Akhir Balada Tuntutan Hukum Lindsay Lohan Pada Game GTA V?

2 years ago
(Sumber gambar: Take-Two Interactive / GTA V)

Oleh: @HarryRezqiano

Lindsay Lohan. Seorang artis film, penyanyi dan pebisnis entertainment terkenal.

Lindsay Lohan. (Sumber gambar: StyleCaster)

Lindsay Lohan. (Sumber gambar: StyleCaster)

Grand Theft Auto 5 / GTA V. Judul terbaru dari franchise game terkemuka “Grand Theft Auto”.

GTA V. (Sumber gambar: YouTube)

GTA V. (Sumber gambar: YouTube)

Secara sekilas tidak terlihat ada hubungannya antara Lindsay Lohan dengan GTA series. Tapi belakangan jadi ada. Dan dalam lingkup tuntutan hukum pula. Ini terjadi saat Lindsay Lohan mengajukan tuntutan hukum atau lawsuit kepada publisher game “GTA V / Grand Theft Auto 5” beberapa waktu yang lalu.

Lindsay Lohan mengajukan lawsuit kepada Take-Two Interactive, sebagai pemilik IP GTA V, karena diduga telah menggunakan citra dan kemiripan akan dirinya tanpa ijin ke dalam game GTA V. Kemiripan tersebut ada pada salah satu karakter perempuan bernama “Lacey Jonas”, yang di-klaim oleh Lohan merupakan personifikasi dirinya di dalam game tersebut.

Jadi headline CNN. (Sumber gambar: CNN)

Jadi headline CNN. (Sumber gambar: CNN)

Lohan mengajukan tuntutan hukum tersebut sejak tahun 2014. Lawsuit itu menjadi headline dan sirkus tabloid dimana-mana. Gak hanya itu, bahkan hal ini juga menjadi pembicaraan tidak hanya di kalangan gamers tapi juga selebritis di luar dunia game.

Jelas ada yang pro dan kontra dengan tuntutan hukum tadi. Yang kontra salah satunya, tentu saja, Take-Two Interactive yang menuding Lindsay Lohan memanfaatkan situasi itu sebagai ‘publicity stunt’ agar dirinya tetap eksis jadi bahan berita dan pembicaraan. Sesuatu yang tentu saja dibantah keras oleh pihak Lindsay Lohan.

Tapi jalan Lohan ternyata tidak semulus yang mungkin dia duga.

Kasusnya dimentahkan oleh pengadilan di tahun 2016. Sesuatu yang lumayan mengejutkan, mengingat statusnya sebagai public figure terkenal. Keputusan tersebut di ambil oleh panel hakim dari New York Supreme Court. Alasan utamanya adalah “karakterisasi Lacey Jonas di video game Grand Theft Auto V adalah satirisasi dan perwakilan dari gaya, penampilan dan personifikasi dari banyak wanita muda, modern dan yang senang ke pantai serta tidak dapat dianggap mewakili satu karakter khusus”.

Keputusan itu diambil oleh dewan panel hakim yang terdiri dari tujuh orang anggota (satu hakim tidak berpartisipasi dalam memberikan keputusan).

Secara teori dan hak konstitusionalnya, Lindsay Lohan dapat melakukan banding atas keputusan New York Supreme Court tadi ke institusi pengadilan tertinggi di Amerika Serikat, yaitu U.S. Supreme Court (kira-kira seperti Mahkamah Agung jika di Republik Indonesia). Tapi itu akan memakan waktu, tenaga dan uang lebih banyak lagi dari yang sudah kedua belah pihak keluarkan selama ini. Belum jelas langkah hukum apa yang akan diambil oleh Lohan atas keputusan New York Supreme Court atas lawsuit-nya pada Take-Two Interactive sebagai pemilik IP GTA V.

Karakter Lacey Jonas sendiri bukanlah karakter utama/penting/berpengaruh di dalam game GTA V. Dia hanya muncul di event random bertajuk “Escape Paparazzi”. Karakter ini, sialnya, memiliki beberapa persamaan (baik penampilan fisik maupun latar belakang kisah) dengan Lindsay Lohan. Seperti body seksi, rambut panjang blonde, dan merupakan objek favorit di media tabloid.

