EA Tidak Dapat Untung Sepeser Pun Dari A Way Out?

4 months ago

Nama EA selalu bersinonim dengan kata game buruk. Game yang mereka terbitkan biasanya selalu diperburuk oleh berbagai keputusan aneh. Namun dalam A Way Out, EA kelihatannya baru saja mengambil langkah yang sangat radikal.

Namun sebelumnya, apa sih A Way Out? Game ini diproduksi oleh pengembang indie Hazelight Studios, sebagai game pertama mereka. A Way Out merupakan sebuah game petualangan yang wajib dimainkan bersama teman secara online. Mengisahkan dua narapidana bernama Vincent dan Leo, para pemain harus bekerja sama nya untuk melarikan diri dari penjara.

Sosok di balik A Way Out adalah Josef Fares. Sebagai desainer dan produser game ini, Fares bertanggung jawab membentuk sistem inti yang menjadi nyawa game ini. Untungnya, ia punya pengalaman yang cukup untuk mewujudkan ambisinya. Sebelumnya Fares juga sukses dengan game co-op berjudul Brother: A Tale of Two Sons. Brother memiliki mekanika game yang unik, serta narasi yang berbobot. A Way Out pun digadang-gadang bakal mengulang kesuksesan Brother.

01-a-way-out

Sumber: Wccftech

Lalu, di manakah EA masuk? Ternyata, perusahaan game yang dikenal profit-oriented ini memboyong Hazelight dalam program EA Originals mereka. EA Originals merupakan program yang bertujuan membantu pengembang game kecil untuk mewujudkan game ideal mereka.

Kedengarannya program tersebut bagus, namun lain lagi jika EA yang mengusulkannya. Selama ini EA dikenal senantiasa mengacaukan game yang mereka rilis dengan menambahkan fitur-fitur yang tidak perlu. Microtransaction dan loot box dalam berbagai game besar mereka menjadi masalah yang disorot dalam beberapa tahun terakhir ini.

Apakah EA melakukan hal yang sama terhadap A Way Out? Ternyata jawabannya adalah tidak!

02-a-way-out

Sumber: pl4yreviews

Hal ini mulai diamati saat harga game A Way Out diumumkan. Di situs jual beli game Origin milik EA, game ini dijual seharga US$30 Dollar saja, atau sekitar 428 ribu Rupiah. Kamu bisa dapat harga yang sedikit lebih murah di Origin Singapura, yakni seharga $35 Dollar atau 381 ribu Rupiah. Belum ditambah diskon 10% jika kamu mendaftar Origin Access. Jumlah ini sudah tergolong cukup murah, kalau melihat harga game EA yang rata-rata bisa mencapai US$60-80 Dollar.

Kemudian, EA kembali mengejutkan gamer karena A Way Out bisa dimainkan tanpa harus memiliki gamenya! Jika seseorang memiliki gamenya, mereka bisa mengajak teman mereka untuk bermain bersama dengan fitur Friend Pass. Fares mengkonfirmasikan hal tersebut lewat akun Twitternya, dan menyebutkan gamer hanya perlu satu kopi gamenya saja untuk bisa bermain berdua.

03-a-way-out

Sumber: Extremetech

Namun yang paling mengejutkan, adalah fakta bahwa EA tidak mendapatkan sepeser pun keuntungan dari penjualan A Way Out! Dalam wawancara bersama Fares, ia menyebutkan bahwa EA mendukung penuh proses pengembangan game ini tanpa syarat apapun. “EA tidak mendapatkan satu dolar pun dari sini. Setiap uang yang masuk ditujukan kepada pengembang.”

Fares juga menambahkan bahwa EA memberikan kontrol penuh kepadanya dalam membuat A Way Out. “Mereka tidak menanyakan keputusan saya… jadi mereka sangat suportif sampai akhir. Bahkan dengan Friend Pass, mereka tidak mempermasalahkannya,” jelas Fares. Pernyataan Fares ini pun konsisten dalam setiap wawancara yang ia hadiri.

