Ada Wong, Si Seksi Penakluk Zombie & Leon Kennedy yang Juga Sukses Menaklukkan Hati Para Gamers

8 months ago
Ada Wong Resident Evil 6 (sumber: tokkoro)

Mungkin, tidak pernah terbesit sama sekali di benak (alm) Noboru Sugimura kalau karakter Ada Wong yang diciptakannya, bakalan menjadi salah satu karakter terfavorit gamers sepanjang masa.

Dan kalau boleh jujur disini, kita-kita yang pernah memainkan RE, awalnya mungkin juga tidak menyangka kalau kita bakalan jatuh hati dengan karakter yang pertama kali diperkenalkan di Resident Evil 2 (1998) ini.

Pasalnya, ketika kita pertama kali berkenalan dengannya, Ada hanyalah supporting character terhadap skenario si Polisi rookie top yang juga sekaligus calon love-interest-nya, Leon S. Kennedy.

Dan umumnya memang, jarang sekali bagi gamers yang bisa langsung jatuh hati dengan karakter yang bukan karakter utama. Tapi nyatanya, pernyataan tersebut tidak berlaku sama sekali terhadap sosok Ada.

Melihat kenyataan ini, maka gak heran apabila developer franchise RE, Capcom, pasca RE 2, berusaha semaksimal mungkin untuk menyertakan dirinya baik di game-game RE berikutnya, maupun di berbagai adaptasi film animasi 3D RE.

Ada Wong di film animasi 3-D RE, Resident Evil Damnation (sumber: movieweb)

Ada Wong di film animasi 3-D RE, Resident Evil Damnation (sumber: movieweb)

Melihat fakta tersebut, tak pelak kitapun menjadi bertanya-tanya kembali, “Sebenarnya apa sih yang menjadikan sosok Ada begitu spesial di mata gamers ?”

Ada lumayan banyak disini faktor-faktornya.  Pertama penampilannya yang menggoda. Kalian para pria ngaku saja deh. Pastinya suka gemas sendiri bukan ketika melihat wajahnya yang manis itu? Belum lagi, bentuk badannya yang seksi banget. Udah deh, makin gak kuat aja. Hehe.

Kedua, Ada bisa dibilang sangat badass ketika sedang melakukan aksinya. Kita bisa lihat sendiri bukan di setiap game RE yang memunculkannya? Dengan memanfaatkan kelincahan sekaligus kelenturan gerakan tubuhnya, setiap tembakan atau pukulan yang ia daratkan ke zombie-zombie jelek itu, benar-benar terlihat garang.

Belum lagi terkadang, kegarangan aksinya ini ditampilkannya dengan hanya menggunakan senjata tembakan panah (bow gun) serta senjata pengkait (grappling gun) yang memungkinkannya untuk bisa berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi lain.

Pokoknya Ada benar-benar merupakan definisi dari sosok wanita yang Femme Fatale!

Ada Wong di Resident Evil 2 (sumber: residentevil.net)

Ada Wong di Resident Evil 2 (sumber: residentevil.net)

Faktor ketiga serta sekaligus yang membuat sosok wanita keturunan Tionghoa ini begitu disukai adalah perangai serta karakteristiknya yang sangat misterius dan kompleks.

Kedua karakteristik inilah, yang bisa dibilang menjadi poin utama yang langsung membuat seluruh gamers dan fans RE makin penasaran dan makin jatuh hati kepadanya. Ya siapa sih yang gak tertarik dengan sosok wanita yang susah ditebak ya gak bro ?

Nah, kedua karakteristik tersebut sudah diperlihatkannya sejak di RE 2. Spesifiknya di penampilan perdananya tersebut, Ada sukses meyakinkan Leon dan kita semua, bahwa alasan dirinya masih berlalu-lalang di Racoon City yang sudah dikuasai oleh pasukan zombie adalah karena dirinya ingin mencari tunangan prianya yang hilang.

Akan tetapi pada kenyataannya alasan ini hanyalah merupakan sebuah kamuflase. Usust punya usut, ternyata Ada memiliki agenda lain. Dia dipekerjakan sebagai mata-mata oleh rival perusahaan Umbrella untuk mencuri sampel G-Virus.

Dan ketika kita sudah merasa yakin bahwa Ada adalah sosok yang licik dan jahat, menjelang akhir game, secara mengejutkan dia menolong Leon dari serangan istri sekaligus ibu dari jagoan di RE 6, Sherry Birkin, Annette Birkin. Alhasil, hal inipun langsung membuat kita jadi penasaran sendiri. Apakah Ada sosok antagonis atau protagonis ?

