Agent Carter Keren, Tapi Kurang Digubris Oleh Fans MCU. Kenapa?

6 months ago

Kalau boleh saya fun sharing, walaupun menyukai hal-hal yang berbau 80 dan 90an, tapi pada dasarnya saya lebih nge-fans dengan hal-hal yang berbau lebih lama dari dua dekade emas tersebut. Spesifiknya, 30an hingga 60an terlebih, 30-50an.

Berdasarkan fakta tersebut, maka gak heran kalau dari seluruh film-film dunia sinematik Marvel (MCU) sejauh ini, yang benar-benar merupakan favorit saya adalah Captain America: The First Avenger (2011). Melihat setting negara Amerika Serikat tahun 1940an di film pertama Captain America tersebut, membuat saya serasa seperti anak kecil yang sedang berada di dalam toko permen.

Pasca menyaksikan film yang dibintangi oleh Chris Evans tersebut, saya pun bergumam sendiri. “Apakah mungkin di film-film MCU berikutnya nanti, latar 40an ini ditampilkan lagi walau hanya seklumit saja (flashback)?”

Harapan saya pun terkabul. Namun, alih-alih film penuh, latar 40an MCU ditampilkan melalui film pendek  yang berjudul: Agent Carter (2013).

Marvel One-Shot: Agent Carter (sumber: Hollywood Reporter)

Marvel One-Shot: Agent Carter (sumber: Hollywood Reporter)

Sesuai judulnya, film pendek ini mengisahkan kehidupan mantan kekasih Steve Rogers (Evans), Peggy Carter (Hayley Atwell) pasca menghilangnya Rogers setahun sebelumnya. Dan bisa ditebak, walau filmnya hanya 15 menit, saya benar-benar bagaikan di surga.

Kenyataannya film pendek ini memang keren. Terbukti, banyak juga fans MCU lain yang juga menyukai film pendek ini. Atas apreasiasi super baik yang diterima, gak heran apabila pihak MCU kemudian berinisiatif untuk menceritakan hari demi hari kehidupan Peggy pasca film The First Avenger dan film pendek ini. Alhasil, Agent Carter pun dijadikan seri televisi yang ditayangkan perdana di stasiun televisi ABC pada tanggal 6 Januari 2015.

Marvel’s Agent Carter (sumber: Den of Geek)

Marvel’s Agent Carter (sumber: Den of Geek)

Ketika ditayangkan, secara obyektif bisa saya katakan kalau musim pertama Marvel’s Agent Carter adalah seri yang cukup asyik untuk disaksikan. Dan salah satu faktor yang membuat musim pertamanya ini cukup baik, adalah dikarenakan penampilan Atwell yang sangat seksi dan badass sebagai sosok mata-mata wanita zaman Perang Dunia 2 tersebut.

Selain itu juga, seri ini juga sukses menarik perhatian dengan menunjukkan elemen-elemen kecil tapi sangat vital di rana MCU seperti:

S.S R (Strategic Scientific Reserve) yang basically adalah cikal bakal dari organisasi S.H.I.E.L.D, Pelayan setia Howard Stark (Dominic Cooper) Edwin Jarvis (James D’Arcy) yang nantinya akan menjadi inspirasi Iron Man (Robert Downey Jr.), Program Black Widow dan Winter Soldier, bahkan dimensi gelap (Darkforce) yang berhubungan erat dengan film Doctor Strange (2016).

Sayangnya hampir sebagain besar  fans MCU, kritikus dan beberapa media, seakan tidak menggubris seri ini, yang akhirnya membuat Marvel’s Agent Carter berjuang sangat keras di tangga persaingan rating program televisi.

Marvel’s Agent Carter Season 2 (sumber: Buddy TV)

Marvel’s Agent Carter Season 2 (sumber: Buddy TV)

Saking kerasnya perjuangan, sampai-sampai membuat jeda antara musim pertama dan keduanya berjarak satu tahun. Padahal pada umumnya, jarak antara dua musimn program TV, hanyalah terpaut 5-6 bulan saja.