04-a-way-out

Sumber: Attack of the Fanboy

Fans dan gamer awalnya merasa skeptis. Soalnya, ini EA loh. Mereka terkenal memasukkan banyak microtransaction dalam game mereka, dari FIFA sampai Star Wars Battlefront 2. Mereka menjual DLC untuk The Sims 4 yang hanya bisa digunakan di dalam expansion pack yang membutuhkan game originalnya! Bersikap skeptis mungkin hanya jalan paling masuk akal. Siapa tahu EA menyembunyikan sesuatu di balik A Way Out. Entah dimana dan seperti apa.

Namun, mereka tidak menemukan hal demikian. A Way Out bisa dibeli dengan harga murah, Friend Pass bisa digunakan tanpa masalah, serta tidak ada hal-hal seperti microtransaction, loot box, dan konten setengah jadi karena harus dipotong DLC.

05-a-way-out

Sumber: Polygon

Tentunya hal ini patut diapresiasi, karena untuk satu kali ini saja EA berani untuk menahan diri dan tidak memaksakan ide aneh mereka. Di tengah rentetan ulasan untuk game EA yang medioker, A Way Out membawa angin segar karena berani menyajikan pengalaman bermain yang mengasyikkan dan apa adanya.

Tapi tentu saja semua ini tidak akan terjadi tanpa seorang Josef Fares. Dengan idealisme dan tingkah keras kepalanya, Josef Fares mampu menjadikan A Way Out sebuah game yang berkesan. Setiap keputusan yang ia ambil untuk game ini bukan sekedar demi ego atau tanpa alasan.

06-a-way-out

Sumber: HRK Game

“Saya harap (A Way Out) bisa menginspirasi game AAA lainnya untuk lebih meningkatkan cerita dan gameplay mereka,” harap Fares. “Saya harap kami bisa menunjukkan bahwa, kita bisa mengambil resiko dan juga sukses.”

Fares tidak menutupi fakta bahwa keputusannya terkait Friend Pass membuatnya sedikit merugi, namun ia tidak begitu peduli. “Saya suka mengambil resiko. Seperti soal Friend Pass ini, di awal orang berkata, ‘Ini beresiko, kan? Nanti kamu bakal rugi?’ Saya sendiri tidak peduli. Seperti itu visi saya, dan saya akan wujudkan itu.”

07 a way out

Sumber: GamesRadar

Kehadiran A Way Out patut didukung karena Fares dan timnya di Hazelight berani membuktikan bahwa para gamer nggak butuh hal-hal seperti DLC berbayar, microtranscation, dan loot box. Lewat game ini, Fares telah membuktikan bahwa gamer menginginkan game yang menyenangkan tanpa syarat dan ketentuan berlaku. Dan jika hal tersebut mampu dipenuhi, keuntungan pun akan datang dengan sendirinya tanpa harus dipaksakan lewat DLC dan microtransaction.

Harapannya ke depan adalah EA tidak melihat game ini sebagai “one-time gig” saja. Lewat kesuksesan A Way Out, mudah-mudahan EA mendapatkan “hidayah” untuk fokus memproduksi game itu sendiri, dan bukan cara memeras keuntungan saja.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-ingress-the-animation

Ingress The Animation Tayang Eksklusif di Netflix

Niantic Labs memastikan anime Ingress The Animation tayang serentak di Jepang lewat Fuji TV dan seluruh dunia melalui Ne.. more

00-d-playstation-vita

Sony Hentikan Produksi Cartridge Game PSVita

Dengan menurunnya produksi game Playstation Vita, Sony memutuskan untuk tidak membuat cartridge game PS Vita dan fokus k.. more

sumber: www.sideshowtoy.com

Batman Ninja, Manusia Kelelawar dalam Balutan Samurai

Batman Ninja merupakan film animasi terbaru Batman yang punya nuansa anime. Tidak biasanya DC melakukan hal seperti ini,.. more

Yogadanu: Di Balik Kesuksesan Soekirman, Mbok De dan Galaxin

Ga cuma pinter bikin cerita, tapi pria kelahiran Bogor ini memang pandai dalam mengelola Intellectual Property... more

ikkubaru & Dhira Bongs: Ciptakan Musik Berkesan Hingga Populer di Jepang

CIAYO Blog mewawancarai dua musisi indie yang terkenal di Bandung, yaitu ikkubaru dan Dhira Bongs, tentang showcase Ikku.. more