Acara Jejepangan ini Jadi Trending Topic Google dan Dihadiri Lebih Dari 300 Ribu Pengunjung

3 months ago
Ennichisai

Ennichisai 2019 memang telah berakhir. Acara Festival Jejepangan Tahunan ini memang selalu berhasil menarik perhatian para pengunjung. Acara yang diadakan di Litte Tokyo alias kawasan Blok M ini menjadi perhelatan kesepuluh kalinya dari Ennichisai. Apa saja sih kemeriahannya di tahun kesepuluh ini?

Kemeriahan Ennichisai Festival 2019

Berhasil dihadiri lebih dari 300 ribu pengunjung

DJ Tsukimomo
DJ Tsukimomo (Sumber: CIAYO Pictures)

Sebagai acara perhelatan festival jejepangan, Ennichisai memang berfokus pada stand/ bazaar kuliner Jepang dan produk yang berkaitan dengan kultur Jepang. Ennichisai memiliki 3 panggung utama dengan konten Tradional Culture, Pop/ Modern Culture dan Komunitas. Ada Street Performance juga seperti pawai Oiran Dochu, Mikoshi dan Dashi.

Selain itu, kamu tidak perlu takut untuk kehabisan uang karena membayar tiket. Ennichisai tidak dipungut biaya masuk. Acara ini terbuka untuk siapapun yang ingin datang dan berkunjung untuk menikmati acara. Gak heran kalau jumlah pengunjung selama 2 hari berturut-turut mencapai 310.000 orang berdasarkan website ennichisai blok m.

Sempat Menjadi Trending Topic Google

Ennichisai - Rei
Rei & Shion (Sumber: CIAYO Pictures)

Ennichisai mempunyai visi misi untuk mempromosikan Blok M dan Jakarta Selatan sebagai salah satu destinasi Pariwisata Indonesia yang nyaman dan bersahabat, membangun kerjasama yang kuat dalam bidang seni & kebudayaan antara Indonesia dan Jepang, serta menjadi momen tahunan untuk mempererat persahabatan antara dua warga negara.

Kemegahannya bahkan membuat semua orang ramai untuk membicarakannya. Sebagai salah satu event dengan usia penyelenggaraan yang tergolong sudah cukup panjang, Ennichisai bahkan berhasil menjadi trending topic di google! Gak heran, soalnya pada tahun 2019 ini, Ennichisai diadakan bertepatan dengan hari jadi Kota Jakarta ke-492.

Ennichisai dan Blok M Sudah Lekat Layaknya Saudara

Ennichisai Benton
Sumber: CIAYO Pictures

Mengusung suasana “Little Tokyo” yang sudah lekat dengan kawasan Blok M, perhelatan Ennichisai seolah telah berhasil menjadi magnet tersendiri bagi para penikmat jejepangan untuk datang ke acara ini.

Diadakan di dekat pusat kota, Ennichisai menghadirkan berbagai penampilan dan kebudayaan Jepang. Tahun ini, Ennichisai mengambil tema“Danketsu” atau “Unity”. Hal ini utnuk mengingat Ennichisai adalah sebuah acara yang mepersatukan kebudayaan dua negara dan tidak membeda-bedakan pengunjung yang hadir dalam Ennichisai, semua bersatu untuk menikmati kemeriahan. 

Terdapat banyak kios-kios yang berjualan makanan-minuman khas Jepang (kakigori, taiyaki, ramen, yakitori, dan masih banyak lagi), merchandise anime-game, figures, hingga kios permainan: YoYo Tsuri (mengambil balon yoyo), Shateki (game menembak berhadiah), hingga permainan seperti pinball menggunakan bola baseball yang bertujuan mengumpulkan point sebanyak-banyaknya dan berkesempatan memenangkan kaos Hanshin Tigers.

Bagaimana Nasib Ennichisai Tahun Depan?

Ennichisai-Booth CIAYO Tokyo
Booth CIAYO Tokyo (Sumber: CIAYO Pictures)

Kabar berhentinya penyelengaraan Ennichisai di Blok M tentu mengejutkan semua kalangan, termasuk para pengunjung yang datang ke event ini. Di tengah kemeriahan acara yang telah digelar selama 10 tahun ini, muncul kabar di mana tahun ini akan menjadi penyelenggaraan Ennichisai terakhir di Blok M.

Yap, kamu gak perlu takut karena Ennichisai memang tetap akan diadakan tahun depan. Perhelatan ini dipastikan akan tetap digelar pada tahun 2020 mendatang, namun di lokasi baru yang disebut-sebut akan lebih luas. Kabarnya hal ini juga disebabkan karena antusiasme masyarakat diluar jabodetabek yang tinggi. Banyak yang menginginkan acara Ennichisai hadir di kota mereka.

Bagi sebagian orang, terutama yang pengunjung setia Ennichisai, perpindahan Ennichisai memang akan terkesan berbeda. Mengikuti perkembangan acara ini dari tahun ke tahun di kawasan Blok M tentunya memiliki kenangan sendiri.

Acara yang dibuat sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk melakukan usaha dan tinggal bersama-sama di kawasan Blok M ini juga semakin lama bukan hanya untuk menyampaikan rasa terima kasih namun juga memajukan kawasan agar menjadi lebih nyaman untuk disinggahi dan  ditempati.

Kalau kamu, kira-kira lebih suka Ennichisai tetap di Blok M atau pindah? Yuk, tinggalkan komentar di bawah, ya!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

The Nun, awal dari berbagai bencana saga conjuring.

The nun siap untuk menghantui seluruh bioskop di seluruh dunia tanggal 7 September. Tapi sebelum dibuat ketakutan oleh f.. more

00-d-ingress-the-animation

Ingress The Animation Tayang Eksklusif di Netflix

Niantic Labs memastikan anime Ingress The Animation tayang serentak di Jepang lewat Fuji TV dan seluruh dunia melalui Ne.. more

WOW Komik

Breaking News: WOW Komik dan CIAYO Comics Berkolaborasi Bikin Komik Baru!

Kami baru mendapat kabar bahwa penerbit komik ternama kota Bandung, WOW Komik sudah mengonfirmasi akan berkolaborasi den.. more

The Kasuaris – Episode 5: Kejutan Klub Malam

Surprise, surprise! Jujur gw belum tahu si Valen ini mau ke mana, kita masih di jalan bebas hambatan menuju daerah Jakar.. more

spider-man: far from home

3 Petunjuk Spider-Man: Far From Home Terjadi Setelah Avengers: Endgame

Trailer Spider-Man: Far From Home muncul dan fans bingung apakah film ini bersetting setelah Avengers: Endgame. Ini bebe.. more