Dan ketika musim keduanya akhirnya tayang di tanggal 19 Januari 2016, mirisnya, resepsi general yang cuek dan negatif tersebut terjadi lagi. Alhasil, pihak Marvel pun memutuskan untuk menghentikan saja seluruh seri ini.

Kemungkinan besar hal  ini dikarenakan karakter Peggy itu sendiri. Eits, jangan salah. Baik karakter Peggy maupun Hayley adalah sosok aktris dan karakter yang sangat keren.

Namun masalah lebih menjurus kepada keputusan Marvel yang lebih memilih untuk menyorot kehidupan Peggy ketimbang karakter pendukung Captain America penting lainnya seperti Bucky Barnes (Sebastian Stan) atau Howard Stark.

Peggy Carter & Howard Stark (sumber: Screener TV)

Peggy Carter & Howard Stark (sumber: Screener TV)

Karakter Peggy bisa dibilang tidak terlalu dianggap penting value-nya oleh sebagian besar fans MCU terutama fans di negeri kita. Hal ini dikarenakan, Bucky atau Howard dianggap jauh lebih memiliki value yang lebih signifikan.

Pastinya banyak dari kita yang lebih kepingin menyaksikan seri yang menyorot kehidupan Bucky pasca terjatuh dari kereta di The First Avenger yang kemudian nantinya, dicuci otak oleh HYDRA menjadi The Winter Soldier, ketimbang menyaksikan drama move-on Peggy setelah ditinggal oleh Steve bukan?

Berdasarkan pernyataan tersebut, maka gak heran apabila fans dan audiens langsung “check-out” ketika mengetahui bahwa Marvel, lebih memilih untuk memproduksi seri yang menyorot kehidupan Peggy ketimbang salah satu dari dua karakter tersebut. Ini cuma pendapat saya saja.

Hayley Atwell sebagai Peggy Carter (sumber: VODzilla)

Hayley Atwell sebagai Peggy Carter (sumber: VODzilla)

Terlepas mungkin seri yang lebih menyorot Howard atau Bucky adalah yang semestinya harus diproduksi, namun toh dengan diproduksinya Agent Carter, kita menjadi tahu bagaimana awal mula pembentukan organisasi yang dikepalai oleh Nick Fury (Samuel L. Jackson) tersebut.

Selain itu, kita jadi bisa belajar mengenai tampilan, kehidupan sekaligus trend warga Amrik di era 40an. Dan yang paling terpenting, kita akhirnya  bisa mengetahui bahwa seorang Hayley Atwell, memanglah merupakan sosok aktris wanita yang tidak main-main.

Namun apakah ke depannya akan ada stasiun televisi atau layanan online streaming yang mau berbaik hati memberikan kesempatan ketiga terhadap seri ini? Well, let’s just wait & see.

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

00-d-world-of-warcraft

Gold di Game World of Warcraft Nilainya 7 Kali Lipat Uang Venezuela!

Krisis moneter di Venezuela semakin memprihatinkan. Hiperinflasi menyerang mata uang Bolivar sampai-sampai mata uang Wor.. more

00-d-conjuring

Pantaskah Serial Horor Conjuring Dibuat Cinematic Universe-nya?

Mulai dari The Conjuring sampai Annabelle, film-film horor ini saling berhubungan dalam satu dunia yang sama. Pertanyaan.. more

8 Film Terbaik Josh Brolin Selain Avengers: Infinity War

Nama Josh Brolin memang sedang hangat diperbincangkan saat ini. Ini terjadi karena ia berhasil memerankan karakter Villa.. more

Sumber: ablwang.com

Randoseru: Tas Punggung Anak SD Jepang Yang Ikonik

Kalau bro sis sering nonton anime yang ada karakter anak SD di dalamnya, besar kemungkinan kalau bro sis pernah melihat .. more

Little Smile: Sebuah Komik Tentang Dilema Keluarga Jaman Sekarang

Bro sis ada yang uda pernah baca komik berjudul “Little Smile” ? Komik one shot menyentuh hati ini sempat viral di m.. more