Ahli Statistik Manga Mengungkapkan Apa yang Didambakan Pembaca Manga Wanita

2 years ago
Adegan percintaan di manga tipe shōjo (nicollzg.wordpress.com)
Midori Makita (animenewsnetwork.com)

Midori Makita (animenewsnetwork.com)

Midori Makita adalah seorang ahli statistik dan pecinta manga. Maka ia menggabungkan dua hal tersebut menjadi sebuah penelitian tentang analisis tema dan karakter manga yang disukai oleh pembaca manga wanita. Setelah menganalisis 356 manga (total 12.580 halaman) shōjo dan josei yang terbit pada tahun 2016, Midori Makita menerbitkan hasilnya pada dōjinshi Ren’ai Tōkei (The Statistic of Romance). Inilah hasilnya:

Pasangan Protagonis adalah Pria ‘Berkualitas’

Karakter manga berkualitas (pinterest.com)

Karakter manga berkualitas (pinterest.com)

Yang dimaksud berkualitas adalah pria yang mempunyai banyak talenta, ganteng, dan terkenal. Sebanyak 55% pria idaman di majalah remaja adalah pria bertalenta, sama seperti pria di 54% manga anak-anak dan 35% di manga biasa.

Wanita Juga Suka Protagonis Wanita yang Mempunyai Masalah Pribadi

inferiority complex pada protagonis wanita (simplytaylorrae.com)

inferiority complex pada protagonis wanita (simplytaylorrae.com)

Seperti di dunia nyata, protagonis wanita kita juga sering terbebani oleh berbagai masalah seperti: mereka tidak terlalu rajin dalam bekerja, terbebani oleh orangtua, miskin, gendut, atau juga kurang rasa percaya diri. Midori berpendapat bahwa karakter utama wanita yang mempunyai masalah tersebut adalah refleksi dari kejadian yang selalu terjadi di masyarakat jaman sekarang. Jadi biasanya, pria di manga yang disukai pembaca wanita selalu memuji protagonis (“Kamu Cantik” atau “Aku Cinta Kamu”), karena “pujian dari seorang lelaki pujaan membuat wanita merasa diterima oleh lingkungan sekitar”, kata Midori.

Pria yang Aktif dalam Mengungkapkan Rasa Sukanya adalah Idaman Para Wanita

kabe-don (khiki-khuki.blogspot.co.id)

kabe-don (khiki-khuki.blogspot.co.id)

Pada kebanyakan manga, protagonis wanita selalu menunggu pria idamannya menunjukkan rasa cintanya, seperti yang digambarkan pada 93% manga dewasa, 89% manga remaja, 82% manga anak-anak, dan 76% manga biasa. Pada manga-manga tersebut, 44-81% lelaki juga selalu memeluk wanita duluan, dibanding 12-24% manga di mana wanita memeluk laki-laki duluan. Wanita juga menyukai adegan kabe-don, yaitu laki-laki yang menekan protagonis wanita ke dinding. Adegan ini menunjukkan bahwa protagonis itu benar-benar diperhatikan, atau dicintai.

Jadi itulah hal-hal di dalam manga shōjo dan josei yang disukai oleh pembaca wanita. Kamu setuju nggak?

Hai Bro & Sis, kalian bisa baca manga Bahasa Indonesia di situs komik Indonesia yaitu di CIAYO Comics. Komik di CIAYO ini adalah komik Indonesia dimana kalian bisa baca komik online gratis disini. Ada banyak jenis komik yang bisa kalian baca disini, salah satunya adalah baca komik manga Bahasa Indonesia.

Have a great day Bro & Sis !!!

About Author

Andreas

Andreas

A guy from Surabaya who dislike travel but ironically been to a lot of places. dead-serious about movies, games and comics but lackadaisical to heavy-duty matters. Non-picky eater but exceptionally hated cucumbers. The writer of The Flying Cow comics.

Comments

Most
Popular

Tiada Thanksgiving Day tanpa kalkun panggang. Sumber gambar: huffpost.com

Tradisi Kalkun Panggang Di Thanksgiving, Kenapa Harus Kalkun?

Kenapa harus kalkun? Ada kisah dibaliknya, bro sis... more

RPGfan

Games RPG Seru: Tokyo Xanadu eX+

Buat Kamu pecinta games dan mengaku gamers sejati, pasti udah gak asing sama game Tokyo Xanadu Ps Vita! Versi terbaru da.. more

Sumber gambar: xseedgames.com

Kenalan dengan Senran Kagura, Game Ninja Seksi yang Populer!

Hingga Agustus 2017, game-game Senran Kagura sudah terjual lebih dari 1.65 juta unit di seluruh dunia. Lumayan laris ‘.. more

00-d-film-terbaru-bulan-agustus-2018

Film Terbaru Bulan Agustus 2018 Sajikan Genre Lengkap! Ada Iko Uwais Juga!

Film terbaru bulan Agustus 2018 menampilkan berbagai macam genre cerita yang bisa memuaskan kamu. Salah satunya ada film.. more

Anime 90an yang layak di-live action-kan. Sumber gambar: downthetubes.net

Hollywood Seharusnya Membuat Film Dari Manga 80-90an Ini

Padahal jika Hollywood mau melihat agak jauh ke belakang, ada banyak manga atau anime yang cocok menggunakan aktor berku.. more