Perjalanan Agate di Kancah Industri Game Melalui Valthirian Arc

5 months ago
00-d-valthirian-arc-story

Perilisan Valthirian Arc: Hero School Story sesungguhnya bukan sekadar peluncuran game biasa untuk Agate. Melalui game ini, Agate mencapai batu loncatan pertumbuhan lainnya. Selain menjadi judul pertama yang rilis untuk game konsol, Valthirian Arc juga didapuk sebagai game konsol pertama ciptaan anak bangsa yang didistribusikan dalam cetakan disk fisik untuk PlayStation 4. Agate mencapai titik tersebut berkat kerja sama dengan perusahaan publikasi game berbasis Inggris, PQube. Melalui PQube, seri teranyar game ini pun didistribusikan secara global.

Sumber: Siliconera

Sumber: Siliconera

Seri Valthirian Arc berawal dari proyek kecil antara Agate dan Lucidrine (yang kemudian bergabung secara utuh dengan Agate) di masa awal pembentukan Agate sebagai sebuah perusahaan game. Saat seri pertamanya dirilis, game ini sama sekali berbeda dengan seri Valthirian Arc: Hero School Story yang beberapa waktu lalu dirilis secara global. Pada masa itu, game ini dikembangkan dalam bentuk game flash yang dapat dimainkan dengan gratis di Kongregate. Namun, melalui seri pertama tersebut, Valthirian Arc perlahan mengumpulkan basis penggemarnya.

Dari popularitas tersebut, Agate memutuskan untuk menciptakan sekuelnya, Valthirian Arc 2. Kini, Agate kembali lagi dengan salah satu judul ikoniknya, Valthirian Arc, tetapi dengan lompatan pengembangan yang cukup jauh, baik dari segi teknologi, ilustrasi, dan mekanisme gamenya.

Sumber: Siliconera

Sumber: Siliconera

Melalui sebuah wawancara dengan beberapa kru Agate yang terlibat dalam pengembangan game Valthirian Arc: Hero School Story, mereka mengisahkan lika-liku pengembangannya. Dari masa pembuatan konsep dan perencanaan awal, hingga banyaknya revisi di titik-titik akhir pengembangan agar dapat memenuhi standar dan ketentuan Nintendo dan PlayStation.

Namun, perjuangan tersebut perlahan memberikan hasil. Respons yang memuaskan datang bertubi-tubi dari para pemain—mereka yang mengikuti seri game ini dan mereka yang baru memainkannya. Tidak hanya itu, Valthirian Arc: Hero School Story juga menduduki posisi kedua terpopuler untuk kategori New Game Release di Steam regional Inggris. Tentunya hal ini menjadi buah yang sangat manis bagi seluruh tim developer yang terlibat, juga sebuah kebanggaan bagi Agate.

Baca Juga: Baru Dirilis, Valthirian Arc Berjaya di Tangga Game Steam Inggris!

Valthirian Arc menduduki peringkat 2 new release Steam Inggris. (Sumber: Agate)

Valthirian Arc menduduki peringkat 2 new release Steam Inggris. (Sumber: Agate)

Dengan suka cita yang sedemikian melimpahnya berkat keberhasilan Valthirian Arc: Hero School Story, hal ini menjadi titik perjalanan Agate lainnya untuk tidak pernah berhenti berkembang. Perjalanan Agate diharapkan menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan game lokal lainnya, karena Agate juga dimulai dari sebuah mimpi yang tertuang melalui sebuah inisiatif, #PemudaMeraihMimpi. Agate berharap agar inisiatif  ini tak hanya mengobarkan kembali api kreativitas anak muda, tetapi juga dapat menjadi langkah awal untuk membantu perkembangan industri gane di Indonesia.

Tentang Agate

Agate, di bawah PT Agate International, adalah perusahaan dan studio pengembang game yang didirikan pada 2009 dan berbasis di Bandung. PT Agate International memiliki dua bisnis utama, yakni pengembangan game di bawah Agate dan pengembangan gamification dan solusi pembelajaran di bawah Agate Level Up, serta sebuah subsidiary yang bergerak di bidang periklanan digital, Seruni. Selama sembilan tahun perjalanan, Agate telah memiliki lebih dari 170 crew, 250 judul game yang menjangkau 5 juta pemain di seluruh dunia, serta lebih dari 20 penghargaan, baik dari dalam dan luar negeri. Perkembangan yang pesat ini telah mengukuhkan Agate sebagai salah satu perusahaan game local terstabil dan terdepan di Indonesia. Dengan motto “Live the Fun Way”, Agate berkeyakinan bahwa kehidupan akan lebih baik ketika kebahagiaan hadir di sana. Dan game, adalah salah satu sarana untuk mencapai kegembiraan tersebut. Informasi lengkap dan terkini mengenai Agate dapat dilihat di www.agate.id.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

(Sumber: youtube)

Gaming Dengan Home Console vs Gaming Dengan PC, Pilih yang Mana?

Video game dulu berfungsi sebagai permainan hiburan di pusat perbelanjaan / keramaian. Yang sukses besar pada masanya ad.. more

Aktor dengan reputasi multi peran Shun Oguri. Sumber gambar: aosora.info

Shun Oguri: Aktor Ganteng Multi Peran Asal Jepang

Untuk penggemar film maupun drama televisi Jepang (alias J-Dorama) sepertinya nama “Shun Oguri” sudah tidak asing la.. more

Sumber: Toys Frontier 2019

Toys Frontier 2019 Dihadiri 80 Ribu Pengunjung

Toys Frontier 2019, pameran mainan dan pop culture oleh JTOKU Indonesia sukses digelar. Lebih dari 80 ribu pengunjung me.. more

Sumber gambar: himi.wpblog.jp

[Museum Ninja Hattori] Kampung Halaman Pencipta Ninja Hattori Kini Jadi Pusat Wisata!

Jadi mangaka “Fujiko Fujio” adalah sebuah team yang terdiri dari dua orang berbeda dan menghasilkan karya-karya yang.. more

(Sumber: zimbio.com)

Memperingati 20 Tahun Anniversary Harry Potter

Tepat 31 Juli lalu, penulis terkenal JK. Rowling baru aja merayakan ulang tahunnya yang ke 52 tahun. Ulang tahunnya bers.. more