Ada Wong Resident Evil 4 (sumber: Project Umbrella)

Ada Wong Resident Evil 4 (sumber: Project Umbrella)

Rasa penasaran tersebut pun berlanjut ketika Resident Evil 4 dirilis di tahun 2005. Awalnya, kita menyangka bahwa Ada pergi ke wilayah Spanyol yang juga didatangi oleh Leon, karena dia ingin membantu mantan Polisi Racoon City Police Department (R.C.P.D) tersebut.

Dan memang sepanjang permainan, dia diperlihatkan banyak membantu sosok pria yang membuatnya makin kompleks tersebut. Akan tetapi, lagi-lagi diketahui di tengah permainan (dan dijelaskan lebih rinci di skenario spesialnya), alasan sebenarnya Ada berada di wilayah yang sama seperti Leon adalah untuk mendapatkan sampel mahluk parasit Plaga.

Ada Wong yang selalu kompleks dan selalu membantu Leon S Kennedy (sumber: Resident Evil Wiki)

Ada Wong yang selalu kompleks dan selalu membantu Leon S Kennedy (sumber: Resident Evil Wiki)

Parahnya sosok yang menugaskan Ada untuk menjalankan misi tersebut, tidak lain dan tidak bukan ialah sosok villain sekaligus musuh bebuyutan jagoan ikonik RE, Chris Redfield, Albert Wesker.

Namun seperti yang dikatakan tadi, Ada makin membuat kita bingung dengan tindakannya yang lebih sering menolong Leon ketimbang berkonsentrasi penuh untuk menjalankan misi yang diberikan.

Dan di Resident Evil 6 (2012), terlepas terlihat memperlihatkan sifat-sifat protagonis, tetap saja, dirinya masih menampilkan sifat khas-nya yang kompleks dan ambigu tersebut.

Ada Wong & Leon S Kennedy (sumber: 1ZOOM.me)

Ada Wong & Leon S Kennedy (sumber: 1ZOOM.me)

Keambiguan sifatnya serta tindakannya yang kerap menolong Leon inilah yang akhirnya sekali lagi, tidak hanya membuat gamers dan fans makin cinta, namun tentunya yang ditolong tersebut juga makin penasaran dan tertarik dengan wanita yang hobi mengenakan baju berwarna merah ini.

Namun bedanya, tidak seperti kita yang terang-terangan, mantan partner Claire Redfield di RE 2 ini, sama seperti Ada, jugalah kompleks banget untuk mengungkapkan perasaan ketertarikannya tersebut terhadap sosok wanita yang sudah berkali-kali membantunya ini.

Alhasil, hubungan kompleks nan ambigu antara Leon & Ada inipun, semakin membuat fans dan gamers semakin gregetan saja dengan kedua karakter ini terutama sekali lagi, Ada.

Dan tidak dipungkiri, bahwa memang hingga kini, masih banyak fans yang ingin terus menyaksikan hubungan penuh ambigu keduanya berlanjut di seri-seri RE mendatang. Apakah mungkin keinginan tersebut nantinya dapat terealisasikan? Well, we’ll see bro sis.

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

app ciayo comics

App CIAYO Comics Versi Terbaru Punya Fitur Ala Medsos!

Baca komik di app CIAYO Comics kini jadi semakin nyaman. Sekarang ada fitur cek jadwal terbit komik serta notifikasi kom.. more

Sumber: news.nike.com

Kolaborasi Nike dan Playstation Hadirkan Sepatu Edisi Terbatas yang Super Keren

Nike memang merupakan merek sepatu dan perlengkapan olahraga yang tidak pernah takut dalam berekperimen terhadap produk-.. more

Zero Cosplay Indonesia

Zero Cosplay Indonesia, Jagonya Cosplayer Jakarta

Nama komunitasnya Zero Cosplay Indonesia. Seru juga tuh bahas tentang komunitas cosplay yang aktif dan cukup eksis di Ja.. more

CHIPS Membasmi Monster di Google Play Indonesia Games Contest 2017

Mau tau keseruan apa aja saat tim CIAYO Games menempati salah satu booth di The Warehouse, Plaza Indonesia? Yuk disimak!.. more

00-daisuki-d

Nostalgia Anime 90-an di Daisuki! Japan Festival 2018

Daisuki! Japan Festival 2018 adalah event Jejepangan yang bisa membangkitkan rasa nostalgia kamu dengan anime 90-an!.. more