Gelaran Comicsphere, pasar komik terbaru di kota Bandung, hanya tinggal menghitung hari. Para kreator komik sedang sibuk menyiapkan karya terbaik mereka untuk dipamerkan. Begitu pula dengan para pengunjung yang mulai menyiapkan daftar belanja mereka.

Apa kamu masih bingung circle Comicsphere mana yang pingin kamu datangi tanggal 1 Desember nanti? Jangan kuatir karena CIAYO Blog sudah mengumpulkan daftar circle Comicsphere dengan karya-karya yang harus kamu cek. Siapa tahu kamu tertarik membeli satu judul komik atau merchandise dari daftar ini. Tanpa basa-basi langsung saja cek circle Comicsphere berikut ini!

Baca Juga: Comicsphere 2018 Ramaikan Pasar Komik Indonesia

Inilah 9 Circle Comicsphere Yang Wajib Kamu Pantau

Doujin Dalam Botol

Maskot dan kreator Doujin Dalam Botol, diilustrasikan Fajar Ghosty. (Sumber: Doujin Dalam Botol)

Maskot dan kreator Doujin Dalam Botol, diilustrasikan Fajar Ghosty. Sumber: Doujin Dalam Botol

Doujin Dalam Botol merupakan salah satu circle besar yang harus kamu datengin boothnya. Kenapa? Karena di Doujin Dalam Botol kamu bisa dapetin berbagai buku dan merchandise eksklusif rilisan Fajar Ghosty, komikusnya GHOSTY’s Comics.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan item-item lain seperti komik Babu Diary, trading card game Character Cross, komik Serial Ayo, novel Power Play, komik Cloverlines, novel karya Rimawarna, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Know Your Judges #1: Fajar Ghosty

Wibuverse

Maskot Wibuverse, Mikan. Sumber: Wibuverse

Maskot Wibuverse, Mikan. Sumber: Wibuverse

Wibuverse adalah sebuah platform online yang memberikan kreator komik dan novel akses untuk menjual karya mereka secara digital. Jika kamu nggak bisa hadir di acara-acara pasar kreatif dan kehabisan komik favorit kamu, Wibuverse bisa membantu dengan menyediakan judul-judul digital yang bisa kamu baca dimana saja dan kapan saja.

Walaupun saat ini Wibuverse belum dirilis, mereka akan hadir di Comicsphere untuk mempromosikan situs mereka. Mereka juga punya beberapa komik yang digarap oleh Alagator, Yozhman, serta Inan. Jika kamu tertarik menjual karya kamu secara digital, jangan lupa datangi booth mereka!

Baca Juga: Komik MS Paint Ini Bikin Netizen Ketawa dan Penasaran!

Kroma

Karakter antologi komik Kroma. Sumber: Kroma

Karakter antologi komik Kroma. Sumber: Kroma

Kroma bukan lagi sebuah nama kecil di industri komik Indonesia. Mereka adalah circle beranggotakan Mukhlis Nur, Dewitri Virika, dan Ann Maulina, yang merupakan artist-artist berpengalaman. Kroma juga bertanggung jawab menciptakan artwork dari komik HeartXBreak yang bisa kamu baca gratis di CIAYO Comics!

Di Comicsphere, Kroma akan menjual berbagai produk original mereka, seperti komik, artbook, sketch collection, novel, dan lain-lain.

Baca Juga: 4 Komik Kosmik Ini Sekarang Bisa Kamu Baca Di CIAYO Comics!

Hellmates Circle

Potongan komik Junkhead Republic dari Hellmates Circle. Sumber: Billy Nasution

Potongan komik Junkhead Republic dari Hellmates Circle. Sumber: Billy Nasution

Hellmates Circle adalah circle asal kota Bandung yang sudah cukup sering malang melintang di event-event pasar komik di Bandung maupun Jakarta. Mereka merilis berbagai produk seperti komik dan fanbook.

Satu judul komik populer yang lahir dari Hellmates Circle adalah Junkhead Republic. Komik karangan Billy Nasution ini merupakan komik komedi yang penuh dengan hal-hal nonsense yang bisa bikin kamu geleng-geleng kepala!

Lingkarya Moesia

Beberapa anggota Lingkarya Moesia. Sumber: Lingkarya Moesia

Beberapa anggota Lingkarya Moesia. Sumber: Lingkarya Moesia

Meski baru berusia seumur jagung, Lingkarya Moesia merupakan circle yang patut diperhitungkan. Kenapa bisa begitu? Karena circle yang digagas oleh komikus Risa Comics ini menampilkan banyak author profesional serta up and coming.