Take-Two Interactive membantah kalau penciptaan karakter Lacey Jonas berdasarkan sosok Lindsay Lohan dan menganggap persamaan diantara keduanya merupakan hal yang kebetulan saja. Sesuatu yang menurut Lindsay Lohan merupakan kebohongan.

Jadi perdebatan online. (Sumber gambar: EbaumsWorld)

Jadi perdebatan online. (Sumber gambar: EbaumsWorld)

Jika gambar karakter Lacey Jonas dan Lindsay Lohan dibandingkan side-by-side sepertinya klaim Lohan sedikit ada benarnya. Tapi argumen Take-Two Interactive, dan juga putusan New York Supreme Court, juga punya bobot yang sama. Situasi memang lumayan sulit untuk dinilai.

Fans Lindsay Lohan tentu akan ber-argumen kalau karakter di GTA V tadi memang sangat mirip Lindsay Lohan. Tapi tidak sedikit gamers GTA V yang setuju dengan Take-Two dan putusan pengadilan yang membantah klaim Lindsay Lohan akan karakter Lacey Jones dengan argumen “siapa saja yang seksi dan blonde bisa jadi Lacey Jonas”.

Mirip? Tidak mirip? Membingungkan! Gambar sudut kanan atas adalah pemain poker professional Lacey Jones; yang tidak menuntut Take-Two Interactive. (Sumber gambar: AOL)

Mirip? Tidak mirip? Membingungkan! Gambar sudut kanan atas adalah pemain poker professional Lacey Jones; yang tidak menuntut Take-Two Interactive. (Sumber gambar: AOL)

Apakah Lohan perlu meneruskan kasus ini ke jenjang tertinggi pengadilan Amerika Serikat?

Menurut saya tidak ada gunanya. Kalaupun yang dia kejar adalah publisitas, Lohan sudah mendapatkannya sejak hari pertama dia mengajukan tuntutan hukum tadi.

Tapi kalau yang dia kejar adalah ‘percikan dari profit penjualan game GTA V’ (yang berjumlah lebih dari US$1.8 Milyar hanya dari tiga hari penjualan perdananya saja), maka saya rasa dia harus terus mencoba.

Menghasilkan laba lebih dari US$1.8 Milyar dalam tiga hari. (Sumber gambar: Anygenerators)

Menghasilkan laba lebih dari US$1.8 Milyar dalam tiga hari. (Sumber gambar: Anygenerators)

Namun Lindsay Lohan tentu tahu kalau terkadang lawsuit seperti ini not worth it karena uang dan waktu yang diperlukan bisa dialokasikan untuk hal yang lebih pasti. Seperti misalnya film baru, lagu baru atau investasi lain. Jauh lebih profitable kan?

Tapi hey… Saya bukan Lindsay Lohan. Her life, her rules.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

STRAPSxCollaboration

Ada CHIPS di STRAPS x Collaboration, Yanto Chou “Kami Hanya Mau Collab dengan Local Brand”

Masih ingat dengan si bebek pisang jagoannya CIAYO Comics? Setelah muncul di games CHIPS: Monster Tap dan CHIPS: Heroes .. more

Sumber gambar: nickelodeonafrica.com

Film Live Action Resmi ‘Dora the Explorer’ Beneran Dibuat – Segera Rilis di Musim Panas 2018

Jadi bagaimana jika kartun berkonsep edutainment seperti Dora The Explorer di-adaptasi ke film live action Hollywood?.. more

Light Novel Terlaris-Banner

10 Judul Light Novel Terlaris Tahun 2018

Salah satu situs Jepang, yaitu Oricon memberikan 10 daftar urutan light novel terlaris di tahun 2018. Apa saja light nov.. more

00-bumblebee-review

Bumblebee: Batu Loncatan Kecil Untuk Masa Depan Film Transformer

Meski tak ditangani langsung Michael Bay, Bumblebee arahan Travis Knight memberi nafas baru bagi seri Transformer yang s.. more

ciayo comiconnect 2019 malang

Setelah Yogya, CIAYO COMICONNECT 2019 Malang Akan Hadir!

Setelah kota Yogya, hadir CIAYO COMICONNECT 2019 Malang. Belajar dan sharing bersama Sweta Kartika, Twi Wahyu, dan Akhma.. more