Tak hanya menjual komik dan pernak-pernik Risa Comics, Lingkarya Moesia juga akan menjual item-item menarik dari tiga author CIAYO Comics. Ada Gula Comic dengan komik Wonder Sweet, Febryan P (Simple Brain) lewat komik Coretan Harian, dan Aegires Blight bersama Their Story-nya. Selain itu ada juga komik Panneko, Kagamin, Frea Rashaa, The Alig Neighborhood, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Lingkarya Moesia dan Author CIAYO Comics Hadir di Bandung

Handband Studios x PandaClip

Chiwa dari PandaClip dan Hibi dari Handband Studios. Sumber: Handband Studios

Chiwa dari PandaClip dan Hibi dari Handband Studios. Sumber: Handband Studios

Handband Studios juga merupakan circle veteran asal Bandung yang sudah punya jam terbang panjang dalam acara pasar komik. Mereka punya spesialisasi menciptakan artbook serta merchandise berdesain simpel dan minimalis.

Kali ini mereka ditemani oleh Ikazu401, author komik PandaClip. Komik ini merupakan salah satu komik lokal yang selalu viral di setiap postingannya. Semua ini berkat karakter panda Chiwa yang lucu dan menggemaskan, sehingga menarik perhatian pembaca.

Design And Art (DnA)

Eca, maskot DnA. Sumber: Chiiririn

Eca, maskot DnA. Sumber: Chiiririn

Design And Art merupakan salah satu divisi dari UKM Nippon Bunka-bu dari Telkom University. Fokus di segmen ilustrasi, desain, dan hiburan interaktif, DnA menjadi wadah yang menampung para mahasiswa Telkom University yang berminat di bidang ilustrasi manga serta komik. Mereka juga senantiasa mengadakan event tahunan bernama DnA Fest.

Di Comicsphere, DnA akan menampilkan karya-karya para anggotanya. Hmm, penasaran nggak dengan karya para mahasiswa Telkom University?

Funco Comics

Komik Funco Strip. Sumber: Funco Comics

Komik Funco Strip. Sumber: Funco Comics

Sama seperti DnA, Funco Comics juga merupakan circle yang lahir dari lingkungan kampus. Circle yang merupakan bagian dari Komunitas DKV Unikom Bandung ini bisa jadi merupakan salah satu yang tertua karena usianya saat ini sudah 11 tahun!

Di samping merilis karya-karya anggotanya, Funco Comics juga punya judul komik bernama Funco Strip yang menceritakan kehidupan sehari-hari empat maskotnya: Gokil, Chibi, Gadunz, dan Blockers.

Baca Juga: Astra Jingga: Mecha Raksasa Bersilat Dalam Kearifan Lokal

Balon Kata

Balka-chan, maskot Balon Kata. Sumber: Balon Kata

Balka-chan, maskot Balon Kata. Sumber: Balon Kata

Last but not least, ada Balon Kata alias Balka yang merupakan penggagas acara Comicsphere! Balka merupakan sebuah UKM di Telkom University yang kegiatannya terfokus pada pembuatan judul-judul komik oleh para mahasiswa anggotanya. Balon Kata memiliki karakter maskot yang juga bernama Balka-chan.

Di Comicsphere, Balka akan memamerkan karya anggotanya, sekaligus mengatur jalannya acara Comicsphere! Keren, kan?


Itu dia beberapa circle Comicsphere dengan karya keren mereka yang bisa kamu datangi. Apa hanya sembilan itu saja? Pastinya nggak dong. Ada lebih dari 30 circle Comicsphere yang bisa kamu lihat-lihat karyanya. Tentunya karena keterbatasan tempat tidak semuanya bisa dijelaskan di sini. Tapi semuanya punya komik dan karya yang nggak kalah keren dengan 9 circle Comicsphere yang hadir dalam daftar ini.

Daftar circle Comicsphere. Sumber: Comicsphere

Daftar circle Comicsphere. Sumber: Comicsphere

Denah event Comicsphere. Sumber: Comicsphere

Denah event Comicsphere. Sumber: Comicsphere

Siapkan dirimu tanggal 1 Desember 2018 karena Comicsphere akan hadir di Spasial, Jl. Gudang Selatan no. 22B, Bandung 40113. See you there!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Kerja keras vs bakat

Kerja Keras vs Bakat, Siapa yang akan Menang? [Part 2]

Dari banyak riset yang dilakukan oleh banyak peneliti, kemampuan yang dianggap sebagai bakat ternyata juga didapatkan da.. more

(Sumber : CIAYO Comics)

Blue Serenade, Komik Romance Terbaru yang Bikin Baper

CIAYO Comics punya komik romance baru yang seru banget dan pastinya bisa jadi komik favorit bro sis, komik tersebut adal.. more

sumber: www.sideshowtoy.com

Batman Ninja, Manusia Kelelawar dalam Balutan Samurai

Batman Ninja merupakan film animasi terbaru Batman yang punya nuansa anime. Tidak biasanya DC melakukan hal seperti ini,.. more

00-d-jkt48

JKT48 Bubar? GM Melody Rombak JKT48 Seperti AKB0048

GM JKT48 Melody Nurramdhani memutuskan bahwa JKT48 bubar dan menggantinya dengan konsep baru. Meski radikal, ternyata ad.. more